Buku Penting Dari Notaris @irmadevita Tentang Jaminan Perbankan


Kali ini, sekali lagi saya mendapatkan buku dari salah satu blogger hukum ternama di Indonesia, Irma Devita Purnamasari, seorang Notaris. Dulu saya pernah dikasih buku oleh beliau soal hukum pertanahan. Sebagai blogger tentu kekuatan buku yang ditulis sebelumnya adalah gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Kali inipun saya berharap menemukan gaya bahasa yang sama yang digunakan oleh beliau. Buku yang saya baca ini berjudul “Kiat – Kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak Memahami Masalah: Hukum Jaminan Perbankan”. Yang lebih melegakan lagi buat saya adalah buku ini dilengkapi juga dengan CD yang berisi UU dan peraturan terkait, Checklist, dan Blanko serta Contoh Surat. Lengkapkan, ibarat beli satu produk anda dapat lebih dari 1 kemudahan. Secara umum buku yang saya baca ini terdiri dari 214 halaman yang berisi tentang Konsep dan Jenis Kredit Perbankan (Konvensional dan Syariah), Berbagai Jenis Jaminan dan Alternatif Jaminan yang meliputi Hak Tanggungan, Hipotek Kapal, Fidusia Pesawat Terbang, Fidusia Bangunan, Negative Pledge, Gadai Saham dll. Saya selalu berpikir bahwa Ibu Irma ini adalah penyuka warna ungu karena hampir isi bukunya warna ungu sangat mendominasi. Meski sebenarnya saya tidak menyarankan jika tulisan juga dibuat dalam warna ungu, karena buat saya rada-rada melelahkan untuk mata hehehehehe.

Sebagai orang awam yang sedikit tahu soal hukum, saya malas jika harus mempelajari cabang ilmu hukum yang berkaitan dengan aktivitas perekonomian, entah kenapa malas saja dari dulu. Tapi buku ini lain, karena saya tak bosan untuk membacanya hingga akhir, karena selain gaya bertutur yang nyaman buku ini juga dilengkapi dengan contoh – contoh kasus yang sering dihadapi sehari – hari. Dan yang paling penting di buku ini ada gambar – gambar ilustrasinya dalam bentuk kartun. Dari keseluruhan buku ini sebenarnya praktek yang sering saya alami adalah soal jaminan fidusia, sayang pembahasan mengenai menghapus jaminan fidusia sepertinya kurang begitu lengkap termasuk informasi tempat2 kantor pendaftaran fidusianya di seluruh Indonesia. Untuk yang berlokasi di wilayah Banten sedikit info soal Fidusia bisa dilihat disini.

Nah, jika anda ingin mengetahui seluk beluk hukum jaminan perbankan, tak ada salahnya jika anda menjatuhkan pilihan kepada buku yang ditulis oleh Ibu Irma ini.

About these ads

5 thoughts on “Buku Penting Dari Notaris @irmadevita Tentang Jaminan Perbankan

  1. Ping-balik: Buku Baru: Hukum Jaminan | Irma Devita

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s