Iklan

Kurangi Sampah Dari Rumah Sekarang


Sejak tinggal di BSD, aku sudah mulai mengurangi sampah dengan cara memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik dibuang di wadah khusus, hasilnya jadi juga pupuk walaupun bau bo’ karena ada gas amoniaknya.

Ya berhubung karena nggak ngerti ya paling di wadah itu dasarnya aku isi tanah terus kalau ada sampah baru ditimbun tanah lagi esoknya dan disiram, isi sampah lagi, timbun lagi, siram lagi. Dan kalau sudah penuh dan lama aku gali lagi kebunku dan isi wadah sampah itu aku taruh sana dan ditutup lagi deh.

Tapi ternyata, rumus itu agak keliru, setelah googling aku baru nemu artikel menarik tentang membuat kompos di rumah yaitu di Bandung Waste. Ya walaupun keliru, kan yang penting semangatku adalah mengurangi sampah.

He..he..he..yang penting ecogreen lah…:D
Susah juga ya upaya untuk membuat pupuk organis

Iklan
4 comments
  1. dini said:

    wah, menarik nih
    mau tau dong, cerita lebih jauh tentang persampahan di BSD. bagaimana sampai mas Anggara mengomposkan sampahnya..bagaimana pemilahan sampah dilakukan di sana, bagaimana peran serta warga..dst dst 😀

    saya ada rencana mo studi ke BSD tentang pengelolaan sampahnya, juga mengenai sikap dan perilaku warganya terhadap pemilahan sampah.
    tapi, masih menunggu balasan email dari bsdcity, untuk konfirmasi izin survei sebelum saya datang langsung ke sana.. dari Bandung nih 🙂
    siapa yang harus saya hubungi dan temui..karena BSD besar sekali yah.

    makasih

  2. anggara said:

    @dini
    soal warga yang lain saya nggak tahu, kalau saya dulu saya sebel, karena sampah makanan diobrak-abrik sama kucing dkk. Jadi akhirnya mengkompos sendiri. Tetapi kegiatan itu berhenti, sejak halaman belakang dikasih paving blok. Soal siapa yang harus dikunjungi dan ditemui, saya nggak tahu persis. Mudah2 an penelitiannya selesai bu
    Terima kasih sudah berkunjung

  3. dini said:

    oo begitu ya..
    btw, ada artikel terkait bikin kompos, kalau tertarik mungkin..

    http://www.togarsilaban.com/2007/05/09/takakura/

    pengen pake juga 😀

  4. anggara said:

    @dini
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: