Manifesto Bloger Indonesia untuk Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet


Manifesto ini adalah manifesto buatan saya sendiri, jika anda setuju, anda dipersilahkan dan/atau disarankan untuk memajangnya di situs/blog milik anda dengan memberikan taut kemari. Jika anda tidak punya situs/atau blog cukup memberikan komentar setuju dan/atau sepakat terhadap isi Manifesto ini dengan mencantumkan nama jelas anda. Jika anda tidak setuju, anda pun boleh berkomentar negatif terhadap Manifesto ini.

Manifesto Bloger Indonesia

untuk Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet

 

Bahwa Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum yang memiliki konstitusi yang menjamin penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia termasuk kepada Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi.

Bahwa Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Masyarakat terhadap Informasi sesuai standar Pasal 19 Kovenan Internasional Hak-hak Sipil dan Politik yang telah diratifikasi melalui UU No 12 Tahun 2005, hanya dapat dibatasi jika dan hanya jika dilakukan melalui Undang-undang, dirumuskan secara jelas dengan melibatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya dan juga digunakan untuk melindungi kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Bahwa pembatasan Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Indonesia selama ini ditujukan untuk menutupi praktek-praktek buruk penyelenggaraan negara termasuk praktek-praktek korupsi yang terbukti telah membawa kehancuran bagi perekonomian dan sendi-sendi kemasyarakatan di Indonesia.

Bahwa hanya dengan membuka seluas-luasnya Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi, maka tujuan Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan kehidupan masyarakat” dapat tercapai

Bahwa Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet mutlak diperlukan di Indonesia dan dalam hal ini Blog dan juga Bloger Indonesia telah mengambil peran yang cukup penting untuk turut serta memberikan pendidikan dan juga berperan sebagai media informasi alternatif bagi masyarakat. Blog dan Bloger Indonesia telah berperan dalam membawakan suara mereka yang tak mampu bersuara dan mempromosikan keadilan dan hak asasi manusia di Indonesia.

Bahwa Bloger Indonesia adalah kelompok yang bebas dan mandiri dan bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas sejarah yang mulia yaitu untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan, melindungi hak-hak asasi manusia, dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip negara hukum.

Bahwa Bloger Indonesia juga menyadari bahwa tanpa adanya Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Masyarakat terhadap Informasi maka tidak akan ada Kemandirian dan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman dan itu berarti menjadi titik kehancuran dari sebuah negara yang berdasarkan atas hukum

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, Bloger Indonesia akan mempertahankan Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet dari semua produk legislasi yang dapat mengancam Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Masyarakat terhadap Informasi di Indonesia

 

Jakarta, 4 April 2008.

 

Anggara

Advokat/Bloger Indonesia

Indonesia

About these ads

21 gagasan untuk “Manifesto Bloger Indonesia untuk Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet

  1. Ping-balik: junk blog from rd Limosin » Blog Archive » Manifesto blogger Indonesia

  2. Ping-balik: junk blog from rd Limosin

  3. Ping-balik: away.web.id » Manifesto Bloger Indonesia

  4. Sekedar ngasih info.

    Bapak M. Nuh selaku Menteri Informasi dan Komunikasi ingin mengadakan pertemuan dengan para bloggers.

    Waktu: Senin, 7 April 2008, pukul 19:00
    Tempat: Depkominfo Ruang Pertemuan Lantai 7

    Selengkapnya bisa diliat langsung di RomiSatriaWahono.Net.

    Saya bukan penyelenggara lo ..bantu sebar info aja. Semoga bermanfaat.

  5. Internet bukanlah milik negara manapun…
    Internet adalah wujud kebebasan berkarya dan berkomunikasi…
    tempat dimana kita bisa mengekspresikan diri kita…..

    pemerintah Indonesia mulai semakin arogan…
    bahwasanya indonesia adalah milik rakyat…
    bukan milik pemerintah semata !

    apabila pemerintah ingin membuat regulasi2…
    bicarakan dengan masyarakat..bukannya kambing-kambing congek di DPR-MPR….
    dimana mereka memihak golongan mereka sendiri bukannya masyarakat secara keseluruhan…..

    pemerintah telah melupakan esensi perjuangan para pejuang kemerdekaan…
    demi masyarakat Indonesia…
    BUKANNYA KANTONG UANG MILIK KALIAN !

    ini sama saja dengan komunisme di dunia maya !
    bagianmananya dari menghargai kebebasan berpendapat dan berkarya?
    SAMPAH!!

  6. Ping-balik: (e)-leaderships » explore » Manifesto Bloger Indonesia untuk Kemerdekaan Berpendapat dan Akses Informasi di Internet

  7. Ping-balik: Kebebasan Memperoleh dan Menyebarkan Informasi adalah Amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pornografer.Com

  8. saya menulis satu jurnal bertajuk Blogger Pilar Baru Dalam Demokrasi

    dalam tulisan tersebut, saya memberikan opini bahwa blogger sepatutnya dilindungi undang-undang (dan bukan diancam diberangus).

    lebih lanjut saya ingin membuat beberapa tulisan mengupas ketimpangan pasal-pasal pemidanaan dalam UU ITE (terutama soal penghinaan, pencemaran nama baik dan penyebaran kebencian)

    khusus mengenai pasal penghinaan, salah satu point yang ingin saya ajukan adalah bobot ancaman 6 tahun dalam UU ITE menurut hemat saya membawa kondisi ketidakadilan hukum dalam masyarakat. hal ini akan terlihat jelas ketika penganiayaan (ringan) dalam KUHP hanya dituntut ancaman maksimal 2 tahun 8 bulan.

    ada tanggapan pak anggara terhadap hal ini?

  9. Ping-balik: UU ITE, emailku, semoga saja Pemerintah tidak seperti ini … | Cheaper World

  10. Bagus mas tentang kebebasan berpendapat yang tidak boleh diberangus dan harus dilindungi. Tapi ada dampak dari kebebasan berpendapat yang mungkin banyak orang kurang bisa melihat karena terlalu bebas berpendapat. Dampak ini muncul akibat suatu sifat dari “pendapat”, yaitu “pendapat” tidak pernah salah.. Tergantung dari sisi mana kita melihat dan memunculkan pendapat tersebut. Dan apa yang sangat mungkin terjadi, adalah ketika ada pendapat yang muncul dari 2 sisi yang bertolak belakang. Namanya juga pendapat, semuanya benar, yang ada orang malah sibuk perang pendapat dan mempertahankan pendapat (ini dia penyakit tipikal orang Indonesia..sigh). Oleh karena itu mas, sebaiknya kebebasan berpendapat ini harus bisa digunakan untuk membangun bangsa ini sebaik2nya, bukan malah berantem sesama saudara sebangsa.. Harus tetap dalam visi yang sama, marilah kita berseru, “INDONESIA BERSATU!!”

  11. Mau Pasang Internet Speedy ? Untuk Rumah, Kantor, Warnet, Wartel, Ga Punya telp ?
    Kita Bantu Sampai Kring… ! (edited : tidak boleh iklan yaa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s