Iklan

Ada Yang Tahu Soal Secara?


Baru-baru ini aku menyadari kalau ada istilah lama nan baru yang kemudian jadi aneh “secara” di beberapa radio aku mendengarkan seperti ini “secara dia itu kan sibuk” atau di televisi kalau seleb ngomong “secara gue kan (apapun itu)”. Ada yang bisa bantu jelaskan apa definisi “secara” dalam bahasa gaul itu πŸ™„

Iklan
22 comments
  1. Esti said:

    Secara aku kagak ngarti kapan datangnya itu kata, ya akhirnya langsung aja aku aplikasikan, secara kata itu nyaman. Lagipula, secara kita butuh perubahan, biar gak statis, secara setiap generasi pasti menemukan bahasanya sendiri…Secara asik ajah deeee

  2. anggara said:

    @esti
    pemakaian itu sebenarnta bisa merusak tatanan bahasa πŸ™‚ jadi sepakat nih secara esti πŸ˜€

  3. anggara said:

    @evelyn
    thanks buat infonya “secara gitu loh” πŸ˜€

  4. wah,wah…bahasa memang berkembang pesat ya πŸ˜€

    Kayaknya mesti disusun kamus bahasa per generasi ya πŸ˜€
    atau kalo perlu EYD setiap zaman πŸ˜€

  5. stupidsquid said:

    gini deh kalau acara tivi temanya ABG. Semua orang jadi ngomong ABG … doh!

  6. anggara said:

    @murni
    memang, tapi rasanya aneh, bahasa koq diobok-obok terlampau jauh
    @stupidquid
    iya nih

  7. evelyn pratiwi yusuf said:

    @ anggara:
    Sama-sama πŸ™‚
    Udah kewajiban para blogger untuk saling bantu membantu…
    Bukan begitu, bukan? πŸ™‚

  8. pratanti said:

    kalau mengingat kembali pepatah lama “bahasa menunjukkan bangsa”… kira-kira seperti apa bangsa Indonesia ini?

    beberapa tahun lalu, di suatu kota di Indonesia, ada sebuah pengumuman besar berbunyi “Pergunakanlah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar”. Hmm… masih perlukah seruan ini dicanangkan kembali mulai dari ibukota negara kita?

    hehe… just an opinion… salam kenal πŸ˜€

  9. anggara said:

    @pratanti
    nggak tahu deh, salam kenal πŸ˜€

  10. dyan said:

    secara anak muda bangsa ini kian kreatif gitu loh…
    setuju ma murniramli dey…
    qt bwt kamus bahasa pergenerasi
    yah.. asalkan ga dipake pas acara resmi ajah gpp menurut aku..
    thats what they called ‘creative’ πŸ™‚

  11. orangb4ru said:

    secara = sebenarnya; pada kenyataannya
    CMIIW… πŸ™‚

  12. anggara said:

    @orangbaru
    masak begitu mengartikannya sih pak

  13. Salam kenal Mas…
    Ga tau fungsinya…mencoba tuk ga tau biar ga pengin nyoba-nyoba pake.Abis, kedengarannya aneh…he..he…generation gap kali ya…???

  14. anggara said:

    @segokucing
    salam kenal juga, mungkin 😎

  15. wayank said:

    secara = Sekolah Calon Tentara

  16. anggara said:

    @wayank
    terima kasih yaa atas urun pendapatnya

  17. tohang said:

    secara garis besar kata secara tidak ada yang benar2 ditulis secara benar tapi jika ingin tahu arti kata secara yang benar buka saja kamus besar bahasa indonesia. maka anda tahu secara pasti apa makna kata secara. setelah itu gunakanlah kata secara secara benar…

  18. anggara said:

    @tohang
    terima kasih atas infonya pak

Tinggalkan Balasan ke anggara Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: