Contoh Surat Kuasa


Dibawah ini adalah contoh surat kuasa yang bisa dimodifikasi sesuai keperluan, jika ada masukan dari anda saya akan sangat senang sekali dan berterima kasih. Semoga dapat membantu…

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : (isi nama anda)

Pekerjaan : (isi pekerjaan anda)

Alamat : (isi alamat anda)

Dalam hal ini memilih domisili hukum di kantor kuasa tersebut di bawah nii, menerangkan bahwa dengan ini meberi kuasa kepada :

(isi nama advokat)

Advokat/Asisten Advokat/Pembela Umum/Asisten Pembela Umum pada Kantor Hukum (isi nama kantor hukumnya) yang beralamat di (isi alamatnya) yang bertindak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama

KHUSUS

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan gugatan di (isi nama pengadilan) mengenai (isi dengan pokok masalah) terhadap Tn/Ny (isi nama pihak lain) pekerjaan, bertempat tinggal di

Untuk itu penerima kuasa diberi hak untuk menghadap di muka Pengadilan serta badan – badan kehakiman atau pembesar pembesar lainnya, mengajukan permohonan – permohonan yang perlu, menjalankan perbuatan-perbuatan, atau memberikan keterangan – keterangan yang menurut hukum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang kuasa, menerima dan menandatangani kuitansi – kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran dalam perkara ini, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan pemberi kuasa dan pada umumnya melakukan hal-hal yang dianggap perlu oleh penerima kuasa

Surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi

Jakarta,_________2007

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa

(______________) (_______________)

259 comments
  1. hafiz said:

    Hm,
    baru pertama kali datang be blog ini. Template surat kuasa ini kaya’nya bisa berguna. Buru2 tak save.

    Makasih🙂

    • WAH. keren banget!!!!!!!!!!!

  2. anggara said:

    @Hafiz

    semoga bermanfaat

  3. Terima kasih contoh surat kuasanya, Aku mau buat surat kuasa, nich.

  4. ivania said:

    terima kasih contoh surat kuarsanya

  5. @ ivania

    semoga bermanfaat

  6. betZy said:

    ok banget!!!!!
    sangat membantu aq ngerjain tugasq!!!
    sukses n’ God Bless

  7. Tita said:

    ak tita..
    kuliah di FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
    tolong donk.. aku ada tugas nih… buat contoh surat gugatan beserta balasan surat gugatan dari tergugat.. pliz.. tolongin donk…

    thx yha

  8. udhin said:

    tolongin aku donk ak punya tugas buat surat kuasa kasasi. pliz tolongin aku ya. ak tunggu ya

  9. anggara said:

    @udhin

    walah pak, ya tinggal diganti khususnya aja, dan tambahkan no perkara di PTnya, nggak rumit koq

  10. agung said:

    pak terima kasih untuk contoh suratnya…
    Mohon apakah ada contoh surat kuasa untuk kepentingan pengadilan hubungan industri, karena saya sedang mengajukan gugatan atas nama SErikat Buruh terhadap perusahaan akan tetapi surat kuasa itu untuk seseorang yang mewakili Serikat Buruh tersebut. Notes apakah boleh kuasa diberikan kepada seseorang yang tdk memiliki wewenang sbg kuasa hukum(pengacara)?

    Thanks

  11. anggara said:

    @ Agung

    Dalam UU PPHI kuasa hukum untuk serikat buruh tidak harus mempunyai ijin advokat

  12. saya ingin bantuan mendapat contoh surat kuasa dimana ingin memberi kuasa pada sahabat/keluarga diIndonesia menguruskan penjualan tanah saya di Indonesia kerana buat masa ini saya berada di USA
    Harap dapat contoh surat kuasa

  13. anggara said:

    @ iskandar

    Contoh ini bisa dipakai, hanya setelah kalimat khusus anda bisa menggantinya dengan kalimat yang anda anggap tepat pak

  14. Nopie said:

    wah..ada juga contoh surat kuasa. maksi y!
    Tapi butuh yang ada masalah PTUN nya giman dunk?

    • alfian suhu aceng said:

      lu cari sndiri donk ntu pan gw dh kasi satu contoh atau lu modifikasi ndiri aje yee

  15. Louis said:

    duh makasih banyak..
    saya jadi bisa suruh orang wakilin saya buat batalin SP

  16. anggara said:

    @ nopie

    ya tinggal diganti aja untuk beracara di PTUN

    @louis

    sama-sama

  17. fino said:

    ada g contoh surat gugatan PTUN….tnkx

  18. tiyok said:

    saya mau tolong klu bikin contoh surat perjanjian kerja gmn dong

  19. TRIMAKASIH ATAS CONTOH SURAT KUASANYA SOALNYA ADA TUGASKU KASIAN…..!!! MANA AKU CARI DI PERPUS GA ADA WAKTUKU…

  20. komarudin said:

    apakah istilah surat kuasa sudah tepat dalam penunjukkan seorang advokat/pengacara dalam perkara pidana?karena seorang advokat/pengacara dalam profesinya tidak bisa dikatakan bertindak dan atas nama kliennya..mohon pendapatnya….

  21. anggara said:

    @komarudin
    sudah tepat pak, seorang advokat yang memiliki kuasa dari kliennya dia bertindak untuk dan atas nama kliennya pak

  22. sura said:

    tolong dong contoh surat gugatan, trimakasih….

  23. sura said:

    tolong contoh surat gugatan

  24. ijul said:

    pak tolong contoh surat hibah donk

  25. anggara said:

    @sura dan ijul
    maaf saya saat ini tidak bisa membantu anda, kalau contoh gugatan anda bisa lihat contoh gugatan citizen law suit di blog ini

  26. arios said:

    tolong prosedur beracara PPHI

  27. anggara said:

    @arios
    nanti saya akan membuat postingan khusus soal prosedur beracara di PPHI pak, tunggu saja🙂

  28. g0ne said:

    Ada yang punya Contoh Surat Hibah ?
    Kasusnya : Tanah Ortu Mo di Hibahkan ke Anaknya….

  29. anggara said:

    @Gone
    waduh, saya nggak punya, minta buatkan saja ke notaris

  30. SEnja said:

    kepada kawan2 di bidang hukum Tolong donk bagaimana membuat surat keterangan untuk mahasiswa yang stop out sehingga dapat berguna bagi mhs ybs

  31. yurasi said:

    Buat all people that find this blog enjoy this. gunakan blog ini buat yang lagi butuh salam dari anak SMA N 1 BANGOREJO JAWA TIMUR.

  32. mecut said:

    makasi ya! jd bisa ngerjain tugas kuliah

  33. anggara said:

    @senja
    ya tinggal dibuat aja kan

    @yurasi
    thanks sudah berkunjung

    @mecut
    semoga berguna

  34. au said:

    makasih ya atas contoh suratnya.. btw kasih juga donk contoh MOU… gw bingung ni gmn bikinnya

  35. Grahat said:

    waooo . org dan ganti sekin.. sip sip.. semakin keren

  36. Grahat said:

    waduh maaf oot mas.. yang tadi dihapus aja ndak apa2. kebetulan banget pas perlu bikin surat kuasa, pas ada contohnya.. terimakasih terimakasih.. hehe mas sekalian ama contoh gugatan dkk dunk..

  37. anggara said:

    @au
    sabar yaaa, om anggara mau beli komputer dulu, baru bisa aplot macem-macem

    @grahat
    semoga bermanfaat

  38. irma said:

    thx bwt contoh surat kuasanya.
    kebetulan lagi ada tugas sekolah niii.

  39. anggara said:

    @irma
    semoga bermanfaat

    • panres said:

      tolong saya…..
      saya mau mengadopsi anak dari org di luar nikah,apa yg hrs saya lakukan dan bgmn dgn surat-suratnya….Terima kasih banyak atas bantuannya

  40. mu nanya surat kuasa untuk tingkat kasasi dan banding gmn? sama g sama surat kuasa biasa?

  41. anggara said:

    @desi
    prinsipnya sih sama

  42. iyen said:

    makacihhhhh yaaaaa
    aq jadi bisa buatkan surat kuasa nih, kebetulan mendadak.
    thanks

  43. anggara said:

    @iyen
    semoga berguna

    • susie said:

      q mo bikin.surat kuasa tuk ngambil data” diPT tolng bikinin contoh donx.tank’s

  44. mei HY said:

    tolong donk beri contoh surat somasi.

  45. anggara said:

    mei
    wah, ya buat saja. itu kan hanya surat peringatan, nggak ada model khususnya koq

  46. lilla shascia said:

    wahaaa ..
    gw jdi gampang bkin tugas skolaah .
    haha

    tpi ada tugas lagi nih , disuruh buat contoh akte jual beli . gmna caranya yia ??

    buat jgaa doun .

    hhe

    makasiii .
    *lilla.laff

  47. anggara said:

    @lilla
    buat saja langsung😀

  48. so said:

    good… bantu gw bgt! thx berat ya…

  49. anggara said:

    @so
    sama-sama

  50. ruli said:

    Terima kasih atas kunjungannya di websiteku, mudah-mudahan dapat berbagi info dalam berbagai hal.

  51. anggara said:

    @ruli
    terima kasih atas kunjungannya

  52. ias said:

    makasih ni udah ada contoh surat kuasa, gugatan..
    tapi kalau bisa tampilin contoh surat deplik duplik, eksepsi dong..bnuat ujian haper…tolloong bantuannya yah bang…

  53. anggara said:

    @ias
    mahasiswa koq males banget sih🙂

  54. ias said:

    doain deh ni…selasa ujian haper…makasih juga buat gugatan classs actionnya.
    semua bahan dah dilahap tadi siang…tinggal implementasinya aja besok…

  55. anggara said:

    @ias
    semoga sukses yaa

  56. sudiarto said:

    bagaimana membuat surat kuasa;aku ingin membuat surat kuasa tentang.pengambilan bpkb motor.supaya orang yang saya suruh bisa mengambilnya

  57. ika said:

    ada contoh surat kuasa (power of attorney) yang bahasa inggris, pak?
    pelimpahan wewenang dari badan hukum ke badan hukum lain
    thanks

  58. anggara said:

    @sudiarto
    prinsipnya sama, tinggal ganti di bagian setelah khusus, keperluannya untuk apa

    @ika
    duh sayang saya nggak punya kalau dalam bahasa Inggeris

  59. vendy said:

    thx banget contoh surat kuasanya.saya sangat terbantu.

  60. anggara said:

    @vendy
    sama-sama

  61. Sangat bermanfaat buat aku yang jurusan hukum🙂

  62. anggara said:

    @kerja mandiri
    semoga berguna

  63. HolyCat said:

    Nggak kepikiran deh kalo bisa bikin surat kuasa sesingkat ini,,
    Jadi gak usah pake gaya lama yang kalimatnya panjang berbelit-belit sampai bisa bikin satu paragraf sendiri he5x,,orang awam juga kalo baca nggak ngerti maksudnya apa,, Nice job pak Anggara,,

  64. anggara said:

    @holycat
    semoga membantu

  65. Susah Heruanto Susilo said:

    Pak, saya minta contoh surat somasi dong, soalnya baru2 ini saya ditipu sama kartu kredit, apa buat surat sanggahan dahulu atau langsung surat somasI???
    Thx

  66. anggara said:

    @susah
    nggak ada contohnya pak, silahkan buat saja, yang penting ada kronologisnya

  67. R-ONE said:

    surat kuasa khusus sm ga dgn surat kuasa biasa??
    tolong berikan contoh surat kuasa khusus dong! dlm perkara PTUN!
    thank’s ya,,,menunggu balasan!!!

  68. anggara said:

    @r-one
    surat kuasa khusus untuk ke PTUN ya tinggal ganti kekhususannya kan

  69. Eka said:

    wah…makasih banyak yah…aku memang mau membuat surat kuasa tapi bingung formatnya…🙂

  70. el said:

    aduh..makasi banyak yah..
    aku emang lagi ngerjain tugas bikin surat kuasa ney,,,
    eh dapet yang simple,,makasiy bgt,,
    tar di ubah2 dikit gapapa kan….

  71. wira said:

    halo pak sy mau tanya..kalau surat kuasa untuk pengalihan hak kios kepada dari pihak pertama ke pihak kedua..gmana lagi ni modelnya pak ?
    trus apa perlu di legas di kantor notaris or advocat lainnya atau hanya dengan materai ?
    terima kasih…wasalam…wira

  72. anggara said:

    @eka
    semoga berguna

    @el
    semoga berguna

    @wira
    sama saja modelnya dan nggak perlu leges

  73. wira said:

    ok..deh terima kasih banyak……atas bantuannya…thx peace

  74. Ajie said:

    Makasih bos suratnya…..

  75. anggara said:

    @ajie
    semoga berguna

  76. Drs. Zul Ari said:

    Yth. Mas Anggara
    di Tempat

    Mohon bantuan draft surat kuasa substitusi, saya PNS yang menerima kuasa mengurus ganti rugi lahan warga yang telah menggarap kebun sejak tahun 1968 namun sampai saat ini belum diganti rugi, ironis nya walau sudah ada pengakuan lisan dan tertulis mengenai hak warga yang dibuat oleh otorita tahun 2005, lahan warga tsb telah dialokasikan kepada pihak ketiga tanpa penyelesaian ganti rugi.

    kalau Mas Anggara tidak keberatan kita dapat berdisikusi melalui emai. Tq

    Hormat saya
    Drs. Zul Arif
    Email : joe_iip33@yahoo.com
    Hp. 0811 7001777
    Telp. 0778 – 7042009

  77. anggara said:

    @zul
    sebenarnya tinggal diubah saja pak, judulnya bukan surat kuasa khusus, tapi surat kuasa substitusi dan dibawahnya ada keterangan tentang surat kuasa awalnya

  78. Drs. Zul Ari said:

    Ok, tq Mas Anggara,

    By the way tinggal dimana, kalo ke Batam jangan lupa hubungi saya, mudah2an bisa copy darat.

    Zul Arif

  79. R-ONE said:

    Tolong berikan format pengantar gugatan dong
    kalau bs kirim ke e-mail aja ya,,,
    Thank’ so much,,,

  80. anggara said:

    @zul
    sama-sama pak

    @r-one
    memangnya ada yaa format format pengantar gugatan?

  81. krypto said:

    wuih… keren… secara gw orang awam… hehehhe… tengkyu be…

  82. @krypto
    silahkan dinikmati

  83. Febri said:

    Pak anggara saya bermaksud membeli sebidang tanah yang mana legalitas tanah tersebut masih SKT, akan tetapi pemilik tanah (yang nama nya tercantum dalam SKT) tersebut telah meninggal dunia bagaimana cara saya membuat surat jual beli tanah yang hendak saya beli tersebut dan apa saja yang harus saya persiapkan untuk dapat membuat sertifikat.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak.

  84. anggara said:

    @febri
    SKT itu apa ya pak, coba kontak notaris terdekat atau anda bisa kunjungi http://irmadevita.com

  85. Wahyu said:

    Terima kasih mas angga, saya seorang mahasiswa huku yang sedang belajar bagaimana cara membuat surat kuasa dan gugatan.. sangat bermanfaat.

  86. anggara said:

    @wahyu
    sama-sama

  87. Sharman said:

    Mas Anggara, ibu saya mau menjual tanahnya, namun ada saudara (pihak kedua)yang mau membantu untuk memasarkan, dan dia minta surat kuasa dari ibu saya. Cakupannya apa saja ya Mas. Terimakasih B4.

  88. devi said:

    Hai, salam kenal! Thanks for providing “power of attorney”. Btw itu terjemahan surat kuasa dlm bahasa hukum ya? U’ve been very generous by being a free online lawyer or law consultant. Keep up the good work!

  89. anggara said:

    @sharman
    cakupannya ya untuk masalah memasarkan tanahnya saja, tapi sebetulnya bisa juga ditambah dengan perjanjian

    @devi
    betul sekali terjemahannya, terima kasih

  90. Sharman said:

    Mas Anggara berkeberatan tidak, jika saya minta contoh suratnya (konsepnya)seperti apa? Terimakasih.

  91. anggara said:

    @sharman
    sebenarnya sama dengan yang diatas, cuma khususnya saja yang diganti

  92. Akwan said:

    Pak tolong berikan contoh Surat Kuasa untuk menjual rumah.

  93. anggara said:

    @akwan
    tinggal diganti saja khususnya pak

  94. Dewi said:

    thanks ya mas Angga atas surat kuasanya..

  95. anggara said:

    @dewi
    semoga berguna

  96. santosa21 said:

    Dengan Hormat,
    Bersama ini saya sangat mengharapkan banyak dan terimakasih agar kiranya Bung anggara dapat meng EMAIL kan kepada saya SATU CONTOH GUGATAN PHI (yang dapat diterima pada Pengadilan Hubungan Industrial = tidak kabur gugatannya . Terima kasih Bung anggara atas kerjasamanya dan saya tunggu dan minta tolong kirimannya

    NB. email : hludwich@yahoo.co.id

  97. anggara said:

    @santosa21
    sebenarnya tinggal diubah saja, dan jangan ada salah ketik serta ada no gugatannya

  98. nursal said:

    aku baru masuk blok nya anggara
    aku salut sama blog anda
    semoga sucses

  99. anggara said:

    @nursal
    terima kasih

  100. red_tyo said:

    kebetulan saya lagi mencari contoh2 untuk membuat surat kuasa. trims untuk share nya…salam

  101. seshi said:

    apakah surat kuasa untuk menjual tanah masih diperbolehkan untuk dibuat pada saat ini berdasarkan hukum yang berlaku. Hal2 apa yg diperlukan utk menguatkan surat kuasa tsbt?.Adakah pasal2 dlm uu yg mengatur ttg hal tsbt?. Terima kasih sblmnya atas infonya.

  102. Yogi said:

    Mas Anggara salam kenal, nama saya yogi.
    Hari ini saya pertama kali melihat Blog mas, ini sangat membantu saya. Adapun yang ingin saya tanyakan sama Mas Anggara bagaimana cara membuat surat kuasa, yang isinya tentang surat kuasa untuk menagi hutang kepada seseorang.
    Berhubung saya tinggal di Negeri rantau, saya ingin memberi kuasa ke A untuk mengambil uang ke B. sebelumnya terima kasih semoga dapat membantu.

  103. adley said:

    salam kenal mas anggara,
    mohon bantuannya, saya mu tanyakan apakah boleh menggunakan surat kuasa untuk mewakilkan penandatanganan sp3k (surat persetujuan kredit untuk kpr).
    terimakasih

  104. Dharma said:

    mas mau tny niE..
    yang bnr yg mana seh antara pemakaian huruf besar n kecil dalam nama, pekerjaan n alamat pa harus huruf kcl atw bsr?? truss tuk tanda tangannya pa harus kena materai semua baik tuk Penerima Kuasa n Pemberi Kuasa atw hny pemberi kuasa?? cz ada ahli hukum berpendapat begitu cz harus sesuai dgn EYD. thanx ya mAs..

  105. JONESTON said:

    TRIMAKASIH ATAS CONTOH SURAT KUASANYA SOALNYA ADA TUGASKU KASIAN…..!!! MANA AKU CARI DI PERPUS GA ADA WAKTUKU…

  106. arif said:

    punten mas, mau tanya sedikit.

    apa sih bedanya surat kuasa khusus dengan surat kuasa biasa. dan kasus apa saja yang diperbolehkan kita menjadi kuasa tanpa punya ijin advokat baik di pengadilan maupun intansi lainnya.

    regard,arif

  107. Yulis G. A. Thesia said:

    Salam pak, saya ingin bertanya.
    1)Dalam membuat surat kuasa khusus apakah diwajibkan mencantumkan ID Advokat?
    2) Bagaimana bentuk surat gugatan dan surat kuasa khusus dalam PHI?
    3) Bagaimana bentuk akta penyelesaian melalui mediasi?

  108. mieya said:

    saya dari malaysia,kurang faham. kalau ada surat kuasa ini dalam bahasa malaysia sangat bagus.

  109. arofah said:

    comment pertama mengunjungi blog ini, very well, sangat bagus & bermanfaat (bisa dpt yg qt butuhkan). Apalagi klo Pak Anggara rajin membuka dan membalas comment, jadi ada komunikasi 2 arah.
    Thank’s Pak….
    Btw Pak Anggara klo boleh tahu sebagai praktisi hukum atau akademisi?

    • anggara said:

      @arofah
      saya juga maunya seperti itu, namun kesempatan saya untuk membalas, sungguh teramat sedikit. Terserah anda mau menggolongkan saya kemana🙂

  110. leli said:

    tolong kirimkan contoh MOU kerjasama dengan distributor untuk produk cat Decorative donk, lengkap dengan pasal – pasalnya ya….(TOP, Retur, Pengiriman barang, dll) kirim ke email laeli8211@xxx.co.id

  111. pinangsia said:

    Terimakasih Pak. Saya sales yg sedang terbelit oleh costumer yg ngak bayar.

  112. inmyhand said:

    masih nih…soalnya gi butuh banget

  113. erensdh said:

    Contoh surat-surat yang lainnya juga mas, biar kita-kita juga tau, boleh ya?

    • anggara said:

      @erensdh
      ada koq beberapa contoh

  114. ibrori said:

    Klo surat hibah tanpa dibuat dg notaris apakah bisa memiliki kekuatan hukum pak ?

    • darwis said:

      pada dasarnya surat/akta yang dibuat oleh notaris dengan yang dibuat oleh para pihak adalah berbeda namun memiliki kekuatan hukum yang sama sepanjang ditandatangani oleh para pihak dan didasarkan pada itikad bae.

  115. Endang Saepulloh said:

    Bagus, contoh surat kuasanya.
    Mas, gimana yang baik surat kuasa dalam hal PERINTAH Mencari Tempat/Tanah/Rumah dll.
    dan Kuasa Mengeluarkan/Menjual, Barang(Tanah/Rumah dll.

    Makasih atas bantuanya.

  116. Ywib said:

    Makasih om.. sangat membantu. Daripada susah-susah ngarang, ya nyontek aja ah.

  117. Thanks atas contoh S.Kuasanya, jadi sy bisa buat yg lebih berkualitas

  118. Yuga Pratomo said:

    maav kaka2 mengganggu… saya mau tanya nihh.. untuk tugas kuliah… apa bisa surat kuasa banding di buat tanpa penasahat hukum??? kalau bisa di limpahkan kepada siapa??? thx..

  119. mizan said:

    thank n, surat kuasanya pnting buat PLKH………..hidup hukum indonesia

  120. andre said:

    surat kuasa yang berbahasa inggris dan surat kuasa yang berazaskan hukum islam

  121. lutfhi said:

    alus kembangkeun teras kreativitas na!

  122. Benny Harkamto said:

    Pak Anggara,
    Keluarga kami sdg mencari contoh format surat hibah rumah, mohon bantuan kemana format dasarnya. Terima kasih.

    • anggara said:

      @benny
      saran saya, silahkan membuat di kantor notaris terdekat untuk surat hibahnya

  123. lita said:

    maqacie yh bank .
    cth surat gugatan cerai sm surat kuasa nya bguna bgt wt tha , jdna tha bs ngjain tgz hkm acr pradilan agama .

  124. paijos said:

    wah, pas lagi butuh nih. ee..ketemunya disini. makasih ya dan salam kenal.
    Go ahead Indonesia !!

  125. ricky said:

    asoi bangettt,..ad tuh manfaatnya,..makasihh

  126. usman said:

    wah,,kok gkda contoh surat omasi jual beli y?
    soalnya baru2 ni aya kena tipu jual bli motor, uangnya dah masuk mtornya gkda?

    • anggara said:

      @usman
      saya turut prihatin atas kasus yang menimpa anda

  127. Echy said:

    makasih ya untuk contoh surat kuasanya… pas banget gi urgent neh.

    • anggara said:

      @echy
      sama-sama

  128. hansetyo said:

    saya minta contoh surat kuasa menjual tanah girik,trims

    • anggara said:

      @hansetyo
      mohon maaf tiada bisa membantu

  129. surya hadi s said:

    bisa olong buatin contoh kontrk kerjasama distributor oli
    thanks for your support
    best regard,
    surya

    • @surya
      mohon maaf tidak bisa membantu

  130. anastasia said:

    pak.. ada contoh pencabutan surat kuasa tidak???
    terima kasih yah ^^

    • @anastasia
      buat saja pencabutan kuasa, tidak ada formatnya, namun jangan lupa penuhi kewajibannya terlebih dahulu

  131. andreterry said:

    kapret ah

  132. Rohan said:

    tolong dong cariin contoh SURAT KUASA PENGALIHAN HAK TANAH DARI ANAK KE IBU KANDUNG. aku udah coba cari tapi gak dapat. Tolong yah …..

    • anggara said:

      @rohan
      mohon maaf saya tidak bisa membantu

  133. aris said:

    Mas anggara…… Semangat!!!!!!!!!

    • anggara said:

      @aris
      terima kasih

  134. oebhoe said:

    saya ada tugas buat surat kuasa, batas kumpulnya besok, bingung mo cari dimana… Alhambra dapet………………………………………………………………

    • anggara said:

      @oebhoe
      semoga membantu

  135. Tika said:

    Pak, apakah contoh surat kuasa ini dapat digunakan dalam hal pemberian kuasa oleh penggugat kepada kepada pengacara untuk membuat surat gugatan Perbuatan Melawan Hukum

    • anggara said:

      @tika
      bisa

  136. hesti said:

    makacih ya mas atas contoh surat kuasanya….
    jadi aku bisa mengerjakan tugas

    • anggara said:

      @hesti
      sama-sama

  137. hima said:

    ada contoh surat kuasa 2 kali bertingkat, yang pemberian kuasa dari pemberi kuasa I ke penerima kuasa (I), lalu pemberi kuasa (penerima kuasa I) ke penerima kuasa (II). dan keabsahannnya sama gak ?? minta jwbn cpt yach..

    • anggara said:

      @hima
      istilah bertingkat itu tidak ada yang ada kuasa substitusi dan hanya untuk waktu tertentu saja

  138. isya said:

    tolong dong bantu klo surat kuasa tuk pengambilan paspor formatnya kya gmn thx.kirim ke email aja.secepatnya ya.

    • anggara said:

      @isya
      sama aja koq, tinggal ganti – ganti sedikit

  139. dian said:

    Bagi yang mempunyai contoh akte jual beli mesin printing, tolong kirimkan ke email saya. saya bekerja di perusahaan korea yg bergerak di bidang printing.

    • anggara said:

      @dian
      semoga ada yang membantu yaa

  140. rizkaa said:

    waaaaahhhhh . thankz yaa buat contoh surat kuasaanya . sangat membantu ak pas mau buat surat kuasa buat nitip KRS d kampuusss . mkcccccccciiiiiiii yaaaa !

    • anggara said:

      @rizkaa
      semoga berguna

  141. LANNI said:

    Wah, kebetulan bgt nich aku buka internet mo cari contoh surat kuasa. Tq yach

    • anggara said:

      @lanni
      semoga berguna

  142. teddi said:

    oya, satu hal yang harus di perhatikn yaitu…

    no surat kuasa na…

    • anggara said:

      @teddi
      surat kuasa tidak perlu diberi nomor

  143. riana said:

    ehmmm……
    maksih Om, surat kuasanya usefull bged…

    • anggara said:

      @riana
      sama-sama

  144. Tony said:

    cara bikin surat pindah tangan gimana ya…
    kasus ada yg berhutang ga bisa bayar mo tarik surat tanah nya..
    thank’s

  145. deazy said:

    tq surat kuasa’na ea!!!!!

  146. tata said:

    waa makasih yah,, berguna banget buat tugas.. hahaha

  147. angga purana said:

    Permasalahan yang timbul akibat surat kuasa…. apa ja ya ???

  148. Ashley said:

    mau tanya dunk..gw dikasih pr sama guru..gw disuruh nyari apa definisi dari surat kuasa dan contoh surat kuasa..tolong bantuin dunk..hari senin pr nya uda mau dikumpul dan pr nya baru dikasih tadi pagi..plizz…

  149. Ashley said:

    om anggara..bantu aq dunk..plizz..soalnya kalo gak siap ntar jadinya -5..

  150. Ashley said:

    apaan sih itu advokat??gak ngerti..bisa tolong gak tuh surat diisi dan dikirim ke email aku…terserah deh mau ngisi apa..soalnya aku bener2 gak ngerti tentang surat kuasa..blank..

  151. desflora said:

    makasih ya, aku dah bisa ngerjain tugasku dengan baik….

  152. debie wicaksonp said:

    lumayan….lah….klo bisa dikongkritkan…..menjadi 3 substansi perdata …..yaitu PMH,perkawinan n peralihan/jual beli ….gan

  153. har said:

    Mas, saya mau tanya tentang tata cara pembuatan surat Hibah.
    1. Apakah surat hibah sebelum dibawa ke Notaris, harus di buat oleh si pemberi hibah(ortu saya) dan di tanda tangai oleh RT, RW dan Kelurahan?
    2. Apakah bisa saya sebagai anak, tidak ikut menanda tangani surat hibah yang di karenakan pekerjaan saya jauh di luar daerah?

    Terimakasih atas bantuan dan jawabannya.

    Har – Jakarta

  154. putri said:

    hai…
    q’ mwu
    tnxag niech…
    ad’ gga’ sieh
    cntoh srat cndta…
    wk.wk.wk.

  155. ani said:

    kredit saya mct.tlg dong bantu untuk buat surat permohonan untuk membayar tanpa harus dikenakan denda dan bunga.dalam arti pokoknya sj.gimana konsepnya

  156. rasnel maira said:

    gimana contoh surat kuasa

    family saya ada yg meninggal
    yg diduga akibat kelalaian aparat kepolisian???
    karena istri,anak,masih kecil,dan ibu dari korban,,,,,,!!!
    kurang mengerti masalah hukum,,,,,
    saya d beri wewenang mengusut kasus ini
    saya mohon contoh surat kuasa yg benar
    terima kasih

  157. Ario said:

    Mantap…..sangat membantu dalam mengerjakan tugas……..

  158. elang said:

    terimakasih mas anggara yang telah banyak menyumbangkan pengetahuan kepada saya.
    sekali lagi terimakasih

  159. hoiru said:

    bagaimana caranya membuat surat kuasa yang memberi kuasa kepada advokad untuk mengajukan surat gugatan ke pengadilan negeri tentang telah terjadinya wanpestasi surat perjanjian sewa menyewa?

    • anggara said:

      @hoiru
      ya tinggal diganti saja soal setelah khususnya

  160. frendi said:

    minta ijin copas pa, tks

  161. hendro said:

    bro anggara, keren gambar profile nya.
    Tan Malaka.
    salut bro sosialis bukan komunis.

  162. runi said:

    tulung dunkkkk tugas Q buat surat kuasa biasa
    balas sekarang yyy
    tuguin……..

  163. supri said:

    nice blog bro

  164. xxx said:

    nuhun kang…good luck-lah..

  165. moh tahrir said:

    bagaimana format surat kuasa yang pemberi kuasanya sampai 50 orang…?

    • anggara said:

      @tahrir
      ya tinggal ditaruh saja kan yang 50 orang itu🙂

  166. Thanks a lot Mas. Postingan lama yang bermanfaat, dan aku kebetulan blog walking

  167. terima kasih atas contoh surat kuasa’y . . . . bermanfaat🙂

  168. IYEN said:

    THank’s ya tas sUraT Kuasa ny, krn aku DAh bSA NYELESAi IN tugas Dr dosen.
    gbu

  169. ira said:

    thanks contoh surat kuasanya…

  170. bagus harmoko said:

    mas tolong bantu bikin surat kuasa pelimpahan saham dari pemegang saham ke pemegang saham lainya…
    tolong di e-mail ke aku ya
    makasih sebelumnya

    • nina said:

      Mas saya bisa juga dibantu dengan surat kuasa pelimpahan sahamnnya? Thanx sebelumnya.

  171. faRa said:

    Pak Anggara.
    Saya butuh Contoh surat perjanjian anak angkat.kerna tante saya mau mengambil anak saya sebagai anak angkat nya .. Untuk menghindar terjadi gugatan antara keluarga saya dengan keluarga tante saya makanya saya dan tante saya mau membuat surat perjanjian anak angkat agar tidak ada satupun keluarga saya yang bisa mengambil anak saya.

    tolong ya Pak Anggara,

    Regards.

    faRa

  172. nophy binsasi said:

    thanx banged yah…contoh surat kuasanya bermanfaat lhooooo

  173. Icha said:

    wah ssuai dg tgs.

  174. novi novi yanti said:

    mas bikinin contoh surat ijin beracara,dikirim sekarang juga bisa ga?

  175. revaldi said:

    thanks bro.,.,.,

  176. denar said:

    wah kebrtulan bgt da tugas buat surat kuasa

    thanks buat mas angga hehehehehe

  177. dani said:

    thanks banyak buat mas angga, dah bantu nambah referensi study gue nich… makin eksis aja ya….

  178. diku said:

    Terima kasih contoh surat kuasanya.
    Sangat berguna.

  179. septi said:

    makasih ya mas.. sangat berguna infonya.. mau tanya juga nih kalo cara membuat surat somasi bagaimana? terima kasih ya..

  180. yuli said:

    thx, dh bntu aq nylesain tgs2q dgn d’tmplin cntoh surat kuasa ini.

  181. hissolihin said:

    thank’s banget. dgn contoh surat ini tugas2ku dapat terbantu

  182. asdi said:

    sexsssssssssssssssssss..
    ooooooooyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeee
    asiiiiiiiiiiiiii

  183. syaiful said:

    tolong dong minta contoh untuk mengajukan surat gugatan ke PTUN… thanks bos.

    • anggara said:

      @syaiful
      Mohon maaf saya tiada bisa membantu🙂

  184. rara said:

    thank’s banget ya, contoh surat kuasanya. Sorry aq derek copy. Soale misua lagi ada tugas.

  185. poppy said:

    thanks bgt telah membantu,,

  186. afriadi said:

    pak bisa buat contoh surat kuasa khusus arbitrase

  187. HANIF said:

    Pak bisa buatin contoh surat kuasa PTUN beserta jawabannya?mksh

  188. anggara said:

    wah…aku minta tlg ni boz klo bs minta dong contoh surat delegasi gaji dari ybs ke rek ybs ato ke org lain, dari ybs ke org yg dikuasakan…
    sebelumnya mkasi banget atas bantuannya…
    semoga sukses.

  189. ugie said:

    mau minta contoh perjanjian KPR dong, ada ga?

  190. johan said:

    Yth Bpk Anggara Ditempat,
    Mohon bantuannya donk pak untuk kiranya dapat mengirimkan contoh kerjasama dgn produsen suatu produk tertentu..karena saya ada niat untuk menjadi distributor utama salah satu produk. Intinya sich saya ingin menjadi satu-satu nya atau distributor tunggal meraka. terima kasih.
    Best Regards
    Johan

  191. slamet said:

    terimakasih infonya

  192. wah,,bermanfaat sekali..terimakasih

  193. iwan said:

    bro good info surat kuasa juga disertakan saksi-saksi?

  194. arieff said:

    Terima kasih contoh surat kuasanya, Aku mau buat surat kuasa, nich.

  195. ijin untuk copy paste bang..

  196. ardhan said:

    gi pengen bikin neh saya, berguna banget jadinya tx gan

  197. dety said:

    ijin copas gan

  198. oky said:

    ada contoh surat buat permohonan dana ga ?

  199. ADY PURBA said:

    Bang, aku mw buat surat permohonan ke komnas ham atas kuasa hukum klien yg di maksud.
    apa saja kriterianya dan surat jika tindakan selanjutnya?
    thanks.

  200. darwis sitompul said:

    apakah surat kuasa dapat dicabut kembali oleh si pemberi kuasa/orang yang diberi kuasa dan bagaimana tata cara pencabutan kuasa tersebut??

  201. nofel said:

    hmm boleh nih di copas?🙂

  202. navys said:

    seep gan…………….

  203. akku said:

    maw tanya klo langkah – langkah menulis surat kuasa apa ?

    mohon bantuannya

  204. ulan said:

    tolong dong
    contoh permohonan arbitrase

  205. Maus said:

    Thank you for the contoh surat kuasa. I am sure that it will help a lot off peaple.

    Terima kasih.

  206. Rae said:

    minta tolong dong surat kuasa untuk debet uang dr bank (utk perusahaan) kyk gmn ya?

  207. Naa said:

    🙂

  208. ripina said:

    terima kasih atas infonya…

    saya mau tanya, biasanya untuk surat kuasa ada di minta di bubuhi materai 6 ribu. materai tu letaknya di mana ya?
    di bagian ttd penerima kuasa atau ttd pemberi kuasa?

    Tlong jwbannya bisa d kirim ke alamat email saya terima kasih…

  209. heru said:

    ee,makasi atas contoh yaa

  210. Prinsip-Prinsip belajar-mengajar klik link dibawah ini untuk membacanya……

  211. BOSIO said:

    Tq, ijin copas ya

  212. hudan linnas said:

    contoh surT KUASA YANG LENGKAP….

  213. Zahrah said:

    Siiip

  214. shanty olivia said:

    draft pencabutan surat blokir tanah ke badan pertanahan……….
    tolong pak contoh draftnya

  215. fredrik said:

    bisa tolong di email ke saya tidak om, contoh surat penunjukan pencarian barang kepada perorangan???

  216. taruna said:

    contoh surat hibah tanah dari pemilik perorangan di hibahkan kepada Instansi Dinas Pendidikan

  217. suwadi said:

    “terima kasih atas contoh surat kuasanya karena ini aku bisa nylesein tugas.

  218. suwadi said:

    “terima kasih atas contoh surat kuasanya karena ini aku bisa nylesein tugas”

    “semoga bermanfaat bagi kalian smua”

  219. mell_saja said:

    seorang perawat mungkin gak membutuhkan surat kuasa?????

  220. Gabriel Ndawa said:

    Trim’s atas informasi ini.
    Tuhan memberkati.

  221. Omer said:

    Thanks tuk informasinya Gan

  222. aly said:

    thaks ya atass info ini

  223. shanty said:

    tolong format ke gw surat kuasa untuk somasi dong……….. please……………… send by email ya brother

  224. tlg dong cr buat surat perintah bgmn in?.

  225. olengk said:

    wah kebetulan lagi nyari ne mas, thanks:D

  226. kris said:

    makasih gan contoh surat kuasanya

  227. *Apakah Surat kuasa hukum dari penggugat termasuk dalam lembar gugatan yang di sampaikan kepada para tergugat..
    **Kuasa hukum dapat bertindak atas kepentingan pemberi kuasa seperti ;
    Menanda tangani Gugatan,
    Pelaksanaan Eksekusi obyek senketa tanpa hadir pemohon,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 420 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: