Iklan

Libel Tourism


Pernah tahu libel tourism? Saya sih enggak tahu bagaimana menerjemahkannya secara pas. Tapi kira – kira begini sebuah gugatan pencemaran nama baik yang dipublikasikan (off line/on line) di lakukan di jurisdiksi tertentu dimana baik Penggugat (Penuntut) dan/atau Tergugat (Terdakwa) bukanlah warga negara dari jurisdiksi tersebut.

Sebagai contoh (jika kasus pidana), seorang Jaksa Penuntut di Indonesia dapat membuat tuntutan atas kejahatan pencemaran nama baik yang dipublikasikan (off line/on line) yang dilakukan oleh seorang warga negara asing dengan menggunakan jurisdiksi pengadilan di Indonesia

Sementara jika menggunakan contoh kasus perdata, maka seorang warga negara asing (Indonesia) dapat menggugat warga negara asing lainnya di jurisdiksi Pengadilan Indonesia karena publikasi tersebut dibaca juga di Indonesia, kalau yang ini sudah ada kasusnya yaitu kasus Majalah Time Vs. Soeharto.

Iklan
4 comments
  1. kasus time vs soeharto, apa iya soeharto itu orang asing? …ya emang sih dia ga lahir di indonesia, tapi di hindia belanda, tapi…hehehe

    • anggara said:

      @krupukulit
      maksudnya Tergugatnya bro, dan bukan penggugatnya. Sayah baru tahu kalau beliau lahir di Hindia Belanda :mrgreen:

  2. Cuman masalah yurisdiksi antar negara (asas souvereignity) tentunya akan menjadi hambatan dalam eksekusinya … betul P. Anggara ? Sepertinya libel tourism ini salah satu upaya unifikasi hukum perdata di seluruh dunia, misalnya melalui traktat dan ratifikasi peraturan2 hukum.

    • anggara said:

      @opick
      bener pak, tapi ini masih jarang di kenal di Indonesia, biasanya cuma ada di Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: