Iklan

Pencapaian dan Mie Ayam Itu


Kemarin sempet ngobrol sama teman lama di Bandung. Sebenernya cuma nanya kabar saja, karena sudah lama tidak bertukar kabar. Tiba – tiba dia cerita soal kantornya, entah kenapa terucap, sekarang ini di dunia LSM sudah mulai krisis kepemimpinan. Saya cuma bisa tersenyum mendengarnya, ya mau gimana lagi lah saya sendiri bukan pengamat yang ngerti betul soal dunia manajemen apalagi manajemen LSM. Pembicaraanpun kemudian terhenti, karena kami harus kembali menekuni aktivitas masing – masing.

Tapi setelah ngobrol dengan teman itu, saya jadi mikir apa bener ya ucapan dia itu. Bagaimanapun juga mengelola manusia di organisasi manapun (komersial ataupun non profit) tetaplah sulit. Tapi mungkin lebih sulit aja kali kalau di dunia non profit. Karena ibaratnya organisasi non profit harus mampu mencetak kader – kader tangguh yang akan meneruskan perjuangan dari organisasi non profit tersebut.

Memang sih dari dulu, pada dasarnya banyak organisasi non profit yang didirikan oleh orang – orang yang sudah malang melintang di berbagai organisasi dan juga menjadi pemimpin – pemimpin di organisasi asalnya. Tapi ya sekali lagi, ketika organisasi non profit tersebut didirikan untuk pertama kalinya memang performance orang – orang yang mendirikan semacam menjadi garansi apakah organisasi non profit tersebut dapat dipercaya atau tidak? Tantangan lanjutannya tentu apakah orang – orang yang mendirikan tersebut dapat mengelola orang – orang lain yang berada di level kedua dan ketiga dalam organisasi non profit tersebut?

Saya seneng aja kalau ada seseorang yang punya pencapaian personal yang luar biasa dan fantastis. Tapi, imho, akan lebih dahsyat lagi kalau orang tersebut juga mampu mendorong kemajuan bagi orang – orang lain disekitarnya dan bukan hanya dirinya sendiri yang menonjol. Karena kalau dirinya sendiri yang menonjol, biasanya orang tersebut akan betah dan bisa berada dalam zona nyaman sehingga sulit jika keluar dari zona nyaman tersebut

Jangan terlampau serius ya, ini sekedar renungan, soalnya saya sedang mikir apa baiknya saya dagang mie ayam aja sih hehehehehe

Iklan
2 comments
  1. Mie ayamnya 1 bang! :p

  2. Makanan said:

    waduh jadi keinget sama mie ayam nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: