Iklan

MK dan Kewenangan Constitutional Complaint


Saya heran dengan berita ini, bukan beritanya yang saya persoalkan namun pernyataan Ketua MKRI yang saya persoalkan. Menurut berita tersebut, Ketua MKRI Prof Mahfud MD menyatakan

“MK perlu diberi kewenangan menyelesaikan constitutional complaint (keluhan konstitusional). Sebab, banyak perkara yang ditangani MK sebenarnya berada di ranah itu.”

Saya heran dengan pernyataan ini, problemnya kenapa harus meminta? Kenapa tidak merebut saja? Ketua MA Amerika Serikat pernah merebut dan memperkuat kedudukan MA-nya meski UUD Amerika Serikat tidak menyatakan hal tersebut.

Lalu kenapa MKRI tidak berani merebutnya?

Iklan
5 comments
  1. erander said:

    Mungkin karena bangsa kita beda dengan Amerika pak .. disini kan ada istilah uwuh pakewuh *bener ga spelling-nya?* sehingga rasanya segan untuk merebut gitu pak .. ntar bisa di pisuh-pisuh pak hehehe 🙂

  2. aha said:

    bangsa peminta ..dari dulu

  3. FerryS said:

    Mungkin biar terasa lebih “konstitusional”

  4. anggara said:

    @eby
    rasa-rasanya koq alasannya mungkin bukan karena itu ya kang :mrgreen:

    @aha
    enggak juga ah

    @ferrys
    bisa jadi seperti itu 🙂

  5. Kencana said:

    MA Amerika merebut? Ya nggak konstitusional lah kewenangannya kalo pake acara merebut…. Ngerti nggak sih kalo MK tuh The Guardian of the Constitution. Masak pengawal konstitusi kewenangannya didapat secara inkonstitusional. Itu mah sama aja dengan polisi yang maling. Herrann…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: