Iklan

Vredeburg


Berjalan-jalan di kota Jogja, telah melabuhkan saya ke salah satu Museum, yaitu benteng peninggalan Belanda, Benteng Vredeburg. Benteng yang terletak persis di hadapan Gedung Agung tersebut masih menyisakan aroma kolonialisme yang pernah bercokol di Indonesia

Masuk melalui pintu depan, saya membayar tiket yang besarnya Rp. 750,00. Dalam hati saya berujar, dengan tiket semurah ini, apa ya cukup mendanai operasional Museum ini yaa?

Lalu saya melihat sekeliling Museum tersebut, sayang ada beberapa hal yang menurut saya penting justru terlewat. Museum ini terlampau banyak diorama yang menurut saya justru tidak menampilkan roh dari Benteng ini.

Beberapa penjelasan dari benteng inipun tidak dapat membantu saya dalam mereka ulang kegiatan apa yang terjadi di Benteng ini. Saya sih berpendapat seharusnya Benteng ini dapat bercerita tentang dirinya sendiri.

Seperti misalnya, di Benteng tersebut ada ruang tahanan, tetapi tidak ada penjelasan tentang siapa saja yang pernah menghuni tahanan tersebut, dan terkena kasus apa, makanan apa yang disajikan untuk para tahanan, serta baju yang dipakai oleh para tahanan. Padahal ada beberapa pejuang kemerdekaan Republik ini yang pernah ditahan disana, Mohammad Yamin dan Tan Malaka.

Di ruang storage juga sama, tidak penjelasan tentang makanan apa yang pernah dimasak disana, dan memakai peralatan apa ketika makanan dibuat dan alat untuk menyajikan makanan.

Banyak penjelasan yang menurut saya seharusnya ada, malah tidak ada, karena yang ditampilkan lebih banyak diorama perjuangan kemerdekaan yang pada umumnya tidak ada keterkaitan langsung dengan benteng Vredeburg ini, kecuali keterkaitan dengan Jogjakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Foto-foto nanti saya aplot ya berikut penjelasannya

Informasi terkait lainnya silahkan klik disini, disini dan disini

Iklan
2 comments
  1. Salam Mas,
    Lama ngga mampir.
    Iya bener tuh, info id benteng ini kurang banget ya…

    • anggara said:

      @aki
      bener ki, jadi rada kecewa saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: