Tentang Adopsi Anak WNI oleh Calon Orang Tua Angkat WNI


Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah

Bagi calon orang tua angkat

  1. Pengangkatan anak yang langsung dilakukan antara orang tua kandung dengan orang tua angkat diperbolehkan

  2. pengangkatan anak yang dilakukan oleh seorang yang tidak terikat perkawinan sah/belum minkah diperbolehkan

Bagi calon anak angkat

  1. Dalam hal calon anak angkat berada dalam asuhan suatu Yayasan Sosial harus dilampirkan surat ijin tertulis Menteri Sosial bahwa yayasan yang bersangkutan telah diijinkan bergerak di bidang kegiatan pengangkatan anak

  2. Calon anak angkat yang berada dalam asuhan yayasan sosial yang dimaksud di atas harus pula mempunyai ijin tertulis dari Menteri Sosila atau pejabat yang ditunjuk bahwa anak tersebut diijinkan untuk diserahkan sebagai anak angkat

Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah

Calon orang tua angkat

  1. berstatus kawin dan berumur minimal 25 tahun atau maksimum 45 tahun

  2. selisih umur antara calon orang tua angkat dengan anak angkat minimal 20 tahun

  3. pada saat mengajukan permohonan pengangkatan anak sekurang-kurangnya sudah kawin 5 tahun dengan mengutamakan yang keadaannya sebagai berikut:

    • tidak mungkin mempunyai anak (dibuktikan dengan surat keterangan dokter kebidanan/dokter ahli) atau;

    • belum mempunyai anak atau;

    • belum mempunyai anak kandung seorang atau;

    • mempunyai anak angkat seorang dan tidka mempunyai anak kandung

  4. dalam keadaan mampu ekonomi berdasarkan surat keterangan dari pejabat yang berwenang serendah-rendahnya Lurah/Kepala Desa setempat

  5. berkelakuan baik berdasarkan surat keterangan dari kepolisian negara Republik Indonesia; dalam keadaan sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan dari dokter pemerintah

  6. mengajukan pernyataan tertulis bahwa pengangkatan anak semata-mata untuk kepentingan kesejahteraan anak

II. Calon anak angkat berada dalam asuhan organisasi sosial

III. Laporan sosial

Laporan sosial dibuat oleh pekerja sosial atau pejabat yang ditunjuk dengan dibantu organisasi sosial, dengan lingkup cakupan meliputi:

Calon orang tua angkat

  1. Identitas

  2. Keadaan kesehatan jasmani, lingkungan, dan mental

  3. Keadaan keluarga

  4. Keadaan ekonomi keluarga

  5. Hubungan sosial

  6. Alasan dan tujuan pengangkatan anak

  7. Kesimpulan dan rekomendasi

Calon anak angkat

  1. Identitas

  2. Keadaan orang tua kandung/wali

  3. Keadaan kesehatan fisik/psikologis

  4. Riwayat sampai di organisasi sosial

  5. Pertumbuhan dan perkembangan selama di oragnisasi sosial

Khusus untuk permohonan pengangkatan anak WNI dengan calon orang tua angkat WNI yang tidak kawin dapat diberikan ijin khusus dari Menteri Sosial

85 comments
  1. putri said:

    hai My name its putri..
    I’m lookin for godparents..in united state
    please help me

    thx

    • Julya Turangan said:

      Hai Putri,
      Boleh saya tahu tentang kamu?apa benar kamu ingin diadopsi?orangtua kamu masih ada/tidak?kakak saya berminat untuk mengadopsi anak. Umur kamu berapa?dimana saya bisa menghubungi kamu?trimakasih saya tunggu jawabannya

    • moriz said:

      putri…call me plizz …ada kbr gembira buat kmu..

  2. agung maulana said:

    maksud saya mas anggara saya meminta bantuan langsung sama mas anggara barangkali mas anggara tau siapa orangtua atau pasangan sumi istri yg membutuhkan anak saya ingin memberikannya mohon bantuannya mas

  3. anggara said:

    @agung
    mohon maaf saya tidak bisa membantu

  4. jho said:

    Saya cari anak utk adopsi

  5. anggara said:

    @jho
    maaf sayta tidak bisa membantu

  6. fani said:

    saya mahasiswa hukum, sdg skripsi tentang adopsi..peraturan adopsi di Indo kan masi blm ada UU nya y,,pernah g y ada kasus dimana adopsi yg dilakukan dengan dasar hukum adat, diperkarakan di pengadilan?

  7. anggara said:

    @fani
    wah, saya nggak tahu tuh:)

  8. ayie said:

    Mau tanya, di sini disebutkan bahwa “Pengangkatan anak yang langsung dilakukan antara orang tua kandung dengan orang tua angkat diperbolehkan”. Tetapi mengapa tidak dijelaskan mengenai calon anak angkat yang tidak berada dalam asuhan organisasi sosial? Bagaimana cara mengadopsi anak yang tidak berada dalam asuhan organisasi sosial, dan bagaimana apabila atas calon anak angkat tersebut belum ada akte kelahirannya? Thanks.

  9. anggara said:

    @ayie
    dalam postingan di atas informasi yang anda minta ada koq

  10. diah said:

    Dear Mas Anggara
    Saya mau mengadopsi anak yang keadaan orang tuanya tidak mampu dalam segi ekonomi tapi saya binggung bagaimana mengurus surat adopsi dan surat akte kelahiran.
    Pls advise and thanka lot

  11. anggara said:

    @diah
    sebaiknya anda menggunakan jasa penasihat hukum, supaya tidak terlampau pusing dengan pengurusannya

  12. arin said:

    buat agung maulana….betul nih serius mau adopsikan anaknya…..
    kalau memang serius hubungi aku via mail karin2001arema@xxx.com
    trims….
    buat anggara……thanks atas media ini…nambah info n experience

  13. anggara said:

    @arin
    terima kasih kembali

  14. Boy Sitorus said:

    Dear bung Anggara,
    saya ingin menanyakan hal berkaitan dengan prosedur pengangkatan anak wni oleh orang tua angkat yang wni juga.
    kasus posisinya seperti ini, ada seorang anak perempuan saat ini berusia 8 thn (masih SD), dimana kedua orang tua kandungnya sudah tidak ada lagi/meninggal dunia, sejak kecil sianak diserahkan secara sukarela oleh kakek dan neneknya kandungnya kepada calon orang tua angkat nya (masih ada hubungan semenda) untuk diasuh, dirawat dan dibesarkan sebagai anak sendiri, dimana calon orang tua angkatnya berstatus janda (suami telah meninggal), pekerjaan pns, punya anak 1 dari perkawinan sah (masih SMP). dimana orang tua angkat ingin agar status anak yang telah diadopsinya tersebut dari kecil mendapat pengakuan sah dari negara melalui penetapan pengadilan negeri setempat. yang ingin ditanyakan, apakah keinginan orangtua angkat tersebut untuk mengajukan permohonan pengangkatan anak ke pengadilan dapat diterima apabila orang tua kandung anak tersebut sudah tidak ada lagi atau yang menyerahkan anak tersebut adalah hanya kakek dan neneknya, menurut informasi, seluruh keluarga sedarah (paman,bibi, dll) tidak ada yang keberatan anak tersebut untuk diadopsi. thanx atas bantuannya.

  15. anggara said:

    @boy sitorus
    kalau menurut saya bukan adopsi, tapi mengangkat wali, dan itu bisa dilakukan jika ada penetapan dari PN setempat

  16. dany said:

    Mas Anggara,
    Saya punya masalah sbb:
    beberapa waktu lalu ada seorang ibu dua orang anak yang mengaku ditelantarkan suami selama 1 tahun lebih memberikan anaknya kepada saya. tetapi setelah surat pengadilan keluar tiba-tiba ada komplain dari suami dan keluarga si anak sebab katanya belum cerai. terus terang saya bingung dan apa yang musti dilakukan

  17. agnes said:

    mas aku tidak/belum nikah dan dah malas untuk nikah sekarang usiaku 43th, aku dah mapan, dimana ya saya bisa adopsi anak ? Umurnya kira-kira 1 tahun
    makasih
    agnes

  18. Bee said:

    Mas Anggara,
    Mhn referensinya utk lembaga atau yayasan adopsi anak dong.
    Sy sdh serius ingin mengadopsi anak. Any info?
    Jika ada yg anak yg dpt sy adopsi mohon hubungi sy japri ya.

    Thanks sblmnya.
    Bee

    • angelz said:

      aq hmil 9bln,cp yg mw adopsi anakq

  19. shilvie said:

    Saya shivi, sudah mapan, kalau misalkan anda serius, saya mau untuk mengadopsi anak itu, kalau boleh saya tau sekarang sudah umur berapa, cew atau cow?
    Kalau memang memang anda ingin memberikan anak itu saya akan mengadopsi nya, dan persyaratan apa saja yg harus saya penuhi.
    Thanks..
    Saya tunggu kabar baiknya..

    Shilvie

    • angelz said:

      mbk silvi sudah dpt ank agkt t ?????

  20. Naslih aulia ashari sm said:

    Mat pagi mas anggara…Saya wanita berumur 26 tahun sudah lama berumah tangga tapi Allah swt belum juga memberi keturunan…Kalau mas anggara bisa bantu mencarikan anak perempuan yang beberapa hari lahirx..

  21. Naslih aulia ashari sm said:

    Mat pagi mas anggara…Saya wanita mapan, berumur 26 tahun sudah lama berumah tangga tapi Allah swt belum juga memberi keturunan…Kalau mas anggara bisa bantu mencarikan anak perempuan yang beberapa hari lahirx…Saya tunggu balasanx.

  22. Naslih aulia ashari sm said:

    Bgmn mas anggara..Apa saya bisa dibantu…Saya ingin mengadopsi anak perempuan yang masih bayi..Soalnya saya selalu kesepian,suami saya kerjax dluar kota..Saya mohon bantuanx..

  23. astrid said:

    saya astrid, tinggal di jakarta. 1-2minggu ini saya akan melahirkan,tapi karena banyak hal yang tidak dapat saya sebutkan disini, saya tidak dapat membesarkan anak ini.bila diantara pembaca situs ini berminat untuk mngurus anak saya dengan penuh kasih sayang,silahkan hubungi saya di 021-91818168.terima kasih.

    • maria said:

      Halo Astrid saya maria dan tinggal dimedan dan saya ingin mengadopsi anak astrid berhubung saya sudah 10 tahun menikah dan belum dikaruniai anak.Saya membaca di Internet tentang masalah kamu.trims

  24. jokolelono said:

    saya punya anak yang sudah nikah -+6tahun tapi sampai sekarang belum punya anak. kalau ada yang memberikan anaknya juga mau coba hubungi email saya : jokolelono_jkt@xxx.co.id (email dihapus oleh pemilik blog)

  25. zakiah said:

    jika ada yg berminat mnjdkan saya anak angkat,
    dan mmbntu saya mnggpai cita2 saya,untuk mrbah khidupan kluarga kandung saya,umur saya18 th..
    trima ksih sblumnya ^^

    • anggara said:

      @zakiah
      saya tidak bisa bantu, maaf ya

  26. masriah said:

    dua hari yang lalu saya didatangi teman smp dan menawarkan bayi temannya untuk saya adopsi, saya memang 10 thn menikah blm punya keturunan, usia saya 34 suami 44, dia bersedia untuk membuat srt pernyataan,tapi dia tidak mempertemukan saya dengan orangtua bayi yang akan diadopsi tersebut. Sebetulnya saya memang berencana adopsi anak, tapi yang membingungkan saya, apa diperbolehkan adopsi anak dgn cara tersebut, saya juga takut bermasalah dgn hukum. tolong bantu saya bagaimana adopsi anak yang sesuai dgn hukun indonesia ?

    • anggara said:

      @masriah
      silahkan cari entry lain di blog ini terkait dengan adopsi, sudah saya sediakan aturan hukumnya

  27. lisha said:

    mlm mas anggara,saya lisha seorang ibu rmh tngga’usia sy 26th sy udh 6th menikah tp blm mempunyai anak,sy mohon bantuanya sy ingin mengadopsi seorang anak perempuan yg berusia 1thnan,siapa pun yg ingin memberikan anaknya sy siap menjadi orang tua anak tersebut.

    • anggara said:

      @lisha
      silahkan cari daftar yayasan yang mungkin bisa membantu anda di Dinas Sosial setempat

    • kiki said:

      Mas anggara..bolehkah sy minta alamat e-mail nashlih aulia ashari?saudara sy ingin mencari ortu adopsi untuk anaknya..trimakasih sebelumnya

  28. Tengku Sri Wahyuni said:

    Assalamualaikum
    Mas, saya masih single, usia 35 tahun, PNS, punya keinginan untuk nmengadopsi anak. Mhn di bantu untuk informasi cara dan ketentuan yang harus saya lakukan untuk itu. Saya harap balasannya dapat diberikan via email saja. Terimakasih

    • anggara said:

      @sri
      silahkan lihat ketentuannya disini

  29. Fullmoon said:

    Em..Anu..Nampakx saya juga butuh orang tua angkat..Karena orang tua saya yg kurang mampu..Tapi sekarang saya sudah kelaz 2 SMA,,semenjak kelas 5 SD saya sekolah menggunakan biaya dari BEASISWA..Dan berhubung sekarang saya jga bersekolah d SMA favorit sainganx berat,sebenarx tidak jga,asalkan saya punya waktu untuk belajar,,

  30. Fullmoon said:

    Saya juga memerlukan orangtua angkat..Untuk menggapai cita” saya..

  31. Fullmoon said:

    Maaf coment nya terkirim 2 kali..
    Xp

  32. angelz said:

    mz tlg bnt sy cr ortu angkt bwt calon ank sy

    • muhammad said:

      saya besedia membantu mbak angel…. sila dapat menghubungi saya di email :
      Terimakasih

  33. Yulie said:

    Saya Bingung…jika sesiapa mau bayi saya,tlng hubungi saya..sekarang saya sdang hamil 6bln..

    • sumari said:

      m yuli serius mau anaknya di adopsi, kira2 jenis kelaminnya apa?
      alamat dimana? no. Telp brp, sy sudah 13 th nikah blm punya momongan
      kalo boleh sy mau adopsi anaknya.

      terima kasih.

    • saya fini mba…salam kenal…!!!saya tertarik untuk mengadopsi anak mba…kira2 anak mba sudah ada yang minat atau belum… jika anak mba perempuan saya bersedia merawat bayi mba…jika mba setuju tolong hubungi saya da ..terima kasih

    • sisil said:

      saya ingin mengadopsi anak mbak yul. kalau mbak yul mengizinkan saya. Saya ingin sekali memiliki anak,ya mungkin allah belum mengizinkan kami . Saya sekarang mbak, bekerja sebagai guru honor di palembang. hubungi saya,y..mbak kalau mbak serius :

    • sisil said:

      saya ingin mengadopsi anak mbak yul. kalau mbak yul mengizinkan saya. Saya ingin sekali memiliki anak,ya mungkin allah belum mengizinkan kami . Saya sekarang mbak, bekerja sebagai guru honor di palembang. hubungi saya,y..mbak kalau mbak serius :

      boleh saya minta alamat Mbak di mana ? No hpnya berapa ?

  34. dewi said:

    mbak angel betul2 serius mau mengadopsikan anaknya.anaknya cow or cew??kl bener serius sy jg mau banget jd ibu anaknya mbak asalkn babynya sehat.apa mbak ada no tlp yg bisa di hub???tks

    • angelz said:

      q tgl d sby, …. aq cm bth biaya persalinan aja … kt dkter ankq cow n sehat

  35. karin said:

    hi ak lagi nyari tempat buat adopsi anak..tapi umur ak masih 21 tahun..ak berminat bgt buat adopsi anak..thanks..di tunggu infonya ya

    • elia said:

      sama aq juga,,

  36. angelz said:

    thanx z mz udah blh ngeluarin unek2 d sini …….

  37. angelz said:

    mbk dewi gmana,minat gk ? ?

  38. Lukisa said:

    Mba Yulie, kalo emang serius bayinya rela diberikan ke orang untuk di adopsi, aku mau tuh. Babynya cow apa cew nih. Bisa hub email aku : lukisa72@yahoo.com. Usia saya 37 tahun saat ini dah sudah menikah 10 tahun lebih, belum ada anak. Anda tinggal dimana ya saat ini?

  39. Mike said:

    Bagaimana syarat anak WNI yg ingin di adopsi clon org tua WNA ?

  40. dina said:

    aq pnya tman cwo skr kelas 3 sma..umur 18,ankx ckup cerdas,ulet,namun kodisi ekonomix lg sush bs d blang sdah hdup sndri slma 1blan dgn krja d warnet.,aq pgn bntu dy bwt cri ortu angkat,g tga lyat msa dpanx nanti,mslahx dy cwo,.klo g lnjutin sklh mw jd apa?.ortux msh ada,..aq g bs crta dsni dgn mslh kluargax.jd tlong siapa aj yg bs brtggung jwb n jd org tua angkat bwt tmenq,hubungi aq lwat emai

  41. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    To: anyone …

    My name is Rendi Great, I live alone in this world, I am now in 3rd grade at a private smk Bogor city, it is also thanks to scholarships from the school, so I need adoptive parents to pay for my school up to college, because I was want to go to college.

    Thank you all …^_^

    wassalam…

  42. mas noor said:

    saya mau menitipkan anak saya siapa yang mau adopsi anak saya sementara waktu kebetulan saat ini saya sedang ada kesulitan ekonomi. Bila keadaan ekonomi saya sudah membaik akan sya ambil kembali terima kasih khususnya bagi yang mau memancing anak dan belum dikaruniai anak, beragama muslim.

    • Adela indrabayu said:

      Saya adela, dari keluarga muslim, sudah berumur 30 th, dan sudah menikah 4 th, dan belum dikaruniai keturunan, mau mengomentari kiriman email dari salah seorang yg di wall, saya tidak tau namanya, yg jelas dia kesulitan ekonomi, dan dia mau menitipkan anak untk dijadikan pancingan, dan katanya mau diambil lagi, tertanggal 30 Desember 2009. Kl boleh tau anaknya umur berapa, jenis kelaminnya apa, tinggal dimana, dan jika saya berminat harus menghubungi siapa dan dimana. Terima kasih

  43. to: mas anggara

    mas aku fini…umurku 23 tahun, aku baru menikah nov yang lalu…tapi keinginan untuk mengadopsi anak sudah dari saya belum menikah…tolong beri info saya jika ada anak yang ingin di adopsi..saya ingin anak perempuan berusia sekitar 1tahun..saya harap mas anggara bisa membantu saya

    terima kasih,
    harap cepat dibalas

  44. febby said:

    Hallo semua’y…. aq febby 19th.. aq mw cari orang tua angkat, spy aq bs membanggakan orang tua angkat aq dg cara prestasi pendidikan aq… mohon bantuan’y, klo ada yg ingin mengangkat anak, please call me at tq sblm’y… gbu us…:-)

  45. kuswanto,. said:

    assalamualaikum,.,.,.,salam sejahtera,.,
    perkenalkan saya kuswanto,.21 thun ,.aya mencari orangtua angkat yang mapan,.,,secara financial,.,saya bersedia berbakti dan membantu orang tua angkat saya,.,saya ingin sekali dapat melanjutkan pendidikan saya,.,saya terbentur masalah ekonomi,.,
    WNI atau WNA tidak masalah bagi saya,.,kalau ada yang bersedia,.,please,.,call me,.,

    terima kasih byk,.,kalaupun teman py info mengenai orang yang ingin py ank angkt,.,silahkan saja hubungi saya,.,mksh ,.,

  46. someone said:

    Saya perempuan, usia 17 thn,agama Kristen, mencari orangtua angkat yang mapan, karena saya mempunyai masalah ekonomi dan sosial dengan keluarga saya..
    Saya anak yg tdk diinginkan, namun dokter dulu berkata kepada ibu saya agar saya dilahirkan, sehingga akhirnya saya kurang akur dengan ibu saya, dan saya sudah sgt ga tahan..
    Bila ada yang serius ingin mengadopsi saya, tlg hubungi saya segera..
    Trimakasih..

  47. vynna said:

    mas anggara,
    saya butuh bantuan….
    saya dan tunangan saya ingin mengadopsi baby…tp tunangan saya WNA…tolong kasih tau saya syarat2nya….

    terima kasih

  48. yanto said:

    Saya Yanto sedang mencari orang tua angkat yang mau membantu saya dengan tulus mengingat orang tua sudah saya tidak lagi bisa membiayai lagi kuliah saya,Saya berumur 21 tahun,berkulit putih,bisa bahasa inggris,komunikatif dan rajin dan saya sedang kuliah semester 4 di PTN di Semarang.Saya sudah berusaha cari kerja tapi belum dapat sampai sekarang.
    Saya sangat mengharapkan bantuan seseorang untuk menjadi orang tua ankat atau memberi suatu pekerjaan.

  49. sulis said:

    Nama saya Ikka 26 thn seorang muslim, sdh menikah 3 thn dengan WNA dan tinggal di s’pore ,blm pny momongan. Ingin adopsi anak dari indonesia dan membawanya bersama menjadi warga s’pore. bisa ngak ya? mohon bantuanya dimana saya bisa mendapatkan balita untuk di adopsi dan apa syarat-syarat nya?

  50. Aryo Budi said:

    Saya seorang pengusaha berumur 41 tahun namun istri tidak memungkinkan hamil, kami ingin mengadopsi anak dari Eropa Timur yang berumur 1 tahunan< bs dibantu kemana kami harus menghubungi ? dan bagaimana persyaratannya ?

    kami ucapkan terima kasih untuk bantuannya

  51. Fifi said:

    Syaloom…..
    Apakah mungkin seorang wanita single,38 tahun sperti saya ingin mengangkat anak (cewe kalo bisa) dan tinggal bersama saya???
    Mohon jawaban nyaa….
    Tengkyuuuu

  52. Rara said:

    mau bertanya.. umur saya 28 tahun belum menikah, bekerja dan mapan. saya terpikir untuk mengadopsi seorang anak. kira2 saya bisa mengajukan permohonan tidak ya ke organisasi sosial?

  53. budi santosa said:

    Alo all nama saya Budi santosa umur 19 tahun, muslim, tinggi, putih saya ingin cari orang tua angkat
    orang tua asli saya dah gak peduli lg sama saya, tak tau knp T_T klo ada yang minat add FB aku y
    TQ before

    • indri said:

      memang FB kamu apa budi?

    • budi santosa said:

      FB saya mohon bantuan na TQ

  54. dylan said:

    mas aq ibu rumah tangga sedang hamil 4 bln n dah pnya anak dua laki2, tpi sy pnya mslh rumah tangga yg pelik n suami sy sangat nurut ntakut sama ibunya,sy tinggal d rumah mertua yg sangat galak smpi sy tidak kuat lg ingin pergi dri dri sini, mas lw da yg mau adopsi anak sy,sy sngt berterima kasih tpi selama hml sy ingin tinggal d rumah yg ingin mengadopsi anak sy,dan biaya lahiran d tanggung si calon orang tua n sy tidak minta apa2,setelah lahir sy akan pergi,dan slama sy tnggl d rumah itu sy bsa kerjaapa aja dri masak smpai mencuci semua kerjaan rumah tanpa d byr,asal sy bsa cpt pergi dri sini, d utamakan untuk calon orang tua muslim

    • ekrisa said:

      udah dpt calon org tua asuh belum mbak.alamat dmn atau no telf,saya bersedia menjadi orangtua asuh anak mbak.

    • ekrisa said:

      gmnmbak dylan q tunggu balasanny

    • ekrisa said:

      tp saya inggal di jogja mbak…….siapa aj yg butuh org tua asuh saya ber sedia …..maks umur 8 bulan….

  55. lagi mencari orang tua untuk saya karena saya ingin mencari saya dan menerimah saya apa adanya………………terimah kasi bapak atau ibu yang ada disana

  56. ingin sekali

  57. dahlan hasibuan said:

    saya dahlan hasibuan agama islam dan isteri wni Cina agama islam pekerjaan Dealer Spm Suzuki Meulaboh Kab Aceh Barat kami berniat mengadopsi anak perempuan yang masih balita karena kami sudah mempunyai 3 orang anak laki laki belum ada perempuan.

  58. sisil said:

    saya sisil ( 30 th) agama islam dan suami saya (34th) bekerja sebagai salesman di salah satu perusahaan swasta di Palembang.Pernikahan kami sudah 2 tahun, Kami berniat mengadopsi anak perempuan atau laki2 yang masih bayi , karena kami berdua sudah berusaha kemana-mana tapi Allah belum mengizinkan kami dulu. bagi saudara /saudari yang ingin di adopsi anaknya,
    sisil

  59. lala said:

    saya seorang ibu rumah tangga…sya ingin mengadopsi bayi baru lahir,,,klo bisa cwek..kulit putih bersih klo bs dr keturunan chinesse…krna sy chinesse dan suami jawa….hub

  60. alfas said:

    sayang ank syang ank hehehehe

  61. Lis said:

    Rat ih Shis
    Saya punya seorang anak dari perkawinan pertama papanya anak pertama dari Indonesia.
    Dan sekarang saya sudah menikah lagi punya anak dua Bapak ke dua anak saya dari Eropa.
    Sekarang suwami saya kepengen sekali mengangkat anak saya sebagai anak anggat atau sebagai pengganti bapanya yg sah,yg saya tanyakan bagai mana caranya untuk mendapatkan itu?terima kasih.

  62. ciara said:

    sy ciara dari mataram, NTB. sy ingin mencari ortu angkat yg brsedia merawat sy. sy berumur 20th, saat ini sedang kuliah S1.. berhubung sy mengalami kesulitan dlm hal biaya kuliah, sy berharap ada org tua yg ingin mengangkat sy mnjadi anaknya, sehingga bs membantu sy dlm hal membiayai kuliah sy.. mohon maaf sblumnya atas alasan sy mncari ortu angkat, tp itu adalah kenyataan yg sy alami. hubungi sy di
    sebelumnya trimakasih.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 419 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: