Contoh Perjanjian Sewa Menyewa Rumah


Pada hari ini, Selasa, tanggal delapan belas bukan september tahun dua ribu tujuh, kami yang bertanda tangan di bawah ini

  1. Joerig Baguer, swasta, bertempat tinggal di Jl. Bara Api No 13, Kota Neraka, Propinsi Jahannam, dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri yang selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama
  2. Donald Duck, swasta, bertempat tinggal di Jl. Senayan City No 11, Kota Senayan, Propinsi DKI Jakarta, dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri yang selanjutnya akan disebut juga sebagai Pihak Kedua

Kedua belas pihak dengan ini menerangkan bahwa Pihak Pertama menyewakan kepada Pihak Kedua berupa Rumah yang berdiri diatas Sertifikat Hak Milik No 013/HM/2005 yang terletak di Jl, Z, No 15, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat dengan fasilitas-fasilitas sebagai berikut

  1. Sambungan listrik sebesar 1300 watt dari PLN dengan nomor kontrak 123456788262
  2. Sambungan air bersih dari PDAM Kota Depok dengan nomor kontrak asjhtg2613162537
  3. Sambungan telepon tetap nirkabel dari PT Bakrie Tel dengan nomor 021-99266637
  4. Jetpam
  5. Kolam Ikan

Kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian ini dengan syarat-syarat sebagai berikut

Pasal 1

  1. Perjanjian sewa menyewa ini berlaku tiga hari setelah ditandatanganinya perjanjian ini dan akan berakhir dengan sendirinya pada 18 September 2009.
  2. Perjanjian ini dapat diperpanjang untuk jangka waktu dan syarat-syarat yang disepakati oleh kedua belah pihak.
  3. Pihak kedua dalam jangka waktu tiga bulan sebelum masa berakhirnya perjanjian harus menyatakan kehendaknya secara tertulis untuk perpanjangan perjanjian ini

Pasal 2

  1. Uang sewa rumah adalah sebesar Rp. 50.000.000/tahun yang telah dibayar secara tunai oleh Pihak Kedua pada saat ditanda-tanganinya perjanjian ini
  2. Akta perjanjian ini juga berlaku sebagai kuitansi (tanda terima pembayaran) yang sah

Pasal 3

  1. Pihak Pertama menyerahkan rumah kepada Pihak Kedua dalam keadaan kosong dari penghuni dan barang-barang milik Pihak Pertama
  2. Pada saat berakhirnya perjanjian ini, Pihak Kedua harus menyerahkan kembali rumah dalam keadaan kosong dan terpelihara kepada Pihak Pertama dan Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk menyediakan sarana penampungan guna menampung keperluan dan barang-barang dari Pihak Kedua
  3. Apabila pada saat berakhirnya perjanjian ini, Pihak Kedua tidak dapat melaksanakan kewajibannya sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dan Pihak Kedua tidak menyatakan kehendaknya untuk memperpanjang perjanjian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (3), maka untuk setiap keterlambatan Pihak Kedua akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000,00/hari, dan denda tersebut dapat ditagih seketika dan sekaligus lunas
  4. Apabila keterlambatan tersebut berlangsung hingga 10 hari sejak berakhirnya perjanjian, maka Pihak Kedua memberi kuasa kepada Pihak Pertama untuk mengosongkan rumah dari semua penghuni dan barang-barang atas biaya Pihak Kedua dan bilamana perlu dengan bantuan pihak kepolisian setempat

Pasal 4

  1. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mengubah fungsi serta peruntukkan sebagai rumah tinggal
  2. Pihak Kedua atas tanggungan sendiri dapat melakukan perubahan pada rumah yang tidak akan mengubah konstruksi dan NJOP dan tambahan tersebut harus merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan menjadi milik Pihak Pertama
  3. Perubahan sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) harus dengan ijin tertulis dari Pihak Pertama

Pasal 5

  1. Pihak Pertama menjamin Pihak Kedua bahwa selama masa perjanjian ini berlaku, Pihak Kedua tidak akan mendapatkan tuntutan dan/atau gugatan dari pihak lain yang menyatakan mempunyai hak atas tanah dan rumah tersebut
  2. Apabila terjadi perubahan kepemilikan terhadap rumah tersebut, Pihak Kedua tetap dapat menikmati hak sewa sampai berakhirnya perjanjian ini

Pasal 6

  1. Selama masa sewa berlangsung, Pihak Kedua wajib memberikan uang jaminan sebesar Rp. 10.000.000,00 secara tunai kepada Pihak Pertama
  2. Uang Jaminan tersebut akan dikembalikan kepada Pihak Kedua secara tunai oleh Pihak Pertama, setelah Pihak Pertama memastikan tidak ada kewajiban pembayaran yang tertunggak dari Pihak Kedua termasuk namun tidak terbatas pada tagihan telepon, listrik, air, PBB, dan iuran warga.

Pasal 7

Selama perjanjian ini berlangsung, Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk memindahkan hak sewanya sebagian ataupun seluruhnya kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari Pihak Pertama

Pasal 8

Segala kerusakan kecil maupun besar dari rumah tersebut menjadi tanggungan sepenuhnya dari Pihak Kedua kecuali terhadap kerusakan yang ditimbulkan bukan oleh Pihak Kedua (force majuer) akan ditanggung secara bersama oleh kedua belah pihak

Pasal 9

Segala pungutan dan/atau iuran termasuk namun tidak terbatas pada iuran warga, PBB, tagihan listrik, telepon, dan air menjadi tanggungan Pihak Kedua selama masa perjanjian berlangsung

Pasal 10

Segala ketentuan yang belum diatur dalam perjanjian ini akan diatur selanjutnya dalam adendum yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perjanjian ini dan akan diputuskan secara bersama

Pasal 11

  1. Apabila terjadi sengketa atas isi dan pelaksanaan perjanjian ini, kedua belah pihak akan menyelesaikannya secara musyawarah
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah tidak berhasil, maka kedua belah pihak sepakat untuk memilih domisili hukum dan tetap di kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Depok

Demikian perjanjian in disetujui dan dibuat serta ditanda tangani oleh kedua belah pihak dengan dihadiri saksi-saksi yang dikenal oleh kedua belah pihak serta dibuat dalam rangkap dua bermateri cukup yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama

 

Pihak Pertama

Joeriq Baguer

Pihak Kedua

Donald Duck

Saksi

Mickey Mouse

Goofy

About these ads

271 gagasan untuk “Contoh Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

  1. wah..ini ga boleh di copy ya oom?hihihi..abis ada tugas bikin perjanjian tapi bingung kalo ga ada contohnya. jadi daripada ga sopan..aku minta izin dulu apa boleh di copy?kalo keberatan juga gapapa sih..nanti aku cari ya lain..makasih ya oom Anggara..

    • Maaf Kang saya baru baca sekarang. Saya mau mengomentari pernyataan Kang Anggara tentang fungsi dari materai. Kalo sepengetahuan saya (yang saya pelajari di Kampus tentunya), fungsi dari materai itu bukan semata-mata sebagai tanda bahwa kita telah membayar pajak, tetapi lebih kepada untuk memperkuat posisi surat (perjanjian) tersebut untuk dapat dipergunakan sebagai alat bukti di persidangan apabila di kemudian hari terjadi sengketa antara kedua belah pihak yang ada dalam surat perjanjian tersebut.
      Tambahan saya hanya itu saja kang, mohon maaf kalo agak kurang sopan…

  2. Pasal 7

    Selama perjanjian ini berlangsung, Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk memindahkan hak sewanya sebagian ataupun seluruhnya kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari Pihak Pertama

    Kurang bagian apabila Rumah dipindahtangankan kepada Pihak Ketiga oleh Pihak Pertama.
    Bisa kayak gini pasalnya:

    “Pihak Pertama berhak untuk memindahtangankan kepemilikan Rumah kepada Pihak Ketiga dengan pemberitahuan kepada Pihak Kedua dan tetap menjamin bahwa Pihak Kedua tetap dapat menikmati hak sewanya sampai Perjanjian sewa-menyewa ini berakhir.”

  3. @calupit,
    Pasal 7 konsep Om Anggara biasanya bermaksud untuk menghindari penggunaan yg tidak sesuai atas perjanjian sewa menyewa property kita itu. Mis. Pihak I orangnya baik, sopan dan koperatif tapi beberapa bulan kemudian, orangnya harus pindah tugas ke kota lain. Nah, daripada dikontrakkan lagi ke pihak2 yg tidak jelas (+ untuk tujuan y g juga tidak jelas) dicantumkan pasal 7 itu.

    Kalo konsep Om Calupit, kesannya yg penting kita dapet uang kontraknya aja terserah bangunan kita mau dipake buat apaan.

    Mau milih yang mana, ya … terserah yang punya property/bangunan. Tinggal milih konsep dan konsekuensinya masing-masing.

  4. @orangbaru
    calupict itu perempuan, namanya nenda, mahasiswa hukum UPH, dia hanya ingin menambahkan penegasan saja, kalau pemilik rumah menjual rumahnya, maka si penyewa tetap berhak menyewa rumah sampai berkakhirnya perjanjian

  5. Boss Anggara, thanks banget nech atas pemuatan contoh kontrak sewa rumah nya. Gw pas butuh banget soalnya. Sekalian gw ijin dong untuk copy and paste yah. Trus, ente punya webblog juga “nice and smart” juga lhoh. Kapan2 secepatnya gue RSS dech blog elo ini. Ok c u soon!

  6. Sorry, boss…kelupaan, mumpung masih “in”, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H. Mohon maaf lahir batin.
    PS: boss, apa punya contoh draft kontrak Ruko? Kontrak Sewa Tanah?
    Terima kasih yah.

  7. Apa maksud frase: ‘termasuk namun tidak terbatas pada’ lih.pasal9. Apakah tidak lebih baik kata ‘namun tidak terbatas pada’ dihilangkan saja? Apakah wajar iuran PBB dibebankan pada pihak kedua?
    This is a very good example of renting agreement. Well done!

    Hetly,
    Netherlands

  8. Bagaimana membuktikan bahwa rumah tersebut adalah alamat yang dimaksudkan pada SHM. Terlebih bila nama jalan memiliki nama alias yang lain. Alamat jalan pada rekening listrik memuat nama jalan lama, namun pada SHM memuat nama jalan baru. Tks sebelumnya.

  9. bagaimana cara memasukkan poin bahwa pihak pertama berhak untuk mengevaluasi harga sewa dengan memperhatikan harga pasar apabila pihak kedua bermaksud untuk memperpanjang perjanjian.

    Thanks

  10. pak makasih sekali. saya ijin ngopynya. Menurut saya sich sudah mencakup semua, termasuk addendum jika ada hal-hal yg belum tercantum. makasih sekali lagi.

  11. Pak, saya seorang mahasiswa dan tolong dikasi solusi jika ada kasus seperti di bawah ini :

    Saya ( pihak 2) hendak memperpanjang kontrak usaha warnet, pihak 1 minta 2 tahun dan saya sanggupi serta saya bayar lunas ke pihak 1

    Jika pada tahun pertama ada penggusuran oleh PEMKOT, apakah saya mempunyai hak untuk menuntut minta ganti rugi ataupun uang saya kembali karna kontrakan saya masih sisa 1 tahun lagi

    Atau bolehkah saya menambahkan point yg berhubungan dengan masalah penggusuran di dalam surat perjanjian, jika ada tolong di kasi masukan

    Terima kasih

  12. @wira
    semoga bermanfaat

    @asti
    yaa buat aku 10 % yaa :)

    @jimmi
    tanpa ada penegasan pun, anda punya hak untuk menuntut kelebihan bayar, namun sebaiknya anda lihat kembali RUTR Kota dimana warnet anda berada

  13. bos, pada 15 agustus 2006 kmarin saya sewa sbidang tanah kosong dg p iwan (pihak pertama) selama 3 tahun dg luas tanah 472m2 untuk tempat usaha saya (toko material) dg nilai sewa Rp.8.000.000/tahun. Sewa tersebut berakhir tgl 15 agustus 2009. saya hanya sewa tanah aja,sedang bangunan toko dan gudang saya sendiri yang membuat. minggu kemaren saya didatangi oleh pihak bank BRI bahwa tanah tersebut akan disita karena pihak 1 mempunyai tunggakan. ternyata SHM tanah tsb oleh pihak 1 dijaminkan ke BRI. waktu saya konfirmasikan ke pihak 1 dia membenarkan bahwa SHM nya sudah dijaminkan. saya tidak tahu kapan eksekusi akan dilaksanakan. sedang dari pihak 1 kelihatannya sudah menyerah. Saya sudah tidak tahu harus seperti apa. Mohon diberikan solusi ya boss, gara2 masalah ini saya tidak konsen ma kerjaan
    makasih banyak boss.

    taufiq – cilegon

  14. @taufiq
    saya nggak tahu isi perjanjian anda dengan pemilik tanah dan kapan berlangsung proses penjaminan tanah tersebut ke BRI. jadi saya tidak bisa memberikan saran tentang status bangunan yang anda bangun. akan tetapi proses eksekusi itu sendiri biasanya tidak berlangsung sangat cepat karena pada umumnya pihak memberikan kelonggaran tertentu kepada nasabahnya untuk dapat melunasi hutangnya

  15. pak, saya baru saja mendirikan cv dengan teman saya.. Sekarang saya lagi bingung buat surat perjanjian kerjasamanya…. Boleh saya minta contoh surat perjanjian kerja sama? Terima kasih

  16. Mas Anggara, mohon ijinnya untuk copy paste ya mas. Pas lagi perlu banget nih, browsing eh baru nemu sekarang … Terima kasih sekali ya … Salam hangat untuk keluarga di rumah dan salam kenal! Apa sekalian boleh ijin nge-link Mas?

  17. Pak, Para pihak apa ngga sebaiknya pakai keterangan No ID (No KTP) ?, biar jelas Joerig Beguer ama si Donald Duck itu yg mana orangnya. Khawatir ada orang yg namanya sama. Walau sebenernya sudah ada tambahan keterangan alamat dll sih.
    hehehe maaf kalau masukannya culun begini… :)

    btw, thanks , infonya sangat bermanfaat.

  18. ijin ngopy kang…lagi butuh nih mau nyewa ruko.tks

    disitu ditulis kedua belas pihak..pihak 3 sampe 12 nya sapa nih

    ok deh makasih pasti bermanfaat

  19. Ping-balik: www.serpong.org » Warga Serpong, Anda Pusing Dengan Masalah Hukum & Pajak ?

  20. hebatt euuyy,, buat tulisan yang manfaatin banyak banget,,,
    selamat yah om atas manfaatnya..

    numpang lihat yahh,,,,, suratnya temen mau buat surat bagi hasil nihh

    dk

  21. Mas, terima kasih atas ide membuat contoh ini dan saya izin copy ya karena ada rencana untuk keperluan tersebut. Terima kasih, salam sukses.

  22. dalam sewa – menyewa rusun apakah ada kontrak perjanjian, karena setahu saya hanya formulir, kwitansi saja yang diwajibkan, tlng beritahu saya prosedur penyewaan rusun dan kalaupun ada kontrak sewa rusun tolong berikan contoh kontrak sewa rusun yang sehat dan berimbang, terima kasih salam demokrasi !

  23. Mas Anggara, mungkin bisa ditambahkan sedikit (1 pasal/ayat) yang menyatakan bahwa pada saat perjanjian berlangsung obyek perjanjian tidak sedang berada dalam sengketa & tidak sedang dijaminkan.
    soalnya kita pernah punya pengalaman ternyata rumahnya yang mau disewa sedang berada dalam agunan, macet pula, bank mau eksekusi. kita disuruh pindah..wah jadi geger waktu itu.
    emang sih di pasal 5 nya ada aturan kita gak boleh keluar walopun obyek berpindah tangan tp kalo si pemilik jaminan mo eksekusi dan mau bayar kerugian sisa uang sewa, kan kita juga yang kebat-kebit cari kontrakan baru

  24. pak, ijin copy surat perjanjiannya , sebelumnya apakah boleh sy request ttg surat ganti rugi atas kerusakan bangunan? krn sy mengalami kerugian atas pembangunan tempat tinggal tetangga saya yg menyebabakn sebagian bangunaan saya rusak. setelah dimusyawarahkan didepan lurah, ternyata dia amu tanggung cuman bahan2x material sja, ongkos tukang dari saya pribadi yg tanggung.. …terima kasih sebelumnya pak ..

  25. Slam kenal Pak,
    Mohon masukan,

    kalo di akta sewa notaris disebutkan bahwa pihak penyewa dilarang untuk mengalihsewakan kpd pihak ketiga manapun,
    dan apabila dialihsewakan, maka sewa tsb secara automatically berakhir demi hukum.
    Nah, kemudian, pihak penyewa bermaksud utk mengalihsewakan dgn membuat addendum perjanjian (akta yg dibuat notaris) dgn akta bawah tangan. Dimana tujuan akta tsb (i) menghaspu ketentuan larangan sew, (ii) mengijinkan pihak penyewa utk mengalihsewakan kpd pihak lain.

    Nah, apakah akta bawah tangan tsb bisa menganulis/menghapus ketentuan akta yg dibuat notaris? thx buat masukannya. japri jg gpp :)

    • @pram
      perjanjian itu pada dasarnya hanya boleh didasarkan pada kesepakatan kedua belah pihak, proses adendum perjanjian diperkenankan sepanjang disepakati oleh kedua pihak

  26. Wah, berguna banget nih contoh perjanjiannya…
    Kebetulan saya lagi bingung ngurus kamar apartemen saya yg mau disewain jangka panjang…

    Makasi Pak Anggara!

  27. Pak Anggara, Misalnya pihak penyewa harus pindah sebelum masa sewa berakhir. Apakah pihak pemilik rumah berhak menyewakan rumah tersebut tanpa ijin dari penyewa karena rumah tersebut dianggap sudah kosong?

  28. hai,,,hai,,,

    punya contoh kontrakmanajemen artis kah???bisa kirim k email ika???

    trus maaf mw nanya,,,

    bedanya mou sma kontrak apa y???

    thx b4,,,

    oia,,, bermanfaat bgt contoh perjanjiannya. minta ijin ngopi y bwt referensi.n_n

  29. pak anggara boleh minta contoh kontrak sewa menyewa kendaraan.
    yang isinya benar-benar lengkap soalnya slama ini belum dapat yang lengkap.
    thanks

  30. Pak Angga , tolong dibantu dong. kami berlima mau bekerjasama untuk menjadi agen penjualan rumah, mobil dll. Bagaimana cara membuat/ contoh surat perjanjian pembagian hasil usaha bersama kami ? Terimakasih sekali atas bantuan Bapak.

  31. Salam kenal Pak Anggara,
    Contoh suratnya bagus untuk jadi pedoman..
    Apakah Bapak punya rumus/perhitungan untuk menentukan besarnya biaya sewa rumah? Terima kasih

  32. pak apakah si pemilik rumah berhak menyewakan atap rumahnya untuk didirikan tower kepada pihak ketiga dalam masa kontrak sy msh tinggal 1thn 8bln tanpa persetujuan tertulis antara sy dan pemilik rumah??seandainya sy setuju brp hak yg pantas sy dapatkan?dan apabila musyawarah tidak mencapai mufakat dan si pemilik rumah ingin mengembalikan uang sewa saya,apakah saya pantas minta pengembalian uang sewa utk 2 tahun atau dan biaya ganti rugi?brp pak?thx

    • @nik
      dalam hubungan sewa menyewa, penyewa harus mempertimbangkan faktor kenyamanan dari yang menyewa. Anda bisa pergi meninggalkan rumah yang anda sewa bila anda merasa ada hak anda yang terlanggar berdasarkan perjanjian sewa menyewa dan anda bisa meminta pengembalian uang sewa

  33. wah sanagt membantu sekali buat tgs kulaih saya..maaf mas saya copy nih conth perjanjian sewa menyewanya. makasih.

  34. Pak,

    seandainya misal : sewa 5 tahun, uang sewa dibayar per tahun, tapi angka sewa dibuat tetap (misal 3 juta), apakah mungkin ya. apakah pihak pemilik mungkin menyetujui perjanjian semacam ini. bagaimana dengan potensi masalah.

    Terimakasih banyak, Rino.

  35. Kank boleh gabung…! saya minta penjelasan, apa sich bedanya kontrak sama sewa.
    Kalau rumah saya ada yang mau pakai untuk mini market, sebaiknya surat perjanjiannya model apa..? Perjanjian sewa atau perjanjian kontrak

    • @sugito
      secara kebahasaan tidak berbeda yang penting dalam perjanjian itu ada judul perjanjiannya tentang apa dan isi perjanjian yang jelas

  36. Pak Anggara,anak saya mau ngontrak di Cibubur.Jadi saya mohon ijin untuk mengcopy draft Surat ini ya Pak,terima kasih.

  37. sya izin copy paste yah pak.
    saya menyewakan rumah dan sblmnya tdk ada perjanjian apapun. smpi ada kasus meteran listrik di dilambatkan dari PLN. kalau begitu apa perlu ada rincian lg soal begitu y pak?

  38. bang surat kontrak yang mewakili dan bertindak batas nama diri sendiri yang mewakili badan hukum perdata tu yg kyk gmn bang???

    trus kalo yang atas nama diri sendiri yang mewakili badan hukum publik gmn lg tuih bang???

    ada contohx nda,.,.

    makasih sblmx

  39. sy mhsiswi fak hukum,skrg sy lagi buat skripsi.sy butuh bantuan bpk tentang keterangan dlm sewa-menyewa rumah itu apabila rumah yang di sewa itu terbakar (karena kebakaran, bukan karena kesalahan si penyewa)disini siapakah harus yang bertanggung jawab?atas bantuannya sy ucapkan terima kasih.

  40. Mas Anggara !!!

    kalau yang diatas itu bentuk perjanjian sewa menyewa, aq ada usul bagaimana kalau ditambahin 1 pasal lagi, karena kalau perusahaan kepada perusahaan atau perusahaan kepada perorangan akan timbul kewajiban pajak baik pemberi maupun penerima sewa yaitu Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan ps 4 (2) dengan tarif pajak masing kena sebesar 10%,

    Trus Mas Anggara aq bisa minta contoh dari perjanjian sewa tersebut yang menggunakan Addendum ada gak Mas

    Tks
    Salam

  41. 1. Apa persamaan dan perbedaan antara perjanjian sewa dengan perjanjian kontrak yg obyek nya rumah..
    2. Apa persamaan dan perbedaan antara pegawai kontrak dengan pegawai honor meliputi hak dan kewajibannya… Terimakasih…

    • @indah
      Pertanyaan no 1 sama dan itu selera bahasa, kalau no 2 sama – sama di kontrak dan bedanya yg satu istilah di perusahaan swasta yg satu lagi istilah di pemerintahan

  42. Mas Anggara!!!
    apa perlu ditambahkan kedalam isi surat bahwa pihak kedua tidak berkewajiaban atas semua hutang2 pihak pertama. dan seharusnya kata2 yang benarnya gimana ya?

    thank sebelumnya

  43. Kang…minta ijin untuk kopi draft ini ya.Mo nyewain rumah tapi bingung bikin surat perjanjian, biasanya gak pake ginian tapi ada kasus jadi lebih enak kalo ada perjanjian.
    Terima kasih

  44. Mohon maaf sebelumnya, bagai mana jika dalam masa perjanjian kontrak terjadi :
    ambil contoh, terjadi kerusakan yang tidak disengaja, shg harus dilakukan perbaikan, dan selanjutnya kita sebagai pihak ke2 mengambil pindah rumah, dengan masa kontrak masih 4bln kedepan, perbaikan dilakukan oleh pihak ke2.apakah hak yang 4bln bisa kita minta kembali??

    terimakasih

  45. Kang Anggara,
    Boleh nggak menghibahkan tanah (Sertifikat) kepada isterinya, keduanya masih hidup (tetangga saya), yang menyarankan menghibahkan adalah suaminya, karena takut digugat oleh saudara-saudara dari pihak suami (sifatnya memang begitu suka menggugat). Tanah itu terdari tanah warisan dan hasil ladang membeli suami isteri. Kalau boleh, bisa kita buat sendiri (bermeterai) atau harus via natoris n kalau ada minta contoh surat hibah tanah tersebut.
    Trima kasih
    CARWAN

  46. minta ijin untuk copas ya ,pak.
    Sekalian mau nanya bagaimana membuat tambahan pasal yg menyebutkan penyewa yg membuat teralis besi dan tidak akan melepaskannya lagi setelah masa sewa berakhir? terima kasih atas bantuannya , dan kalau boleh balasannya tolong di email aja .Thanks ya

  47. pak saya lilik jogaja, salam kenal ja,
    pak saya mau contoh surat perjanjian yang simpel lah,masalahnya dikantor saya kalau bikin surat perjanjian simpel2,saya dah berusaha komplit tapi gak dipakai. makasih

  48. ijin copas pak,dan mau tanya kalau dalam satu alamat ada 2 rumah dan mau dikontrakkan dua2nya, bagaimana bentuk surat kontraknya terhadap kedua orang yang mau mengontrak rumah tersebut pak?trims

  49. Mohon tanya : Berapa Tarif pembuatan Akta oleh Notaris untuk Sewa Tanah Bangunan. Apakah berdasarkan harga total sewa ? Misalnya total sewa bangunan sebesar Rp. 250 juta. Tks.

  50. Bapa, saya mau bertanya..

    C mengadakan perjanjian leasing kapal dengan D

    a.Hal – hal apa saja yang perlu diperjanjikan dalam leasing tersebut?
    b.Tunjukkan dalam perjanjian C dan D tersebut,mana yang merupakan unsur esensial, naturalia, aksedentaria…

    MOHON BANTUANNYA BAPA..

    miew_famous@yahoo.com

  51. Thanks sangat membantu
    Postingan yang terus di hit di urutan atas di google search, padahal dari tahun 2007 yach… bravoo Pak

  52. mohon ijin untuk mengcopy contoh surat perjanjian tersebut,, kebetulan saya sedang
    dalam proses menyewakan rumah. hanya saja isi yg tercantum pada pasal 6 yg menyatakan bahwa pihak keduaharus memberikan uang jaminan secara tunai kepada pihak pertama, sedang dipertimbangkan utk dimasukkan, karena belum tentu pihak kedua setuju/merasa tdk nyaman dg isi pasal tersebut.
    terima kasih..

  53. artikelnya bagus..
    apa bedanya MOU dan Perjanjian kerja?
    Bisa ga dibuatkan contoh mou rental sound sistem dan pengadaan artis?
    mhn krm ke email

  54. maaf ijin copas ya tq, maaf mau tanya kalo mis pengontrak ,mengontrak 2 thn tapi baru satu tahun dia harus pindah tugas atau pergi , apakah pemilik rumah harus mengembalikan uangnya yang se tahun akan datang, atau di anggap hilang..? saya sbg pemilik rumah harus bgmana.>? tq GBU always…

  55. Minta izin contohnya saya kopi karena saya mau mengontrakkan rumah saya, tapi statusnya KPR belum lunas gimana buat tambahan kalimatnya? Trims sebelumnya.

  56. bank anggara kl perjanjian untuk penyewaan misl kaya sekolahan (politeknik ato misl sekolah progrm D2, D1) gitu gimana point2 yg pentingnya apa saja yg hrs dituangkan???
    terimkasih.

  57. mas….aku mo nanya neh ada contoh kasus neh sebuah rumah d kontrakkan pada pimpinan cabang d prusahaan swasta, tp dgn syarat perusahaan nya minta copyan surat tanah ama PBB. itu bagaimana menyikapinya mas? apakah itu dibenarkan?

  58. hallo semua, ada yang tau isi MOU antara Agen Property dengan penitip rumah/kavling gimana?
    kalau bisa tolong di email ke email saya dong.

    terima kasih

  59. Mas Anggara,
    saya ada kasus seperti ini, saya kontrak rumah orang dengan surat perjanjian 2 tahun ditempati rumah itu tidak boleh di saya kontrakkan (over kontrak) ke orang lain. Sebelum menempati saya perbaiki dulu rumah itu, tetapi di tengah2 proses perbaikan rumah saya di kabari oleh pemilik rumah bahwa rumah itu akan dijual, sehingga saya membuat surat perjanjian pengembalian uang sewa rumah yang mengatakan pemilik akan mengembalikan uang sewa beserta biaya perbaikan paling lambat tanggal 29 agustus lalu.
    Pada tanggal 27 agustus uang kami dikembalikan hanya sejumlah sewa rumah 2 tahun, dan sisanya untuk perbaikan dijanjikan tanggal 15 sept. Tetapi sampai hari ini kami belum menerima sisa uang, dan pemilik menolak membayar dengan alasan kunci masih saya pegang (dalam surat perjanjian pengembalian uang sewa rumah, tidak disebutkan saya harus menyerahkan kunci)
    pertanyaan saya: apakah saya bisa mengajukan tuntutuan perdata? (atas dasar pasal berapa KUH perdata?), bukankah memegang kunci adalah hak saya sebagai penyewa yang sah sebelum uang pengembalian sewa rumah di bayar seluruhnya?

    surat perjanjian sewa rumah dan surat perjanjian pengembalian uang sewa rumah ditandatangani oleh pemilik dan saya, tidak ada pihak ketiga/saksi.

    mohon penerangannya,
    terima kasih

    • @dchris
      Bisa saja pak, kalau memang diperjanjikan biaya perbaikan akan diganti. Krn kalau memang due datenya tanggal tertentu, masing2 pihak harus langsung melakukan kewajiban masing2

  60. kami berencana menyewa ruko,ternyata ruko tersebut sedang diagunkan di bank dan dalam masa tenggang.dari pemilik rumah km thu bhw sedianya uang sewa dari kmi utk mbayar kreditnya yg telah menunggak,.krn km renc myewa untk 3thn mk km berencana melibatkan notaris,tp notaris tsb mgatakan bhw rumah agunan tdk boleh disewa dan kl nnt nya yg pny rumah macet mbayar mk penyewa akan terusir dari rmh tsb…bgmn mnrt bpk.,,mohon bantuanya,,.,,,tx

  61. perlukah melampirkan fotokopi kartu identitas (spt KTP) sebagai referensi data diri dalam perjanjian ini? wajibkah hukumnya? trims mas….

  62. assalamualaikum….
    mas…saya sedang ada masalah dalam hal kontrak rumah,dan sangat berharap,mas dapat memberikan saran kepada saya.
    saya mengontrak sebuah rumah yg saya jadikan tempat usaha selama ini (letak di pinggir jalan)
    saya mengontrak sejak tahun 2000 (dan selalu saya perpanjang ) sampai dengan tahun 2015 (januari)
    tetapi pada bulan maret 2011 lalu,ternyata rumah ini telah dijual dengan pemiliknya.
    apa yg seharusnya saya lakukan,dan bagaimana menyikapi masalah ini dan bagaimana masalah seperti ini di mata hukum..???
    saya sangat berharap,agar mas memberikan solusi untuk saya…
    maturnuwun…

  63. assalamualaikum…
    maaf mas..,ada yg perlu saya tambahkan,bahwa pemilik baru berencana akan segera membangun rumah yg sedang saya tempati,dan saat ini sedang membangun sebagian demi sebagian. bagaimana posisi saya di mata hukum,dan apa yg harus saya lakukan,karena saya tidak mau pindah dan ingin meneruskan usaha saya di situ sampai masa akhir kontrak saya berakhir. saya sangat berharap,mas dapat memberikan saran kepada saya. terima kasih mas…

  64. maaf pak.
    menanggapi akta nya.
    di sana, tertulis bukan. penulisan nya kalau di pengadilan nanti bisa jadi masalah gak pak, karena kata bukan dan bulan mempunyai arti yang berbeda.
    dan, tempat dimana akta tersebut tidak tertulis.
    saya mahasiswa, yang sangat tertarik ilmu hukum keperdataan :).

  65. itulah bedanya akta dibawah tangan dgn akta otentik..klo akta dibawah tangan tanpa notaris dan memang tidak memiliki kekuatan hukum yang kuat tidak seperti akta otentik dengan notaris..ini menurut pembelajaran saya diperkuliahan :)

  66. om Anggara…..mau tanya…adik saya mau mengontrakan rumahnya lewat saya (kakak kandungnya)karena dia kerja di luar jawa,jadi memberikan kuasa kesaya untuk mengontrakan rumahnya…draf surat perjanjian sewa rumahnya gimana ya?tolong dibantu ya om…tq

  67. Selamat Siang pak Anggara, saya ingin bertanya jika saya ingin membuat cv. apakah surat sewa kontrak kios/rukonya harus menggunakan notaris? karena nanti saya juga membutuhkan surat tersebut untuk urusan dengan bank. Dan kalau ruko ijinnya hunian apa bisa pak untuk buat CV/PD? Terima kasih pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s