Iklan

Legalisasi Prostitusi?


Berita dari Asia Calling sungguh menarik, kabarnya Mahkamah Agung India mengusulkan pengesahan prostitusi. Alasannya masih menurut Asia Calling, adalah langkah ini akan melindungi jutaan pekerja seks di India dari pelecehan dan eksploitasi.

Langkah yang menarik dan progresif menurut saya, kenapa? Di banyak negara Asia, pekerja seks adalah bagian dari warga negara yang rentan terhadap perlakuan sewenang – wenang karena profesi pekerjaan mereka bertentangan dengan hukum nasional yang berlaku. Sehingga tak jarang, mereka menjadi korban penangkapan yang sewenang – wenang termasuk menerima perlakuan yang merendahkan saat terjadi penangkapan tersebut oleh aparat penegak hukum

Terlepas dari itu, dalam sistem hukum pidana Indonesia tidak melarang pelacuran yang dilarang adalah germonya atau penyedia tempatnya. Namun di banyak daerah mulai muncul ketentuan Perda Anti Pelacuran seperti di Tangerang. Namun demikian tetap saja, kelompok pekerja seks di Indonesia secara relatif menjadi bagian dari kelompok rentan di Indonesia.

Terlepas dari perdebatan moralitas, saya pikir merekapun berhak untuk dilindungi dari tindak pelecehan dan eksploitasi dari para pemodal yang bergerak di Industri terlarang ini.

Nah, saya sih senang bertanya akankah MARI ataupun MKRI menyadari kenyataan sosial ini? Kalau MKRI saya sudah yakin jawabannya pasti menolak legalisasi prostitusi atas nama moralitas, entah dengan MARI

Iklan
9 comments
  1. yawda di legalisasi kan ajah.ntar kan bisa ngambil pajak dari para pelacur yg ada.haha…

  2. Saya jelas menolak legalisasi pelacuran. Buat saya pelacuran adalah penyakit sosial dan penyakit itu harus diberantas, yang terkena penyakit harus disembuhkan.

  3. Ada pepatah lama yang berbunyi : ” Prostitusi adalah profesi tertua didunia “. Adalah kenyataan bahwa walaupun dari zaman dahulu selalu ditentang dan banyak lokalisasi PSK/WTS telah dibongkar tapi nyatanya tidak sulit menemukan mereka dijalanan (Blok M, Mangga Besar). di disco, bar panti pijat, karaoke. Kalau mereka praktek secara sembunyi2 maka sangat sulit untuk mengontrol mereka terutama dari segi kesehatan. Akibatnya penyakit kelamin dapat menyebar secara luas seperti yang terjadi saat ini.
    Jadi sebaiknya PSK diatur dan diawasi secara ketat: tempat dan waktu praktek, pemeriksaan kesehatan, dll.

  4. aris said:

    Klo sekedar cari tambahan pemasukan negara (pajak)…
    kenapa nggak sekalian melegalkan perjudian, budidaya ganja, opium, kokain ???
    idenya siapa tuh?

  5. edi said:

    ya kalau begitu disetujui sambil dibina saja biar nggak jadi mata pencaharian terus.

  6. opunk said:

    asal jangan di Indonesia aja….. bisa2 banyak yang marah tuh

  7. Ibad said:

    Baik pelacurpun mereka juga manusia, jadi ada baiknya kalau para pengusaha itu ikut campur tangan, paling tidak pemerintah tidak pusing-pusing turut memikirkannya. Terlebih saling menguntungkan.

  8. ndrew said:

    wew…
    ribet juga ne kalo dah ngomongin hal” haram tapi menguntungkan..
    heheheee…

  9. arieff said:

    mereka juga manusia..tinggal kembali ke hati nuraninya masing-masing..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: