Iklan

Email Di Nokia Saya


Entah mengapa saya begitu gaptek kalau berurusan dengan teknologi baru. Istri saya yang baik itu membelikan saya sebuah ponsel Nokia yang mirip dengan keluaran RIM yang terkenal itu. Saya senang saja, karena bisa memudahkan saya meraih email saya.

Namun, entah kenapa saya tidak bisa melakukan konfigurasi terhadap email saya yang berbasis di Google Apps. Om Adri kemudian memberikan saya solusi dengan menggunakan aplikasi Nokia Email serta Seven. Kedua layanan itu, saya gunakan, karena saya tidak pusing dengan harus memasukkan konfigurasi secara manual. Namun, saya tidak puas dengan kedua layanan alternatif itu, karena sinyal 3.5 G di rumah saya masih turun naik dan akhirnya memperlambat dalam meraih email.

Akhirnya daripada pusing, saya coba bertanya melalui Nokia, begini pertanyaan saya

Saya mau tanya, saya menggunakan nokia email untuk Nokia E 71 saya, sepertinya Nokia E 71 sudah ada emailnya juga. Namun saya menggunakan Nokia Email karena sulit mengkonfigurasinya. Untuk email saya menggunakan layanan google apps, sejak mengunduh nokia email saya tidak bisa
mengirimkan pesan email karena ada peringatan “general: Feature not supported” Bagaimana cara mengatasinya?

Lalu pihak Nokia menjawab

Kepada Yth. Bapak Anggara,

Terima kasih atas e-mail bapak kepada Nokia Careline.

Sehubungan dengan pertanyaan bapak, pertama-tama kami ingin memberikan penjelasan bahwasanya aplikasi e-mail Google Apps adalah aplikasi yang bukan dibuat dan dikembangkan oleh Nokia, namun oleh pembuat aplikasi pihak ketiga (third party application). Oleh sebab itu, kami sampaikan bahwasanya kami tidak mempunyai informasi mengenai aplikasi tersebut.

Mengenai kendala muncul pesan kesalahan “general: feature not supported”, normalnya pesan tersebut dikarenakan aplikasi yang bapak gunakan tidak sesuai (compatible) dengan ponsel yang bapak gunakan. Semoga penjelasan yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik. Jika bapak masih memiliki pertanyaan lain seputar penggunaan produk dan layanan dari Nokia, silahkan menghubungi kami kembali.

Hei, saya langsung berpikir, jangan-jangan salah tanya nih, lalu saya kembali mengirimkan pesan begini

Terima kasih, Tapi saya menggunakan nokia email untuk mengambil pesan dari inbox saya dan pesan yang muncul dari aplikasi nokia email yang saya pasang memunculkan pesan tersebut.

Lalu Nokia menjawab

Kepada Yth. Bapak Anggara,

Terima kasih atas e-mail bapak kepada Nokia Careline.

Berkenaan dengan kendala pada ponsel bapak, sebagai langkah awal kami sarankan agar bapak coba mengirimkan e-mail melalui aplikasi Nokia Messaging yang telah ter-install pada ponsel Nokia E71. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (menu dalam bahasa Inggris): “Pilih menu Nokia E-mail > Options > Open Compose”

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu bapak. Dan apabila bapak masih memiliki pertanyaan seputar produk dan layanan Nokia, silahkan menghubungi kami kembali.

Saya berpikir, sepertinya pertanyaan saya kurang nyambung nih, lalu saya jawab kembali

Terima kasih atas jawabannya, namun sekali lagi semua cara sudah saya coba, mohon perhatikan beberapa pertanyaan serta pernyataan saya, supaya tidak bingung saya akan membuat pertanyaan serta pernyataan saya secara kronologis
1. Saya memakai email dari Google Apps dalam hal ini anggara [at] anggara [dot] org memakai email dari http://mail [dot] google [dot] com [slash] a [slash] anggara [dot] org

2. Saya membeli dan mempunyai Nokia E 71 secara sah serta dari baru

3. Nokia E. 71 setahu saya mempunyai aplikasi email yang sudah terinstall, namun saya tidak tahu cara mengkonfigurasinya untuk retrieve email dari
inbox saya.

4. Karena saya tidak tahu, jadi saya mengunduh aplikasi email dari Nokia Email, dan ini tidak perlu konfigurasi untuk mengambil email dari inbox saya

5. Proses mengunduh berhasil serta berhasil mengambil email dari inbox saya yang dari Google Apps saya

6. Sejak mengunduh, saya tidak pernah bisa mengirimkan email karena selalu muncul tulisan “General Feature Not Supported”

7. Lalu bagaimana caranya supaya saya bisa mengirim email?

Lalu Nokia menjawab

Kepada Yth. Bapak Anggara,

Terima kasih atas e-mail bapak kepada Nokia Careline.

Untuk mengatasi kendala yang bapak hadapi, berikut ini adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Melakukan restore factory setting dengan cara sebagai berikut (menu dalam bahasa Inggris):

“Menu > Tools > Settings > General > Factory settings > masukkan Lock code, yang mana untuk kode standar dari Nokia adalah 12345”

2. Melakukan “reboot” pada ponselnya terlebih dahulu. Yaitu dengan cara menonaktifkan ponsel, melepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori, kemudian diamkan ponsel selama sepuluh (10) menit. Setelah itu, pasangkan kembali kartu SIM, kartu memori dan baterai lalu aktifkan kembali ponsel.

Coba juga dengan mengaktifkan ponsel tanpa kartu memori. Dengan demikian sistem pada ponselnya akan refresh kembali.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu bapak. Dan apabila bapak masih memiliki pertanyaan seputar produk dan layanan Nokia, silahkan menghubungi kami kembali.

Duh, koq jadi makin tidak memuaskan yaa, akhirnya saya coba googling dan i got it ternyata saya salah dalam memasukkan incoming dan outgoing mail server serta portnya

Terima kasih yaa

Tulisan ini dikirim melalui email

Update, cara mengkonfigurasi Google Apps di Nokia E 71 dan Ponsel yang menggunakan Symbian S 60

Enable IMAP in your Gmail settings. Lalu Select ‘Messaging’ > ‘Options’ > ‘Settings’ > ‘E-mail’ > ‘Mailboxes.’ If you have never set up email on your phone before, select ‘Yes’ to define a new mailbox. If you already have other mailboxes, select ‘Options’ and then ‘New mailbox.’ Kemudian Select ‘Start’ to begin the setup wizard. Lalu Select ‘IMAP4’ and then ‘Next.’ Setelah itu Enter your full email address (including ‘@gmail.com’) as the email address and select ‘Next.’ Google Apps users, enter your full address in the format ‘username@your_domain.com.’ Jangan lupa Enter ‘imap.gmail.com’ as the incoming mail server and select ‘Next.’ Dan Enter ‘smtp.gmail.com’ as the outgoing mail server and select ‘Next.’ Kemudian Select the appropriate access point and then ‘Next.’ Ingatlah untuk Enter a descriptive name for the email account mailbox name. Setelah itu Once your mailbox is set up, select it from the email mailbox settings screen.  Lalu Select ‘Connection settings’ > ‘Incoming e-mail.’ dan Enter your address (including ‘@gmail.com’ or ‘@your_domain.com’) and password. Jangan lupa Select ‘SSL/TLS’ for your security (ports) and define your port as ‘993.’ Kemudian Select ‘Back.’ Lalu Select ‘Outgoing e-mail.’ Jangan lupa Enter your email address (including ‘@gmail.com’ or ‘@your_domain.com’) and password. Kemudian Select ‘StartTLS’ for your security (ports) and define your port as ‘587.’ Dan akhirnya Select ‘Back’ and change any other settings according to your preferences.

Iklan
10 comments
  1. Chic said:

    kalo pake blekberi sih ga pusing sama konfigurasi yang gitu-gitu Mas :mrgreen:
    *siyul-siyul*

    • anggara said:

      @chici
      maunya sih begitu, tapi apa daya, dompet dari pengacara jalanan seperti sayah tidak pernah menebal 🙂

  2. hehehehehehehehe……
    saya jg gaptek pak….
    kalo saya seh pake hp yg buntut aja,yg laen” pake komputer lsg..

    • anggara said:

      @se7ev_peral
      itu dia hehehehehe

  3. duratia said:

    salam,

    Wah, kok di E51 saya nggak repot gitu, tinggal ke email.nokia.com aja dan daftar di sana, kemudian download aplikasinya, semua setting dia yang atur. Btw, nanggung beli E71, soalnya bakal keluar E72, ada reviewnya di blog saya http://duratia.net/2009/06/18/nokia-e72/

    regards.

    • anggara said:

      @duratia
      entah, mungkin sayanya yang ndak terlampau paham, akhirnya saya melakukan uninstall nokia email dan seven tuh….

  4. Chic said:

    errrrr rasanya harga E71 itu lebih mahal dari pada harga blekberi :mrgreen:
    *siyul-siyul lagi*

    • anggara said:

      @chici
      dibanding yang mana mbak? kalau dua item BB yang baru jelas lebih murah hehehehehe ngeles *mode on*

  5. kadang yah CS2 diperusaan yang notabenenya besar dan terkenal malah suka agak terbata2 dan terkesan bingung ketika kita tanya masalah yang agak berat….hmm

  6. Robby said:

    Ouwh…ouwh….
    E71 saya lncar2 aj tu om…..
    trima n krim email…yg pnting koneksinya…settingnya otomatis ja di set.wizard…

    klo pke BB…byarnya kmahalan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: