Iklan

Saat Memberi Nama Anak


Aku ingin berbagi cerita soal memberi nama anak, bagiku nama anak adalah bagian dari harapan kedua orangtuanya. Karena itu, aku berharap bisa memberi nama yang baik untuk anakku. Dan ternyata sangat sulit untuk menemukan nama anak yang baik. Waktu itu aku membuat kriteria untuk memberi nama anak antara lain:

1.Nama anakku kalau dipanjangkan punya arti, disini berarti full name nya ada artinya
2.Dan kalau disingkat juga punya arti
3.Serta ada namaku di belakangnya à yang ini sih egoku saja
4.Kalau anakku laki aku berharap bisa kasih nama Ibrahim
5.Kalau perempuan istriku berharap kasih nama Azzahra

Nah kebayangkan bagaimana rumitnya memberi nama anak dengan kriteria seperti di atas. Pada waktu itu, istriku minta carikan arti nama dari Sabryna dan ketika dicari artinya bagus Sabryna berarti Princess, dan aku sepakat dengan nama itu. Akhirnya dirangkailah nama anakku menjadi Azzahra Sabryna Anggara kalau disingkat berarti ASA yang artinya harapan. Indah kan.
Tinggal yang terumit kalau kasih nama anak laki-laki, waktu itu disepakati nama anakku adalah Ibrahim S. Anggara, dan begitu rumitnya perdabatan tentang S-nya itu akan dikasih nama apa…., setelah cari di buku tentang arti nama aku beroleh kesepakatan tentang nama S yaitu Syauqi yang artinya rinduku, dan kalau disingkat namanya berarti ISA, menurutku aku senang dengan nama ISA, mengingatkanku akan perjuangan Nabi Isa AS.
Ternyata mencari nama anak itu tidak semudah yang aku kira saat aku masih melajang. Dan proses pencarian itu menurutku adalah bagian yang indah juga

Iklan
145 comments
  1. ninit said:

    nyasar disini… ternyata ini memang temen halo halo pas di FH dulu.

    you have a really beautiful daughter. what a happy family 🙂

  2. Santi Indra Astuti said:

    Halo mas,
    aku sedang mencari referensi tentang pengalaman orang memberi nama, tentang nama itu sendiri, dari perspektif Cultural Studies. Jadi, aku mampir di sini. Mohon izin untuk menyertakan pengalaman Anda sebagai salah satu rujukan studi-ku…
    Thanks ya.
    Salam untuk Zahra dan ibunya.

  3. RADIN HASD SISWOYO said:

    mas,tolong carikan referensi nama2 untuk calon anakku yg Insya Allah mo lahir akhir Desember th ini ato awal th 2007 ini.
    Salam buat klga dan si kecil imut yaa…Thanks.

  4. Halimatussakdiah said:

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tolong ga ya mas? Insya Allah akhir Desember ato awal Januari aku akan melahirkan anak pertamaku. tolong dong referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya, soalnya udah pusing juga nich nyarinya.
    Thanks ya Mas…..

  5. Risti said:

    tolong diberi tahu apa arti nama anak :
    1. Nindia Sebastian
    2. Isa Sebastian
    3. Tristiawati
    4. Wahyu
    5. Wahyu hakiki

  6. adex said:

    arti nama dari
    1. kafka
    2. dafa
    3. radit
    4. lintang
    5. bian

  7. Halima said:

    tolong donk arti nama dari
    1. Muhammad Aditya Fauzan
    2. Aqilah Sabrina Putri
    3. Aqilah Adonia Putri
    Susunannya cocok ga ya mas?

    • Nama Muhammad menurut info yg saya dpt dr Internet merupakan nama yang populer digunakan sekarang ini di benua Eropa dan Amerika, terutama di Belanda dan Inggris. Nama lain yg populer adalah Jack.

      Muhammad Aditya Fauzan adalah nama yang bagus, artinya berkepribadian (insya Allah) seperti nabi Muhammad, mulia dan cerdas, serta bermartabat tinggi.

      Muhammad: Nabi Muhammad SAW
      Aditya (sansekerta): orang yang cerdas dan mulia
      Fauzan (Arab): Kejayaan

      Kalau Aqilah Sabrina Putri, artinya perempuan bangsawan yang bijak dan mulia.

      Aqilah(Arab): Bijak dan mulia
      Sabrina(Latin): perempuan bangsawan
      Putri(indonesia): anak perempuan

      Aqilah Adonia Putri, artinya perempuan cantik yang bijak dan mulia.

      Adonia(Latin): Cantik/sejenis Bunga

  8. WULAN said:

    Maz tlg artikan nama ini ya?/AZZAHRA SABRINA NURBUANA PUTRI
    TLTG BLZ CPT YA MAZ!!!!!!

  9. vike said:

    Farina rizma evitasari risaldy
    Falovie namira vike zulmi dianti

  10. ibrar ardiansyah said:

    tolong ya arti dari nama :
    1. THORIQ
    2. NAMIRA

    dan tolong ditambah nama tengah atau nama akhirannya ya? diantara

  11. IMRI said:

    tlg artiin nama
    1. AUREL
    2. IMRI
    3. AULIA

  12. inka said:

    apa arti nama ini??
    narisa felinka kusuma

  13. eny said:

    tolong dong, apa arti nama kafka..

  14. ERNA said:

    apa arti nama BINTANG RASYA NUGRAHA

  15. rovik said:

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tolong ga ya mas? Insya Allah akhir Februari ato awal maret aku akan melahirkan anak pertamaku. tolong dong referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya, soalnya udah pusing juga nich nyarinya.

    Thanks ya Mas…..

  16. ricky sulistyo said:

    halo mas, Insya Allah di bulan mei 2007, istriku akan melahirkan anak pertama. Saya minta saran referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya (yg mempunyai nama islam). tks mas.kutunggu

  17. farhan said:

    anak saya rencana diberinama : Farla Aulia Azzahra, kira-kira arti yang lengkapnya apa ya ?

  18. patihraja said:

    arti “wiyoga” sebagai nama belakang.arti dalam islam yach

  19. anggara said:

    Rekan-rekan semua, terima kasis atas kunjungannya ke blog ini, namun maaf saya tidak bisa membantu rekans untuk menemukan arti nama anak. Mohon maaf

  20. junaida said:

    Assalamualaikum,

    Insya Allah di bulan Juni 2007, Saya akan melahirkan anak pertama. Saya minta saran referensi nama anak laki-laki (dimulai nama Imam….) dan perempuan ( dimulai huruf J ….) beserta artinya (yg mempunyai nama islam). thanks ya, saya tunggu jawabannya….

  21. Anggara said:

    @Junaidi
    terima kasih atas kunjungan anda pak, namun maaf saya tiada mampu membantu bapak

  22. Danny said:

    apa artinya nama farla? tolong dong kasih referensi nama buat anak laki-laki saya?

  23. Danny said:

    apa arti nama farla ?

  24. yusup said:

    tlg artiin nama ini:
    1.kayla
    2.keysa
    please buruan yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………………………………………………………………………………………………………………………………….tengkyu.

  25. anggara said:

    @ Pak Yusup

    Terima kasih atas kunjungannya, namun mohon maaf saya tidak mampu membantu anda

  26. mala said:

    tolong cari arti nama :

    Nayunda Nazwa Dinata

    thanks yah,,,

  27. anggara said:

    @ ibu mala

    Terima kasih atas kunjungannya, namun mohon maaf, saya tiada bisa membantu

  28. fendi said:

    tolong dong carikan nama buat calon anakku yg bulan depan mau lahir ,nama cewe & cowo kalo bisa 3 kata ,trim sebelumnya.

  29. anggara said:

    @ pak fendi
    waduh pak, mohon maaf nih, saya juga rada kesulitan kalau harus kasih ide soal nama anak, btw thank u for visiting my blog

  30. Ria said:

    Saya mau tahu arti nama dari PRADITYA KHAFIFUDIN?

    Terima kasih sebelumnya.

  31. muhammad khal iskandar'awg matsrih'farah wahida said:

    tolong bagi erti nama ini

  32. kailandra said:

    Memang rumit juga nyari nama untuk anak, kebetulan anak pertamaku namanya juga Azzahra yang artinya bunga, nah sekarang aku juga lagi nyari nama untuk yang berikutnya moga aja laki-laki.
    Kalau ingin nyari nama bisa brosing di nama-nama anak islami atau baby favorite name, moga sukses ya yang lagi pada nyari nama.

    Salam buat ASA

  33. Agatha septiandika putri said:

    blh tw arti namaku gak???thx b4

  34. masril said:

    blh gak di atiin nama gw makasih.
    wassalam

  35. masril said:

    tolong dong buat nama buat ponakan saya yang lahir di bulan mei insya allah tgl 7 mei. makasih
    wassalam

  36. April said:

    asss. mas.
    mana yang lebih bagus nama buat anak saya, saya bingung mas, tolong saya ya mas.
    1. Muhammad Arya Ardifa
    2. Muhammad Arya Sefaril
    atau tlng cariin saya nama buat anak saya yang ada kandungan Islaminya.
    makasih sbelum nya.
    Salam,

    APRIL ZUARDI & Arna Yosefa

  37. Nurmansyah said:

    Mas…Tolong cariin nama untuk anak saya yang insya Allah lahir bulan Juni baik nama yang laki dan perempuannya ya..

    Wassalam

    Nurman

  38. @ Ria dkk

    mohon maaf saya tidak mampu membantu anda, tetapi terima kasih atas apresiasinya

  39. kristanto said:

    apa arti nama :
    KAFKA RAYA RABBANI
    makasih sebelumnya

  40. wawan said:

    mas tolong ya artikan nama ini kirim ke email ku ya Devian naufal fadhil

  41. wawan said:

    apa arti nama devian kirim ke emailku ya mas
    nama panjang nya devian naufal fadhil kalau naufal fadhil nya ada tinggal devian nya aja makasih

  42. Rachmad said:

    Tolong Mas apa arti nama Restiana
    makasih sebelumnya

  43. bambang suharyono said:

    tolong donk bantu carikan nama untuk saya yang lahirnya pada tanggal 09 mei 2007. terima kasih

  44. pay said:

    tolong artikan nama anak saya Nazryl dhanendra al-fareza

  45. pay said:

    tolong artikan nama nazril dhanendra al-fareza

  46. vi said:

    koq… bisa sama nama ankaku juga dipanggil assa. tapi masih bingung nih karena belum ketemu arti Praditya tolongin dong

  47. budi riyanto said:

    saya akan menjadi bapak mungkin pada bulan juni . dan saya bingung nama yang cocok bagi anak saya nanti . tolong kirim daftar nama beserta artinya untuk cowok or cewek thanks

  48. umikia said:

    arti achmad arkan abdillah artinya apa ya?

  49. Fera said:

    Tolong dong arti Ardiansyah Dwi Nugraha,tks

  50. Fera said:

    Sekali Lagi tolong dong arti dari nama anaku Ardiansyah Dwi Nugraha, tks

  51. ariel said:

    apa ari nama Farla & Sabryna, kalau digabungkan menjadi Farla Sabrina bagus nda? atau bagusnya seperti apa…? mohon saran segera

  52. ariel said:

    apakah cocok bayi perempuan yg lahir pada bulan juni diberi nama Farla & apa artinya? dan apa arti dari Sabryna. mohon petunjuk

  53. titiq said:

    assalamualaikum wr wb
    mas,tolong dong kasih nama yang cantik dan punya makna yang indah buat anak perempuan,soalmya kira2 sebulan lagi kakakku melahirkan. makasih ya mas..

  54. Ferry MT said:

    Mas, InsyaAllah akhir / awal bulan Juli ini anak kami lahir perempuan tolong dibantu utk dicarikan nama yang cantik, cerdas dan islami tks ya mas…

  55. andi said:

    Minta tolong di carikan nama buat anak laki-laki lahir 25 juni 2007 jam 7 pagi , thanks

  56. Nia said:

    minta tolong di carikam nama buat keponakan saya,yang lahir bulan juli tgl 12 2007 jam 12 siang.cepet bales yach,Thanx………

  57. anggara said:

    @nia
    mohon maaf saya tidak bisa membantu

  58. Rifa said:

    Minta tolong apa arti nam M.Erzi Haikal Ardani,mohon secepatnaya ya….

    Trims

  59. mas Nama untuk anak laki – laki, anak pertama, yang menrt hkum islam artinya perkasa dan pemimpin apa mas ???? sebelum dan sesudahnya terima kasih..
    wassalamualaikum….

  60. anggara said:

    @rifa dan harry

    maaf, saya tiada mampu membantu

  61. radit said:

    radit praditya artinya apa?
    thanks before….

  62. anggara said:

    @radit
    nama sendiri koq ditanya artinya apa? 🙂

  63. qoyyum said:

    Punten mas. Aku boleh minta tolong nich. Arti nama pragitya itu apa ya?aku udah bolak balik nyari nya, tapi masih nihil. kalo boleh di bantu dong artinya apa?

  64. eppy eko said:

    Mas aku mau tanya kalu ” faundra keyko cahyo ” artinya apa atau ” faundra erko cahyo” artinya apa yaaa??

  65. anggara said:

    @qoyyum dan eppy eko
    maaf saya tidak bisa membantu anda

  66. Kalo Abid Pasya Ariyadi artinya apa? Thank’s before…

  67. anggara said:

    @ary
    maaf saya tiada mampu membantu pak

  68. anggara said:

    @asep
    terima kasih untuk kunjungannya

  69. Rioadi said:

    mas tuolong minta referensi nama buat anak laki pusiiiing neeeh

  70. anggara said:

    @rioadi
    duh moon maaf, tiada mampu membantu

  71. ryo said:

    tolong artikan nama ini,soalna saya mau punya anak yang pertama
    1.fiorentina videl aurerra(cewek)
    2.aurel nino(cowok)

  72. anggara said:

    @ryo
    maaf, saya tidak bisa membantu anda, tapi nama anaknya bagus koq

  73. deva said:

    Mas kok jawabanya “maaf” terus sih?? emangnya arti nama mas anggara sendiri apa? 🙂

  74. anggara said:

    @deva
    kalau saya nggak tahu, mau jawab apa :D, namanya saya artinya gampang koq “selasa”

  75. aska said:

    Ass Wr wb.
    Bantu saya dong kasih referensi anak kedua, bingung nih ………………… cari nama cowok dengan kombinasi latin, islami dan sansekerta, anak saya yang pertama bernama DELASKA HAEKAL MAHENDRA, kasih dong nama yang sepadan dengan kakaknya, bagi yang punya stok senada kirim ke email gua ya, thank before

  76. delaska_haekal@yahoo.co.id said:

    Ass wr wb, mas bantu gue dong cari nama cowok, pusing nioh…………. dah brosing bebarapa hari nggak ada yang cocok, kirim ke email gue yach.

  77. anggara said:

    @aska
    andai saya bisa bantu anda 😦

  78. dando said:

    ko malah pada nanya nama? Orang TS nya aja cuma share, bukan ahli mengartikan nama………terbukti si TS aja ruwet cari nama yang sesuai…

  79. abdul aziz wirdiyanto said:

    assalamualaikum wr wb
    apa artinya abdul aziz wirdiyanto?
    wassalamuaikum wr wb

  80. anggara said:

    @abdul
    maaf, saya tidak bisa membantu

  81. Farizta said:

    iya nich……… pada salah paham.
    semuanya malah nanyain soal nama.
    aq jg lagi bingung buat ngasih nama anak kedua yg kebetulan cewe lagi yang lahir 17 feb 2008.
    ada usulan ?

  82. anggara said:

    @farizta
    usulan, kalau dyah gimana?

  83. wisnu said:

    tolong kasih tau arti nama
    1 arya anggara
    2 angger jati
    3 dewi setrewisnu tarawati wardhani
    4 tradhitya kuncoro wanudara
    5 ida ayu kedasih

  84. wisnu said:

    no 4 ralat
    radhitya kuncoro wanudara

  85. Owah Sammy said:

    Cari nama-nama buat anak emang susah-susah gampang ya? Kadang udah mikir sampe berbulan2 jg gak nemu nama yg pas, hehehe… Tapi kalo liat nama2 yg diposting di komen sih kayaknya bagus2, bisa dijadiin inspirasi nih, hihihi. Sama juga kayak yg ada di www .artinamaku.com buat inspirasi.

  86. Yusin said:

    Ass…
    Waduh,, sbenernya aku mo cari referensi at nama anak temen dari sini N mo nanya2 artina P koq kayakna ms. Anggara ndiri kesulitan… Jadi tambah binggung nich !!!!!!!!! P mewakili ms. anggara makacih dah mo Comment disini N aku juga bisa ngambil sebagaian nama yg masuk P tetep Binggung nyari artina…
    He-He-he

  87. anggara said:

    @yusin
    wah, saya sendiri juga pusing soal nama anak

  88. Andi said:

    Assalamu’alaikum….
    Permisi numpang curhat… dan mohon solusinya.
    Saya juga sedang pusing sama nama anak, apa yang bagus ya!! Ikut sama nama mertua apa ikut ego sendiri??

  89. anggara said:

    @andi
    saran saya, sekedar saran dari orang tua sih silahkan saja, toh penentunya tetap anda kan?

  90. minta tolong untuk arti untuk namaku yang pertama
    Muhammad Habibun Najjar /
    Muhammad Hanzalah

  91. anggara said:

    @wahyu
    mohon maaf saya tidak dapat membantu

  92. IZZU said:

    Habib = kekasih
    Najah/r = kemenangan

  93. IZZU said:

    @ abdul aziz wirdiyanto

    Abdul Aziz : Hamba Allah yang mulia

  94. anggara said:

    @izzu
    terima kasih atas infonya

  95. wisnu said:

    mas anggara boleh liat foto mas g ??

  96. wisnu said:

    mas anggara, boleh minta fotonya g ??

  97. Andris said:

    Mas, tolong bisa cariin namabuat calon anaku ga?
    kalo bisa perempuan sama laki2
    aku udah merancang nama untuk anaku kalo perempuan
    1. Adillah Khansa Citrawardana
    2. Hasna Lutfhiyah Citrawardana
    nah untuk yang laki lakinya kira2 siapa ya mas???
    Citrawardana adalah nama kami: Istri saya namanya Citra Indriyani dan saya Andris Wisnuwardana.

  98. didi said:

    mas tolong dong cariian nama buat anak saya nama istri saya sanih dan saya bernama didi maulana.thank’s mas

  99. didi said:

    aha

  100. asep said:

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tolong ga ya mas? Insya Allah akhir mei ato awal juni istri saya akan melahirkan anak pertamaku. tolong dong referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya, tapi menurut islam.

    w’salam

    terima kasih

    • anggara said:

      @asep
      duh pak, saya tidak bisa membantu, sekedar berbagai pengalaman saja, saya meminta petunjuk dari Allah, ketika akan memberi nama anak

  101. SYAIROZI said:

    minta tolong artikan nama DAFFA NATA DANENDRA ya… please banget karena anakku meh lahir, atau tolong banget nek masih kurang tolonggggg banget tambahin.. thanks banget smg Tuhan selalu menyertai…

  102. Farid said:

    Ya, emang betul. nYusun nama islami gak mudah, karena sense intuisi kita sangat berperan untuk menentukan keindahan nama, khususnya nama islami karena pengetahuan kita yang terbatas tentang tata bahasa arab, tapi mudah-mudahan situs ini bisa menjadi tambahan referensi : http://www.namaislami.com

  103. Endang Mulyadi said:

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tolong mas? Insya Allah akhir mei ato awal juni istri saya akan melahirkan anak pertamaku. tolong dong referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya, tapi menurut islam. Saya jg mau ada nama saya dan istri (disingkat) sebagai nama belakang anak saya. Nama saya : Endang Mulyadi, nama istri : Idjeriah Rossa

    wassalam

    terima kasih

  104. ahmad alfaini said:

    saya akan menjadi seorang ayah pada bulan mei, tolong kirimkan kepada saya kumpulan nama anak islami untuk laki – laki dan perempuan beserta artinya terima kasih.

  105. ahmad alfaini said:

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tolong ga ya mas? Insya Allah akhir april ato awal mei istri saya akan melahirkan anak pertamaku. tolong dong referensi nama anak laki-laki dan perempuan beserta artinya, tapi menurut islam.

    w’salam

    terima kasih

    • anggara said:

      @ahmad
      mohon maaf, saya tidak bisa membantu

  106. Dinoe said:

    mas kasih saran donk buat nama keren tapi artinya ada islaminya gitu…

    • anggara said:

      @dinoe
      aduh, mohon maaf saya tidak bisa bantu mas

  107. Dayat said:

    Minta tolong dong..
    Kafka artinya apa ya?
    terus dari bahasa apa?
    makasih…

    • @dayat
      waduh saya juga tidak tahu, mohon maaf

  108. LAM'AH said:

    MAaf,bs nanya arTi naMa saya..
    LAM’AH..UPSS ..
    PEREMPUANYA

    • anggara said:

      @lam’ah
      mohon maaf saya tidak bisa membantu anda

  109. sudirman said:

    apa pantas putri saya kunamakan dafa syafira sudirman

    • anggara said:

      @sudirman
      pantas koq

  110. NANIK said:

    tolong carikan arti nama “MORENO”,, buat my baby.. thanks

  111. tata said:

    aku juga kebingungan cari nama bwt anak cowok…..udah 15 hari hidup tanpa nama! tolong donk…. carikan nama yang nyambung dengan bulan januari

  112. MAYANG said:

    Anak pertama NAZWA HELIANA PUTRI, maunya anak kedua kalo laki NAZRIL HELIANA PUTRA arti dari NAZRIL apa ya……..

    • anggara said:

      @mayang
      Mohon maaf saya tidak bisa bantu 🙂

  113. yuyun said:

    langsung aja ya…
    saya hamil usia kandungan 7 bulan dan diprediksikan dokter melahirkan bulan mei 2010. saya ingin nama lengkap islam bayi perempuan dan laki-laki untuk bulan mei beserta artinya. saya harap anda bisa membantu.

    saya ucapkan terimakasih banyak. tolong dibalas di hello_h4y@ymail.com

    • anggara said:

      @yuyun
      Mohon maaf saya tidak bisa bantu 🙂

  114. Rudi Siholman said:

    Saya binggung memberi nama anak saya yang ke 3 yang diprediksi dokter laki laki dan akan lahir pada bulan maret atau april, tolong berikan beberapa nama yang baik menurut Islam.

    • anggara said:

      @rudi
      Sebelumnya saya ucapkan selamat dan saya turut berbahagia, namun untuk urusan nama, saya tiada bisa membantu. Maafkan saya

  115. Anwar said:

    Tolong bantu nama anak sy cwok udah sbulan blm ada nama

  116. aris ismana said:

    mas saya mo nanya nih.. arti nama anak sy.. 1.shafira putri praditya lha nanti insya Allah bulan mei mau lahir anak ke dua.. klo cow mo tak namai : Ababil
    klo cew : Shofa
    tolong kasih kepanjanganya dong mas… beserta artinya..thk..

  117. totokyuliyanto said:

    Mendengar cerita mas anggara tentang pemberian nama menjadi salah satu inspirasiku, jadi pas kehailan kami (aku dan istriku) mencari-cari nama, muncul dua opsi Aditya (matahari/ orang yang pandai dan bijaksana) dan Arya (untuk nama awal) karena arya berarti pangeran/bangsawan (land lord) aku kurang cocok akhirnya setelah memperoleh jalan tengah nama anaku rencanya Aditya R Yustia (yustia diambil dari yuliyanto dan stiawati), sehingga bila disingkat menjadi Arya. MASALAHNYA sampai saat ini belum mendapatkan nama tengah dari huruf R tersebut yang sesuai, belum lagi ada keinginan dari keluarga agar ada nama-nama islami.

    Bila ada masukan tolong kirimkan kw blogs sy secepatnya, karena Akte kelahiran harus nama bayi jelas. trims yah

  118. Assalamuallaikum Wr.Wb…Tolong dong cariin arti nama dari anak saya Tiodafa Syah Raihan Putra Padu,,,Makasih ya sebelumnya…….

  119. joko susilo said:

    istri saya juga mau melahirkan bulan september akhir atau oktober awal, tolong dong bantu cari nama untuk anak cewek yaaaaa

  120. dede kurniasi said:

    arti nama kayla az-zahra paa yh mas???

  121. Faisal said:

    Ass…
    apa arti nama ” KHALILAH AZZAHRA”
    trimkasih.

  122. andi surya said:

    Ass wr wb,
    mau tanya apa arti nama Muhammad atsaal azizan surya ?
    betul tidak cara penyusunannya ?

  123. arfah said:

    tolong artiin nama gue dan adik2 gue donk

    1. Arfahdiansyah
    2. Ulfani
    3. Alif alfa
    4. Rahmat yusuf basokadieng

  124. Tono said:

    Mohon Bantuan, apa nama yang baik untuk seorang bayi perempuan yang lahir dibulan oktober

  125. syauki said:

    apa artinya nama dari ” syauki futaki ginting ” ? tolong artiin yaa !

  126. syauki said:

    gimana ya caranya membuat diriku menjadi konsisten dengan komitmenku ? mohon bantuannya yaa?

  127. rahmawaty said:

    mas tlong d artikan nama anak ku Muh.naufal eza alfareza tanggal lahirnya 13 april
    2012 sktar jam 16.00
    makasih

  128. puji said:

    tlng mas nama anak di bulan desember u/anak saya yg pertama thxs

Tinggalkan Balasan ke puji Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: