Bank Syariah Mandiri Yang Aneh


Awal saya menabung di Bank Syariah Mandiri (BSM), karena saya dekat saja lokasinya dengan kantor saya. Namun sepertinya saya harus mempertimbangkannya kembali untuk tetap menjadi nasabahnya. Kenapa?

BSM sangat sedikit memiliki fasilitas ATM bahkan di Jakarta ataupun saat saya di Surabaya, dan ini membawa kesulitan bagi saya sendiri saat hendak membayar tagihan-tagihan sewaktu saya berada si Surabaya.

Selain itu, untuk menerima pengiriman dari dalam negeri sangat lama sekali, karena membutuhkan waktu 1 – 3 hari kerja. Kalau dari luar negeri sih katanya maksimal 5 hari kerja, meski kenyataannya sampai lebih dari 7 hari kerja.

Dan yang paling aneh, saya tidak bisa menarik uang saya sendiri di Banknya dengan menggunakan kartu ATM. Menurut saya aneh, karena kalau ATMnya banyak tentu saya juga malas ke Bank. Namun saat hampir sulit ditemukan, terkadang memaksa saya untuk menarik uang di Bank dan sangat jarang sekali saya membawa buku tabungan kemana-mana. Nah, sudah dua kali saya menarik uang saya melalui bank dengan kartu ATM tersebut (di capem jatinegara dan di BSM yang terletak di Jalan Raya Darmo Surabaya), dan ditolak dengan alasan harus membawa buku tabungan. Meski di capem Jatinegara, setelah berargumentasi dapat juga saya tarik, karena tabungan saya dibuka disana, tapi ini sungguh melelahkan saya. Sementara di BSM Jl Raya Darmo mereka tetap menolak dengan kalimat ”maaf, kami tidak bisa membantu anda”. Saya sempat protes akan hal ini, karena menurut saya ini bukan persoalan bantu membantu, namun ini hak saya sebagai konsumen dan juga pemilik sah dari uang tersebut.

Alasan yang menurut saya tidak masuk akal, karena saya yakin sangat jarang orang membawa buku tabungan sampai kemana-mana dan untuk apa ada tanda tangan di kartu ATM yang diberi stiker? Dan menurut saya sih rasanya aneh jika ada Bank yang ”menghalangi” nasabahnya untuk menarik uangnya sendiri.

Sepertinya saya harus menutup tabungan saya yang disana dan mengalihkannya ke bank lain yang memberikan kemudahan untuk saya (meski bank tersebut adalah bank sekuler)

About these ads

213 gagasan untuk “Bank Syariah Mandiri Yang Aneh

  1. Lha, emang enggak bisa ya ngambil duitnya di Bank Mandiri non Syariah? Trus Mandiri Syariah tergabung ama jaringan ATM Bersama enggak?
    Gw aja pake Bank Lippo suka memanfaatkan jaringan ATM bersama, jadi kadang2 ngambil duit di ATM BNI atau ATM Mandiri.

    • @Anggara n Dejavu
      Sebenarnya..kebijakan bank seperti itu secara tdk langsung melindungi aset anda, bayangin kalo yg dateng ke bank adl org yg tidak brtanggung jawab dgn membawa kartu atm anda n pihak bank mengiyakan aja transaksi yg diinginkan…Gak mau juga kan seperti ituuu…Kalo misalkan mesin atm satu rusak..kita kan bisa penarikan di ATM Mandiri yang lain. Ato bahkan di ATM Bersama n Prima. Memang kena biaya, mengingat penarikan dibutuhkan sangat urgent, gak ada salhnya kan dicoba…Mas Anggara jgn terlalu skeptik dengan kesalahan bank syariah spt itu. Namanya juga bank yg masih berkembang. Tidak bisa juga kan dibandingkan dengan pelayanan bank konven yg lain yg sudah berdiri puluhan tahun…

  2. @nenda
    bisa sih, tapi cilakanya waktu di surabaya, ATMnya macet dan aku enggak tahu dimana lagi ada ATM bersama. Dulu waktu punya akun di Bank BNI atau NISP bisa tuh narik di Bank hanya pakai ATM. Makanya aku bilang aneh saja sih

    • Nah yang lebih aneh lagi, itu gak terjadi sama saya mas :D sebagai nasabah BSM dan juga rekening syariah yang lain tidak pernah mendapatkan masalah serupa. Selama ini untuk penarikan tunai bisa melalui atm manapun, paling kena charge sedikit lah. Pengorbanan sedikit dr pada naik angkot.Dan menurut saya biaya adminnya lebih ringan di banding bank konven. Jadi walau atmnya sulit ditemukan setelah saya hitung2 biaya per bulannya lebih murah. Ini relatif ya. Ketentuan membawa buku tabungan saat penarikan tunai di bank seperti kebijakan semua bank mas, bukan hanya bank syariah. Ini untuk kepentingan mas jg kok. Saran saya, rekening harus ada banyak. Untuk fasilitas yg lengkap bisa pakai mandiri atau BCA. Tapi untuk investasi atau menabung lebih baik menggunakan yg syariah. Saya rasa secara prinsip syariahnya diperbolehkan. Karena niatnya uang hanya numpang lewat di konven, jg tidak akan terkena riba. Selain karena alasan prinsip syariah ya prinsip investasi “never put eggs in one basket” berlaku. Selain itu bank syariah lebih kuat menghadapi krisis keuangan dan ekonomi. Gunakan beberapa rekening sesuai dengan fungsi/niatnya akan lebih aman dan nyaman buat kita.

  3. Aku sih nabung di BSM gak masalah. Karena bisa narik di ATM Mandiri yg relatif sudah banyak, tanpa biaya tambahan.
    Kalau menurutku sih sayang kalo sampai menutup rekening. Karena nilai ibadahnya berbeda dengan bank konvensional.

    • PENGALAMAN SAYA N TEMAN2 SETIAP KALI PAKAI ATM MANDIRI DENGAN KARTU BSM PERTRANSAKSI ADA BIAYA 2000 ENTAH ITU PENARIKAN, TRANSFER ATAU HANYA INGIN NGECEK SALDO

  4. Saya pahami kekesalan mas Anggara,
    Namun kalaulah ada kesulitan dalam layanan di satu bank syariah, jangan justru malah meninggalkan bank syariah. Siapa lagi yang akan memajukan Bank Syariah kalau bukan Saudara-saudara kita juga.
    Sepengetahuan Saya BSM cukup bagus dalam hal layanan. Memang ATM nya gak banyak, tapi kan bisa diambil di ATM Bank Mandiri dan ATM Bersama. Sepertinta pada saat kejadiaan itu ada trouble dari sisi teknologinya. Kalau sudah trouble, mau pakai jaringan ATM manapun ya tetap bermasalah.
    Namun jika masih kesal juga, masih ada layanan bank Syariah lain seperti Bank Muamalat, Bank Syariah Mega atau Bank2 lain yang memiliki Unit Usaha Syariah. Sebentar lagi malah bertambah akses Bank Syariah yaitu dengan pendirian BRI Syariah.
    Monggo aja dicoba… Jadi mas Anggara punya banyak akses jaringan Bank Syariah selain BSM.
    Pesan Saya, jangan kapok dengan Bank Syariah. Rasanya harga sebuah “Keimanan” jauh lebih tinggi dari “Kenyamanan” kan mas.

    Luki

  5. @athik
    duh, saya enggak berniat mengajak anda loh

    @heristhea
    saya tahu, bahwa ATM Mandiri terkoneksi dengan BSM, namun jika ATM Mandirinya rusak padahal ATM tersebut terletak di kantor BSM bagaimana? kejadian itu yang saya alami, lebih-lebih saya ada di kota lain yang tidak tahu. Saya pribadi males mengambil uang di Bank kalau kuran dari 2 juta rupiah. Cuma ini masalahnya agak khusus dan beda

    @luki
    itu dia, kalau masalahnya ATMnya yang rusak, masak saya tidak bisa ambil uang saya sendiri di Bank, ini yang menurut saya aneh. dan alasannya itu loh yang membuat saya kesal “maaf kami tidak bisa membantu anda”. Buat saya ini bukan persoalan bantu membantu, tapi sudah masuk persoalan hak saya sebagai pemilik sah dari uang tersebut (meski jumlahnya tidak besar). Saya sih berencana menutup dan menggunakan layanan dari Bank Syariah yang lain, saya masih berusaha untuk membuka dan menggunakan layanan bank syariah lain yang lebih akomodatif

    • pengalaman saya : di bank Mandiri (non syariah) juga sama ribetnya. pas atm macet, harus pake buku, dan harus di conform dulu ke bank tempat tabungan dibuka. bawa buku harus nunjukin ATM. Ribet emang MAndiri.

  6. blognya bagus sekali dan artikel2 yang ada juga enak untuk dibaca…

    dan jangan lupa untuk mengunjungi blogku

    entar kita bisa sharing bareng ok………..

    jangan lupa..

  7. mau tanya nih.
    kalau kita ngambil atau batalin tabungan rencana itu kena penalti nggak ya?
    misal tab rencana mandiri atau tab berencana bsm

    • Ada penalti, setiap bank punya ketentuan berbeda2. Tapi biasanya relatif kecil. FYI di bank syariah bukopin paling biayanya 0,025% tahun lalu. Yah pokoknya tergantung jumlah setoran dan sisa tahun yg berlaku. :)

  8. Saya nggak masalah dalam menggunakan jasa BSM, karena BSM cukup bagus pelayananya, saya menggunakan mobilebanking via GPRS untuk transaksi seperti transfer, bahkan transfer ke bank manapun sampai bank asing juga bisa, membayar asuransi takaful, dll. Jaringan ATM bersama cukup bnyak. Ada juga fasilitas sms banking. Jadi cukup mudah buat saya menggunakan jasa BSM, padahal saya sering menggunakanya untuk bisnis.

  9. SEBELUM MENABUNG KAN ADA KETENTUANNYA JADI YA ANDA HARUSNYA TAU ITU. KENAPA SAMPAI ANDA TDK BS AMBIL UANG, KALO ANDA DIPOSISI MEREKA PASTI ANDA JUGA AKAN SPRTI ITU. JADI YA ANDA MEMANG LAGI APES AJA. NABUNG DI BANK SYARIAH YA HARUS IKHLAS.

  10. saya juga nasabah BSM. selama menjadi nasabah belum pernah mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. saya juga sering mengambil uang dari ATM bank Mandiri atau BSM dan tidak pernah ada masalah

  11. sya sudah sejak kuliah menjadi nasabah BSM, alhamdulillah sampai sekarang belum ada masalah tuh, ya walaupun ketika transaksi di bank sy rasa pelayanannya agak lama ya.. tapi masih bisa dimaklumi lah. kalau untuk ambil uang lwt ATM, selama ini sih OK2 aja, di ATM Mandiri atw di ATM Bersama. sekarang lebih enak lagi, sejak ATM BSM dapat juga sebagai kartu debet, jadi sy bisa belanja keperluan rumah tanpa harus bawa cash money. jangan langsung apatis gitu ya mas anggara,… masih banyak kok bank syariah lain yang lebih baik, sy nasabah muamalat juga lho… OK tuh…

    untuk mas sigit,… tabungan rencana BSM yang sy tahu ada penaltinya kalau kita ambil sebelum jatuh tempo. sy ikut yg investa cendikia, penaltinya 100 rb kalau sebelum jatuh tempo sudah kita ambil.

  12. inilah yang jadi permasalahan, dikala geliat syariah di gaungkan di seluruh pelosok baik oleh pengambil kebijakan ataupun dari ulama dan juga masyarakat. bank syariah sendiri tidak membenahi diri dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang lebih maksimal, gimana mau bersaing dengan bank konvensional jika fitur2 yang ditawarkan masih kalah….buat mas anggara jangan men judge dulu, atau ada baiknya jika mas dapat pelayanan kurang nyaman di bank tersebut pindahnya jgn ke bank konvensional, tapi cari bank syariah yang lebih bisa menjanjikan fasilitas yang mas butuhkan….

  13. @lusy
    terima kasih atas sarannya

    @dejavu
    saya masih belum berminat pindah ke bank konvensional, saya hanya mau cari info lebih banyak pada bank syariah, terima kaish atas sarannya

  14. @anggara,
    Apa yang anda alami adalah sama dengan saya yang berdomisili di Balikpapan.
    Yang paling sering saya alami ketika melakukan penarikan melalui ATM baik itu ATM BSM, ATM Bank Mandiri maupun ATM bersama di hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu bahkan hari libur lainnya. Yang saya alami adalah sering nya terjadi ganguan pada system jaringan ATM yang ada dipusat.
    Kalau ditelepon pihak BSM selalu menjawab sedang ada perbaikan, tapi masa sih perbaikan atau maintenance system komputerisasi tidak dilakukan pada timing yang tepat misal pada tengah malam.
    Dengan perasaan penuh kecewa saya harus menunggu beberapa jam kemudian hingga lepas tengah hari baru sistem ATM BSM berfungsi kembali.

    Pada hari kerja biasa saya juga sering kali mengalami kendala ATM BSM rusak dan saya harus ke kantor cabang untuk menarik tunai melalui teller, dan celakanya disini timbul kendala karena saya tidak membawa buku. Beruntung karena saya mengenal beberapa staf BSM akhir nya penarikan melalui teller bisa lakukan.

    Pengalaman saya sudah lebih dari 23 kali, dan yang terberat adalah ketika ingin melakukan pembayaran biaya operasi anak saya di rumah sakit. Demikian juga ketika sudah membuat janji akan membayar pada hari H tapi ternyata ATM BSM sedang ngadat.
    Dan pernah juga ketika melakukan penarikan melalui ATM (manapun) saya hanya bisa menarik 1 juta saja dan ketika ingin menarik lagi ada pesan yang mengatakan bahwa penarikan yang saya lakukan sudha melebihi batas maksimum. Biasanya biasa menarik 5 juta dalam 1 hari. Dan ketika dikonfirmasi ke bagian call center mereka bilang tidak ada masalah.
    Bisa dibayangkan kekecewaan dan kesulitan yang saya alami.

    Dengan pengalaman tersebut di atas akhirnya setiap transfer gaji yang sudah masuk ke BSM saya tarik dan menyisakan sekedarnya saja. Kemudian saya dropt ke Bank Mandiri yang menurut saya masalah gangguan tehnis lebih kecil dibandingkan BSM.
    Saya tidak dapat memindahkan transfer gaji ke bank lain karena kebetulan ada kerja sama antara pihak koperasi perusahaan kami dengan BSM.

    @heristhea,
    Kartu ATM BSM narik di ATM Mandiri tanpa biaya? Rasanya anda harus meralat komentar anda dech…….
    Dan saya sangat ragu dengan apa yang anda katakan bahwa tidak ada masalah selama nabung di BSM.

    • kayaknya ada biaya hanya 2ribu, itu untuk cek saldo..Coba langsung aja penarikan, pasti deh gak bakal kepotong biaya.

  15. klo saya selama jadi nasabah BSM Alhamdulilliah tidak ada masalah, menurut saya selama ini pelayanannya baik dan juga ramah.
    ATM BSM mmg sedikit, tapi bisa ambil di ATM Mandiri dan ATM bersama. apalagi klo ikut deposito syariahnya lebih menguntungkan dari pada deposito di bank konvensional, dan yang utama hati lebih tenang, Tq

  16. @ismail
    Setau saya kalo cuma narik (tanpa cek saldo) di ATM Mandiri, itu gak kena charge. jadi kalo mau, mending sekalian narik duit, kan tar keliatan juga saldonya di slip. Lumayan lah ngirit biarpun cuma 1ribu. Trus, kalo mau ngecek saldo, transfer, dsb2 jauh lebih murah dan praktis kalo via handphone. Minta tolong customerservicenya aja meng-install software BSM GPRS ke handphone anda. Dulu sih waktu saya buka rekening tabungan berencana langsung dibantu install.

    @anggara
    Saya dulu juga pernah gak bawa buku tabungan, trus ditolak waktu mau menarik uang di teller BSM pakai kartu ATM. Si mbak2nya sih bilangnya demi alasan keamanan. Katanya kalo mempergunakan tandatangan di belakang kartu ATM itu lebih sulit dicocokkan keasliannya, karna kolomnya lebih kecil dan bukan dari bahan kertas (seperti pada buku tabungan) jadi ga bisa menangkap tekanan2 pada tandatangan. Versi si mbak2, prosedur pengamanan BSM terbaru emg udh ga membolehkan penarikan dengan kartu. Karena katanya ada beberapa kasus, uang nasabah diambil oleh orang yang tidak berhak dengan mempergunakan kartu ATM yang tandatangannya lebih mudah dipalsukan. Nah, karena waktu itu saya ga lagi butuh2 banget narik uang, saya sih ngangguk2 aja, trus pulang. Hehe..

    Salam kenal ya, mas! Tadinya mau cari lowongan di BSM ternyata malah nemu blog ini. Hihihihi…

    @BSM
    ATMnya diperbanyak donk. Kalo bisa, semua transaksi di ATM Mandiri gratis juga donk, jangan cuma penarikannya aja.. Kan sama2 Mandiri tuh. :p
    Btw, ada lowongan gak? *tetep*

  17. @aditya
    Baik narik maupun cek saldo di ATM mandiri kena charge kok.
    Tapi sekarang saya menggunakan BSM Net Banking hanya untuk mengecek saldo saja.
    Jadi kalo gaji dah masuk saya tinggal ke kantor cabang dan menarik tunai trus disimpan lagi ke bank Mandiri.

    Salam kenal

  18. Assalamu ‘alaikum…
    Ana baru sebulanan buka tabungan BSM, tapi alhamdulillah lancar-lancar saja. Kartu ATM-nya juga dapat digunakan di ATM BCA. Masalah kena charge, itu setimpal kok.
    Sudah saatnya tinggalkan riba, karena sudah banyak alternatif yang islami.
    Wassalamu alaikum…

  19. Ass mas anggara….
    Saya sudah lama menjadi nasabah di BSM. lokasi saya di surabaya. Selama saya menjadi nasabah di surabaya tidak pernah ada masalah sama sekali. pelayanannya pun cukup bagus. setau saya mesin atm BSM di wilayah Surabaya Darmo adalah Mesin Atm milik Mandiri. jadi kalo memang ada masalah di mesin atm-nya itu bukan kesalahan dari BSM. dan di wilayah darmo ada juga Bank Mandiri yang lokasinya tidak jauh dari BSM. Jadi mas Anggara bisa menarik uang disana.Saya juga menjadi nasabah di Bank Syariah yang lain. Dan prosedurnya memang tidak bisa menarik tabungan melalui teller jika tidak ada buku tabungan. mudah-mudahan komentar saya bisa membantu anda…terima kasih

  20. @mama rifa
    terima kasih atas komentarnya

    @aditya
    justru disana letak masalahnya, kalau cuma faktor keamanan, bisa dicocokkan tanda tangan dan juga ID Card waktu membuka rekening kan

    @ade
    terima kasih untuk komentarnya

    @dee
    masalahnya saya tidak kenal Surabaya :)

  21. saya membuka rekening di bsm dua tahun yang lalu.

    yang lucu, atm saya terbelah dua (depan-belakang, bukan patah…) padahal belum lama saya menjadi nasabah dan kartunya pun jarang digunakan. bahannya begitu tipis, seperti kertas yang dilaminating… duh, niat gak sih bikin kartunya?

    tabungan itu kini sudah saya tutup karena terlalu banyak birokrasi, pelayanan yang kurang memuaskan (teller dan cs nya lelet), kurang fasilitas (pada saat itu), sehingga tidak bisa keep-up dengan ritme kerja saya yang cepat dan schedule saya yang unpredictable. saya pindah ke bank syariah lainnya yang memiliki jaringan atm lebih luas, walau belum memiliki fasilitas internet banking yang sebenarnya sangat membantu.

    mudah2an tabungan bsm sekarang sudah lebih baik lagi.

  22. @Ismail

    Untuk penarikan BSM card di ATM Mandiri tidak ada biaya apapun. untuk lebih meyakinkan silahkan di check dilink dibawah ini. atau baca salinan yang terlampir.

    Regards,

    http://www.syariahmandiri.co.id/produkdanjasa/jasa/jasaproduk/anjungantunaimandiri.php

    BSM Card

    BSM Card merupakan sarana untuk melakukan transaksi penarikan, pembayaran, dan pemindahbukuan dana pada ATMBSM, ATMandiri, ATMBersama, maupun ATMBankcard. Selain itu juga berfungsi sebagai kartu Debit yang dapat digunakan untuk transaksi belanja dimerchant-merchant yang tersedia EDC Mandiri yang berlogokan “Gunakan BSMCard Anda disini”

    Manfaat dan biaya:

    ATM BSM
    Penarikan tunai
    Perubahan PIN
    Cek saldo rekening
    Transfer antar rekening Bank Syariah Mandiri
    Transfer antar bank sesama anggota ATMBersama
    Pembayaran tagihan telpon seluler kartu Matrix (d/h satelindo dan IM3 Bright) Kartu Halo, Telkom, Listrik, IM2 , Speedy.
    Pembayaran zakat, infaq
    ATM Mandiri
    Penarikan tunai (gratis)
    Perubahan PIN (biaya Rp 2000)
    Cek saldo rekening (biaya Rp 2000)
    Transfer antar rekening Bank Syariah Mandiri (biaya Rp 2000)
    Pembayaran zakat, infaq (biaya Rp 2000)
    ATM Bersama
    Penarikan tunai (biaya Rp 3900)
    Cek saldo rekening (biaya Rp 1500)
    Transfer antar rekening Bank Syariah Mandiri (biaya Rp 5000)
    Transfer antar bank sesama anggota ATMBersama (biaya Rp 5000)
    ATM Bankcard (ATM Malaysia yang berlogo stiker ATM Bersama)
    Penarikan tunai (biaya Rp 11000)
    Fasilitas :
    Dapat ditarik melalui jaringan ATM Bank Mandiri dan ATM Bersama diseluruh Indonesia
    Kartu instant langsung jadi
    Gratis biaya kartu
    Layanan informasi saldo dan penggantian PIN
    Peruntukkan : Perorangan

    Syarat :
    Memiliki rekening Tabungan atau Giro di BSM
    Mengisi formulir kartu ATM
    Untuk proses yang lebih cepat nasabah dapat memperoleh Kartu ATM INSTANT.

    Meskipun ATM ini merupakan produk kerjasama dengan bank konvensional, nasabah tidak perlu cemas akan terkena pengaruh bunga (riba), karena PT. Bank Syariah Mandiri telah mengatur kerjasama dengan PT. Bank Mandiri untuk menyediakan dana yang mencukupi dan tidak mengambil bunga atau jasa giro dari penempatan cadangan dana di PT. Bank Mandiri.

    PT. Bank Syariah Mandiri memberikan fasilitas kemudahan dalam membantu nasabah mencari lokasi jaringan ATM yang terdekat. Sehingga nasabah dapat melihat lokasi jaringan ATM yang tersedia di seluruh Indonesia. Silahkan ikuti link dengan cara

  23. @BSM

    Layanan ATM BSM masih kurang & perlu ditambah lagi.
    Transfer ke rekening Bank Mandiri kena biaya, padahal kan masih satu induk perusahaan.
    Sering kali aku bingung kalo butuh tranfer ke teman2 yang kebanyakan punya rekening Mandiri.

    Karena “posisi tawarnya” masih lebih kecil, harusnya bank syariah berani mengambil inisiatif dan terobosan memberikan layanan lebih untuk nasabahnya agar bisa berkembang pesat ke depannya.

  24. emang sih ATM BSM tuh dikit bgt, pi bisa kok kita ngambil di Bank Mandiri….dan gak terkena biaya apapun!!
    mungkin kekurangannya klw meneransfer uang kita akan terkena biaya sebesar 2 ribu!!

  25. ass.
    duh mas anggara, suami saya juga kecewa dengan BSM, karena atmnya sedikit shg harus tarik tunai ke atm lainnya, dan kalau dihitung2x lumayan juga potongan biayanya, karena suami saya sering transaksi dan kayanya dia ingin menutup tabungannya. smoga BSM dapat memperbaiki kinerja dan pelayanannya.

  26. Ass. Pak Anggara,
    Lagi mencoba artikel BSM, eh ternyata ketemu “rekan seperjuangan tempo doeloe”…
    Aku jadi bingung mo buka rekening baru di BSM. Mungkin juga BSM baru “mengepakkan sayapnya” jadi kita hanya bisa bersabar…
    Semoga dengan tulisan anda, BSM bisa meningkatkan pelayanannya…

  27. assallamu’alaikum..
    sepertinya belum banyak yg tau ya bahwa Bank Mandiri dan BSM itu bukan satu perusahaan.
    BSM adalah perusahaan independen yg manajemen-nya terpisah dari Bank Mandiri.
    Saat ini di Indonesia baru ada 3 bank syariah yang murni/independen terhadap bank lain, yaitu BSM, Muamalat & Mega Syariah..
    Nah, bank2 syariah lain seperti Niaga, BII, Bukopin dll, adalah Unit Usaha dari Induk Bank Konvensional-nya..
    Makanya jangan heran kalau transfer dari Bank Mandiri ke BSM atau sebaliknya kena charge.
    Karena itu sama saja dengan transfer antar bank..
    Begitu jg dgn transaksi tertentu di ATM. Untuk Tarik Tunai di aTM Mandiri mah free, klo yg laen2 ada yg kena charge

    Trus mengenai pengambilan tunai di teller menggunakan ATM tanpa membawa buku, setau saya memang tidak diijinkan, bukan cuma di BSM aja kok.. klo mau nyetor, baru bisa.. tapi ada beberap bank yg mewajibkan untuk membawa buku saat penyetoran jg lho..
    dan Bahkan di Bank Mandiri konvensional pun, untuk penarikan tunai di Bank, harus membawa buku dan ATM..lebih aneh lagi gak tuh? klo ada ATM mah ngapain ngambil ke teller yak hehe, well kecuali klo mau narik di atas limit ya :)

    Mengenai ATM yg sering rusak, wah klo itu saya belum ngalamin, karena baru pindah ke BSM nih itu pun untuk buka deposito.. hehe..
    tapi bener lho, ‘kenyamanan’-nya lain.. naro deposito di bank syariah rasanya lebih adem :)

    met kenal :)

  28. memang susah ko pake BSM dan yang dikatakan orang BSM bahwa ngambil uang tunai di atm mandiri tdk kena biaya itu bohong.. saya punya rek BSM dan saya berdomisili di daerah yang hanya ada atm mandiri, alhasil untuk beberapa kali penarikan mau tdk mau harus di atm bank mandiri. Setiap melakukan 1kali penarikan kena biaya 2500 atau 2000 (lupa2 inget). dan setelah saya tanyakan ke bank syariah mandiri terdekat mmg menarik tunai dr atm mandiri kena biaya..
    merepotkan kan pake BSM udah atm jarang, potongan biaya administrasi lumayan besar (untuk bank Syariah).

  29. emank iaa susah. gagal mulu. tadi malem ajah saia mpe nangis karna g ada uang lagi di dompet. n tabungan di BSM ga bisa di ambil…

    napa yah ??

    kasian ni. anak kost pula. siang ini jg saia mau buka rekening baru !!!!

  30. Numpang lewat, saya nasabah BSM alhmd tidak pernah ada masalah klo mau tarik tunai tinggal dateng ke atm mandiri tp g tau kena charge atw g soalnya butab jarang di print. untuk biaya admin bank syariah masih lebih murah dibanding bank konvensional. untuk penarikan di teller mah memang harus pakai buku tabungan (butab) di bca harus pakai butab plus bw atm, sudah sewajarnya kalo bank memberikan pengamanan extra utk penarikan uang nasabah. kalo mau aman ya memang agak repot tapi nasabah suka ga mau ngerti, naik motor aja harus repot pasang helm pakai jaket dll biar aman. kalau dompet anda dicopet trus isinya ada atm, malingnya tinggal datang ke bank trus kasih atmnya tiru ttdnya selesai kalo di butab kan dilengkapi overlay jd ttdnya g keliatan. Kalo atm error mah udah wajar semua bank juga begitu alhmd saya sendiri belum pernah ngalamin paling klo atmnya abis duitnya biasanya sih gitu kalo abis duitnya itu mah petugas atmnya yg males ngisi tinggal bilang offline aja, kebetulan saya pegawai bank biasanya di bank saya gitu (sedikit buka rahasia)

  31. Dear BSM
    Saya nasabah bang syariah mandiri, bagaimanakah ya caranya agar saya bisa cek saldo transfer tanpa melalui ATM atau Banknya langsung. Saya juga sering mengalami trouble dalam pengambilan uang (saat pengambilan,uang tidak keluar tetapi saldo berkurang) di BSM, tapi tinggal tunggu 1-2 hari uangkembali lagi. Ini juga menjadi masalah, ya kalo uangnya kembali, kalo tidak susah sendiri. Misalkan saya mendapatkan masalh seperti ini lagi saya juga tidak akan lama2 di BSM, mungkin saya akan pindah ke Bank lain yang lebih aman.

  32. Saya kok senang ya dengan BSM dan selama ini tidak ada kesulitan untuk tarik dan setor uang, apalagi transfer, bisa via GPRS. Cuma kalo mau bayar beberapa tagihan (kartu kredit) memang belum bisa. Dan saya rasa kalo mau ambil uang di bank, ya harus bawa bukunya toh..kecuali ke ATM, cuma pakai kartu ATM
    Salam..

  33. Wijdan pake BSM oke2 aja tuh. Ibu Wijdan Manaratul Baido jg pake. Jd bs transfr uang lwt ATM dg mudah..
    Wijdan Kesugihan

  34. Alhamdulillah… saya pengguna tabungan BSM.
    rekening Gaji pun di transfer ke BSM, sehingga merasa lebih aman dan nyaman :)

    btw, tadinya saya khawatir juga saat saya harus menunjukkan saldo tabungan saya saat saya mengurus VISA ke Inggris dan Eropa di tahun 1997 (negara Schengen) dan saat saya mengurus VISA ke Amerika Bulan November 1998. saya sempat khawatir kena black list di Negara Barat tersebut karena tabungan saya (rupiah dan dollar) lebih banyak di BSM daripada di Bank Konvensional (Mandiri dan BCA, kedua bank ini saya gunakan untuk menerima transfer dari partner bisnis yang hanya memiliki Mandiri or BCA saja)
    Alhamdulillah, visa tetap keluar dan saya bisa training (atas biaya sendiri ) plus jalan-jalan juga disana hehehe.

    Bahkan sudah ada layanan hebat dari BSM: Mobile Banking GPRS.

    Saat saya sedang berada di Eropa saya di SMS oleh kawan untuk segera transfer sebesar Rp.5juta ke rekening Bank Mandiri.
    Alhamdulillah saat itu saya sudah meng-install Mobile Banking saya di Handphone, sehingga saya bisa melakukan transfer ke Rekening Mandiri saat saya berada di dalam Kereta Cepat dari Jerman Menuju Balanda.
    Dana yang saya transfer-pun secara Real Time langsung diterima oleh kawan saya di Jakarta.
    Hebat banget, bahkan di dalam kereta api cepat-pun saya berhasil lakukan transfer via Mobile Banking GPRS BSM… Bravo BSM!!

    Hmmm….. nampaknya masukan dari rekan semua disini diperhatikan oleh BSM.
    Masukan rekans semua rupanya menjadikan BSM lebih baik dari hari ke hari :)

    oh ya, untuk tarik tunai di ATM Mandiri gak kena biaya kok. Itu sih sudah sejak lama berlakunya dan sampai saat tanggapan ini saya tulis hal tersebut masih tetap berlaku, jadi ya aneh aja kalo ada rekan yang bilang masih kena biaya bila tarik tunai di ATM Mandiri.
    (jangan sebelum tarik tunai melakukan check saldo di ATM MAndiri, lalu tarik tunai dan lalu check Saldo lagi di ATM Mandiri lho, kalo ini yang dilakukan jelas aja kena biaya 2 kali karena melakukan check saldo 2 kali di ATM Mandiri)
    Kalo ada yang kena biaya, coba deh di check di buku tabungan (minta di print saat ke teller BSM), semoga bisa menjadi bukti konkrit ke BSM dan rekan bisa protes ke BSM dengan menunjukkan bukti konkrit tersebut. Kalo ndak begitu, saya khawatir jatuhnya menjadi fitnah.

    Demikian tanggapan dan pengalaman saya. Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan ya.

    Oupsss ada yang lupa… Masukan nih untuk BSM. Tolong dong dibuka juga tabungan dengan mata uang Euro.

  35. Assalaamu’alaikum,

    Rekan-rekan, perkenalkan saya salah seorang karyawan BSM di divisi TI.

    Mohon maaf atas ketidaknyamanan beberapa Rekan atas pelayanan kami.

    Terima kasih banyak atas masukan-masukan dari rekan-rekan semua, akan kami perhatikan untuk perbaikan ke depan.

    Memang pada akhir bulan, proses tutup bulan BSM cukup lama, sehingga kadangkala menyebabkan ATM offline dan penarikan tunai dibatasi limitnya. Kami sedang mengusahakan perbaikan dengan mengganti mesin produksinya, mudah-mudahan dapat meningkatkan kecepatan pelayanan nasabah. Berikut informasi saya:

    - Jumlah ATM BSM memang masih sedikit, namun untuk memperbesar jaringan kami bergabung dengan ATM BM, ATM Bersama, dan ATM Prima (BCA).

    - Tarikan tunai di ATM BM tidak dikenakan biaya, tapi untuk informasi saldo ada biayanya.

    - Penarikan tunai di Teller memang belum bisa menggunakan kartu ATM, seperti sudah dijelaskan rekan-rekan sebelumnya (untuk keamanan nasabah). Namun kami akan segera mengimplementasikan mesin EDC sehingga nasabah bisa menggunakan kartu ATM di teller untuk penarikan tunai dengan PIN sebagai pengaman. Bank-bank besar seperti BCA, BM, memang sudah menggunakan mesin EDC ini, sehingga bisa melakukan tarikan tunai di Teller. Mohon maaf, karena kami belum sebesar bank-bank konvensional, kami memberikan prioritas untuk pengembangan produk-produk ebanking kami dan mengejar ketertinggalan fasilitas dari bank-bank besar tersebut.

    Mudah-mudahan kami bisa meningkatkan pelayanan kami. Terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan semua bertransaksi menggunakan fasilitas BSM.

    Tanpa Anda semua BSM tidak dapat berkembang.

    Wassalam

  36. Saya nasabah setia BSM sangat dipermudah pelayanannya terutama di cabang tempat saya buka rekening. Memang pernah juga mengalami kesulitan penarikan spt cerita teman2 di atas, tp lebih banyak kemudahannya, terutama untuk transfer lwt internet banking ke bank lain. Wow, bisa langsung verifikasi, on line, biaya murah (cuma 5000). bandingkan dg bank lain kalau transfer beda bank. Tdk bisa verifikasi (gmn kalau nomornya salah tuh!), biaya on line bisa nyampe 25.000 (bca). Kalau nggak, musti kliring 3 hari. Oh my god, sampe saya telat bayar kartu kredit! BSM, tingkatkan terus pelayanan. I luv u.

  37. Alhamdulillah sejak 2005, sy dah jd nasabah bsm. Selama ini sih, fine2 aja, gak ada masalah brarti. Atm juga ok. Malahan sy punya 2 rekening skaligus, suami juga buka juga. Soal keramahannya, jauh lbh ramah dibanding bank konvensional. Bandingkan aja, ke bank mandiri, bri, bni. Krn mereka nasabahnya bnyak jd mereka gak peduli ama kita, senyumpun nggak. Apalg kenal ato menyapa, gak sempat. Selain itu juga karena tdk ada riba. Sayang juga ya, uang gak bnyak tercampur riba apalg kl banyak. Sblmnya dl di bank bni, lbh mengecewakan lg dr yg anda alami, uang saya tiba2 berkurang 600 rb, sy urus ke bank bni jakarta selatan, jwbn yg sy peroleh adl sy hrs ngurus ke bank bni tmpat buka rekening. Wuih, bayangkn aja sy buka rek di palu sulteng, ya udah akhirnya sy ikhlasin aja. Ikhlas? gak jg sih. Tak brapa lama, kantor yg jg punya rek di bni mengalami hal serupa, tiba2 saldo bkurang 2 jt. Kmdn diurus, bisa kembali. Mereka hanya minta maaf. Msh ada jg temen lain yg ngalamin hal tsb. Jd buat sy, saya kapok di bank bni… Tp i luv bsm. Cm emang msh ada pelaynan yg sy butuhkan blm ada spt beli tiket online pesawat spt di bank mandiri. Jg di kantor cabang dikota saya blm bisa reksadana. Smga nanti bisa tlayani.. Hidup syariah!

  38. hmm.. pengalaman saya yang paling menarik tentang BSM adalah saat menukarkan travelery cek dari bank negara lain, dalam hal ini citibank

    di BSM potongan penukaran cek adalah $US 10 sedangkan di bank-bank lain sangat mahal , ada yg mencapai $ 50

    jadi ya saya betah aja di BSM , lagian syariah :)

  39. saya buka rekening di BSM 100 ribu di daerah saya blm ada ATM BSM jadi saya lari ke ATM Mandiri, ketika saya cek saldo ….apa yang terjadi saldo saya tinggal 48.000 trus yang 52.000 kemana…..itu terjadi bukan cuman saya ada temen saya yang serupa.
    menutut rekan2 semua bagaimana ini.

    • salam bsm,
      mas chonk yg baik hati untuk tampilan layan atm diendapkan uang senilai 50.000 rp. nabung 100 rb yang terlihat 50.000, mungkin yang 2000 biaya administrasi bulanan… mungkin csnya kurang memberikan informasi. thx

  40. Sy jd nsbh BSM br 5 nov 08 yg ll, wkt itu sy mau trasf ke mndr jkt ksir mengtkn “3 hr br smp, krn sytm msh mnl, blm online”. sy disrnkn utk lsng tranf tunai dr bnk mandiri. Itlh yg mybbkn BSM hrs mmrlkn wkt yg lm utk tranf ke kt lain, krn ada sbgn cab systm nya blm online Alhamdulillah sy mmklm, krn tdk ada jln lain. lain waktu sy tranf lg ke mandr ke kt lain, sy trk uang dr atm mandiri ll sy tranf tunai.bbs bi atm & jg bbs bi tranf. krn. tmpt BSM lbh jauh dr mandiri jd sy mlh yg lbh dkt.

    Dwi Ranto-Semarang

  41. Wah, sayang juga baru tahu bisa sampai begitunya. Semoga saja bank syariah mandiri dapat bercermin lebih baik pada nilai amalnya, amiin.

    Gabung komunitas pulsa isi ulang termurah se-indonesia di s-pulsa, simpati 5rb= 5.450, kartu As 5rb=5.475

  42. BSM dan BM adalah dua bank umum tentu saja kalau mau transfer di Teller dari BSM ke BM atau sebaliknya harus melalui mekanisme kliring Bank Indonesia dan makan waktu 3 hari kecuali RTGS 3-4 jam kalau mau cepat lewat ATM langsung sampai tapi tentu kalau lewat ATM ada batas max transaksi jadi tergantung jumlah yang mau ditransfer kalau dibawah 10juta mah lewat ATM, 10 jt-100 jt lewat kliring, >100Jt lewat RTGS

  43. dengan segala kerendahan hati, menjalankan perintah berdasarkan syariat bukannya kita cari susah, tetapi yang kita cari adalah SURGA. pake bank konvensional juga belum tentu nyaman. namanya juga barang/sistem ciptaan manusia. pasti ada selip & masalah. di BCA tambah susah lagi kalau mau ambil pake buku tabungan. kalau tanda tangannya gak sama persis, gak bisa ngambil. padahal itu uang saya sendiri. namanya juga tanda tangan mas… mana mungkin sama persis. pasti ada beda dikit. yang pasti mirip. gak percaya..? buktiin aja

  44. Assalamua’laikum

    Terima kasih sharingnya. Tadi saya nyari batas transfer lewat ATM BSM. Saya coba transfer 25jt ndak bisa, 20jt ndak bisa, 15jt ndak bisa, 10jt ndak bisa.. Baru setelah angka 5jt saya bisa transfer. Setelah transfer tersebut saya mencoba ulangi transfer sebanyak 5jt lagi ternyata sudah ndak bisa lagi. Mungkin batas trnsfer maksimal dalam sehari 5jt. Ada yang tahu tentang ini? Please share
    Cukup merepotkan memang… Tapi semangat syariahhnya yang kita dukung.

    Sekarang saya sedang mencoba pakai shar’e mu’amalat. Kalau lebih banyak kemudahan di shar’e saya akan pindah ke shar’e mu’amalat.

    Kalau ada pihak mandiri syariah yang baca-baca blog ini mohon bisa dijadikan masukan untuk perbaikan. Sebagai seorang muslim saya sangat ingin perbankan syariah maju. Meski kita harus bersabar dengan pelayanan Bank Syariah sekarang ini.

    Wasalam

    ( dari pemilik blog: maaf ya pak tidak boleh iklan disini)

  45. Waahh,, I think that’s very logical,,karena setau saya BSM itu blm ada EDC di teller jadi klo tartun via teller tanpa buku tab wajar dtolak,,dan u/ info sbelumnya sy dah djelaskan dgn CS tmpat saya buka rek klo ada saldo min yg tidak d tampilakn pada lyr ATM,,alias dsembunyikan tapi sbenarnya uang qt ad,,nti klo tutup rekening pasti juga dikembalikan,,JGN PNAH SU’UZON ya tman,,=)

  46. aslkm pak anggara,,
    nama saya dodo dan rencananya ingin membuka rekening di bank syariah tapi masih bingung ini itu nya… yang ingin saya tahu dan ingin memastikan:
    1.kalau ingin menabung, apakah bisa melalui bank mandiri?
    2.apakah ada biaya adm/pajak setiap bulannya?
    3.bisakah menarik uang tunai dari atm bca/mandiri? kalau bisa, berapa biayanya?
    4.apakah bsm memberikan buku tabungan? karena setahu saya shar-e dari muamalat tidak ada…
    seblumnya saya ucapkan trima kasi,,,
    wassalam

  47. dododo permalink
    aslkm pak anggara,,
    nama saya dodo dan rencananya ingin membuka rekening di bank syariah tapi masih bingung ini itu nya… yang ingin saya tahu dan ingin memastikan:
    1.kalau ingin menabung, apakah bisa melalui bank mandiri?
    2.apakah ada biaya adm/pajak setiap bulannya?
    3.bisakah menarik uang tunai dari atm bca/mandiri? kalau bisa, berapa biayanya?
    4.apakah bsm memberikan buku tabungan? karena setahu saya shar-e dari muamalat tidak ada…
    seblumnya saya ucapkan trima kasi,,,
    wassalam
    1.Ga bs pak..anda harus ke Bank Syariah mandiri atau Biasanya bank syariah Masndiri juga punya Counter Layanan Syariah dibeberapa bank mansdiri.,Nah anda bisa buka tab juga disitu..
    2.Rp.5.000/Bulan.
    3.Kl di ATM mandiri Gratis untuk setiap penarikan tunai, kecuali cek saldo kena biaya Rp.2.000, untuk atm bersama atw prima biaya tarik tunai Rp.2.900
    4.Ada, pada saat buka tabungan hanya sengan setoran awal Rp.80.000, anda langsung mendptkan Buku tab dan ATM.
    5. Untuk lebih memudahkan transaksi anda ( kecuali tarik Tunai atw setor Tunai ) anda bisa menggunakan fasilitas SMS banking, Mobile banking dan internet banking. IT untuk BSM adalah urutan kedua sesudah BCA.
    Semoga bermanfaat buat bpk, n berminat untuk mencoba segala kemudahan yg diberikan oleh BSM.

  48. Yth. dododo permalink
    1.Ga bs pak..anda harus ke Bank Syariah mandiri atau Biasanya bank syariah Masndiri juga punya Counter Layanan Syariah dibeberapa bank mansdiri.,Nah anda bisa buka tab juga disitu..
    2.Rp.5.000/Bulan.
    3.Kl di ATM mandiri Gratis untuk setiap penarikan tunai, kecuali cek saldo kena biaya Rp.2.000, untuk atm bersama atw prima biaya tarik tunai Rp.2.900
    4.Ada, pada saat buka tabungan hanya sengan setoran awal Rp.80.000, anda langsung mendptkan Buku tab dan ATM.
    5. Untuk lebih memudahkan transaksi anda ( kecuali tarik Tunai atw setor Tunai ) anda bisa menggunakan fasilitas SMS banking, Mobile banking dan internet banking. IT untuk BSM adalah urutan kedua sesudah BCA.
    Semoga bermanfaat buat bpk, n berminat untuk mencoba segala kemudahan yg diberikan oleh BSM.

  49. ass. P Gatot,
    Untuk transfer atm memang dibatasi Rp.5Jt/hari tujuannya untuk keamanan nasabah juga.kalo mmg butuh lbh dr 5 juta bisa transfr dg menggunakan Buku Tab di Teller.. atw kl memang anda sering2 transfer diatas 5 juta bisa mengajukan permohonan untuk menaikkan limit transfer anda sesuai yg anda butuhkan.
    anda bisa datang langsung ke cab BSM terdekat untuk mengajukan permohonan limit tsb hanya dgn mengisi form yg diberikan oleh CS. jgn lupa mmbawa KTP/sim dan BUku Tabungannya.
    wass.

  50. hmmm… saya baru mau buka lho, nhe malah lagi liat rekomendasi dari internet kira2 bagus ga BSM itu… so mesti gmn ya aku.. coz katanya kan nabung di bank syariah itu lebih adil….

  51. tabungan syariah mandiri saya…, gak ada masalah tuh….. malah aq buka rekening di cabang A dan aq sering bertransaksi di cabang B. dari menyetor dan penarikan (melalui ATM) Tidak masalah tu….. mungkin… di hari itu atm nya rusak…. jd bapak sabar aja…… mungkin bapak sedang di uji kesabaran’a……. ok pak………… jarang lho ada bank syariah di dunia ini…. karena sudah terbukti bahwa bank syariah… mempunyai pondasi yang kokoh…… negara super power aja mau niru sistem bank syariah….. jd jangan kapok ya pak………. ya… itung-itung bantu sesama ummat…. gmana pak?????????

  52. Assalamu’alaikum
    Ikutan gabung ya Pa Anggara dan teman2 lainnya…
    Aku mau tanya nih barangkali ada yang bisa bantu.
    Aku mau transfer uang ke rekening BM (bank Mandiri) dari rekening BSM (bank Syariah Mandiri). Tapi, karena disekitar kantor ga ada atm BSM, jadi mungkin aku akan transfer dari ATM BM. Apakah melakukan transfer uang dari rekening BSM ke rekening BM melalui ATM BM dikenakan biaya? Terus apakah transferannya bisa langsung sampe ke rekening mandiri ato ngga?
    Smoga temen2 ada yg bisa ngasi info ya :)

  53. Assalaamu’alaikum,

    Terima kasih teman-teman atas semua masukan dan tanggapan atas fasilitas BSM.

    Kembali saya jelaskan bahwa transfer dari rekening BSM ke BM dapat dilakukan baik dari ATM BSM maupun dari ATM BM. Tidak dikenakan biaya sama sekali. Biaya dikenakan hanya untuk cek salado saja.

    Transaksi non tunai dapat dilakukan dengan beberapa alternatif:
    - mobile banking (GPRS)dapat melakukan transfer secara real-time online ke seluruh bank di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena BSM telah bekerjasama dengan ATM Prima, dan ATM bersama.

    - internet banking, mempunyai fasilitas serupa dengan mobile banking-GPRRS.

    Catatan: saldo yang ditampilkan pada layar ATM adalah saldo efektif, artinya saldo yang dapat ditarik. Jadi saldo minimum sebsar 50.ooo tidak termasuk dalam saldo efektif. Contoh jika saldo kita adalah Rp. 100.000, maka saldo efektif adalah 50.000.00 akan tetapi ingat jika melakukan inquiry saldo akan dikenakan biaya, jadi saldo efektif yang ditampilkan tentunya setelah dikurangi biaya inquiry saldo.

    Demikian penjelasan kami.

    Wassalam,

  54. Terima kasih untuk Pa Anggara dan Ibu Rita dari BSM.
    Kemarin malam saya sudah melakukan transfer di ATM BM dan transaksinya sudah berhasil.
    Thanks BSM :)

  55. aslmlaikum. ada yang bs ngasih referensi ttg kekurangan dan kelebihan BSM vs Muamalat ga? saia mau pindah ke syariah..skrg msh pakai bank konvesional. trims!

  56. oia,, yang ingin saya tanya?? apakhh kalau qt menabung di BSM ad biaya administrsinya dan biaya admin ATM nya juga berbda??
    kalau ad yg tau,, brapa ya, biaya administrasi tabungan dan atm perbulannya di BSM?? trimz

  57. Waktu aq naik bus dompet saya hilang isinya semua hilang yaitu KTP N ATM Mandiri hilang aq udh minta laporan kehilangn tp cm atmnya aza ktpnya g’ d tulis ma polisinya. bisa g’ yach ngambil uang? aq bingung

  58. assalamualaikum mas Anggara.

    saya terbawa kemari dari hasil search engine ketika sedang menghadapi permasalahan yang percis sama seperti @dui diatas.

    dahulu kala (>7thn yll) saya pernah menabung di Muamalat cabang Alazhar Pusat Jakarta, maka itu kecenderungan saya adalah untuk memilih Muamalat diatas BSM

    saat ini sih pencarian saya baru lewat internet dulu saja, dan baik BSM maupun Muamalat memberikan gambaran yang cukup jelas di website mereka masing-masing
    - http://bank-muamalat.com
    - http://www.syariahmandiri.co.id
    (info di web BSM lebih lengkap)

    sayang, saya belum terpuaskan dengan hasil pencarian saya, karena sejatinya alasan saya ingin menabung di bank syariah (lagi) adalah karena sesuai dengan syariat Islam (insya Allah). soalnya kemarin ini saya sempat dengar selentingan kalau perhitungan bagi hasil Bank Muamalat sudah tidak se’baik’ dulu lagi, (bukan soal menguntungkan atau tidaknya, lho melainkan soal perhitungan nisab? dan semacamnya), maka itu saya menoleh ke BSM

    walaupun awalnya apatis dengan BSM, tapi setelah search2 dan lihat komen2 di blog ini kok saya jadi tersadar, bahwa selain faktor sekedar ‘bagus-tidaknya bank’ tsb, ada juga faktor diri sendiri yang paling utama (faktor geografis, gaya hidup / work pace, kebiasaan bertransaksi -online/tidak-, dll dll) dan sejauh ini sih yang sepertinya lumayan memenuhi keinginan saya ya yang satu ini:
    http://www.syariahmandiri.co.id/produkdanjasa/pendanaan/tabungan/tabunganbsmsimpatik.php (yang tanpa ATM)

    bagus sekali ada blog ini, sampai2 ada mbak @Emmy dari IT nya BSM segala ikutan turun tangan, bravo atas pro-activeness nya.

    berkat nyasar ke blog ini, saya juga jadi ingin membanding-bandingkan dulu sebelum memutuskan setelah melihat komentar dari @RVRini diatas, mengenai perbedaan mendasar BSM, Muamalat & Mega Syariah, dengan bank2 syariah lain seperti Niaga, BII, Bukopin dll supaya saya cukup mengantisipasi sehingga ngga perlu ngerasa kecewa di depan hari seperti mas Anggara alami :)

    jadi kepanjangan deh komennya. anyway semoga masalah mas Anggara sudah terselesaikan. kalau boleh tahu akhirnya pindah ke bank syariah mana, mas?

    terima kasih ya mas, wa alaikum salam

    • @seseorang
      saya tidak pindah kemana-mana pak, malah saya enggak tahu akun saya di BSM mungkin sudah habis untuk membayar biaya administrasi. Saya ndak punya akun lagi di Bank :)

  59. Bank Syari’ah itu cuma kedok kapitalis. Banyak sekali cerita kekecewaan. Silakan wawancara Syafe’i Antonio yang sampe saat ini masih kesal dan berusaha terus agar ekonomi syari’ah benar2 diterapkan secara idealis. Ga percaya? perlu logika? ini clue-nya lebih dari 80% WNI beragama Islam. cukup? Dana “Ghoror” di Bank Syariah dipake kemana coba? ayo pikir? Masa’ Shar3 Muamalat ada undian?

  60. Soal biaya-biaya, memang sewajarnya semua bank mengenakan tarif yg masuk akal.

    @Bedul—-gak semua syariah kapitalis lho–heheheheh, lagian yg ngerti bank syariah gak cuma syafei doank–dia mah cuma sering nongol di tv. Btw bedul dah punya rekening di bank syariah belum?

    Intinya, semua bank dibawah regulasi BI, dan mereka jelas2 semuanya cuma pengelola dana dimasyarkat. So, banyak sekali biaya2, saya aja saat ini cuma pakai rek bank syariah untuk numpang lewat gaji0—hiks–hiks, dan sedikit bisnis–hehehehehe. So, jangan mengecilkan yg masih kecil (bank syariah masih kecil), tetapi semoga terus dilakukan perbaikan. Sehingga tidak perlu ada komentar seperti ini.

    Saya pribadi cukup sedih dengan pemotongn dan sikap teller atau front liner yg tidak nasabah minded—maybe mereka takut dengan SOP perusahaannya (mereka kan juga cuma numpang hidup demi sesuap nasi)—Peace ahhh…………..

  61. gedung BSM di jaksel disita, dan juga BSM wajib membayar krg lbh 10m. apa ini dapat menimbulkan efek terhadap keamanan dana nasabah??

  62. saya sejak SMP sudah menggunakan BSM,walo masih QQ nama ortu.hehe..
    ahirnya awal taun ini,karena sudah kuliah,buka tabungan sendiri.^^

    so far,tentang pelayanan ketika menabung,keluhannya hanya kantor cabang yang sangat minim.tuk di lokasi sy,bandung,kantor cabang hanya satu,tanpa kantor cabang pembantu.jauh pula..*sedih..*

    untuk ATM,saya tidak ada masalah,karena ATM mandiri buanyakk..nariknya pun gratis tanpa biaya.kalo cek saldo aja yang bayar.tapi bisa disiasati dengan sekalian narik aja,seperti mas yang diatas.kan tar ada sisa saldonya di slip.^^

    tuk BSM,makin maju ya!!^^

    nb:btw mau nanya,kalo kantor KLS,itu apa ya?apa disitu kita bisa nabung juga?trimakasih tuk yang menjawab..^^

  63. klo ada layanan yang belum memuaskan apakah sudah berarti di cap belum syariah atau yang teramat gegabah kedok kapitalis.

    Bagaimanapun Bank Syariah di Indonesia dibandingkan dengan di Malaysia lebih taat padaShariah Compliances atau prinsip2 Islam yang dibimbing oleh Dewan Syariah Nasional

    Dalam Ushul Fiqh ada sebuah kaida emas yang patut kita pelajari ” Ma La Yudriku kulluhu La Yatraku Kulluhu

    apa-apa yang sebenarnya bisa berkembang dengan baik namun belum optimal jangan tinggalklan sama sekali.Saya juga pengguna BSM tapi saya merasa lebih nyaman dengan menggunakan BSM dibandingkan dengan Muamalat yang lebih dahulu ada? Why sejuah pengamatan saya dilapangan BSM lah yang paling fleksible dan punya jaringan ATM yang luas. hendak kemana2 mau ngambil duit gak jadi masalah dan hatta yang saya baca di Sharing Magazines BSM terpilih sebagai Bank Syariah terbaik on The Year dalam penyaluran dana nya ke sektor Rill

    coba bandingkan CAR dan FDR antara Bank Syariah dan Bank Konvensional mana yang lebih berpihak pada usaha kecil menengah dengan jumlah prosentasenya ….

  64. bsm kna charge ga c kalau d atm mandiri??
    da yg blgn kna,,
    da yg blng kga,,
    (tgantung kepercayaan saudara,,hahahha)
    kalau ga kna,,,
    wah,,dh mantep bgd dah,
    dh atm mandiri bnyk,
    s’suai syariah lg,
    pa lg y yg d tunggu,,
    surga menanti bos,,amiiiin,,

    • gila banget ini bank….
      sodara saya kirim dari malaysia ke saya langsung masuk ke rekening hanya hitungan menit…, bahkan saya denger juga untuk keluarga-2 TKI yang di ndeso-ndeso akan juga bisa dikirim karena BSM sudah mulai bekerjasama dengan PT.POS
      saya sih udah sering pake BSM Mobile yang bisa dianggap spt ATM di tangan. kecuali untuk tarik cash, BSM Mobile sudah melebihi fungsi ATM karena bisa transaksi transfer antar bank Real Time, Kliring, RTGS hanya dari HP doang nggak perlu ngantri…….
      Gile…. coba ATMnya aja paling banyak karena sudah terhubung dg ATM Prima BCA, ATM Bersama, ATM Mandiri….
      semoga maju terus BSM…..
      maju anak negeri…

  65. BSM bagi saya ngambil duit di ATM sangat OK, Mobile banking juga OK (jauh dibanding BNI non syariah sekalipun), biaya transfer murah (bandingin BNI lagi), internet banking… sayang saya gak bikin.

    Ditambah lagi pengenalan kepada nasabah sangat baik….. saya aja heran, kenapa semua pegawai BSM di front office langsung mengenali nama saya….

  66. Salam…

    Saya lagi searching info biaya transaksi BSM dan kebetulan mampir ke sini. Alhamdulillah banyak dapet info yang bermanfaat.

    Sekalian mengeluarkan unek – unek saya…. Saya punya rekening BSM dan Investa Cendekia. Waktu itu saya buka di pameran Islamic Book Fair Februari 2009 lalu. Masalahnya, sampe sekarang saya ga terima sama sekali rekening Investa Cendekia tsb yang dijanjikan akan dikirm ke cabang terdekat saya (Cimone – karena saya tinggal di Tangerang).

    Saya sudah konfirm ke Cimone beberapa kali, masih disuruh nunggu.
    Saya konfirm ke CS via phone Banking, hanya satu kali saya kapok karena mba2 di bagian marketingnya bilang lagi sibuk banyak tamu.

    Sampai sekarang saldo di rek BSM saya ngga pernah lebih dari 100rb mengingat beberapa bulan saldo saya tetap dipotong untuk Investa Cendekia walaupun saya nggak pernah menerima bukti tabungan tsb.

    Saya juga sudah mencoba mengirim email ke bagian marketing via website nya. Tak ada tanggapan, sehingga saya berpikir website BSM cuma pajangan doank.

    Saya tidak menutup rekening BSM mengingat payroll perusahaan menggunakan BSM. Jadi habisa gajian langsung saya pindahkan uang saya ke BCA.

    Mudah-mudahan ada pihak BSM yang membaca

  67. maaf sebelumnya atas komentar saya ini…menurut saya itu sudah menjadi prosedur setiap bank jika ingin menarik uang lewat teller atau kasir karena itu merupakan proteksi untuk menghindari dari penyalahgunaan atau untuk kepentingan pihak lain yang bukan pemilik rekening..jadi bapak harus memahami prosedur bank tersebut demi kebaikan bapak pula..dan jika bapak sangat mendesak membutuhkan dana silahkan langsung ke ATM terdekat (ATM Bersama) atau ATMandiri jika prosedur diatas tadi berlaku dicabang tempat bapak akan menarik dana bapak..jadi mudah kan”””? asyyikkk…

  68. IT untuk BSM adalah urutan kedua sesudah BCA?

    BSM ngakunya syariah, tapi…
    1. kena biaya bulanan rekening
    2. kena biaya bulanan BSM net
    3. kena biaya transaksi BSM mobile
    4. kena charge untuk tarik tunai di sebagian besar ATM yang ada, fitur transaksi minim.

    Bandingkan dengan Permata IB syariah, yang..
    1. bebas biaya apapun termasuk biaya rekening, permata net, permata sms banking
    2. bebas transfer online 3 kali per bulan ke bank lain, karena punyaku IB Optima, maka bebas transfer berapa kalipun ke bank lain, tanpa biaya, real-time.
    3. bebas tarik tunai di ATM prima, ATM bersama, seingatku ATM mana saja gratis.
    4. untuk IB Optima mendapatkan bagi hasil setara deposito syariah.

    Mana yang lebih syariah nih? Karena menurut syariah seharusnya beban operasional bank dikenakan kepada porsi nisbah bank, bukan ditarik dari rekening nasabah.

    • ECS :
      BSM ngakunya syariah, tapi…
      1. kena biaya bulanan rekening memangnya hal ini bikin tdk syariah?
      2. kena biaya bulanan BSM net idem dg pertanyan di atas.
      3. kena biaya transaksi BSM mobile idem dg pertanyan di atas.
      4. kena charge untuk tarik tunai di sebagian besar ATM yang ada, fitur transaksi minim. idem dg pertanyan di atas.
      Bandingkan dengan Permata IB syariah, yang..
      1. bebas biaya apapun termasuk biaya rekening, permata net, permata sms banking Ada atau tidak ada beban biaya, tdk menjadikan ia SYARIAH atau TIDAK SYARIAH, selama AKAD nya SAH dan TDK HARAM.
      2. bebas transfer online 3 kali per bulan ke bank lain, karena punyaku IB Optima, maka bebas transfer berapa kalipun ke bank lain, tanpa biaya, real-time. idem di atas
      3. bebas tarik tunai di ATM prima, ATM bersama, seingatku ATM mana saja gratis. BSM juga demikian….
      4. untuk IB Optima mendapatkan bagi hasil setara deposito syariah. itu masalah kebijakan tiap BANK dalam mencari nasabah saja…

      *kesimpulan: berbagai layanan Bank Syariah dg sgala jenis model dan namanya, kalau diteliti satu persatu dan case per case pasti ada saja kekurangannya (bc: kekurang syariah-annya). Namun, semuanya telah melalui proses pengawasan oleh Dewan Syariah Nasional / Dewan Pengawas Syariah secara berkala. Secara teori, maka legalitas itu menjadi sesuatu kehalalan yang relatif (atau kesyariahan bertransaksi).

      NB: Fakta membuktikan bahwa lebih dari 70% transaksi keuangan di Bank Syariah bukanlah MUDHARABAH (kredit) tetapi MUROBAHAH. Padahal konsep utama pembangunan umat adalah MUDHOROBAH dan bukan MUROBAHAH (yg cenderung kpd sikap konsumerisme). wallahu a’lam

      Mana yang lebih syariah nih? Karena menurut syariah seharusnya beban operasional bank dikenakan kepada porsi nisbah bank, bukan ditarik dari rekening nasabah.

  69. ECS :
    BSM ngakunya syariah, tapi…
    1. kena biaya bulanan rekening

    memangnya hal ini bikin tdk syariah?
    2. kena biaya bulanan BSM net
    idem dg pertanyan di atas.
    3. kena biaya transaksi BSM mobile
    idem dg pertanyan di atas.
    4. kena charge untuk tarik tunai di sebagian besar ATM yang ada, fitur transaksi minim.
    idem dg pertanyan di atas.
    Bandingkan dengan Permata IB syariah, yang..

    1. bebas biaya apapun termasuk biaya rekening, permata net, permata sms banking
    Ada atau tidak ada beban biaya, tdk menjadikan ia SYARIAH atau TIDAK SYARIAH, selama AKAD nya SAH dan TDK HARAM.
    2. bebas transfer online 3 kali per bulan ke bank lain, karena punyaku IB
    Optima, maka bebas transfer berapa kalipun ke bank lain, tanpa biaya, real-time.
    idem di atas
    3. bebas tarik tunai di ATM prima, ATM bersama, seingatku ATM mana saja gratis.
    BSM juga demikian….
    4. untuk IB Optima mendapatkan bagi hasil setara deposito syariah..

    itu masalah kebijakan tiap BANK dalam mencari nasabah saja…

    *kesimpulan: berbagai layanan Bank Syariah dg sgala jenis model dan namanya, kalau diteliti satu persatu dan case per case pasti ada saja kekurangannya (bc: kekurang syariah-annya). Namun, semuanya telah melalui proses pengawasan oleh Dewan Syariah Nasional / Dewan Pengawas Syariah secara berkala. Secara teori, maka legalitas itu menjadi sesuatu kehalalan yang relatif (atau kesyariahan bertransaksi).

    NB: Fakta membuktikan bahwa lebih dari 70% transaksi keuangan di Bank Syariah bukanlah MUDHARABAH (kredit) tetapi MUROBAHAH. Padahal konsep utama pembangunan umat adalah MUDHOROBAH dan bukan MUROBAHAH (yg cenderung kpd sikap konsumerisme). wallahu a’lam

    Mana yang lebih syariah nih? Karena menurut syariah seharusnya beban operasional bank dikenakan kepada porsi nisbah bank, bukan ditarik dari rekening nasabah..

    >> Oh ya???? dlm teori ekonomi syariah mana yg mengatur demikian??

  70. saya tidak begitu yakin dengan segala argumentasi yang saudara sampaikan di forum ini…
    mungkin ketika anda ingin tarik saldo anda memang tidak mencukupi yach…

    karena setahu saya banyak kemudahan yang diberikan noleh BSM…
    anda cukup mengaktifkan layanan Mobille Banking ….dalam genggaman (Hp) anda bisa melakukan seluruh transaksi tanpa harus beranjak dari tempat duduk anda.

    Khoir…
    Sampaikan yang haq daripada menyebar FITNAH

  71. Ikut comment…. Begini, walau sy belum jadi nasabah BSM, namun dari komentar/informasi yg saya dapatkan bahwa Bank Syariah itu bagus termasuk servicenya. Mungkin saja mas Anggara lagi dapat ujian… dan harus bersabar !!! Saran saya tidak apa-apa itu. Tak usah ditutup rekeningnya, sayang… Lanjutkan saja ! Wassalam !

  72. Nabung di Bank Syariah tapi narik Uangnya melalui ATM atau fasilitas2 Bank Ribawi. Bagaimana Status uangnya ya??? Halalkah Atau Haram. Mudah-Mudahan Ada yang bisa Jawab.

    • pertanyyannya sy balik

      yg bikin haram apanya???
      kalao ga ada, berarti ia halal

      ini masalah muamalah
      bukan masalah ibadah yg mana hrs dicari dadlil yg membolehkannya

  73. aslm. Saya mantan cs bsm, dan skrg mengundurkan diri krn sy melanjutkan pendidikan. Sbg cs, saya tahu persis baik dan buruknya bsm. Saya sudah kenyang dengan pujian, apalagi keluhan. Stp bank syrh memang pny klbhn n kekurangan, sy sendiri mgunakan 2 bank syriah, bsm dan bank syrh lain.
    saya sgt stuju dgn berbagai opini yg mengatakan jgnlah meninggalkan syariah hny krn sistemnya yang blm sempurna. Dan sy sangat terbuka untuk berbagai pertanyaan ttg perbankan syrh/ttg bsm sejauh yg sy tau,walaupun sy bukan lg karyawan bsm. Sy dpt dihubungi di shintagaluh@gmail.com/humayra243@yahoo.com

  74. @Ary…gampang jawabannya, lo donlot aja di pkesinteraktif.com, menu download, ada ebook tentang menjawab keraguan umat islam terhadap bank syariah, klik deh, tinggal donlot.

  75. kok layanan complain dari callbsm@syariahmandiri.co.id not found terus ya??? soalnya saya telp ke call center bsm jawabnya gak bisa menjawab pertanyaan saya mengenai SOP penagihan pembiayaan (kredit) nasabahnya kalo tagihan sudah jatuh tempo
    . mungkin mbak sinta galuh bisa bantu?

  76. asss..sy juga dah 8 taun jadi nasabahBSM dan di taun yg sama saya nasabah di bank lain, justru di bank lain kalau pengambilan uang di luar kota saya kena biaya min 7 rb sampe 48 ribu, di sebuah bank konvensional, tapi di BSM dimana dan brapapun kita ambil uang ak kena biaya..sementara transaksi di BRI saya kena biaya, diMANDIRI JUGA, perlu di pahami karne biaya admin kita dah di potong perbulan, juga,, keistimewahan lain saat kita di luar kayak di timteng pasilitas syariah ini lebih bagus, bisa amil di bank negara setempat dengan biasa sangat ringan, contoh saya tarik atm mandiri si mesir 1 jt biaya potongan 95 rb, tapi pake atm syariah cuma 24 rb, yang paling saya banggakan dari bank sariah ini ,,diatas 75% dah sesuai dengan hukum syariah, pokok dasar hukum syariahnya ada 3 pertama ijab kabulnya transaksinya jelas dan transparan segala jenis biaya tertulis dan selalu di bilang pada nasabah. sementara di bank lain itu kadang di rahasiakan dan ngak di sebutkan,, hal ini tidak boleh secara syariah, kedua “URUF’ atau jelas artinya jelas maksudnya nya dan jelas tujuannya.kayak gue juga peminjam di BSM ,harus jelas tujuan pembiayaan baru di layani, bukan sekedar punya agunan yg cukup loo,,, kalau mau pembiayaan beli rumah, rumah yg mau di beli juga harus di survey..beda dengan yg lain, asal agunannya cukup di cairkan aja deh,, walau maksudnya mau usaha haram. hehe yg ke tiga ‘MAMFAAT’ artinya setiap jenis transaksi hrus bermamfaat dalam pandangan syariah. tidak boleh ada pembiayaan dalam jual beli haram, smua yg ku ketahui tentang economi syariah sesuai dengan transaksi di bank syariah, …makanya agi saya harus sadar bahwa inilah syariah kita siapa lai yg harus mendorong kalau bukan kita,,, yg terakhir dana bonus di bank fakir saya juga pernah tau,, sistem bunganya sangat tingi bahkan hasil onus2 bank tersebut di lokasikan kepada kaum kafir termasuk yahudi,tapi kalau keuntungan bank islam itu jelas kembali pada umat islam itu sendiri.. atas alasan itulah saya tetap menjadi nasabah bank Syariah. y kurang di maklumi dan di lenkapi,, semoga layanannya tetap sesuai syariah terus amin,,,,WONG DESO

  77. MENURUT SAYA,APA YANG DIALAMI ANDA ADALAH FAKTOR KEBERUNTUNGAN TAK DIRAIH ANDA SAJA. SEMOGA ANDA TAK KAPOK MENABUNG DI BANK SYARIAH,KARENA INSYA ALLAH ANDA DAPAT BERKAH DARI ALLAH(BILA ANDA BERAGAMA ISLAM). AAMIIN

  78. Dear , selama ini saya sudah memiliki tabungan bank mandiri konvesional. yang saya pergunakan untuk menabung.

    saya ingin membuka tabungan mandiri syariah. masih penasaran apakah transfer dari bank mandiri konvensional ke bank mandiri syariah kena cash atau gratis yah

  79. Barusan saya buka rekening ke BSM, mau nanya-2 tentang produk tabungan di sana karena saya kecewa atas pelayanan di bank syariah yg lain. Pengin nyari alternatif nih. Berdasarkan info CS sbb :
    1. Biaya Admin Rp 6000,-
    2. Biaya Internet Banking Rp 2500,-
    3. ATM Langsung jadi.
    4. Internet banking langsung bisa digunakan.

    Dg informasi tsb, saya tertarik membuka tabungan, tetapi setelah lebih dari 1 jam di CS, hasilnya :
    1. ATM nunggu seminggu lagi.
    2. Internet Banking nunggu 3 hari lagi.

    OMG, pake mbuat accountnya salah nama lagi. susah deh kalau begini pengin maju.
    Setelah confirm ke call center, ternyata biaya internet banking rp 10.000,- yg mana yg bener nih. CS dan call center hanya menambah bingung saja.

  80. Mmm, kalo komplain pelayanan suatu cabang, sebutkan nama cabang yg bersangkutan, selain itu waktu berkunjung ke CS itu. Biar ngusutnya gampang. Gw juga nasabah BSM, Alhamdulillah, pelayanannya cepat, internet banking dan atm langsung jadi. Gak pake lama. Cabang fatmawati dan KPO Thamrin.

    Semoga ini menjadi perhatian kita bersama.

  81. @awip
    seperti yg mas awip sampaikan sebelumnya, mereka (cs) adalah org-org yg numpang mencari sesuap nasi. Saya tidak ingin menjadi penghalang rizki orang lain bila nama cabangnya saya sebutkan.
    Ada lagi info yg disampaikan CS tsb ternyata salah, yaitu check saldo di ATM BM katanya nggak kena charge tetapi ternyata kena juga menurut percakapan di sini.

    @BSM
    Jika ada CS yg belum siap, jangan buru-buru ditaruh di depan, di training dulu product knowledge nya sampai benar-benar menguasai.

    Mudah-mudahan Bank Syariah benar-benar sesuai Syariah.

  82. Subhanallah……….betul juga sih, tapi kan tidak lucu juga men’generalisasi’ untuk semua CS yang ada di BSM…hehhehehe.

    Saya juga sependapat, seharusnya yg jadi frontliner itu minimal Officer, yang minimal sudah 3 tahun Pengalaman. Karena CS yang bertemu dengan masyarakat umum, so pelayanan harus sama di semua cabang. Salam Kenal.

  83. Ternyata internet bankingnya nggak pakai token ya,
    user name, password, otorisasi dan kode-kode token dikasih dalam lembaran kertas yg “tidak terkendali”, tidak di-print ke dalam amplop tertutup seperti kalau kita terima password ATM atau kartu kredit.
    Bagaimana menjamin security-nya..?

    • @Giri: jiah..

      mas, dulu waktu pakai ATM, dikasih PIN nya pakai apa??
      kertas or token??

      sy punya MANDIRI. dia pakai token. memangnya token mandiri itu lebih aman??
      g juga kali

      token sama KODE TAN OTORISASI itu prinsipnya sih sama saja
      justru pakai token bikin ribet

      karena prinsipnya, token itu isinya ya angka2 yg ada di lembar kertas spt syariah mandiri itu
      cuman bedanya dia pakai alat namanya token
      intinya ya sama saja..

      trus kekurangan MANDIRI, transfer online yg real time tidak ada kecuali harus RTGS. sementaa di BSM, transfer online ke bank manapun bisa bener2 online. RTGS dg biaya yg sama dengan tarif Mandiri yg biasa.

      jd, praktis mana??
      mau beli pulsa?

      :-”

      di token itu, juga ada database angkanya
      dan ketika angka sudah dipkaai, sistem di bank langsung merekam bhw nomor telah [ernah digunankan dan sdh tdk dpt digunakan

      intinya sama saja
      semua aman sekaligus semua tidak aman.

      :mrgreen:

  84. Saya nasabah BSM yg sdh lama menggunakan layanan ebanking bsm baik mobile banking gprs ataw internet banking.
    Perihal securitynya saya pikir baik karena ada lapisan security dimana 1. Bsm sdh menggunakan ssl 128 bit verysign), 2. User dan password saat masuk ke menu bsm, 3. Untuk setiap transaksi harus memasukan TAN itu juga masih harus memasukan pin otorisasi na ini yang membedakan dgn internet banking lainnya karena harus memasukan pin otorisasi. Jadi saya pikir secara system security sdh baik . Masalah penerimaan tdk pake amplop harusnya tdk terjadi karena saya terima cukup tertutup. Jadi mas giri untuk sistem keamanan internet bsm saya pikir baik krn ada 4 lapisan . Demikian mas giri semoga bermanfaat… Siapa lg kalo bukan kita kita yg majukan syariah..

  85. saya jg agak kecewa dg layanan BSM…sejak buka account sampai 1 bln ini ATM tdk bisa digunakan untuk transfer ke jaringan ATM bersama…hanya bisa tarik tunai…
    Daftar Net Banking jg tidak bisa langsung aktif
    Dulu saya pilih BSM karena antriannya relatif sepi..ternyata inilah sebabnya mengapa BSM sepi..

  86. hehehe, BSM OKE tuh,
    ATM BSM itu adalah ATM Mandiri dengan tanda ATM BSM

    Bisa ATM BERSAMA dengan 70 bank (diantaranya BNi, mandiri, BRI)

    Bisa PRIMA (diantaranya dengan BCA, BUKOPIN, BPD, BRI dan Muamalat)

    PIN pada amplop tertutup yang terkendali kok.

  87. Saya ada keinginan untuk buka rekening di BSM, tapi saya mau nanyak2 dulu nih.
    1. Kalo transfer ke Bank Mandiri kena biaya? kalo iya brp?
    2. Kalo transfer ke atm prima dan atm bersama kena biaya juga? kalo iya brp?

  88. @Goda Gado @doel’s
    Tks Comment-nya.

    @wanaguna
    PIN ATM diserahkan dalam amplop tertutup, Kode TAN diserahkan dalam lembaran terbuka.

    @dt
    Baca komentar di atas, katanya kalau transfer ke Bank lain kena biaya dan saya kira itu wajar saja.

    @Anggara
    blog-nya jadi rame nih.

  89. saya jg sama,,nasabah bank BSM (dulu),,sulit mau narik uang di atm bersama jg,,pas saya masukkin kartu malah ada tulisan “error please insert your card”
    dan saya cuma bs narik uang di ATM BSM saja,,dan untuk menemukan ATM BSM itu sulit karena sangat jarang..
    ibu saya pernah mengalami kerugian ketika menjadi nasabah BSM:
    saya kan ngerantau ceritanya,,ibu saya suka kirim saya uang seminggu sekali lewat atm BSM ke Bank BNI (tabungan mahasiswa saya),,ibu saya transfer 2 kali lewat atm karena yg pertama kali gagal,,tp sialnya uang tabungan ibu saya d BSM didebet 2 kali,,tp k tabungan BNI saya cuma ada 1 kali,,dan yg 1 kalinya lg itu ntah kemana,trus BSM nya jg ga memberi jaminan bahwa uang itu kembali,,pdhl ibu saya sudah menulis surat pengaduan.

  90. di kota saya BSM baru buka blm sebulan, saya pengen buka rekening disana. Sepertinya bagus dan buat hati tenang.

    mau saya pergunakan untuk transaksi net banking jg. kira2 fasilitasnya gimana ya? saya takut dukungan containnya kurang dan dikenakan biaya.

  91. saya nasabah bsm juga, selama ini sih belum ada masalah pake bsm untuk jabodetabek, cuma memang kalo pake atm mandiri sering agak lemot atau hang mesinnya, jd agak sabar sedikit, sekarang CS nya lebih helpfull tapi tetep aja memang masih agak lama kalo transaksi di teller, kalo mau jadikan aja rek di bank syariah sebagai tabungan, sedang untuk transaksi tetep pake bank konvensional yg udah mapan

  92. Saya buka rekening BSM pertengahan bulan 11-2010 dengan saldo awal 1.000.000 dan langsung dapat kartu atm instant. Teller menjelaskan bhw biaya administrasi perbulan adl. 5.000 (saya juga mendaftar langsung mobile bangking BSM dan hingga saat ini belum saya aktivasi)
    Pada tanggal 17 Des 2010 adik saya transfer dari bank Mandiri melalui atm Mandiri ke BSM saya sebesar 1.000.000. Tanggal 5 Jan 2011 saya baru sempat cek lewat atm BSM (sekalian ganti PIN) ternyata saldo saya 1.950.078.
    Logikanya dengan admimistrasi 5.000 per bulan berarti dalam bulan Januari saldo saya berkurang 15.000 atau total saldo menjadi 1.985.000. Nah, kemanakah uang saya yang 35.000 itu?
    Kemudian pada 7 Jan 2011 saya dapat lagi transfer dari bank Mandiri sebesar 4.000 dan saya cek lewat atm BSM pada 8 Jan 2011 ternyata saldo saya 2.344.078.
    Kalau angka saldo saya yang lalu 1.950.078 lalu dapat transfer 400 bukankah seharusnya 2.350.078 ? Kemana yang 6.000. Apakah biaya transfer dibebankan pada si penerimanya?
    Mungkin ada yang bisa menjelaskan permasakahan saya tersebut.
    Tetima kasih

  93. Maaf ada ralat sedikit.
    Saya buka rekening BSM pertengahan bulan 11-2010 dengan saldo awal 1.000.000 dan langsung dapat kartu atm instant. Teller menjelaskan bhw biaya administrasi perbulan adl. 5.000 (saya juga mendaftar langsung mobile bangking BSM dan hingga saat ini belum saya aktivasi)
    Pada tanggal 17 Des 2010 adik saya transfer dari bank Mandiri melalui atm Mandiri ke BSM saya sebesar 1.000.000. Tanggal 5 Jan 2011 saya baru sempat cek lewat atm BSM (sekalian ganti PIN) ternyata saldo saya 1.950.078.
    Logikanya dengan admimistrasi 5.000 per bulan berarti dalam bulan Januari saldo saya berkurang 15.000 atau total saldo menjadi 1.985.000. Nah, kemanakah uang saya yang 35.000 itu?
    Kemudian pada 7 Jan 2011 saya dapat lagi transfer dari bank Mandiri sebesar 400.000 dan saya cek lewat atm BSM pada 8 Jan 2011 ternyata saldo saya 2.344.078.
    Kalau angka saldo saya yang lalu 1.950.078 lalu dapat transfer 400.000 bukankah seharusnya 2.350.078 ? Kemana yang 6.000. Apakah biaya transfer dibebankan pada si penerimanya?
    Mungkin ada yang bisa menjelaskan permasakahan saya tersebut.
    Tetima kasih

  94. Mau tanya donk…??
    Kan kemarin2 aku itu buka rekening BSM dan dpt Kartu ATM BSM Instant (tanpa nama), tapi kalau mau diganti dg yg Reguler Card (dengan nama) bisa nggak ya…?? Kalau bisa gimana caranya…?? Apakah hrs telpon ke BSM CALL dulu atau lngsung ke KC BSM-nya…?? Dan kira2 berapa biayanya atau malah gratis…?? Kayaknya keren aja ada namanya…. He he…

  95. Mau tanya donk…??
    Kan kemarin2 aku itu buka rekening BSM dan dpt Kartu ATM BSM Instant (tanpa nama), tapi kalau mau diganti dg yg Reguler Card (dengan nama) bisa nggak ya…?? Kalau bisa gimana caranya…?? Apakah hrs telpon ke BSM CALL dulu atau lngsung ke KC BSM-nya…?? Dan kira2 berapa biayanya atau malah gratis…?? Kayaknya keren aja ada namanya…. He he…
    Oh, iya satu lagi buat Bank Syariah Mandiri, tolong donk bangun ATM BSM di wilayah Kec. Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, jangan hanya Kota-nya aja yg ada..!! Masa’ ada KC (KLS STIKES MUHAMMADIYAH)-nya nggak ada ATM-nya, kan susah kalau hrs ke Kota yg jaraknya 15 km….???

  96. BSM bagus kok. Kayaknya di bank manapun kalau mau ambil uang wajib bawa buku tabungan deh. Enaknya pake BSM karena support semua jenis ATM, baik itu ATM milik BSM sendiri, ATM Mandiri, ATM BCA, ATM Bersama, etc. Jadi gak kesulitan kalau mau cari ATM. Udah gitu bisa phone banking & internet banking lagi.

    Peyalanannya juga super ramah. Bahkan satpam-nya pun ramah banget. Kalau masalah ATM yg hang, semua ATM pernah hang. Kalau ATM BSM lagi hang, ggak sampai 12 jam biasanya sudah diperbaiki. Yang jelas sebagai muslim kita perlu cinta dengan produk-produk yang berasaskan ajaran Islam. Ayuk kita doakan semoga Bank Syariah Mandiri tambah oke!

  97. Mudah2an bener BSM tambah bagus…karena di bln Nov-2010 saya ada masalah narik uang di ATM Mandiri (bukan syariah) uang tidak keluar tapi masih tetap memotong dana saya di tabungan…sudah 4 bulan sampai saat ini masih belum selesai …??? sudah saya telepon CS sana sini, ikuti prosedure sana sini…tapi masih tetep gak ada hasilnya dari CS BSM…. capee deh..memang ramah tapi lelet… :) ada rekomendasi bank lain yg lebih baik dari BSM ???

  98. menurut saya bank syariaah g ada nilai keimanannya malah hal tersebut membelokkan hukum tuhan, atau menyelundupkan hukum allah swt. coba pikir prinsip murabahah atau mudharobah itu cuma menipu aja dengan dalil ijabkabul. mana ada bank yg mau bernegosiasi dengan nasabah dalam hal pinjam meminjam uang dengan embel2nya bank juga yang menetapkan standard bunganya. syariah dimananya klo sudah kyk gitu.. sekarang saya tanya ada bank yg mau bernegosiasi masalah porsentase keuntungn keredit bank.. klo ada itu boultsit.. bagi sy g ad bedanya sama bank konvensional itu cuma menipu hukum allahswt aj g murni membantu… yah… bahasa kasarnya tengkulak halus…

  99. Menurut saya anda salah mas anggara, jgn mengdiskreditkan suatu bank spt itu ,tahu ga anda knp kita mau narik duit di teller kita harus bawa buku tabungan, KTP,ATM itu karena BSM itu aman, coba klo yg ambil duit itu bukan pemilik ATM.tiba2 nasabah ambil duit bisa menggunakan ATM, dan KTP sedangkan ATM anda hilang misalnya dicopet bersama dompet.. nah yg rugi kan anda sendiri kan.makanya sebelum menilai harus ditanya dulu kebanknya kenapa bisa begitu.. klo saldo anda ada jutaan habis lah uang anda ditarik orang YANG bUKAN BERKEPENTINGAN mereka tarik dgn bawa KTP ANDA DAN ATM anda di teller.itu sebabnya harus bawa buku TABUNGAN.terus knp ambil duit dicabang kadang2 lama misal ambil duit diatas 25jt, misal anda buka di cabang jatinegara, anda ambil di cabang thamrin.. cabang thamrin kan blm kenal anda CS, Teller otomatis mereka harus lihat contoh Tanda Tangan anda di file yg mereka simpan dilihat system nya namanya CYtrix, krn Gbr itu kadang ga jelas mereka harus konfirmasi kecabang pembuka jatinegara, minta fax segala macam itu yg menyebabkan lama, tp klo anda nunggu sabar bisa ditarik itu KAN DEMI KeAMANAN anda juga. klo MAU CEPET LEWAT ATM. kita semua ATM bersama bisa kok, memang kadang2 suka ga bisa itu mungkin pas malam lg proses akhir hari, lbh cepet ke atm BSM,saya beberpa kali coba di atm bersama lain bisa, klo anda ada pertanyaan bisa ditanyakan ke cabang BSM terdekat

  100. payah semuanya ngapain ribut2 soal BSM,,,lihat donk BRI Syariah yang jelas nggak ada biaya.y sama sekali baik di tabungannya maupun seluruh transaksi atm diseluruh bank indonesia..payah lo pada semua

  101. kalo saya malah puas banget nabung di BSM dibanding di bank lain
    antara lain : saya mengurus pindah alamat tidak perlu repot repot ke cabang tempat saya buka tabungan. semua urusan yang terkait dengan cabang tempat membuka tabungan bisa dilayani di cabang manapun. Beda banget dengan pengalaman saya nabung di BNI, ribet bgt : ngurus ATM tertelan aja repot, akhirnya saya tutup yg BNI.
    selain itu bagi hasilnya menguntungkan bgt loh dibanding yang lain…
    kekurangannya sih : kerjasama dengan pembayaran ticketing tidak ada (padahal saya sering pake fasilitas ini), m banking nya biayanya diambil dari tabungan (enakan BCA diambil dr pulsa aja gitu)
    so far sih puas puas aja sama BSM

  102. Assalamu Alaikum Wr Wb
    Saya adalah salah seorang karyawan BSM sejak thn 2003. Saya ucapkan Terima kasih atas komentar, saran, kritikan dan masukan dari para nasabah. Hal ini menjadi perhatian kami dalam meningkatkan layanan dan fasilitas kami.
    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yg bapak ibu rasakan apabila ada pelayanan di salah satu cabang BSM yg tidak sesuai harapan.
    Kami akui kantor layanan dan jumlah ATM belum dapat memenuhi harapan setiap nasabah sebagaimana bank yg sdh puluhan bahkan ratusan thn beroperasi di indonesia. Namun kami berkomitmen utk terus mengembangkan kantor dan layanan ATM. Sejak 2010, kami membuka lebih dari 150 kantor dan mesin ATM setiap tahun. Sampai hari ini, jumlah kantor sdh mencapai lebih 500 kantor tersebar dari semelue aceh sd papua, dari manado sd kupang. Utk kemudahan layanan ATM, kami telah bekerja sama dgn ATM Mandiri, ATM bersama dan ATM Prima, sehingga hampir seluruh mesin ATM bank lain dapat digunakan.
    Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan non tunai, saat ini kami memiliki layanan mobile banking dan internet banking dengan fitur berupa informasi saldo, transfer online ke 83 bank lain, RTGS, transfer tunai seketika tanpa rekening melalui kantor pos, pembelian pulsa, pembayaran telkom dan PLN, transfer secara massal ke beberapa rekening sekaligus. Mobile banking berbasis PIN ATM dan aplikasi dapat di download di http://mobile.syariahmandiri.co.id, kode aktivasi dapat menghubungi kantor terdekat. Sedangkan net banking dapat di akses di https://bsmnet.syariahmandiri.co.id. User id, Password, nomor pengaman TAN dan pin otorisasi dapat di peroleh di kantor tempat membuka rekening dalam keadaan tertutup.
    Sampai saat ini, kami masih sedang mengembangkan mesin EDC berbasis PIN sebagai syarat utama penarikan menggunakan kartu ATM di counter teller. Sehingga secara prosedur demi keamanan dana nasabah, kami belum dapat melayani penarikan di teller tanpa buku tabungan. Buku tabungan berfungsi sebagai verifikasi penarikan dana dilakukan oleh pemilik sendiri sesuai ttd yg telah disahkan oleh CS dan supervisor di tempat mengganti buku terakhir kali. Bukan oleh orang yg mungkin menemukan dompet berisi ATM bersama KTP namun tdk mengetahui PIN. Bisa dibayangkan kalau hanya dgn kartu ATM dan KTP kami melayani penarikan, dan saat itu dompet nasabah hilang dan dipergunakan oleh org yg tidak berhak, pasti saldo akan terkuras habis.
    Biaya administrasi dan biaya netbanking sdh mendapat persetujuan nsbh saat membuka rekening dan pembukaan aplikasi netbanking. Sedangkan biaya cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank melalui ATM mandiri, ATM bersama dan ATM prima merupakan biaya jasa penggunaan ATM bank lain yg investasinya mencapai 200jt per mesin. Khusus utk ATM mandiri yg jumlahnya mencapai 4500 mesin, biaya tarik tunai ditanggung oleh BSM sebagai bentuk perluasan layanan Tunai bagi nasabah. Biaya transfer semua ATM sebesar 5000, biaya tarik tunai di ATM bersama 3900, di ATM Prima 5000 dan ATM mandiri gratis. Biaya cek saldo 2000. Penggunaan ATM bank konvensional tidak mengurangi nilai syariahnya transaksi tsb karena dana titipan di jaringan ATM tsb tidak mendapatkan bunga bank, hanya dalam bentuk titipan dan itu sdh melalui mekanisme uji kelayakan nilai syariah. Adanya perbedaan biaya yg dikenakan oleh BSM dgn bank syariah lainnya tidak menunjukkan tingkat ke-syariah-an suatu bank. BSM juga lembaga bisnis yg tetap mencari keuntungan. Dalam bisnis jasa, besar biaya yg dikenakan akan berbanding lurus dgn tingkat layanan dan kenyamanan yg diberikan.
    BSM dan Mandiri adalah 2 bank yg berbeda meskipun 1 group. Hal itu dilakukan utk memisahkan pencampuran pengelolaan dana syariah dan non syariah. Sehingga segala aktifitas transaksi diberlakukan sebagai transaksi antar bank.
    Untuk margin keuntungan yg tidak dapat di negosiasikan dalam pembiayaan, kami telah menerapkan harga seragam antar cabang, namun tetap dapat dinegosiasikan melalui pengambil kebijakan atas, sehingga ruang utk negosiasi di cabang sdh sangat sempit. Harga tersebut sdh mempertimbangkan keuntungan wajar bagi bank yg sangat berpengaruh pada tingkat bagi hasil yg akan diperoleh oleh nasabah penyimpan. Amanah nasabah penyimpan utk mengelola dananya sebaik mungkin utk mendapatkan bagi hasil yg bagus menjadi salah satu point penting bagi BSM dalam menerapkan margin keuntungan kepada nasabah pembiayaan (debitur). Perlu diperhatikan bahwa di bank syariah, margin yg sdh disepakati tdk dapat di rubah sampai pembiayaan tsb lunas. Berbeda dgn bank konvensional yg dapat merubahnya di tengah jalan apabila suku bunga pasar naik.
    Bila keluhan Anda tidak mendapatkan jawaban memuaskan dari CS maupun teller, sampaikan keluhan Anda pada supervisornya yg memiliki kewenangan yg lebih luas, bahkan Anda kami persilahkan menyampaikannya ke kepala cabang utk mendapatkan jawaban yg lebih memuaskan. CS dan Teller di bank manapun hanya akan menjalankan prosedur kerja sesuai SOP, sedangkan pemberian kebijakan atas penyimpangan prosedur hanya akan diberikan oleh supervisor maupun kepala cabang sesuai tingkat resikonya.
    Semoga tanggapan kami yg panjang lebar bisa menjawab beberapa pertanyaan nasabah.

    Wassalamu alaikum wr wb

  103. Assalamu Alaikum Wr Wb

    Saya adalah salah seorang karyawan BSM sejak thn 2003. Saya ucapkan Terima kasih atas komentar, saran, kritikan dan masukan dari para nasabah. Hal ini menjadi perhatian kami dalam meningkatkan layanan dan fasilitas kami.
    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yg bapak ibu rasakan apabila ada pelayanan di salah satu cabang BSM yg tidak sesuai harapan.
    Kami akui kantor layanan dan jumlah ATM belum dapat memenuhi harapan setiap nasabah sebagaimana bank yg sdh puluhan bahkan ratusan thn beroperasi di indonesia. Namun kami berkomitmen utk terus mengembangkan kantor dan layanan ATM. Sejak 2010, kami membuka lebih dari 150 kantor dan mesin ATM setiap tahun. Sampai hari ini, jumlah kantor sdh mencapai lebih 500 kantor tersebar dari semelue aceh sd papua, dari manado sd kupang. Utk kemudahan layanan ATM, kami telah bekerja sama dgn ATM Mandiri, ATM bersama dan ATM Prima, sehingga hampir seluruh mesin ATM bank lain dapat digunakan.
    Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan non tunai, saat ini kami memiliki layanan mobile banking dan internet banking dengan fitur berupa informasi saldo, transfer online ke 83 bank lain, RTGS, transfer tunai seketika tanpa rekening melalui kantor pos, pembelian pulsa, pembayaran telkom dan PLN, transfer secara massal ke beberapa rekening sekaligus. Mobile banking berbasis PIN ATM dan aplikasi dapat di download di http://mobile.syariahmandiri.co.id, kode aktivasi dapat menghubungi kantor terdekat. Sedangkan net banking dapat di akses di https://bsmnet.syariahmandiri.co.id. User id, Password, nomor pengaman TAN dan pin otorisasi dapat di peroleh di kantor tempat membuka rekening dalam keadaan tertutup.
    Sampai saat ini, kami masih sedang mengembangkan mesin EDC berbasis PIN sebagai syarat utama penarikan menggunakan kartu ATM di counter teller. Sehingga secara prosedur demi keamanan dana nasabah, kami belum dapat melayani penarikan di teller tanpa buku tabungan. Buku tabungan berfungsi sebagai verifikasi penarikan dana dilakukan oleh pemilik sendiri sesuai ttd yg telah disahkan oleh CS dan supervisor di tempat mengganti buku terakhir kali. Bukan oleh orang yg mungkin menemukan dompet berisi ATM bersama KTP namun tdk mengetahui PIN. Bisa dibayangkan kalau hanya dgn kartu ATM dan KTP kami melayani penarikan, dan saat itu dompet nasabah hilang dan dipergunakan oleh org yg tidak berhak, pasti saldo akan terkuras habis.
    Biaya administrasi dan biaya netbanking sdh mendapat persetujuan nsbh saat membuka rekening dan pembukaan aplikasi netbanking. Sedangkan biaya cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank melalui ATM mandiri, ATM bersama dan ATM prima merupakan biaya jasa penggunaan ATM bank lain yg investasinya mencapai 200jt per mesin. Khusus utk ATM mandiri yg jumlahnya mencapai 4500 mesin, biaya tarik tunai ditanggung oleh BSM sebagai bentuk perluasan layanan Tunai bagi nasabah. Biaya transfer semua ATM sebesar 5000, biaya tarik tunai di ATM bersama 3900, di ATM Prima 5000 dan ATM mandiri gratis. Biaya cek saldo 2000. Penggunaan ATM bank konvensional tidak mengurangi nilai syariahnya transaksi tsb karena dana titipan di jaringan ATM tsb tidak mendapatkan bunga bank, hanya dalam bentuk titipan dan itu sdh melalui mekanisme uji kelayakan nilai syariah. Adanya perbedaan biaya yg dikenakan oleh BSM dgn bank syariah lainnya tidak menunjukkan tingkat ke-syariah-an suatu bank. BSM juga lembaga bisnis yg tetap mencari keuntungan. Dalam bisnis jasa, besar biaya yg dikenakan akan berbanding lurus dgn tingkat layanan dan kenyamanan yg diberikan.
    BSM dan Mandiri adalah 2 bank yg berbeda meskipun 1 group. Hal itu dilakukan utk memisahkan pencampuran pengelolaan dana syariah dan non syariah. Sehingga segala aktifitas transaksi diberlakukan sebagai transaksi antar bank.
    Untuk margin keuntungan yg tidak dapat di negosiasikan dalam pembiayaan, kami telah menerapkan harga seragam antar cabang, namun tetap dapat dinegosiasikan melalui pengambil kebijakan atas, sehingga ruang utk negosiasi di cabang sdh sangat sempit. Harga tersebut sdh mempertimbangkan keuntungan wajar bagi bank yg sangat berpengaruh pada tingkat bagi hasil yg akan diperoleh oleh nasabah penyimpan. Amanah nasabah penyimpan utk mengelola dananya sebaik mungkin utk mendapatkan bagi hasil yg bagus menjadi salah satu point penting bagi BSM dalam menerapkan margin keuntungan kepada nasabah pembiayaan (debitur). Perlu diperhatikan bahwa di bank syariah, margin yg sdh disepakati tdk dapat di rubah sampai pembiayaan tsb lunas. Berbeda dgn bank konvensional yg dapat merubahnya di tengah jalan apabila suku bunga pasar naik.
    Bila keluhan Anda tidak mendapatkan jawaban memuaskan dari CS maupun teller, sampaikan keluhan Anda pada supervisornya yg memiliki kewenangan yg lebih luas, bahkan Anda kami persilahkan menyampaikannya ke kepala cabang utk mendapatkan jawaban yg lebih memuaskan. CS dan Teller di bank manapun hanya akan menjalankan prosedur kerja sesuai SOP, sedangkan pemberian kebijakan atas penyimpangan prosedur hanya akan diberikan oleh supervisor maupun kepala cabang sesuai tingkat resikonya.
    Semoga tanggapan kami yg panjang lebar bisa menjawab beberapa pertanyaan nasabah.

    Wassalamu alaikum wr wb

  104. BSM merupakan bank dimana saya buka rekening pertama kali ketika saya SMP, jadi sekitar tahun 2002-2003.

    Fitur2 yang diberikan oleh BSM menurut saya mengalami peningkatan kearah yang lebih baik tiap tahunnya. memang atm bsm sendiri jumlahnya tidaklah sebanyak atm bank lainnya misal mandiri, BNI, dll, tapi perlu diperhatikan bahwa kemunculan BSM sendiri termasuk baru dibandingkan bank konvensional tersebut. jadi wajar saja bila atm-nya tidak sebanyak mandiri, BNI,dll.

    walaupun demikian, penarikan tunai maupun transaksi non tunai dapat dilakukan di atm bersama, saya paling 1% menggunakan atm bsm, lebih sering menggunakan mandiri karena faktor jarak. transfer antar bank juga mudah menggunakan atm bersama. no big deal. =)
    ditambah dengan menggunakan mobile banking, untuk saya itu berguna sekali, terutama untuk beli pulsa telepon genggam dan transfer antar bank. mudah kok aktivasinya, datangi saja bsm terdekat, ke bagian customer service, minta registrasi mobile banking. tapi jangan lupa bawa kartu BSMnya minimal dan identitas diri (KTP) serta tau nomer rekeningnya, lebih baik lagi kalo bawa buku tabungan. waktu saya aktivasi saya tidak bawa buku tabungan, jadi ditanya2 dulu mengenai identitas dsb untuk ngecek keabsahan.

    Menurut saya, kebijakan yang dibuat oleh bsm, pasti ada manfaatnya kok, terutama untuk keamanan nasabahnya. tiap nasabah bank kan pokoknya pengen tau beres dan aman uangnya, sedangkan bank harus dan sudah berpikir beberapa langkah didepan guna mengamankan uang para nasabahnya.

    saya setuju dengan ucapan pegawai bsm diatas :
    “Bisa dibayangkan kalau hanya dgn kartu ATM dan KTP kami melayani penarikan, dan saat itu dompet nasabah hilang dan dipergunakan oleh org yg tidak berhak, pasti saldo akan terkuras habis”.

  105. Coba Bank Muamalat aja Mas Angga, tarik tunai disemua ATM gratis tidak dikenakan biaya,,,kalo g bawa buku trus dateng ke bank bisa tarik tunai lewat mesin EDC,,,saya sudah 3 tahun jadi nasabah Bank Muamalat,,,aman, nyaman dan nggak repot karena saya bisa belanja dimana saja dengan menggunakan debet tabungan dari fasilitas BCA,,secara BCA sudah ada dimana-mana,,,silahkana mencoba mas. Inshyallah bermanfaat….

  106. di dunia ini gak ada yg gratis mas bro..hanya ALLAH SWT aje yg mampu memberi lebel gratis tanpa membeda2kan kpd smua ciptaanya (coba kalo napas gratis ini di peruntukan tuk org2 muslim saja.???) Hwehehe..

    Berapa pun uangnya yg penting nabungnya ya di bank syariah[!]

    Tinggalkan bank konvesional saatnya beralih dan ciptakan ekonomi syariah. Insyaallah bangsa indo sejahtera dan bermanfaat tuk semua.. Amiin ya Robb

    *hawepe

  107. saya sangat kecewa dengan pelayanan bank syariah mandiri cabang saharjo,saya ingin bwt atm dan pin baru katanya dalam jangka waktu 2 minggu sudah bisa di ambil kenyataannya udah 1 bulan lebih blm juga beres..pas saya tanya alesannya selalu bilang”masih diproses”. janji minggu depan sudah selesai pas saya telpon masih juga blm ada…tolong jangan kecewakan nasabah…kasih alasan yang jelas..dari sini saya sangat kecewa sekali.pelayanannya masih kurang,,jangan sampai satu persatu nasabah meninggalkan anda karena pelayanan karyawannya yang kurang baik..semoga menjadi masukan bagi bank syariah mandiri

  108. aduh ud jelas nariknya di ATM rusak ya jelas ga bisa lah,,,,,
    tapi aneh masa ATM Mandiri pada rusak semua di kota segede Surabaya…………………………………………………..?

  109. @ MAS NANANG…
    kayanya kita senasib bro…, intinya…. buat BSM mana wujud slogan “AMAN dan Menentramkan” nya…. dengan kejadian kaya mas nanang apa bisa menentramkan kita sebagai nasabah…. manusia tidak mungkin ber buruk sangka jika kondisinya sesuai dengan apa yang telah di beritahukan sebelumnya…

    gua kecolongan Rp 55.ooo…. bis narik tunai… yang katanya gratis di atm syariah sendiri… secara logika aja se andainya di atm bersama pun g mungkin segitunya.. gmna bisa tentram kalo nasabahnya pada takut ngambil uangnya sendiri…

    tolong pihak bank lebih teliti lagi… sungguh kami tidak ingin menimbulkan fitnah… melainkan fitnah tersebut bisa muncul dengan sendirinya….

  110. untuk mas chandra dan mas nanang mungkin si CSnya lupa menjelaskan kalau saldo yang tertera di layar mesin ATM itu adalah saldo efektif yang bisa ditarik oleh nasabah artinya saldo itu sudah dikurangi saldo minimum sebesar 50000. setiap produk tabungan di semua bank pasti memiliki saldo minimum yang tersedia di tabungan. Tapi ada juga bank yang ATMnya tidak menampilkan saldo efektif yang bisa ditarik tapi saldo keseluruhan itu tergantung sistem yang digunakan bank tersebut. Jadi kalau anda nabung 2juta maka yang tertera di mesin ATM adalah 1.950.000 (dikurangi saldo minimum 50.000) tapi kalau anda cek di buku tabungan tetap 2.000.000. dan setahu saya biaya admin di BSM itu 6000 dan apabila anda menggunakan net banking ditambah 2500 wallahualam bissawab

  111. BSM memang ancur2an pak,,,
    saya pribadi awalnya ga punya ATM, karena males, dipotong biaya, sedangkan ATMnya ga byk, tapi syukurnya kampus saya ada BSMnya, jadi ambilnya di kantornya langsung.

    pada 2008, di medan (jl. ahmad yani), saya pernah mau menabung, namun lama banget,, tellernya sih banyak loketnya, tapi yg kerja cuman 2 orang, pas saya mau solat zuhur, saya melihat beberapa pegawai yg tidur2an, dan tau apa percakapan mereka??
    A” eh, nasabah byk yah?”, tanyanya pada temannya yg tiduran disampingnya.
    B”bnyk sih, tapi biar ajah deh, biar anak baru itu yg ngerjainnya”
    yg 2 orang lagi masa bodoh atau memang udah ngorok saya ga tau.
    keselllllllllll banget deh pak.

    pada 2010, di Binjai, saya mengajukan permohonan ATM, karena saya dudah bekerja, dan tidak mungkin keluar jam kerja terlalu sering hanya untuk mengambil uang. Eh katanya 2minggu, lalu saya datang, undur 2 minggu lagi,
    tepat 1bulan, ATMnya ga selesai2 juga, katanya mesin pembuatnya rusak. Whatttttt,,,masak Bank besar ga bisa perbaiki secepat mungkin.

    Kesal, saya putuskan untuk mengambil semua uang saya,, lalu saya diberi pecahan 10-20rebuan.
    haduuuh,,,,masak saya harus membawa 30jt dg uang pecahan seperti itu. saya lantas ngotot minta pecahan 100 rb. eh saya malah dimarahi oleh pegawai lelaki botak, hitam dan jelek, yg menyembunyikan IDcardnya ” Untuk apa ibu perlu 100rbuan, yg pentingkan uang!!!”
    saya ga mau kalah ” Hey kamu, tunjukkan ID kamu”
    dia lalu makin marah ” saya ini singa disini ya bu,lagian apa pentingnya ID saya utnuk Ibu, eh EVa, udah deh kamu ambil 100ribuan diatas” katanya sambil bersungut2..
    tak lama kemudian uang saya pun diberi.

    si teller jelek berkata2 ntah apa pada saya, saya sudah malas bin dongkol,,lantas keluar dari bank tersebut, dan pindah saat itu juga ke bank Da****mon.

    Dan saya malah bersyukur, karena disana saya mendapat 1 paket lock n lock dan yg menyenangkan tidak ada potongan apapun tiap bulan, dan bebas tarik tunai kemana ajah,,,

  112. pengalaman saya bank syariah yang bagus adalah Bank Syariah Bukopin, gak ribet, bebas biaya administrasi bulanan, pernah pasif 2 tahun saya kira udah hangus ternyata masih aktif dan saldo tetap tidak ada potongan

  113. SAYA JUGA SENASIB, PADAHAL DARI ACEH TIMUR MENUJU BANDA ACEH ITU MEMBUTUHKAN WAKTU TEMPU 7 JAM PERJALANAN, KARENA BANYAK BIAYA YANG SAYA BUTUH JADINYA SAYA TIDAK BAWA UANG CASH, HANYA BAWA ATM, TERNYATA SAAT SAYA DI BANDA ACEH SAYA TIDAK BISA MELKUKAN TRANSAKSI DENGAN ATM SAYA, AKHIRNYA UNTUK MEMBELI MAKANAN SELAMA SAYA DISINI PUN SUSAH, SAYA SUDAH KUNJUNGI CUSTUMER DI BANDA ACEH TETAPI HASILNYA TETAP SAMA, SAYA TETAP BELUM BISA MNGGUNAKAN ATM SEPERTI LAYAKNYA NASABAH DI BANK LAINNYA

  114. buat anggara : kalo yg namanya narik tunai lewat bank itu memang harus pakai buku bro tak terkecuali bank manapun dan dlm jumlah brp pun..

    terkecuali ente nabung gk pke buku tab itu baru bisa, klo penarikan ATM BSM bisa di lakukan di seluruh ATM prima/bersama lebih2 ATM mandiri..

    klo ente pindah ke bank yg bukan syariah ato k’bank konvensional yg brdasarkan bunga (RIBA) sgt di sygkan coz ente sdh berada di pilihan yg tepat memilih penyimpan dana berdasarkan bagi hasil ato syariah, dgn lebih tepatnya brdasarkan prinsip mudharabah..lebih2 BSM adlah bank dgn nilai aset paling besar di indonesia di bandingkan dgn bank syariah yg lain..

  115. gak ada mslah kok.
    mgkin kamu ga mau pake ATM bersama,
    krn ada sedikit pemotongan….
    justru mandiri syariah lebih mantap,bs tranfer ke Bank mana pun,tdk hanya sesama mandiri syariah doank.
    thanks

  116. Saya pakai muamalat hampir semua lancar, tarik tunai di ATM manapun (jaringan ATM bersama ) dan ATM BCA tidak dikenakan biaya.

    sampai sejauh ini belum pernah ada kendala.. alhamdulilah…

  117. saya setuju dgn sistem sprt itu, lebih aman untuk Mandiri, kenapa? krn asal tahu saja sy baru saja kebobolan 15jt lebih, krn ATM saya hilang ,sy pakai mandiri konvensional
    dan bagi kartu2 ATM berlogo visa, itu bisa dipkai belanja hanya dgn TTD saja tanpa PIN
    jd pencuri cukup menirukan TTD di ATM atau pemilik toko sudah berkomplot shg TTD tdk diperiksa, dan tabungan langsung di DEBIT, tabungan pun terkuras

    sangat bodoh system perbankan, yg memperbolehkan belanja debit tidak pakai PIN

  118. Kalo pake KARTU ATM MANDIRI ngambil uang sekitar 4 juta di ATM BNI dikenakan biaya berapa ya??? plisss

    Bodo bener mata gw gak perhatian asal coblos kartu, masukin pin, terus ambil duit. pas udah keluar duitnya baru sadar gw berdiri didepan ATM BNI yg bersebelahan sama atm mandiri!!

    Berapa ya biaya yg diambil bank kalo ngambil duit kayak gitu? pls kasi tau.

  119. aq brusan narik tunai dari BSM di atm mandiri kena potongan 50.000. ktanya gratis…… kok malah 50.000………
    awalnya sih coba2… beneran gratis pa gk…. eh.. malah potongan 50.000……..

    • 50.000 itu bukan biaya tarik tunai mandiri. tp saldo minimum bank yg tdk terlihat di atm, kalau print buku br terlihat semua saldonya. tarik tunai di atm mandiri grtis, saldo di atm adalah saldo yang bs ditarik aja (seluruh sldo dikurangi saldo minimum dikrangi saldo blokir jika ada blokiran (biasanya blokiran pibjaman bank))

  120. BSM sejak bulan februari ini saya coba print buku, gagal terus! Mau tarik tunai, ga bisa! Lewat ATM, ga bisa! ATM bersama: gagal! Hadoh buat apa nabung di situ, ternyata uang saya sendiri ga bisa diabil! Aku bener2 sebel.

  121. maaf nich sebelumnya,saya dah 4th memakai atm bsm,awalnya mmg baik2 ja,tapi setelah tahun berlalu masalah sering terjadi,dr transaksi sering traubel,transper lama sampenya,yg sering itu klo saya ambil diatm yg lain seringnya uang ketilep dan saya harus urus kemagelang kebetulan saya ada dikutoarjo dan itu jauh bgt karna mmg fasilitas atm bsm gak da didaerah saya,dan saya hrus memberikan laporan tertulis lgi ccapekk bgt,ni sekarang atm gak bisa buat transaksi,sedangkan memakai atm itu untuk memudahkan,malah smkin buat saya kesal,terus terang saja saya mau ganti atm ja karna mmg bsm bikin kesel trus,saya gak akan pke lgi

  122. anak kecil juga tau… orang gila juga tau ..namanya narik uang ke teller musti pake buku tabungan kalau mau buat peraturan sendiri mending loe buka bank sendiri aja

  123. Pro Dan Kontra Pasti ada.. Dan inti nya BSM sendiri harus terus meningkatkan kualitas dari Produk dan Karyawannya dalam pelayanan nasabah… jangan sampai gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga… kan inti dari kekesalan dari Bung anggara tadi.cuma dari omongan “”Maaf saya tidak bisa membantu Anda””yang pada intinya anak usaha dari bank pemerintah harus memperbaiki kinerja SDM nya yang baru seumur jagung…

  124. maaf mas, ikut ngomentarin!

    kalau menurut saya, sepertinya anda kurang fleksibel menanggapi masalah ini, dalam kasus tertentu memang terkadang ada masalah sulit yang dihadapi atm bank..bukan bsm doank, bni, bri, bca itu jg sma smua. umumnya trouble seperti ini dihadapi di daerah yang masih minim fasilitas!!
    kalau menurut saya, ucapan pihak bsm seperti itu untuk menjaga keamanan uang nasabah. wajar aja kalau orang mau narik uang lewat bank dipinta dulu kartu banknya, itu kan buat validasi ini yang punya tabungan bener orangnya atau bukan? kalau ternyata yang ngasih atmnya itu ternyata maling/copet yg mau narik lewat kartu atm gimana??
    menurut hemat saya, sebaiknya dipikir dengan hati tenang dan jernih, jangan terbawa arus esmosi dan egois pribadi!!

    sekian, mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang pas.

  125. dasar bego’ nih orang…kalo ambil uang ke teller harus bawa buku om……………, kalo ke ATM bawa kartu, kalo mau ambil uang di brangkas pake PALU…., blajar yg banyak yaaa tentang perbankkan d indonesia biar tambah pinter g asal njeplak…..

  126. Harus diakui bahwa BSM lambat dalam pelayanan. Mungkin bahasa tepatnya, “terlalu hati-hati”. Di satu sisi itu bagus. Di sisi lain, nasabah tampak seperti maling yang harus menunggu verifikasi kelas tinggi. Menunggu, celingukan dan sepertinya, aku ini memang layak tidak dipercaya. Sumpah ini terjadi pada diri saya sendiri, meski mbak Teller nya udah sering ketemu karena saya rajin berkunjung.
    “Keimanan” ini ternyata memiliki kompensasinya sendiri, yaitu dilayani buruk.
    Ketika saya mengeluhkan masalah ini ke CS-nya. Alih-alih ucapan maaf dan akan memperbaiki pelayanan, malah membela diri.
    Belum selesai dia “berceramah”, saya minta diri. Banyak kerjaan yang lebih penting dari sekedar mendengarkan “rintihan”.
    Tidak selayaknya sebuah bank syariah menjual keimanan an sich. Sebab biar bagaimanapun bank adalah lembaga bisnis, bukan panitia zakat di mana penerimanya rela berdesak-desakan dan harus rela menerima kondisi itu.
    Alih-alih membela diri, Bank Syariah -secara umum- sudah selayaknya lebih efisien dan efektif.
    Tidak efisien dan tidak efektif. Ini memang kendala bank syariah secara umum. Ini bukan kalimat saya lho. Tetapi kalimat pimpinan BSM cabang pembantu, bahkan menjadi tesisnya untuk meraih S2-nya.
    Yang saya maksud dengan tidak efisien dan dan tidak efektif itu tentunya dibandingkan bank-bank lain, khususnya konvensional. Bukan dibandingkan dengan administrasi kelurahan dan kecamatan.
    Kalau membandingkannya dengan 2 lembaga itu, tentu saja BSM lebih baik. Meski keduanya sama-sama plat merah.
    Jadi, perbandingan yang saya maksud adalah perbandingan dengan bank yang sekelasnya.

    Saya tahu di atas sana ada orang penting BSM yang ikut berkomentar, sayangnya, seperti biasanya. Alih-alih memohon maaf dan memperbaiki layanan betulan, malah bicara tentang buruknya sistem bunga plus “maklumlah” ini khan bank baru sedang dalam perkembangannya.

    Dalam nyaris keputus-asaan, saya cuma bisa bilang, inilah harga “keimanan”, sementara mereka tersenyum karena berhasil mempermainkan “keimanan” itu. Capek deh.

    • pengalaman saya : Di Bank Mandiri (konvensional) juga begitu. untuk tarik uang dari buku sendiri harus dikonfirmasi dulu ke cabang tempat buka tabungan)dan menghabiskan waktu yang lama. jadi malu sama nasabah lain dikiranya mau nipu/kriminal. sungguh terlalu Bank Mandiri.

  127. di BSM memang ada kelebihan dan kekurangannya, saya hari minggu kemarin di transfer dari korea, di sana sudah ada pemberitahuan terkirimnya kalo uang sudah terkirim di no rekening saya tapi sampe hari jumat ini saya cek di teller dan atm kok saldonya tetap sama ya? bagaimna ya? saya baru kali ini menggunakan BSM utk menerima transfer dr luar negeri. biasanya kalo pake mandiri konvensional 3hari uang sudah sampe. mungkin dari teman2 ada tanggapan. terima kasih.

  128. saya baru saja buka tabungan di mandiri syariah yang saya pikir mudah dalam transaksi, kekurangannya setiap saya tarik tunai di ATM selain mandiri syariah (dengan ATM layanan Bersama)pasti dikenakan biaya padahal hanya sekadar liat informasi saldo termasuk diATM mandiri umum jg kena biaya, selain itu tarik tunai jg kena biaya. percuma dong nama syariah tp mungutin biaya terus….

    saya dlu menggunakan tabungan bank lain tidak dikenakan biaya apapun pd saat liat saldo dan tarik tunai malahan gratis. itu jg gratisnya lewat layanan ATM Bersama.. kenapa ya ini benar
    padah masalahal setiap bulan sudah kena biaya administrasi.

  129. ah saya nyaman2 saja tuh menggunakan bsm… untuk penarikan di teller memang seperti itu kan prosedurnya?? disemua bank juga sepeti *setahu saya*..
    Tarik tunai bsm melalui atm mandiri saya tidak pernah dikenakan biaya…. klo cuma mau ngecek saldo ya tinggal tarik 50rb aja di atm mandiri, ntr kan ada stuk tarik tunainya tuh.. ketahuan deh saldo kita berapa… lagian kan sekarang dah banyak fasilitas pendukung seperti mobile ma internet bankingnya.. jadi nyaman2 saja.. oh iya.. selama ini bagi hasilnya juga lumayan… hehehe… beberapa kali saldo saya hanya 2jt tapi bagi hasilnya dah bisa nutupin biaya bulanannya… hehehehe… maju terus deh BSM….

  130. Sama, gw buka rekening di bsm cab. Lambaro banda aceh, gila 1.5 jam gak selesai rekening saya, saya di biarin kek gitu aja, cs ntah kemana pergi nya, Ya Allah, kek gini pelayanan bank syariah yg selama ini menurut saya sangat bagus, dari jam 1 siang sampe jam 4, 2 nasabah gak selesai2, pdhl cuma pembukaan rekening, aneh kan, mending gw tutup walaupun usianya cuma 1 hari, bangsat lah, gw kayak gak di anggap sama sekali, gila memang,

  131. Hampir mirip nih kejadian ama saya di hari ini,Transfer dana dari BSM ke Rek Mandiri info dari teller yg ada di KCP hanya akan menunggu selama 3 jam..tetapi sampai Malam dana belum jg tersalurkan,saya sangat MALU sekali kepada orng yg bertransaksi dengan saya karena saya sdh menjanjikan sprti apa yg di katakan oleh teller Bank syariah mandiri..klo begini bukan ketenangan hati yg di dpt tapi GALAU berat,besok pagi NIAT SDH BULAT untuk CLOSE rek BSM karena ga membantu sama sekali klo di saat2 penting,fasilitas ATM..aduh2 msh payah jg..

  132. mas anggara… bukan cuman BSM aja yang mempunya peraturan klo ambil uang di Bank harus pakai buku tabungan, semua Bank juga punya aturan yang sama coba dech mas buka ke bank lain…. jadi ada studi bandingnya. bukan kesalahan BSM klo mas memang tidak membaa buku tabungannya.

  133. setau saya , seluruh bank tidak akan memperbolehka jika ada nasabah yang ingin menarik di counter teller tanpa membawa buku tabungan (hanya membawa atm saja)

    bagaimana kalo atm anda hilang dan kemudian diambil orang ? lalu orang tersebut mengambil uang anda dengan menjiplak tanda tangan anda dibelakang kartu ?} sudah sangat jelas merugikan anda sendiri
    peraturan itu sudah sangat jelas membantu nasabah toh ?

    • klo nabung butuh duit aja gan sama inget no rekeningnya itu aja. klo narik setau ane di BNI tetep bawa buku ditambah atm lagi soalnya ane nasabah BNI, kadang klo mau aman memang musti repot dikit

  134. Menurut sepengetahuan Ɣªήğ saya dapat, bukan cuma bank syariah mandiri Ɣªήğ memiliki peraturan demikian. Semua bank akan bertindak hal Ɣªήğ sama apabila seorang nasabah ingin mencairkan uangnya ð̀ĩ bank.
    Mereka akan meminta bukti kepemilikan rekening dengan menyertakan buku tabungan, hal ΐηΐ sebagai proteksi antara bank dan si pemohon tersebut.
    Bisa saja, si pemohon bukan pemilik rekening atau bukan seseorang Ɣªήğ diberikan kuasa untuk mencairkan tabungannya.

    Alangkah mudahnya, jika hal2 Ɣªήğ berkaitan ϑёϞƍąñ bank, anda tanyakan ke bank dimana anda terdaftar sebagai nasabah bank tersebut.

    Saya bukan merupakan salah satu karyawan bank, melainkan hanya seorang agent asuransi Manulife.

    Terima kasih.

  135. saya baru nsih jadi nasabah BSM tpi sampai skrg gk ada masalah, narik duit via ATM lancar-lncar aja, meski mang jarang saya tarik krna mang murni tujuannya tuk ditabung. klo yg di tarik2 duitnya yg di ATM BCA. mungkin yg mrsa susah jdi nasabah BSM mang lgi kurang beruntung aja :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s