Iklan

Melarang Opera Tan Malaka


Beberapa waktu lalu aparat keamanan melarang Opera Tan Malaka produksi Tempo TV ditayangkan di Batu TV dan KSTV Kediri. Penayangan tersebut merupakan rekaman Opera yang pentaskan di Jakarta.

Tak cukup jelas alasan kenapa mereka melarang tayangan tersebut, katanya ada bau – baru kiri. Menurut laporan Tempo, Komandan Kodim 0809 Kediri Letnan Kolonel Infanteri Bambang Sudarmanto mengatakan jika tayangan itu akan menimbulkan reaksi dari masyarakat dan kelompok agama. Salah satunya adalah kemunculan bendera Partai Komunis Indonesia pada salah satu adegan opera. Malah untuk isu pelarangan di Batu TV, Tempo melaporkan jika Kepala Kepolisian Resort Batu Ajun Komisaris Besar Gatot Sugeng Susanto menyangkal melarang penayangan opera Tan Malaka di Batu TV. Awalnya, petugas kepolisian mendengar informasi rencana penayangan opera Tan Malaka yang dianggap mengganggu ketertiban masyarakat. Selanjutnya, kepolisian menurunkan petugas mendatangi kantor Batu TV untuk menindaklanjuti informasi tersebut.

Lebih lanjut menurut Tempo, Gatot menjelaskan, aparat kepolisian akan mendalami isi tayangan tersebut. Kepolisian akan mengkaji seluruh materi siaran opera Tan Malaka tersebut. Selanjutnya, ia akan menilai dan mengeluarkan rekomendasi apakah tayangan tersebut layak dikonsumsi masyarakat luas atau tidak.

Hmm, saya heran, di masa seperti ini, kenapa masih ada aparat keamanan yang melarang suatu tayangan rekaman Opera apalagi Opera tersebut sudah pernah dipentaskan dengan respon yang cukup baik. Baik peristiwa yang terjadi di Kediri ataupun di Kota Batu tersebut adalah langkah intervensi yang tak patut dan tak layak dilakukan di era demokrasi seperti ini.

Berdasarkan UU Penyiaran, maka hanya KPI atau KPIDlah yang berwenang memeriksa isi tayangan dari program non berita dari sebuah stasiun TV dan dalam hal ini penilaian tentang penayangan Opera Tan Malaka hanya bisa dilakukan oleh KPI atau KPID setempat.

Belum lagi jika hanya persoalan kiri yang dirisaukan, seperti tak ada lagi persoalan yang lebih penting di negeri ini

Iklan
1 comment
  1. nice..
    sempatkan mengunjungi website kami
    sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: