Iklan

Sex Against Natural Order


Pada waktu konferensi IBA kemarin, saya dan beberapa kawan dari wilayah ASEAN, kita iseng-iseng kumpul sambil makan malam di (entahlah lupa namanya) dan yang jadi bintang saat itu adalah George Hwang.

George Hwang ini adalah Lawyer Singapura yang sedang melakukan advokasi pada penghapusan pasal 377 A dari KUHP Singapura yang melarang hubungan seks sejenis. Dan dia berusaha agar masyarakat Singapuran menandatangani petisi untuk menghapuskan pasal 377 A dari KUHP mereka.

Alfred Dodwell, seorang lawyer dari Singapura juga menyatakan bahwa ketentuan tersebut masuk dalam kategori sex against natural order (yang diatur dalam Pasal 377) dan dia menjelaskan segala jenih tindakan seks (bahkan untuk heteroseksual), seperti oral sex atau anal sex, merupakan tindak pidana. Namun dia menjelaskan bahwa praktek pengadilan akhirnya menyatakan bahwa segala jenis kegiatan seksual (bagi kaum heteroseksual) bukanlah tindak pidana sepanjang akhirnya terjadi coitus (atau untuk kegiatan foreplay).

Dan dia bercerita kalau ada lelucon di Singapura terkait dengan ketentuan tersebut, yaitu bahwa ada pasangan heteroseksual yang (untuk pertama kalinya mencoba kegiatan seksual) sedang melakukan oral sex dan saat itu yang perempuan menolak untuk terjadinya coitus dan si lelaki menyatakan bahwa berdasarkan perintah undang-undang diharuskan untuk melakukan coitus atau kalau tidak, mereka berdua akan menjadi terdakwa karena melakukan “sex against natural order”

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? R KUHP banyak memuat ketentuan yang bisa dikatakan bahwa sex against natural order adalah kejahatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: