Apakah Memiliki Airsoft Gun Adalah Tindak Pidana?


Kemarin malam, ada email masuk ke inbox saya yang mengeluhkan penyitaan petugas kepolisian atas airsoft gun yang ia punyai dengan tuduhan melanggar UU No 12/DRT/1951. Saya sendiri tertegun membaca email tersebut. Bayangan saya, UU Darurat itu semestinya hanya berkisar soal pengaturan tentang Senjata Api dan/atau senjata yang pada umumnya mengancam keselamatan jiwa.

Lagipula penyitaan atas barang hanyalah dapat jika adanya suatu tindak pidana menurut UU yang berlaku, pertanyaan lanjutannya adalah apakah kepemilikan atau penguasaan atas airsoft gun merupakan sebuah tindak pidana?

Jika mencermati pengertian dalam UU No 12/DRT/1951, maka airsoft gun tidak termasuk kedalam pengertian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) dan ayat (3). Namun kira – kira, kalau mau dipaksakan, maka bisa juga dimasukkan dalam pengertian pasal 2 ayat (3). Namun saya berpikir, jika airsoft gun disamakan dengan senjata pemukul, penikam, atau penusuk, maka rasa-rasanya koq jauh sekali. Lagipula dalam hukum pidana analogi jelas dilarang menurut doktrin hukum umum yang berlaku.

Setelah ngubek – ngubek, ternyata ada juga kasusnya dan ada juga penjelasan soal prosedur kepemilikan senjata mainan disini dan disini. Saya sih saya tertawa, pertama saya tidak tahu prosedur yang ada ini, kedudukannya sebagai apa, peraturan kapolri, skep kapolri atau apa. Yang mendasar lainnya dalam penjelasan tersebut, bagaimana mungkin jika aturan (jika benar ini adalah aturan) bisa membuat analogi atau menyamakan airsoft gun dengan pengertian senjata api sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) UU No 12/DRT/1951? Saran saya ke si pengirim email, coba digugat saja pra peradilan atas penyitaan yang tidak sah tersebut.

Saya berharap bang Rere, sebagai pak pulisi yang baik, bisa mengupasnya lebih dalam soal ini hehehehe

About these ads

103 thoughts on “Apakah Memiliki Airsoft Gun Adalah Tindak Pidana?

    • sebenernya beda sekali senjata api dan air soft gun…saya juga orang awam….tp bs bedakan, kecuali pada saat di todongkan aku nya pejem kan mata….(pesan di bt bkn u menyindir apa lagi menghina.)

    • Kalau menurut saya Senpi dan Airsoft itu jelas beda ukuran lobang larasnya (airsoft lebih kecil drpd senpi). Kalau gak bisa bedakan itu, jangan melihat Pistol Korek Api aja sampe keluar air pispotnya :D

    • kalau memang itu disebut pistol mainan,masak orang tua bawa pistol mainan,apakah lajim,karena ada kasus didaerah tulang bawang yang melakukan pembegalan dg menggunakan pistol yg dikatakan mainan,jadi bagaimana menurut anda?

    • betul saya setuju bahwa itu senjata mainan bukan senjata api,kapolri pun kurang pas bila mengeluartan peraturan tanpa di landasi dengan di uu,harusnya para pakar hukum gugat peraturan yg ada,karena dalam uu tidak ada,yg di larang adalah sejata api sedangkan senjata api dalam ada uu nya,dan air sofgun tidak termasuk dalam kategori/difinisi senjata Api.mohon ma’af Bp.Kapolri cabot peraturan yg tanpa dasar yg kuat.buatkan dulu uu yg melarang baru buatkan peraturan,jangan buat peraturan baru buat uu itu rasannya kurang pas,terimakasih.
      jangan lupa denda keras tumpul dan kuat semua bisa di jadikan senjata untuk kejahatan.

  1. Diakui aturan mengenai Soft Gun ini belum jelas…. masih banyak perbedaan pendapat dari penyidik mengenai aturan ini, memang Aturan hukum yang paling deket “menyerempet” adalah UU Darurat… :)

  2. Ya wajar lah di sita krn barang tsb adalah menyerupai krn orang awam akan tau itu barang beneran padahal mainan, dan orang awampun akan mengira yang memiliki adalah polisi ataupun tni ataupun juga yang berwenang, terlebih penjahat.
    Jd saya setuju kalau barang tsb dibatasi penggunaannya.

    • semua tergantung Niatnya Gan…, jangankan ASG bentuknya persis yang kaya aslinya,,,,,Sambal aja bisa buat mbunuh orang kok,,,coba aja masukin hidung cabe 1/4 kg,,saya jamin Mati…!!! banyak Pulisi jg kalo marah ngacungin senpi padahal dia Aparat yang tau HUKUM nya kan…..Di Fikir lageeee…….bye2

  3. kalo emank da aturannya, kita ikuti aja cuman yang jadi masalah tu dalam aturan yang ada disebutin izin impor & masuk klub tembak yang kayknya susah banget nyarinya….

  4. Wah… kalo air soft gun aja nggak boleh, berarti bedil angin juga sama ya kang?
    Kemudian kalo senjata tajam apakah memang tidak boleh dimiliki dan dibawa-bawa juga?

  5. Menurut ane,pemerintah mustinya memperjelas undang2 soal airsoftgun,,kalo sekarang kan masih abu2 alias ga jelas,,diperbolehkan atw ga,,btw,airsoftgun itu sebetulnya cuma buat hoby ataw olahraga,,jadi kalau memlikiki airsoftgun sebetulnya ga masalah,asal ga dibawa kaya koboy alias diperlihatkan dimuka umum,,jd kalo mao dipakai buat olahraga,musti disimpan n dibawa ditempat yg aman,tanpa keliatan orang lain,,,tp itu semua cuma pendapat ane aj,ga tau yg laen,thks

    • lah klo air soft agak ribet kepemilikan nya, knapa yang pemilik senjata angin yang buat tembak burung tu lebih gampang kepemilikannya. padahal senjata tu kan lebih bahaya dari segi peluru klo kena kepala bisa mati kan…!!!, klo airsoft paling cma lecet aj…!!!!!

  6. apapun bisa membahayakan, kalo memang digunakan untuk membahayakan orang lain. contoh ballpoint…. berbahayakah?? tapi kalo ditusukkan ke perut orang ya bisa aja mati… setidaknya terluka, lah… maka kita harus lihat obyeknya digunakan untuk apa… kalo ketahuan airsoftgun digunakan untuk menodong orang atau untuk kriminal, ya tangkap aja. kalo nggak ya biarin aja… masa bawa ballpoint juga ditangkap???? lha wong bisa juga untuk bunuh orang….

  7. gini, bapa2 atau ibu2..
    ersofgan hanya boleh di pake pada tempatnya….. ersofgan gak bisa melukai/membunuh orang/hewan, kecuali semut.. ersofgan gak perlu disita kecuali di pake nodong/kejahatan. Ersofgan adalah mainan yg sangat mirip dgn senjata asli, tapi tdk akan pernah bisa melukai/membunuh org…. (ini hanya ilustrasi) pertama : suatu hari ada org ditodong pake mp5 ersof full metal body, korban melawan, terjadi perkelahian rebut2an senjata, senjata ditembakan oleh si penodong ke korban, gak terjadi apa2, lalu si penodong lari terbirit-birit,… AMAN. kedua : suatu hari ada org ditodong pake pisau dapur, korban melawan, terjadi perkelahian… apa yg terjadi..? pisaunya nancap di perut si korban atau si penodong. nah apakah ersofgan perlu SKEP…? obeng, tang, kunci inggris gak pake SKEP… sy juga punya ersofgan loh. mohon maaf kalau ada yg tdk berkenan, setidaknya itu hanya pendapat saya.

    • setuju…..yang masalah kan bukan dari ASG atau Pisau nya…tapi dari tindakan pelakunya…hehehee….jadi jangan sampai ada org yang ditusuk pake ballpoint….atau sikat gigi…trus ballpoint dan sikat giginya langsung dilarang penggunaannya krn terkena dalam pasal2 di UU Darurat…..

  8. saya rasa memiliki air soft gun ga perlu dipermasalahkan…. hanya saja tidak di bawa – bawa keluar buat jaga – jaga atau digunakan untuk hal negatif… all about hobbies n’ collection… any way I love air soft gun too….

  9. kepada para airsofter yg tahu atau pengalaman dengan tertahannya airsoft oleh bea cukai bandara soekarno-hatta dapat memberikan pencerahan.

    karena sumpah gelap banget..
    airsoft disita dengan alasan perlu izin polri, tapi polri tidak buat izin karena tidak ada peraturan maupun undang2nya.

    bukankah ini sama saja aksi pemalakan premanisme berkedok seragam yg mengatasnamakan negara.

    apakah bisa diselesaikan secara birokrasi atau balas premanisme hukum rimba ?

  10. Sungguh aneh kalo airsof gun diperdebatkan izinnya, namun air gun (senjata angin) yang jelas2 jauh lebih berbahaya boleh saja beredar. Bahkan di sepanjang jalan ciampelas di bandung air gun di jual bebas kayak pisang goreng. kalau mau di larang, larang semua jenis jangan setengah-setengah.

    Bahkan menurut saya, bila dipergunakan sembarangan, jauh lebih berbahaya pisau dapur dan obeng dibanding airsoft gun. masa saya mau beli pisau dapur atau obeng juga perlu memakai izin polisi?? Jadi memang tergantung si pemakai mau digunakan untuk apa. Kalo mau airsoft gun diperjelas aturannya namun jangan dilarang secara penuh.

  11. kalau menurut pendapat gue sich”” semua alat bisa saja di jadikan sebagai alat untuk menyakiti mahluk hidup, tanpa terkecuali yg namanya air soft gun,,, gagang sapu ijuk aja bila ada pada org yg EROR bs di gunakan untuk menyakiti bahkan bisa mematikan orang,,,, jadi yah intinya ada pada niat individual,,, mo buat gagah gagahan, nakut nakutin, atau untuk menyalurkan bakat,,, jadi kaga boleh melihat secara subjektif,,, kudu objektif,,,

  12. kakean rengkek,..pake airsoftgun. nanti klo nggak kuat iman bisa untuk dor mata, khan picek. saran saya kudhu ada pihak yg bertanggung jawab dlm hal kepemilikan airsoftgun. mungkin ijinnya, atau test kejiwaan. tentunya pihak Perbakin dan kepolisian pro aktif memonitor kepemilikan airsoftgu ini.buat perkumpulan da kepengurusannya yg tujuannya positif, urus ijinnya.

  13. @ rere: undang- undang darurat untuk iarsoft gun??
    mungkin anda terlalu lebay.
    baca dulu ketentuan menggunakan uud darurat seblm berkomentar.

    ya saya sebagai orng hukum sebenarnya oknum2 polisi yg menyita itu terlalu mengada2.

    cuma mainan kok disamakan dengan senpi..
    senpi ad tuh drmh,
    airsoft gun juga ada..

    jadi klo anda2 ada yg disita mainanya tanya uu mana yg berlaku,atw tuntut oknum yg merampas atas dasar perampokan.

  14. Aturan tentang penyitaan diatur dalam Pasal 38 hingga Pasal 48 K.U.H.A.P. Tak terkecuali Airsoftgun (meskipun mainan) bilamana dijadikan barang bukti dan terbukti di sidang pengadilan berdasarkan putusan hakim yang berkekuatan tetap (vonis) ternyata terbukti secara sah dipergunakan dalam kejahatan. Misalnya ; airsoftgun digunakan sebagai alat kejahatan untuk menakut-nakuti korban kejahatan. Menurut pasal 38 K.U.H.A.P. (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana) ayat (1) Penyitaan hanya dapat dilakukan oleh penyidik dengan surat izin ketua Pengadilan Negeri setempat. (2) Dalam keadaan yang sangat perlu dan mendesak bilamana penyidik harus segera bertindak dan tidak mungkin untuk mendapatkan surat izin terlebih dahulu, tanpa mengurangi ketentuan ayat (1) penyidik dapat melakukan penyitaan hanya atas benda bergerak dan untuk itu wajib segera melaporkan kepada ketua pengadilan negeri setempat guna memperoleh persetujuannya.

    2. Selanjutnya Pasal 39 KUHAP menyebutkan kriteria ayat (1) benda yang dapat disita. Yang dapat dikenakan penyitaan adalah ; a, benda atau tagihan tersangka atau terdakwa yang seluruh atau sebagian diduga diperoleh dari tindak pidana atau sebagai hasil dari tindak pidana. Misal; penyelundupan airsoftgun. b. benda yang yang telah dipergunakan secara langsung untuk melakukan tindak pidana atau untuk persiapkannya. Misal; Airsoftgun dipergunakan pelaku tindak pidana untuk menakut-nakuti korban. c. benda yang dipergunakan untuk menghalang-halangi penyidikan tindak pidana. Misal ; Mengacam aparat hukum dengan airsoftgun. d. benda yang khusus dibuat atau diperuntukkan melakukan tindak pidana. Misal, modifikasi airsoftgun agar memiliki kemampuan “mematikan” (lethal weapon) untuk dipakai sebagai alat kejahatan. e. benda lain yang mempunyai hubungan langsung dengan tindak pidana yang dilakukan.

    jadi sodara sodara tanya dulu apakah oknum yg merampas/menyita itu sudah mengantongi surat izin itu pa blm.

    saya juga anggota kok,tpi saya lulusAn hukum.
    jadi sharsnya kebenaran itu tdak disalah gunakan.

    • yaa sy setuju, bgi para yg tau soal undang” dn hukum. Bagi yg tidak memiliki / yg tidak suka akan senapan. Di mohon /di harap jangan sirik/iri/dengki. Judulnya. . .agamamu. .agamaku. Agamamu . .agamaku./ Hoby mu. .hoby ku. Kesenanganmu. .kesenanganku jg. 1 guru 1 ilmu jgn saling mengganggu. .sesama bis kota di larang saling mendahului. .sesama orang jlek di larang saling mengejek. .biarkan angin yg berlalu. Dn biarkan air mengalir sampai jauh . .bak bengawan solo. .thanks. Pemburu musang/tikus hama perusak dlm lingkungan rumah kita. .wasallam

    • Sori bro mau tanya saya pernah liat tetangga pakainya unt nembakin kucing lewat gmn klo gitu? Apa itu jg termasuk digunakan unt tidak semestinya?

  15. menurut hemat saya sih, ngapain sih mainan tembak tembakan gt?? penting gt? lebih baik dilarang aja daripada berbahaya,kalo ketembak kan sakit,,lebih baik kita lestarikan permainan-permainan asli indonesia,seperti congklak,lompat tali, petak umpet, atau bola bekel. udah melestarikan budaya indonesianya dapet,senengnya dapet,badan ga sakit2 kena tembak lagi,,betul kan kata saya? lagian kaya anak kecil aja mainan tembak-tembakan

  16. Pada intinya, semua alat atau benda, tak terkecuali airsoft gun, bisa menjadi bahaya. Semua tergantung dari si pengguna.
    Sebiji kelereng pun jika dilontarkan dengan daya lenting yang kuat, jika mengenai kepala manusia, juga pasti bocor. Demikian hal nya dengan batu, tongkat kayu/bambu, yang digunakan dalam permainan tradisional.
    Pukulan/tendangan seseorang pun, dengan daya pukul yang kuat, juga bisa mematikan. Botol dan gelas kaca/beling, jika salah digunakan, bisa mematikan.
    Jika begitu, apa perlu semua memakai ijin khusus, layaknya sim kendaraan bermotor?
    Jika airsoft gun digolongkan sebagai senjata api, maka pertanyaan sederhana nya, apakah airsoft gun bila ditembakkan mengeluarkan api?
    Bila memang pemerintah kita ingin memberantas senjata api ilegal, kenapa tidak diberantas saja para pembuat senpi rakitan yang ada di sumatra?
    Diakui atau tidak, pada kenyataanya, peraturan yang dibuat di Indonesia adalah untuk menambah kocek para pegawai negara. Jika sesuatu dipersulit, uang bertindak.
    Jika sesuatu itu dibuat/diproduksi dengan tujuan yang tidak membahayakan jiwa dan tidak melanggar norma agama, serta telah dibuktikan, biarlah dinikmati rakyat. Jangan membatasi kebebasan rakyat.
    Semua kembali kepada moral&jiwa masing2 individu. Jika Indonesia selalu dikekang&dibatasi, kapan rakyat bisa belajar?
    Orang awam tidak bisa membedakan airsoft gun dengan yg asli, karena tidak semua orang pernah mempunyai airsoft gun. Kenapa tidak semua orang bisa mempunyai airsoft gun, walaupun tidak dilarang? Karena harganya yang mahal, disebabkan oleh pajak/bea masuk cukai, alias peraturan pemerintah.
    Pajak melulu, dikekang, namun taraf hidup tidak meningkat….
    Bagi airsofter dan yang ingin memiliki airsoft gun, saran saya, paling tidak, jadilah anggota perbakin dulu.
    Setidaknya, jika terkena razia oleh pihak yg berwajib atau oknum, anda terbukti anggota perbakin, klub menembak.

  17. Senjata air softgun itu cuma mainan, seperti mainan pistol-pistolan yang lazim dijual tdi toko mainan. Kalau menyerupai/replika aslinya memang di buat begitu maknya harganya jadi mahal. Tentang tindak pidana karena airsoft gun, Apabila pistol airsoft gun itu digunakan untuk menodong orang maka itu pebuatannya menjadi kejahatan/kriminil dan bisa dihukum. Apabila cuma dipakai untuk latihan menembak, di rumah atau di kebon itu lain soal. Pelurunya juga tidak mematikan cuma lecet saja. Mungkin pelurunya berbahaya apabila kena mata.
    Apabila airsoft gun harus dilengkapi ijin, kriterianya harus jelas dan apa pembeda dengan senjata mainan anak di toko-toko. Mainan yang dari bahan plastik seharga puluhan ribu juga ada yang menggunakan peluru polastik seperti itu cuma tidak pakai gas. Pelurunya kena mata sama-sama membahayakan seperti yang pernah terjadi beberpa waktu yang lalu.

    Menurut UU Darurat No. 12, orang membawa pisau, clurit, golok juga terkena UU tersebut akan tetapi tergantung penggunaannya. Kalau tukang sayur, pedagang daging, dfan pencari rumput yang menggunakan arit, tidak terkana UU tersebut. UU tersebut dapat dikenakan kepada seseorang yang membawa belati, celurit dan parang/samurai untuk dipakai nodong orang atau merampok.

    Penyitaan oleh aparat kepolisian atas kepemilikan senjata airsoft gun sebaiknya di praperadilankan agar di kemudian hari putusan pengadilan dapat menjadi acuan bagi pedagang dan pemilik serta pengguna senjata airsoftgun.

    Saran saya, karena aturan hukumnya tentang airsoftgun ini tidak ada dan tidak jelas, maka untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, polisi mewajibkan pemilik air softgun melaporkan saja kepemilikannya tapi tidak menerbitkan ijin agar apabila terjadi penyalahgunaan airsoftgun untuk kejahatan, dapat diketahui siapa pelakunya setelah ada bukti seperti terekam CCTV.

  18. Senjata airsoft gun itu cuma mainan orang dewasa, seperti mainan pistol-pistolan yang lazim dijual di toko mainan. Kalau menyerupai/replika aslinya memang di buat begitu makanya harganya jadi mahal. Tentang tindak pidana karena airsoft gun, apabila pistol airsoft gun itu digunakan untuk menodong atau mengancam atau menakut-nakuti orang maka itu pebuatannya menjadi tindak pidana kejahatan/kriminil dan bisa dihukum. Apabila cuma dipakai untuk latihan menembak, di rumah atau di kebun itu lain soal. Pelurunya juga tidak mematikan cuma lecet saja. Mungkin pelurunya berbahaya apabila kena mata.
    Apabila airsoft gun harus dilengkapi ijin, kriterianya harus jelas dan apa pembeda dengan senjata mainan anak di toko-toko. Mainan yang dari bahan plastik seharga puluhan ribu juga ada yang menggunakan peluru bola plastik seperti itu cuma tidak pakai gas. Pelurunya kena mata sama-sama membahayakan seperti yang pernah terjadi beberpa waktu yang lalu.

    Menurut UU Darurat No. 12, orang membawa pisau, clurit, golok juga terkena UU tersebut akan tetapi tergantung penggunaannya. Kalau tukang sayur, pedagang daging, dan pencari rumput yang menggunakan arit, tidak terkana UU tersebut. UU tersebut dapat dikenakan kepada seseorang yang membawa belati, celurit dan parang/samurai untuk dipakai nodong orang, merampok atau membunuh/melukai.

    Penyitaan oleh aparat kepolisian atas kepemilikan senjata airsoft gun sebaiknya di praperadilankan agar di kemudian hari putusan pengadilan dapat menjadi acuan bagi pedagang dan pemilik serta pengguna senjata airsoft gun.

    Saran saya, karena aturan hukumnya tentang airsoft gun ini tidak ada dan tidak jelas, maka untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, polisi mewajibkan pemilik air softgun melaporkan saja kepemilikannya tapi tidak menerbitkan ijin agar apabila terjadi penyalahgunaan airsoft gun untuk kejahatan, dapat diketahui siapa pelakunya setelah ada bukti seperti terekam CCTV.

  19. ni baru 4 hari ni ada kejadian di kalimantan timur,saya menjual airsoft revolver win gun ma pihak kedua,pihak kedua di jual lagi ma pihak ke tiga lengkap ktanya.si pihak ketiga di tangkap karna airsoftnya di tembakkan ke pipi seseorang sehingga lecet,nah yang pihak ketiga uda di tangkap usut demi usut bahwa saya itu di panggil juga karna telah menjual airsoft.katanya kenak peraturan kepolisian undang-undang no 10 tahun 2010.benarkah itu????mohon minta pencerahaannya.

  20. Ga cuma airsoft gun, senpi pun seharusnya juga boleh dimiliki WNI ~tentu aja dengan peraturan yg jelas dan pemilik hrs jg bisa menembak~ krn alasan utk perlindungan dan utk hal2 lain yg bkn pidana. Masa cuma org2 berkuasa (non-militer) yg blh memilikinya, masa rakyat biasa ga boleh

  21. wah ini nih…………………………….
    apakah air soft gun merupakan senjata api????? perasaan hanya pake dinamo deh…… penyidiknya perlu belajar lagi dah…………..
    apa koo air soft gun dipake untuk olah raga tuh melanggar dan disita semuanya?????
    hhhhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmm…… yang nyita tuh pengen punya tapi kagak mampu kali ya…….

  22. seharusnya .. kalo ada yg menyalah gunakan air soft gun ya dihukum sesuai UU yg berlaku .
    seperti contoh di atas. ada orang yg menembak pipi orang dg air soft gun . itu kan bisa dijerat dg KUHP, penganiyayan, bukan berarti di tanya dapet dari mana aier soft gunnya dan terus merembet .
    kalo memang begitu berarti gak bakal ada toko pisau di dindonesia. karna banyak sekali korban pembunuhan dg pisau alias senjata tajam dari pada air soft gun , bahkan bisa dikatakan gak ada kasusnya orang mati gara2 ditembak air soft gun . dari hal ini apakah polisi juga menelurusi daper dai mana pisau itu, dan siapa yg jual pisau itu, kan kasian tukang pisau kalo tiba2 dia ditangkap, karna ada orang yg dulu pernah beli pisau ke dia lalau pisaunya di pake membunuh ..
    saya usul para air soft sebaiknya berkumpul dan membuat suatu rancangan uu yg dapat diusulkan ke DPR agar dapat disahkan menjadi UU, dan ke PTUN untuk mengugat peraturan yg bukan berbentuk uu dg katalai berbentuk kebijakan yg dapapt merugikan para penguna air soft gun.
    saya malu mendengar air soft gun disamakan dg senpi . kalo yg mengatakan nya orang gunung yg jauh dari peradaban itu wajar , tetapi kalo yg mengatakannya orang intelektual itu sangat tidak wajar dan perlu dipertanyakan ke intelektualannya ..

  23. bagai mana apakah ada yg sudah melaporkan kepada provos dl masalah penyitaan dl masalah air soft ini …?? minta pencerahan pada rekan 2 sekalian …??

  24. air soft gun atau apapun itu,,, hanya sebagian dari alat-alat yg dapat dijadikan sebagai alat tindak kejahatan, seharusnya pihak yang berwajib bisa lebih bijaksana dalam menilai sebuah alat yang bisa digunakan sebagai senjata kejahatan mis: sumpit mie ayam pun bilamana dihunuskan dileher orang disertai ancaman… akan menjadi suatu senjata kejahatan, masih banyak contoh lainnya seperti: tongkat baseball, rantai apalagi dengan pisau dapur, golok dsb… jadi maksudnya adalah alat apapun itu bilamana tidak sedang dalam mengancam keselamatan jiwa manusia adalah bukan tindak pidana….

  25. kenapa harus bingung kalau memang ilegal /tangkap saja penjual2 resmi yg di pertokoan2 elite yang ada di jakarta wong yg kasih izin saja polisi ko /pokoknya uud ujunh2nya duit

  26. @iwan:lembaran negara RI 1936?anda salah kali bung.RI baru berdiri 17 agustus 1945.tidak ada itu lembaran negara tahun 36.jikalau pun ada peraturan undang-undang maka itu belanda atau jepang punya bukan Indonesia punya.Dan semenjak diundangkannya UU no 12 tahun 1951 maka peraturan yg berlaku sebelum diundangkannya UU no 12 tahun 1951 sudah tidak berlaku lagi.Jadi jelas peraturan yg dibuat Kapolri bertentangan dengan UU no 12 tahun 1951.karena airsoft gun dan air gun bukan senjata api.Pelaku pun dijerat pidana jika terbukti melakukan tindak pidana.Bukan karena memiliki senjata airsoft gun atau air gun.

  27. Aneh pak polisi menyita air soft gun tapi enggak tau uu,polisi menangkap orang yg sudah jadi tersangkapun harus ada surat perintah,la ini menyita barang orang lain tapi tidak tau pelanggaran nya dimana,apa pun objek nya tergantung individunya,nawaitu nya kemana,seutas tali aja kalau niat individu nya tidak baik ya jadi tidak baik.bertindak la sesuai aturan pak,jangan mentang2 dehhhhhhh……….

  28. sabit,cangkul,linggis,parang,clurit,keris,tombak tu juga mengancam jiwa..lah gimana klo semua dipukul rata? itu hanya ulah oknum2 aja yg mau cari uang tambahan..hidup airshoftgun..

  29. airsoftgun itu tidak bisa dimasukan di pidana atau disita jika kita benar dalam pemakaian…memang itu senjata mainan,tetapi jika kita membawa senjata itu dalam keadaan tidak siap,atau magazine tidak terpasang dan senjata tidak kita selipkan di sekitar anggota badan,saya kira sah sah saja…..tetapi jika sebaliknya kita dalam membawa senjata tersebut..atau kita menembakan dengan sasaran orang..itu bisa fatal karena hentakan Ho2 nya bisa melontarkan peluru dan menembus bagian anggota badan…..

    • saya blm pernah denger klu ada air softgun dapat masuk ke bagian kulit…..(mkn udah di modifikasi.) perasaan air soft gun itu lebih bahaya klu bt di lemparkan di kepala/////jd menurut saya lebih bahaya batu kali…….kan lebih keras….piss

  30. airsoftgun bisa di bilang senjata tajam kalu di gunakan untk melukai,,
    kalu mslah hukum nya emng blum jelas,
    kalu mau di bndingin dg sejenis pisau,linggis dll,,bisa di kata kan sama kalu penggunaan nya sama,wajar kalu salah guna di sita,,
    pisau jg kalau di gunakan sbgai melukai seseorang jg bakal di sita kan,,,
    jngn menyalah kan hukum,, mreka pasti akan mempertimbangkan itu,,
    jujur saya jg pegang airsoftgun,tapi saya tau untk ap saya gunakan,,
    jd skrng pd di pikir sndri ja,,,ok……

  31. ada jga sih polisi yang nahan softgun tanpa ada alasan penahanan,padahal surat’katu anggota,bahkan skep kapolri tentang aturan nya jg ada.itukan nga wajar,emang ada UUD yang menyatakan tentang
    softgun,huh ada ada aja

  32. smua alat bs membahayakan gun…kontak mobil aja bs berbahaya klo ditusukin mata…asal cr bw softgun ditempat aman,,,tdk di pertontonkan atao buat nodong orang…klo ada silipo yg nahan itu belum memahami UU nya…

  33. saya bingung.kenapa gak pak polisi dan perbakin ja yg jelas kan………br kamii masyarakat dapat mengerti……..or ada ehem …ehem nya……menurut kita semua ingen keseelamatan bersama…….jd br perbakin dan polisi yg jelaskan…di satu forum langsung….pasti keren…abs menurut saya semua benar…tinggal tergantung pemegangnya……benda apa pun bisa membunuh….batu bata di lempar di kepala ampek pecah bs bunuh orang….kenapa gak tangkep yg jual batu bata,,,,jd sebenarnya benda apa pun bs u membunuh…..nah sekarang tunjukin….kalau bpk polisi lah yg berhak mengawasi…….sekarang bt yg keluarkan izin…dan yg ngelarang………ayo cr beri penjelasan..

  34. beli aja repotnya stengah mati mesti ngurus izin segala
    trus kenapa mesti disita segala ? emang kita tidak boleh melindungi diri aneh aneh aja

  35. Pada kenyataannya, air soft gun adalah senjata mainan atau replika. Namun karena rawan disalahgunakan, tetap saja peredarannya tak bisa bebas dan harus diatur dengan perizinan yang jelas.

    Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Rudi Pranoto menegaskan, selama ini peredaran dan penggunaan air soft gun sudah diatur. Pertama adalah undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951, yang salah satu pasalnya menjelaskan : yang dimaksudkan senjata itu antara lain adalah senjara tekanan udara, senjata tekanan pegas dan senjata tiruan, yang bagian amunisinya bisa membahayakan kesehatan atau memengaruhi raga orang lain. “Air soft gun sudah masuk dalam kategori ini,” kata Kabid Humas.

    Menurutnya, secara khusus Kapolri juga sudah mengeluarkan surat keputusan yang mengatur penggunaan dan kepemilikan air soft gun yang tertuang melalui SKEP/82/2004 tentang penggunaan senjata mainan/air soft gun yang hanya digunakan untuk olahraga menembak. Izin kepemilikan senjata ini dikeluarkan oleh Mabes Polri.

    “Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan izin memiliki, antara lain melampirkan rekomendasi dari pengda Perbakin. Menjadi anggota klub menembak, dan memiliki surat izin impor. Umur pemiliknya harus berumur antara 18 tahun sampai 65 tahun,” terangnya.

    Sementara dalam STR (surat telegram rahasia) Kapolri Nomor 1777/VIII/2008, secara khusus juga mengatur tentang peredaran air soft gun. “Karena peredaran air soft gun yang tidak berizin dinilai dapat mengganggu ketertiban umum, bisa mencederai masyarakat dan bahkan bisa digunakan untuk alat kejahatan,” tegas Kabid Humas lagi.

    Karena itu, menurutnya, meskipun bisa dikeluarkan izinnya, senjata ini hanya boleh digunakan untuk latihan olahraga atau menembak target, yang telah memenuhi syarat. Lebih dari keperluan itu, tetap dilarang.

    Mantan Kapolres Malinau itu juga mengungkapkan, penjelasan saksi ahli dari PT Pindad (Perusahaan Industri Angkatan Darat,Red), senjata replika ini bisa dimodifikasi menjadi senjata api. “Atas alasan itu, Kapolri lalu mengeluarkan perintah agar senjata mainan ini ditertibkan, ditindak dan disidik hingga diproses ke pengadilan. Kami mengimbau warga yang memiliki senjata semacam ini, agar menitipkan ke kepolisian setempat,” tambah Rudi.

    Sementara, Rosa Kahar, Pimpinan PT Asa Karya Cabang Kaltim yang selama ini menjadi salah satu agen penjualan senjata berizin mengakui, kepemilikan air soft gun memang sudah diatur dengan perizinan yang jelas. Tidak bisa beredar sembarangan. “Karena bentuknya mirip dengan senjata api. Jangankan yang begini, semprotan gas air mata yang bentuknya cuma botol spray saja harus ada izin, apalagi yang bentuknya senjata seperti itu,” ungkapnya. (win)

  36. maaf tman” saya jg pnya air soft klu air soft g blh berarti pisau golok sejam yg lainnya harus pke ijin juga dong kan klu pnya air soft hanya untuk latihan n jaga diri dr yg berniat jahat ke kita logikanya gni kita plng mlm” apa harus minta kawal polisi sedangkan di bandung marak genk motor gt jd saya g setuju klu air soft tdk blh gt rekan”

  37. ckakkakkakak, skalian agan2 en agan wati.. kl pny kayu, kursi, meja, ama garpu ijin dlu ke polri ckakakka polri sni mah urusan duit meluluu..
    dr pd jd polri sni? miskin mndng jd polri luar negeri awkwakwkkwa (polri luar negeri mw ambil mobil org bebas, mw di rusak2 bebas.)

  38. Saya tahu seorang yg sekarang dipenjara di Salemba karena membawa airsoft gun 4.5 rusak yg tadinya mau dibetulkan. Dia diancam undang2 darurat dgn ancaman 20 tahun. Undang2 darurat adalah untuk senjata api. Definisi senjata api adalah yg meletus dan bisa mengeluarkan projectil bahan peledak atau mesiu. Padahal softgun belum masuk undang2 hukum negara, saat ini cuma peraturan Polri. Ayo minta ketegasan Polri dan komisi yudisial, apabila softgun akan dimasukan kedalam undang2 darurat negara secara hukum. Mereka harus bikin press konference utk warga semua, dan sosialisasikan supaya kita tahu jelas hitam diatas putih, yg mana boleh yg mana tidak boleh. Bagaimana dgn toko2 yg masih jual softgun dan para pemilik atau kolektor yg sekarang tidak punya ijin???

  39. temen saya juga begitu gan ada kartu anggota perbaking dan kartu club sampai saat ini masih di tahan… dan kasusnya masih lanjut… pihak kepolisian menyatakan airsopygan termasuk senjata apiyg bisa melukai seseorang.mohon solusinya teman hubungi di no q 082347091577

  40. Kebanyakan aturan yg tidak jelas dn tidak beralasan. Makanya negara ini .selalu di lecehkan negara lain. Wajar aja… Aparat hukumya o’on tidak bisa membedakan mainan sama yg asli..﹑PAYAHHHHH…..

  41. yg jelas POLISI brengsek aja yg cari gara2,menakut nakuti akan di proses lah , mengenakan psal ini itulah, yg ujung2 nya kita ngeluarin duit ngasih ke kita….. POLISI mah brengsek,bukanya membina malah menekan masyarakat, dan kita semua tahu itu…..

  42. Kalo menurut hemat saya polisi perlu diberi air sofgun biar ga nakuti masyarakat dengan senpi….kan kalo ga ada senpi ga ada teroris…lebih baik airsoftgun aja jadi terorispun ikut pake airsoftgun!jadi negara ini aman…kan katanya airsoftgun disamakan ama senpi?uu darurat kan?

  43. Sekali mainan tetep aja mainan… gak fair kalau dilarang pake alasan yg gak jelas dan berlindung dibelakang undang2… yang harusnya dilarang itu beredarnya senjata api di indonesia… termasuk yg berizin karena punya potensi digunakan kegiatan kriminal..jadi kalau sdh tertib senpinya…yg nodong dijalan atau di bank itu pasti airsoft ..gak usah takut paling2 juga biru2 tuch kulit….heheheh

  44. Kalu mau nyaman& gg waswas bagi masyarakat mengenai airsoftgun ,’untuk aparat’ jangn di persulit kepemilikan airsoftgun nya jangn di pajakin penjual nya, supaya airsoftgun lebih murah hrgnya .dngn begitu semua orng bisa memiliki airsoftgun supaya masyarakat umum tau beda airsoftgun ama senjata bneran..jadi gk gampang di gretak sama orang yg no bertanggung jawab .karna bisa ngebedain mainan atau benran .

  45. Kalau larangn airsofgun dengan alasan bisa di modif jadi senjata api..terlalau berlebihan..knapa demikian , kalo mau buat senjata api tidak mesti harus pakai airsoftgun.buat aja pakai potongan pipa buat larasnya & papan bekas buat body nya .dengan sedikit kreatifitas jadilah senjata mematikan .gg mesti beli airsoftgun yg hrgnya jutaan …

    • betul itu…..daripada beli yang nyaris mirip senpi terus dimodifikasi….kan mending beli senpi aslinya…harganya paling kurang lebih sama airsofgun ( sesuai berita2 di koran2, harga senpi ilegal antara 2-5 jt )…jadi sangat lebay dengan alasan bisa dimodifikasi jadi senpi, lantas airsoftgun jadi dilarang…

  46. jadi kelanjutan tentang airsoft gun gmn kawan, apa ia arisoft gun bisa d tahan polisi & d jerat UU darurat?
    tolong dong kepastian dari pihak polri & perbakin teteng kepemilikan airsoft gun??

  47. yang sudah beli /punya dipermasalahkan
    tapi yang menjual / mengimportnya tak pernah jadi masalah
    adaapa ini kawan??? ini sudah jadi penyakit hukum yang tak pernah kelar….
    seperti minuman keras,kadang polisi merazia yang kecil” namun pabrikannya yang jelas ada..besar lagi…tidak pernah dibongkar
    kasus ini sama saja dengan air soft..
    harusnya polisi melarang import air soft,setelah itu sosialisasikan kepada masyarakat.
    itu baru bisa dipahami.
    pak kapolri…tolong uu darurat itu jangan dijadikan alasan untuk pungli…kenyataan dilapangan,banyak anak buah bapak yg menjadikan UU darurat..menjadikan sarana pungli..
    bepikiran yang realistis aja…masyarakat banyak mempunyai air soft gun,karena tidak percaya dengan keamanan dinegara ini.selain untuk hobi olahraga..

  48. itu orang pindad yang bilang airsoftgun bisa dirubah jd senjata api, suruh praktekkan. bisa apa nda? jangan asal sebut. lebih mematikan / melukai mana airsoftgun sama senapan angin?
    mengapa senapan angin tidak perlu pakai ijin dan dijual bebas di toko olahraga?
    begini saja. 1.airsoftgun musti dan harus pake Orange Tip. tanpa itu, silahkan tangkap. 2. hanya boleh dipergunakan di arena menembak (shooting range) atau tempat khusus permainan. diluar tempat apalagi di tempat umum, silahkan tangkap. 3. airsoftgun dipergunakan untuk kejahatan, silahkan tangkap. tapi kalau hanya disimpan dirumah atau dibawa main ke tempat khusus permainan ya tidak bisa disita atau ditangkap toh.
    4.tentukan berapa FPS yang diperbolehkan misal 450 – 500. diatas itu, silahkan disita dan diproses, atau punya ijin khusus.
    5. dikarenakan ASG ditakuti karena kemiripannya dengan senpi, bisa juga ditentukan berapa persen kandungan metal yang diperbolehkan tanpa registasi dan harus berapa % yang musti diregistrasi. misal masa ASG yang 80 s/d100 % ABS plastik (kyk ASG keluaran jepang) musti registrasi sih.
    5. pemilik airsoftgun wajib terdaftar pada salah satu klub / perkumpulan yang terdaftar di Polri (bukan klub abal-abal). sehingga setiap anggota terdata.
    6. jika memang butuh untuk pendataan, setiap ASG bisa diberikan nomer registrasi yg di gravir pada bodi ASG. bisa dilakukan lgs oleh perbakin ato cukup dari club dengan dilaporkan ke perbakin (ASG kan bisa digolongkan alat olahraga juga). ASG tanpa gravir no. registrasi silahkan di sita dan diproses.

    klo peraturannya jelas (definisi, konfigurasi, pembatasan spek) niscaya semua juga bisa diatur.

    • good idea………saya pikir, aparat penegak hukum dan pembuat undang-undang…harus lebih diuji tingkat intelektualitasnya….sehingga memberi masukan dan ide2 seperti om asfin…sebenarnya sangat simple…tp apakah pernah mereka pikirkan….terutama para perumus undang-undang…sangat perlu untuk dilakukan uji kompetensi krn selama ini mereka hanya dipilih berdasar suara terbanyak tetapi tidak pernah teruji secara intelektualnya…sehingga ada hal2 kecil yang berdampak cukup besar krn adanya salah penafsiran undang-undang…contoh itu tadi… membawa airsoftgun terkena uu darurat dan terancam pidana 20 tahun bahkan hukuman mati….wadooooh…

  49. Kalau membahas dari seluruh aspek dan jenis benda tidak ada habisnya , senjata api sekalipun bila tidak digunakan untuk hal yang negative nggak masalah , namun karena ada peraturan yang membatasinya akhirnya harus memiliki ijin , sekarang apakah anda pernah memikirkan bila ASG sangat rawan penyalah gunaan bagi pemiliknya ? , saran saya bawa ketapel aja kemana – kemana dan tidak perlu takut untuk diperlihatkan kepada khlayak ramai , paling paling binatang jenis monyet yang takut sama anda

  50. Ga beber klo ada UU untuk soft gun, kecualinya unit telah disalah gunakan itu baru ada pasal yg kena tapi bukan menjurus ke unitnya, klo ada yg keberatan mengenai argumen saya silakan datang ke rumah saya…..saya tunggu….tinggal pilih mau di dor pake jenis apa biar tau rasanya….oke

  51. kasikaN aja ke aparatnya gan.merka kan bnyak yg nggk pu

    nya.jgn d sita pemakai sgn nya tpi tggkp yg buat nya,psti yg nggkp bingung mau d jrat ama uu ap ni

  52. Serba salah jadinya.. Sebenernya secara pribadi gua suka… Dan secara pribadi juga gua rasa gua ga suka dengan adanya airsoftgun2 yg telah beredar..
    Tapi bicara hobby, siapa sih yg mau diatur-dibatasi-dilarang? Bahkan yg punya hobby godain istri orang sekalipun tidak bisa diatur-dilarang-dibatasi.. (Hihihii kidding dikit).. Tapi bicara dari sisi tindak kejahatan.. Nih produk emang bikin cemas, karena bentuk fisiknya yg hampir mirip aslinya.. Kita ga perlu bahas gua bisa tuh bedain asli atau palsu.. Atau bilang, ah gampang tuh, lu liat aja kalo diujung larasnya kelihatan warna merah berarti palsu… Kalo ada yg jawab gitu, gua jawab balik.. Prettlahhh.. Itu kamu, yg paham.. Karena elu hobby maenin itu, searching tipe2 yg teryahud.. Pasti elu ngerti.. Sama ibaratnya seekor bebek yg pandai berenang cerita ke ayam dianya bisa berenang, kenapa ayam kagak… Dan akan jawab, karena elu itu bebek.. kwek kwekk… Sekarang kita coba lihat dari sisi genting.. Anggep aja salah satu keluarga elu deh, lagi jalan dipasar, melewati gang sepi supaya mencapai tujuan lebih cepat.. Nah dia orang ditodong pake airsoftgun.. Dia ga tau asli atau palsu tuh senjata.. Ujung cerita dirampok, uang habis berjuta2, kalung cincin gelang emas, hp, segala macem.. Gimana perasaan elu? ( Kalo gua sih kasian, tp mau bilang apa? Soalnya sama2 ga tau bedain asli atau palsu).. Itu kalo rampok… Gimana kalo pemerkosan?… Ahh entahlah.. Tp ya pihak kepolisian ya aneh juga… Kalo ga boleh beredar.. Jelas bikin peraturannya, orang berbisnis dengan modal.. Bukan uang sedikit.. Jgn seenaknya ngomong ilegal, harus ada ijin.. Tp ga bisa rinciikan apa yg harus dipenuhi.. apaan lu? Kalo memang harus berijin, saranin ijin seperti apa?.. Kalo kepemilikan harus delengkapi sertifikat? Buat sertifikat.. Kalo memang harus melapor 3 bulan sekali? Buat peraturan.. pihak kepolisiankan banyak tuh bidang2nya.. Masa ga bisa nyelesaikan urusan begini.. Kalo urusan penghobi airsoftgun ga bisa diselesaikan dengan tepat.. Kenapa perbakin bisa?.. Kenapa kepemilikan senjata api peluru karet bisa? (Orang aja berani keluar duit hampir 25jtan sampai 50jutaan dan harta kekayaannya dipertanyakan demi memiliki senjata api peluru karet, harusnya paham donk, memiliki hobby airsoftgun dengan modal 2,5jtan sampai 5jtan pasti akan banyak yg meminatinya.. Secara inikan hobby yg berkelas..) Buatlah skema aturan yg jelas.. Biar ga ribet saling sebel seperti sekarang ini.. sedikit tambahan… Nah tuh senapan angin kaliber 4,5mm gimana pula tuh selama ini hayo???? Babi hutan aja bisa pincang kena pelurunya… Nyante2 aja tuh orang nenteng senapan angin… I luv my benyamin sport and my cannon sharp…. ( Jgn marah gua ya.. Ntar tak sebut bebek lu lho… Peace heheheheeee)

  53. Penjelasan tentang prosedur kepemilikan dan penggunaan senjata mainan /air soft guns

    1.Rujukan :

    a.Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004 tentang pengawasan dan pengendalian senjata api dan amunisi non organik TNI / POLRI

    b.Telegram Kapolri No. Pol. : TR/768/IV/2008 tanggal 10 April 2008 perihal wasdal peredaran senjata mainan / air soft guns secara ilegal.

    c.Nota Dinas Kabid Telematika Polda Jatim No. Pol. : B/ND-168/VI/2008/Bid Telematika tanggal 30 Juni 2008 tentang Pengaduan masyarakat.

    2.Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, terkait dengan prosedur perijinan kepemilikan dan penggunaan senjata mainan / air soft guns disampaikan sbb:

    a.Bahwa senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.

    b.Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti senjata api.

    c.Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) dapat diberikan izin penggunaan dan pemilikan dan nomor registrasi diterbitkan oleh Kabid Yanmin Baintelkam Polri.

    d.Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.

    e.Terhadap senjata mainan / menyerupai senjata api (air soft guns) yang telah mendapatkan izin penggunaan dna pemilikan dapat disimpan dirumah dengan surat izin penyimpanan dari Polda setempat.

    f.Persyaratan kepemilikan dan penggunaan sebagai berikut :

    a.Surat ijin import.

    b.Rekomendasi Pengda Perbakin / club menembak.

    c.Anggota Perbakin / club menembak.

    d.Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

    e.Umur 18 s/d 65 tahun.

    f.Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar.

    3.Demikian disampaikan sebagai masukan dan menjadi maklum.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s