Iklan

Mungkinkah Ini Asal Nama Malaysia?


Tulisan ini tidak ditujukan memancing di air keruh di tengah kontroversi yang telah terjadi diantara Indonesia dan Malaysia.

Entah kenapa malam ini saya menarik buku Pergulatan Menuju Republik, Tan Malaka 1925 – 1945 karya Harry A. Poeze dari lemari buku saya. Di halaman 140 saya menemukan catatan yang menarik

Tan Malaka, Bapak Republik Indonesia, dalam pelariannya sempat menulis artikel ke pers Filipina, salah satunya adalah La Opinion dengan judul “Cuando la naturslezs nabla el erte calla“. Dia artikel tersebut ia menunjuk Malaka, Filipina, dan Indonesia dengan satu nama yaitu “Malasia” atau Pan Melayu

Saya langsung berpikir mirip betul istilah “Malasia” dengan nama Malaysia. Meski beda penggunaan, namun pikiran nakal sayapun langsung timbul, apakah nama Malasia ini mengilhami nama Malaysia?

Saya sendiri tidak begitu mengerti dari mana asal nama Malaysia, yang saya tahu pendahulu negara Malaysia adalah Federasi Malaya. Malaysia, dalam sejarahnya didirikan sebagai gabungan dari Federasi Malaya, Singapura, Sarawak, dan Sabah.

Mungkin ada yang tahu sejarah atau latar belakang nama Malaysia?

This entry sent by Anggara from Nokia E 71 and powered by Sinyal Kuat Indosat. Thanks http://anggara.org

Iklan
11 comments
  1. jidat said:

    waduh… benarkah begitu?
    malasia? mala= kepruki sai= sial….
    pengepruk sial haha

  2. ryan said:

    bagitukah? sy jg blm tw tuh
    mungkin juga sih namanya jg malaysia.. 🙂

  3. Afila said:

    Waduh. Gw kagak tw pelajaran sejarah. APa lagi sejarah malaysia, sejarah indonesia saja cuma tau sampai taun 50-an!

  4. 7 said:

    Dulu, orang Pinoy mempertimbangkan untuk menyebut negara mereka “Malaysia”. yaa karena mereka bangsa melayu juga. tapi pemakaian nama itu sudah keduluan sama Malaysia yg bekas jajahan Inggris.

    Jaman menjelang tahun 65, Sukarno dan pemimpin Malaysia dan the Philippines, pernah berencana membentuk Maphilindo, sebuah super-state di kawasan Asia Tenggara khusus buat orang-orang bangsa melayu (walaupun motivasi sebenarnya Malaysia dan Philippines adalah untuk membendung Indonesia yang waktu itu adalah sebuah Military Hegemon di Asia tenggara).

    sy pernah diwawancara di sebuah talk show oleh radio lokal Manila, kalau konsentrasi bener2, bisa ditebak yang mereka omongin maksudnya apa. beberapa kata ada yang sama, grammar pun mirip.

  5. 7 said:

    In addition, gak penting urusan nama atau sebutan karena nama “Indonesia” sendiri artinya secara sejarah adalah “land of the Hindus”. karena sebagian besar archipelago kita dikuasai kerajaan melayu yang “Indianized”. The Philippines artinya tanahnya si phillip, raja kaum penjajah sial dan kejam – Spanyol. gak enak kan artinmya, tapi tetep dipake tuh.

  6. hahaha….NKRI..=

    N = NEGARA

    K = KORUP

    R = RAKYAT

    I = INDON.

  7. memang berbagai nama yg kita gunakan sekarang,byk dari kita yg tahu knp dan bgmn prosesnya spt itu..mgkn saja dulu agar gampang saja dilafazkan oleh lidah/dialek orang stempat..

    salam

  8. ohoho said:

    malaysia.. mungkin…
    malay = melayu + asia = kerana didalam asia..

  9. angga said:

    Malaysia itu adalah gabungan dari nama asli malaya dan indonesia, jadi disingkat malaysia…karena dulu orang malaya mau gabung sama indonesia nggak boleh, jadi sampe skrg pun malaysia mencontek terus kebudayaan indo…dasar malaysia, T A I

  10. idrus don langkat said:

    hubungi saya yg tak puas di 0102727275.
    picik dan bodoh jika orang malaysia dan indonesia atau sebaliknya saling ejek mengejek.
    mereka yg saling mengejek ini satupun tak tahu dasar apa dia mengejek.

    dulu indonesia malaysia filipinaselatan thailandselatan burmaselatan pokoknya yg pandai berbaha
    sa melayu sebagai bahasa linguafranca iaitu bahasa perantara maka mereka disebut orang melayu dan wilayahnya disebut nusantara.
    orang jawa datang ke semenanjung ini bermakna berhijrah dalam nusantara juga. tentu saja adat budayanya pun milik nusantara.
    nah sekarang nusantara sudah dibagi bagi oleh tuan eropah belanda dan inggris seperti kuih muih. maka jadilah indonesia malaysia dll.
    jadi tak ada dasar kita saling ejek mengejek faham.

  11. feri said:

    la ki pie to…kleru mikir, la wong malasia ki bagian dari indo nation..ko malah malasia..malas ki orangnya pemalas, sia itu anjing..jadi anjing malas yg hanya mau disuruh2 boss nya habis itu di kasih makan ma boss nya…he2x..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: