Tentang Pengangkatan Anak/Adopsi


Adopsi anak itu dikenal dalam seluruh sistem hukum adat di Indonesia. Pengaturan tentang penangkatan anak di atur antara lain di KUHPerdata (Untuk Golongan Tionghoa dan Timur Asing) dan juga diatur dalam UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (UUPA). Selain itu pengaturan teknisnya banyak tersebar dalam bentuk SEMA (Surat Edaran Mahkamah Agung)
Nah definisi dalam UUPA tentang angkat adalah Anak angkat adalah anak yang haknya dialihkan dari lingkungan kekuasaan keluarga orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarkan anak tersebut, ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkatnya berdasarkan putusan atau penetapan pengadilan (Pasal 1 angka 9)

Tetapi UU yang sama juga memberikan definisi tentang anak asuh yaitu Anak asuh adalah anak yang diasuh oleh seseorang atau lembaga, untuk diberikan bimbingan, pemeliharaan, perawatan, pendidikan, dan kesehatan, karena orang tuanya atau salah satu orang tuanya tidak mampu menjamin tumbuh kembang anak secara wajar (Pasal 1 angka 10)

Prinsipnya adalah bahwa Setiap anak berhak untuk diasuh oleh orang tuanya sendiri, kecuali jika ada alasan dan/atau aturan hukum yang sah menunjukkan bahwa pemisahan itu adalah demi kepentingan terbaik bagi anak dan merupakan pertimbangan terakhir. (pasal 14)

Pengangkatan anak diatur dalam Pasal 39 – 41 UUPA

Pasal 39

(1) Pengangkatan anak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan yang terbaik bagi anak dan dilakukan berdasarkan adat kebiasaan setempat dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(2) Pengangkatan anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), tidak memutuskan hubungan darah antara anak yang diangkat dan orang tua kandungnya.

(3) Calon orang tua angkat harus seagama dengan agama yang dianut oleh calon anak angkat.

(4) Pengangkatan anak oleh warga negara asing hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir.

(5) Dalam hal asal usul anak tidak diketahui, maka agama anak disesuaikan dengan agama mayoritas penduduk setempat.

Pasal 40

(1) Orang tua angkat wajib memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orang tua kandungnya.

(2) Pemberitahuan asal usul dan orang tua kandungnya sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dengan memperhatikan kesiapan anak yang bersangkutan.

Pasal 41

(1) Pemerintah dan masyarakat melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pengangkatan anak.

(2) Ketentuan mengenai bimbingan dan pengawasan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Lalu syarat dan prosedur apa yang mseti ditempuh untuk melakukan pengangkatan anak yang keduanya adalah WNI

Syarat calon orang tua angkat (pemohon)
Pengangkatan anak yang langsung dilakukan antar orang tua kandung dengan orang tua angkat (private adoption) diperbolehkan
Pengangkatan anak oleh orang yang sudah/belum menikah juga diperbolehkan (single parents adoption)

Syarat calon anak angkat (bila dalam asuhan suatu yayasan sosial)
yayasan sosial harus mempunyai surat ijin tertulis dari Menteri Sosial bahwa yayasan yang bersangkutan telah diijinkan bergerak di bidang pengasuhan anak. Calon anak angkat harus punya ijin tertulis dari Menteri Sosial atau pejabat yang berwenang bahwa anak tersebut diijinkan untuk diserahkan sebagai anak angkat. Dan kalau ijin sudah lengkap baru deh mengajukan permohonan pengangkatan anak kepada Ketua PN yang daerah hukumnya meliputi tempat tinggal/domisili anak yang akan diangkat

301 comments
  1. rhani said:

    Wah terimakasih banyak atas ulasan jawabannya. Sebetulnya ingin bertanya lebih banyak tp takut merepotkan. Bolehkah?

  2. “really?”, “damn!”(6) Shaastra n. leader of revivalist cult; also proprietor of

  3. Linda said:

    Saudara saya minta tolong dicariin yang bisa bantu ngurus adopsi anak sampai selesai; mungkin bisa bantu kasih advis ? Dan biayanya kena berapa ? Tks

    • dewa said:

      mbak aku bisa urusin,bel saya di,

  4. Dian said:

    Anggara,
    Bagaimana caranya saya mengangkat keponakan. Kakak saya, istrinya dan keluarga setuju. Tapi saya tidak megerti step by step how to start it. Please advise.

  5. Lina Maulana said:

    Bapak Anggara

    Saya berminat adopsi keponakan di Jakarta. Saya warga negara America dan tinggal di San Fransisco . Saya mau tanya anak umur berapa bisa di adopsi? Apakah saya harus berada di Jakarta untuk proses adopsi?
    terima kasih atas bantuannya.

    Lina

    • ronald said:

      Saya dapat bantu Informasi Tlng Hub. sya di

    • trie said:

      sya mau cr org tua asuh u anak sya yg msh berusia 6bln d kandungan krn sya tk pnya biaya u melahirkan n sya tk mau ank sya lhir n telantar

  6. Dety Purnawaty said:

    Yth. Bp. Anggara,

    Saya mohon bantuannya untuk diterangkan proses adopsi anak.
    Teman saya akan mengadopsi keponakannya (anak adiknya yg tidak diurusi oleh adiknya tsb), apakah hrs ada persetujuan dr ortu anak itu? Teman saya rencananya akan membawa anak tsb ke London, krn teman saya telah mjd wrg negara Inggris.
    Bagaimana prosedur yg harus ditempuh oleh teman saya, agar dapat membuat kehidupan yg lebih baik untuk keponakannya. Terima kasih atas perhatiannya.

    • Siska said:

      Maaf siska tidak punya keluarga lagi karena Siska sepi tapi sedih ya.
      Mohon Kamu mau adopsi sama siska boleh apa?

    • sarlotha said:

      saya mau menjadi orang tua angkat dari anak ibu .berhubung aku udah 6 thn nikah belum dikarunia anak.udah usaha tapi belum juga.makanya aku mau jika ibu bersedia.

  7. diana said:

    Pak Anggara,
    saya dan suami (suami saya org Swedia) punya rencana mengangkat keponakan saya (anak dari kakak laki2 saya yg sedang mengalami kesulitan hidup) menjadi anak kami. Umur anak ini 10 tahun. Kalau menurut hukum swedia tidak ada masalah. Setelah anak ini kami angkat ia akan langsung dapat hak yg sama dengan anak2 swedia lainnya. Bagaimana prosesnya kalau di Indonesia. Apakah kami harus menggunakan jasa pengacara untuk ini?

  8. sony hariyanto said:

    Pak Anggara,
    saya dan istri sdh 3 thn menikah tapi blm dikaruniani anak,bagaimana cara mengangkat anak terutama yang dibawah satu tahun dan dimana? mohon informasinya saya berdomisili di padang sumatera barat, terima kasih atas informasinya

  9. susie said:

    saya bermaksud mengangkat anak / adopsi dari adik saya karena kecelakaan (hamil diluar nikah) bagaimana caranya karena tidak ada akte kelahiran dan saya hanya mendapatkan surat keterangan lahir, keluarga setuju karena itu untuk kebaikan adik saya yang masih kuliah, bagaimana caranya mendapatkan akte dan prosedur adopsinya sedangkan saya belum menikah

  10. ilham pratama said:

    saya mohon untuk bantuanya untuk menampilkan surat edaran mahkamah agung (SEMA) no.3 tahun 63

  11. FIRMAN said:

    SAYA MINTA TOLONG BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT SURAT ADOPSI YANG RESMI DARI PENGADILAN,SAYA PUNYA ANAK ANGKAT TETAPI SAYA BELUM RESMI MEMILIKI ANAK TERSEBUT KARENA SAYA BELUM MEMILIKI SURAT ADOPSINYA SAYA MOHON BANTUANNYA KARENA SUPAYA ANAK ANGKAT SAYA BISA RESMI JADI ANAK SAYA,DENGAN ADANYA SURAT ADOPSI MAKA SAYA AKAN TENANG KARENA ANAK ITU UDAH RESMI JADI ANAK SAYA,ANAK ITU ADALAH DARI ADIK IPAR SAYA YANG SUAMINYA SUDAH MENINGGAL 2TAHUN YANG LALU SAYA MOHON BANTUANNYA TERIMA KASIH

  12. inka said:

    punya banyak info tentang anak adopsi gak? kebetulan skripsi mau pakai tema ttg anak adopsi, esp for their self-acceptance and coping stress….
    -inka-

  13. Dahlia said:

    Pak Angara,
    Bagaimana cara kalau saya yang tinggal di luar negri mau adopsi anak dari adik kandung saya. apakah cukup dengan pengalihan dengan bantuan notaris saja. mohon informasinya.
    Tidak ada masalah dengan urusan luar negri

  14. Panda said:

    wah… gue koq masih bingung ya… terutama tentang domisili anak yg diadopsi tuch dan prosedur domisilinya.

  15. Tika said:

    maaf saya perlu data untuk skripsi tentang kasus-kasus adopsi dan juga putusan pengadilan mengenai permasalahan adopsi seperti kasus trafficking,waris,adopsi terhadap anak cacat dll.

  16. Meirna Koeswardhani said:

    Pak Anggara,

    Rencananya 2 bulan lg saya mau adopsi anak. Kira2 biayanya berapa & prosesnya berapa lama.

    Saat ini suami ada di luar Jawa dan saya ada di Yogya, apakah mungkin bila saya sendiri yg urus legal matter-nya? Apakah perlu surat keterangan dari suami?

    Thanks atas jawabannya.

  17. herlia said:

    dengan hormat kepada bapak ANGGARA,pak saya mohon jawaban pertanyaan2 saya,saya ibu dari 3 orang anak,saya punya planing menikah namun calon saya berada di luar negri,ketentuan apa yg saya harus jalankan andai saya harus berada bersama anak2 saya di negara tersebut atau calon saya sebaliknya tinggal di sini dengan hak asuh ke anak2 saya( INDONESIA )agar bisa bersama2 trimaksih atas jawaban nya

  18. donna said:

    Mohon informasi ada nda nama nama yayasan untuk mengadopsi anak ? Donna

  19. novitasari said:

    yth…

    Pertanyaan sy sm seperti sdri Linda, serta di daerah Jakarta Selatan dari Yayasan mana sy bs mengadopsi anak?…terima kasih atas jwbnnya…

    • ronald said:

      untuk bantu Informasi Tlng Hub. sya di

  20. Anggara said:

    Untuk Semua
    Terima kasih atas kunjungan anda ke blog Anggara Online

    @ Ibu Donna dan ibu Novitasari

    Mohon maaf karena saya tidak mengetahui nama yayasan yang bergerak di bidang adopsi anak

    @ Ibu Herlia
    Sebaiknya ibu memutuskan terlebih dahulu ibu akan tinggal dimana, karena menurut hukum Indonesia hak pengasuhan anak tetap berada di tangan ibu

    @ Ibu Meirna
    Saya tidak memastikan biaya dan proses karena tergantung dari letak pengadilan dan juga seberapa lengkap dokumen anda, anda bisa mengurus sendiri penanganan hukumnya namun tetap harus melampirkan beberapa dokumen terkait dengan suami anda

    @ Tika
    Mohon maaf saya tidak bisa membantu

  21. ary said:

    syarat adopsi bayi indo/max?

  22. Anggara said:

    Pak Ary bisa melihat postingan saya soal adopsi anak WNI oleh WNI

  23. aji said:

    Halo saya pengen nanya permohonan pengangkatan anak bisa tidak kalo dilakukan oleh anak itu sendiri yang usianya sudah cakap >21 tahun? karena dalam sema hanya mengatur pengangkatan anak oleh ortu saja, Mohon jawabannya…

  24. hardy said:

    surat edaran mahkamah agung (SEMA) no.3 tahun 63

  25. Anto said:

    Dapatkah Orang tua tunggal melakukan pengangkatan? trus bagaimana prosesnya?

  26. anggara said:

    dapat pak, lihat di postingan saya soal pengangkatan anak WNI oleh WNI

  27. diana said:

    saya ini mencari anak untuk di adopsi,tapi kalau bisa anaknya dari WNA atau mixed (WNI&WNA),kara suami saya dari WNA juga, tapi saya tinggalnya di indonesia.
    apakah itu bisa di dapati di jakarta?dan kalau bisa anaknya baru lahir,karna saya mau belajar bagai mana caranya jadi ibu
    karna,sampai sekarang saya belum di karuniai anak
    thanks

    • ronald said:

      Baru2 ini 15 Juli 2010 tetangga saya melahirkan di RS Bogor, karena ibu ini dari kel. tidak mampu dan biaya melahirkan melalui operasi bedah Cesar walaupun kelas 3 yang sebesar total 13 Jta mustahil dapat di tebus, ibu ini bermaksud mencari orangtua angkat yang mau mengadopsi anaknya tsb yang saat ini masih di RS. Bayinya Sehat, laki2 mix(WNI&KET. CHINA), Normal dg kulit Putih dan agak bule.
      dengan tujuan agar anak ini mempunyai masa depan yang lebih baik jika dirawat dan di adopsi oleh orang yang lebih mampu. untuk yang terketuk hatinya Hub.

  28. Dini said:

    2 tahun ini saya stay di malaysia karena menikah dengan chinese malaysian. Karena mengidap endomitriosis dokter menyarankan saya untuk adopsi anak. Bagaimana prosedur, syarat,biaya prosses adopsi? Dan dimana saya bisa adopsi anak?Tolong dijawab ya…..
    trims

    • asty said:

      salam, aku mungkin bisa bantu untuk mencari anak yang bisa diadopsi, krn tetanggaku lg hamil 5 bulan sedangkan anaknya sdh ada 8 orang dan dia pengen cari orang tua anggkat buat anaknya, dia dari keluarga baik2,

    • anggara said:

      @asty
      terima kasih atas bantuannya

    • Diana said:

      pak saya mohon tolong di carikan bayi yg baru lahir….saya ingin sekali mengadopsinya…
      dan saya juga mau bayi yang dari WNA atau ada keturunan dari WNA itu sendiri…
      dan apa saja syaratnya tolong di jawab…!!!

  29. Jenny said:

    Mr. Anggara,
    Allow me to say that your blog is very nice, however I saw many questions from Mrs. Diana, Mrs. Meirna, Mrs. Dini that you couldn’t answer promptly or give detail information, may be one of them need further legal advise or take legal action regarding her adoption cases.

    For your info, we have the similiar case with them, but right now we have a child since we have assisted by indonesian advocate through adoption, his name is Mr. Smbln, if Iam wrong i still keep him mobile phone number, or please visit his company web site (deleted by owner)

    thank you

    Jenny

    Comments from Anggara
    no link to other website please

  30. anggara said:

    @ Ibu Dini

    Anda bisa melihat postingan saya untuk pengangkatan anak WNI oleh WNA di https://anggara.wordpress.com/2006/11/18/tentang-adopsi-anak-wni-oleh-calon-orang-tua-angkat-wna/

  31. Dini said:

    thanks for jenny
    can i know ur email? If u can’t give me ur mail, please inform me via mail dyanie_xxx@xxx.com
    buat Mr. anggara
    saya sudah baca tentag adopsi anak wni oleh calon orang tua angkat wna, rasanya belum menjawab kondisi yang saya sedang hadapi sekarang. Karena sejak menikah saya sudah stay di luar negara, dan lagi saya masih warga negara indonesia. terimaksih

    Comment From Owner
    deleted for security reason

  32. anggara said:

    Ibu Dyanie, saya sudah jawab pertanyaan ibu melalui email, mohon dicek kembali

  33. susrie said:

    mohon bantuanya di mana tempat yg bisa untuk adopsi anak? karena saya sudah lama sekali ingin adopsi anak.

  34. anggara said:

    Ibu Susrie

    Ibu bisa menghubungi beberapa yayasan/rumah sakit, mereka biasanya mengerti tempat adopsi anak yang ibu maksud

  35. Anggraeni said:

    Jenny,

    May I know your email address? My email address is Anggraeni@xxx.com. I am an Indonesian of 35 years old and my husband is an expat of 47 years old. We want to adopt an Indonesian kid. I am not sure if it is still possible to adopt a kid since although I am still under the maximum age criteria, but I hear that the maximum age criteria for expat parents who want to adopt a kid must be 45 years old.

    Could you give me information about that.

    Thank you.

    comment from moderator
    email address deleted for security reason

  36. nunung sumarni said:

    Pak Anggara yth
    saya tinggal di canada,bermaksud mengadopsi keponakan saya diIndonesia dan saya sudah menikah denga orang canada saya masih berkewargaan indonesia sementara suami sayawarga canada, bagai
    mana syaratnya Pak.
    terimakasih sebelumnya

  37. anggara said:

    @ Ibu Nunung

    Anda bisa lihat artikel saya di bagian archieves mengenai proses adopsi anak atau anda bisa lihat di sini https://anggara.wordpress.com/2006/11/18/tentang-adopsi-anak-wni-oleh-calon-orang-tua-angkat-wna/
    Terima kasih

  38. Endah said:

    Pak Anggara Yth,

    Saya punya anak perempuan, usia 14 1/2 thn, karena saya sudah tidak mampu lagi untuk menyekolahkannya, maka akan diadopsi untuk disekolahkan oleh kakak kandung saya yang sudah WNA dan tinggal di Amerika. Bagaimana Pak, apakah bisa memperoleh informasi yang lengkap, dan apakah bisa dan apa syarat-2 nya. Sebelumnya terima kasih.

  39. pak anggara Yth.

    saya punya putri berumur 4 thn tetapi setelah saya cerai anak saya ikut sama mantan suami dari dua thn yg lalu.tetapi saya ingin mengasuh dan mengambil anak tersebut.perlu diketahui bahwa putri saya adalah bukan anak kandung dari mantan suami.untuk itu apakah saya bisa mendapatkan kembali putri saya tersebut?karena bagaimanapun anak itu adalah darah daging saya sediri.demikian pertanyaan saya yg sangat saya anti nantikan.terima kasih sebelumnya atas bantuanya.

  40. @masriyah

    bisa saja bu, namun prosedurnya mungkin agak sedikit rumit dan ibu membutuhkan jasa seorang penasihat hukum

  41. Sylvester said:

    Mr. Anggara,
    Saya mempunyai seorang keponakan (anak dari adik perempuan) saya yang baru berusia 1,5 bulan. Anak ini karena kelahiran di luar perkawinan yang sah, sementara bapaknya sudah beristeri, hendak kami adopsikan kepada keluarga yang belum atau mengharapkan keturunan lagi. Bayi ini berjenis kelamin laki-laki. Saat ini beratnya 3,3 Kg dan panjangnya 57 cm. Kebetulan Undang-undang juga mewajibkan bahwa orang tua yang hendak mengadopsi anak harus seagama dengan sang anak. Karena itu, sekaligus saya menginformasikan bahwa agama sang anak adlah Katolik. Saat ini bayi tersebut dalam asuhan saya dan keluarga di Bandung.
    Terima kasih untuk bantuannya.
    Salam.

    Comment
    @Sylvester
    Bapak temannya pak banyu yaa, kalau iya salam dari saya pak. Mungkin bapak membutuhkan jasa seorang penasehat hukum pak, untuk memperlancar prosesnya

  42. Robby said:

    Yth :Bapak Anggara,
    Di : Tempat
    Saya punya pertayaan buat Bapak yang menyimpang dari temanya Bapak yaitu: adopsi anak.
    Yang jadi pertayaan Saya yaitu : Apa akibatnya bila oarang tua yang siap menjadi bapak tapi tidak megerti tentang anak dan apakah akibatnya bila orang tua yang tidak siap menjadi bapak tapi megerti tentang anak.
    Teirma kasih atas bantuanya.
    salam.

    Comment
    wah kalau itu sih, lebih ke masalah moral, masalah hukum baru muncul saat ada hak-hak anak yang terlanggar. Hal itu diatur melalui Konvensi Hak Anak, UU Perlindungan Anak, dan UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

  43. Pak Anggara Yth,
    Saya punya anak perempuan, usia 17 1/2 thn, karena saya sudah tidak mampu lagi untuk menyekolahkannya, maka akan diadopsi untuk disekolahkan oleh kakak kandung saya yang sudah WNA dan tinggal di Belanda. Bagaimana Pak, apakah bisa memperoleh informasi yang lengkap, dan apakah bisa dan apa syarat-2 nya. Sebelumnya terima kasih.
    Salam

    comment
    @ Pak deden

    mohon lihat di https://anggara.wordpress.com/2006/11/18/tentang-adopsi-anak-wni-oleh-calon-orang-tua-angkat-wna/

  44. dewi said:

    salam,

    saya hanya ingin bertanya tentang konsekuensi pengangkatan anak.

    bagaimana hak anak angkat dalam kewarisan?
    sepertinya tidak ada ketegasan tentang hal tersebut bila dikaitkan dengan UU Perlindungan Anak.

    Apakah karena hal tersebut merupakan bagian dari hukum privat yakni hukum keluarga?

    mohon penjelasannya.

    terimakasih

  45. anggara said:

    @ Ibu Dewi
    anak angkat tidak mempunyai hak waris bu. UU Perlindungan anak memang tidak mengatur tentang masalah waris dan pengangkatan anak

    • mozes said:

      apakah benar anak adopsi tidak dapat hak waris?????krn saya anak adopsi yang bary saya tau setelah kedua orang tua angkat saya meninggal dunia…….jadi anak angkat sejahtera hidupnya kalo masih ada ortu angkatnya…….kasian banget ya nasib saya……..tolong di jawab ya….

  46. Tien said:

    Saya dan suami sudah menikah 6 thn, karena belum juga mendapatkan keturunan, kita memutuskan untuk mengadopsi anak (keponakan) . Kebetulan kakak saya juga sutuju kalau kita mau dan ingin mengurus dan memberikan pendidikan kepada anaknya, tapi yah itulah masalahnya kita tidak tahu bagaimana dan dimana cara mengurusnya?
    Saya harap Bapak bisa memberikan jawaban dan informasi yang saya dan suami sagat perlukan.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat kami

  47. anggara said:

    @ Tien

    Mohon dilihat artikel terkait di bagian archives mengenai pengangkatan anak, ibu bisa kirim email langsung ke email saya bu untuk pertanyaan lebih lanjut. email saya bisa dilihat di bagian FAQ

  48. agung maulana said:

    Assalamullaikum

    Salam Persaudaraan

    Dengan Hormat,..nama saya Agung Maulana, saya tinggal di Bali…saat ini saya sangat membutuhkan informasi tentang orang tua atau pasangan suami istri muslim,..yang sampai saat ini belum memiliki keturunan/ anak, dan berkeinginan untuk adopsi anak. Mungin bapak/ibu berkenan memberikan informasi ttg hal tersebut. Informasi itu sangat berkaitan erat dengan permasalahn rumah tangga yang sedang saya hadapi saat ini. Apabila Anda interst dgn informasi ini,..sudi kiranya menghubungi saya via e-mail : agung_maulana80@xxx.com.
    Mudah-mudahan atas dasar kehendak Allah permasalan keluarga kami dapat teratasi dari informasi,pendapat dan nasihat Anda.
    Terima kasih atas informasi yang Anda berikan dan semoga Allah memberikan Hidayah dan Rachmatnya bagi kita semua

    Wassallam

    Agung Maulana

    comment from owner
    email deleted for security reason

  49. anggara said:

    @agung
    untuk proses adopsi anak, bapak bisa melihat postingan saya tentang proses adopsi anak WNI oleh calon orang tua WNI di https://anggara.wordpress.com/2006/11/18/tentang-adopsi-anak-wni-oleh-calon-orang-tua-angkat-wni/
    jika membutuhkan info lebih lanjut, anda bisa memilih seorang penasehat hukum untuk memproses adopsi anak yang hendak anda lakukan

  50. agung maulana said:

    maksud saya mas anggara saya meminta bantuan langsung sama mas anggara barangkali mas anggara tau siapa orangtua atau pasangan sumi istri yg membutuhkan anak saya ingin memberikannya mohon bantuannya mas

  51. anggara said:

    @agung
    mohon maaf saya tidak bisa membantu

  52. herry said:

    mas sy mau bertnya,
    1. bagaimn prosedur pengangkatn anak di Indonesia?
    2. bagaimn status anak tersebut dengan kedua orang tua aslinya dan dengan orang tua angkatnya menurut hukum positif?

    jawabanya d tunggu!

    terima kasih

  53. anggara said:

    @herry
    prosedurnya anda bisa lihat pada postingan lain di blog ini, mengenai statusnya tergantung dari konteksnya pak, jika soal nikah dan waris maka kedua orangtua aslinya masih berperan kalau mengenai soal-soal lain di luar itu antara anak angkat dengan orangtua aslinya hanya ada hubungan biologis dan bukan hubungan hukum

  54. jho said:

    Bp Anggara, bisa tolong saya sampaikan ke Saudara Sylvester, saya berminat mengadopsi keponakanya, saya juga beragama Katolik. bisa hubungi saya melalui e-mail (emelldenn@xxx.com) atau ke no tlp saya (974-6597669) sekarang saya sedang tidak di indonesia anda bisa hub melalui SMS ke nomor di atas.
    Saya jg mengharapkan mendapat No tlp or alamat e-mail yg bisa saya hub melalui Bpk. Terimakasih

    NB:
    saya sudah kirim email ke anda

  55. jho said:

    Terimakasih banyak atas bantuanya, maaf kalo kami jd merepotkan Bpk.

  56. tyoz said:

    perlu bantuan asuh anak muslim

  57. anggara said:

    @tyoz
    maaf tidak bisa membantu

  58. Yoke said:

    Pak Anggara,
    saya mohon informasi dimana bisa mengadopsi anak secara legal namun tanpa prosedur yang rumit.
    Terima kasih.

  59. ninngrum said:

    pak anggara saya pingin adopsi anak bagaimana proses dan ketentuan yang harus dijalani

  60. anggara said:

    @yoke dan ningrum
    untuk prosedur adopsi anda bisa melihat postingan saya di bagian archieve, mengenai proses faktualnya sebaiknya anda memakai jasa seorang advokat
    terima kasih

  61. agung said:

    Pak anggara bagaimana status anak angkat soal pembagian warisan, memang dalam UU Perlindungan anak tidak ada, saya pernah dengar ada Surat Edaran Mahkamah (SEMA) tentang hal ini , tolong dibantu pak mengenai hal yang saya maksud terimakasih

  62. anggara said:

    @agung
    sepengetahuan saya, anak angkat hanya mendapat warisan dari orangtua kandungnya tetapi tidak dari orangtua angkatnya

  63. puteri saraswati said:

    Pak Anggara,
    Status saya belum menikah, tapi saya ingin menagdopsi bayi. Menurut artikel yang saya baca seorang yang belum menikah boleh mengadopsi anak. Syarat apa yang diperlukan dan bagaimana proses adopsinya agar anak yang saya angkat sah secara hukum dan mendapatkan akte kelahiran yang biasanya diminta pada saat nanti si kecil akan sekolah.
    Saya mohon jawaban dari bapak.. Terima kasih sebelumnya..

  64. anggara said:

    silahkan baca syarat berikut https://anggara.wordpress.com/2006/11/18/tentang-adopsi-anak-wni-oleh-calon-orang-tua-angkat-wni/

  65. brian said:

    dear pak anggara,
    saya janda, 40 thn, bekerja, 2 anak (11 & 13 thn), perempuan,
    bermaksud mengadopsi keponakan saya, usia 2 bulan, perempuan, ortu lengkap. keponakan saya didiagnosa menderita kelainan jantung. ortunya tidak sanggup membiayai. Saya bermaksud mengadpsi/mengasuhnya dengan dasar hukum yang jelas sehingga bisa mengupayakan hak dan jaminan sosial juga bagi keponakan saya. Apa yang harus saya lakukan. kalau tidak merepotkan, mohon jawaban private saja. terima kasih.

  66. anggara said:

    @brian
    sebaiknya ibu menggunakan jasa advokat untuk mengurusnya bu

  67. ass…
    bolehkah saya bertanya kepada bapak/ibu yg bersangkutan
    1.bagaimana cara pengangkatan anak tidak sah, berserta kedudukan nya?
    2. motivasi pengangkatan anak?
    3. sahnya pengangkatan anak?
    4. akibat hukum pengangkatan anak?
    makasih banyak atas waktu yg telah di berikan
    wasslm……..!!!!!!!!!!!!!

  68. anggara said:

    @dimas
    ada beberapa artikel di blog ini yang wajib anda baca untuk menjawab pertanyaan anda

  69. rama said:

    saya mo cari orang tua asuh wat anak saya, thx

  70. rama said:

    saya mo cari orang tua asuh bagi anak saya, thx

    • lina marlina siregar said:

      saya bersedia untuk mengadopsi anak. saya dah lima tahun menikah belum dikaruniakan anak

  71. anggara said:

    @rama
    semoga dapat bertemu yaa

  72. tedi said:

    permisi..

    saya mau cari orang tua asuh untuk anak dari teman saya, anaknya masih dalam kandungan, dan kandungannya sudah 3 bulan.. tapi dia mau orang tua asuhnya beragama katolik karena dia juga beragama katolik.. bila ada yg berminat, bisa contact saya ke dingindingin@gmail.com

    terima kasih..

  73. tedi said:

    oh iya, ada 1 lagi syaratnya, orang tua asuh bertempat tinggal di jakarta.. terima kasih

  74. anggara said:

    @tedi
    mudah2an ada yang bisa bantu

  75. eva said:

    mas, saya bermaksud mau adopsi anak teman. Tman saya mengalami kehamilan yang tak diinginkan (kecelakaan). Saya bermaksud mengadopsinya lansung begituanak itu lahir….saya baca di posting bapak katanya adopsi anak syah apabila diserahkan lansung oleh si orang tua kandung (ibu ) kepada orang tua angkat. Saya masih bingung nih mas,berarti saya gak perlu urus lagi ke pengadilan? Sebab si Ibu menginginkan dalam akte kelahiran yang dibuat adalah nama saya dan nama suami sebagai orang tuanya
    atas bantuannya terima kasih mas

  76. anggara said:

    @eva
    kalau keinginannya seperti itu, sepertinya enggak bisa, yang bisa dilakukan adalah jalan adopsi dengan mengajukan permohonan ke Pengadilan

  77. john said:

    mas, saya berkeluarga 4 th lebih blm dikaruniai anak, sy dan isteri bermaksud adopsi anak, tp yang masih bayi, sy 31 th PNS, isteri 28 th bekerja dirumah. mohon dapat dibantu. thanks

  78. anggara said:

    @john
    dibantu bagaimana pak

  79. john said:

    maksudnya dicarikan anak..mungkin diantaranya mengiformasikan kpd kami anak adak yang ditingal di RS misalnya…

  80. john said:

    atau diantara teman-teman ada yang mau menitipkan pengasuhan anaknya kepada kami, insya allah kami siap..asal masih bayi…

  81. john said:

    boleh juga saya dihubungkan dengan pengirim e-mail juni 11 2008, a/n rama, thx

  82. anggara said:

    @john
    maaf saya tidak bisa membantu

  83. syena said:

    Pak Anggara,

    Tante saya mau adopsi saya , padahal saya sudah berumur 40 th ( orang tua sudah meninggal ).
    Tante saya itu menginginkan saya untuk menjadi ahli warisnya baik miliknya sendiri maupun aktiva yang berasal dari neneknya berupa rumah yang belum dibagi ( tante saya masih memiliki saudara ).Apakah menjadi ahli waris harus melalui adopsi ? dengan adopsi apakah bisa langsung mewarisi hartanya dan harta peninggalan orang tuanya? dan apakah memungkinkan adopsi anak saat berumur 40 th sedangkan Tante saya berumur 70 th?
    Terimakasih banyak

  84. Saya dan suami berfikir untuk adopsi, Saya warga negara Indonesia suami saya berasal dari Spain, kami tidak tidah tinggal di Indonesia untuk sementara karena suami saya kerjanya pindah pindah dari satu negara ke negara yang lainnya. Saya mau tahu apa saja syarat syaratnya? dan berapa jumlah uang yang harus kita kasih? Terimakasih.

  85. anggara said:

    @syena
    adopsi, sudah tidak bisa dilakukan bila sudah tua, dan anak adopsi tidak bisa menjadi ahli waris dari orang tua angkatnya, tapi bisa menjadi penerima hibah

    @sofia
    sepertinya sulit, bu karena ada beberapa persyaratan yang tidak bisa dipenuhi

  86. Rafael said:

    3 bulan yl istri saya melahirkan anak kembar, salah satu sekarang dirawat oleh pasangan suami istri yang ingin mengadopsi anak kami, karena suatu hal sekarang saya berubah pikiran dan ingin mengajukan tuntutan secara hukum agar anak kami bisa kembali, tolong informasi nya apa yang harus kami lakukan, terima kasih.

  87. John said:

    Kami ingin adopsi bayi. Adakah yg punya info dimana kami dpt adopsi anak? Khususnya di wilayah Solo.

  88. atiek said:

    Yth. Pak Anggara, mohon penjelasannya bagaimana cara mengurus akte kelahiran anak adopsi yang sudah ada surat penetapan dari Pengadilan Agama. Akte kelahiran atas nama orang tua kandung juga belum ada, karena anak tersebut hasil pernikahan siri (belum ada akte nikahnya).
    Demikian Pak, mohon penjelasannya. Terima kasih banyak sebelumnya.

    • anggara said:

      @atiek
      seharusnya ada akta kelahiran dari anak tersebut, meski orangtuanya hanya ada orang tua tunggal. Mengurusnya silahkan ke Kantor Catatan Sipil di tempat anda

  89. Irfan said:

    Pak Anggara, saya berniat mengadopsi anak hasil hubungan di luar nikah. Apakah bisa membuat akte tanpa nama orang tua?
    trus step apa yang harus saya lakukan untuk mengadopsi anak tsb?
    fyi, anak tsb dari daerah Jepara sedangkan saya tinggal di Bekasi.

    • anggara said:

      @irfan
      ada beberapa persyaratan, termasuk ijin dari orang tua dan ada pula persyaratan umur si anak itu sendiri

  90. aq ijin re-post mas

    • anggara said:

      @tips kecantikan
      silahkan saja

  91. Mariah said:

    pak anggara ..saya suami istri sdh 7 th blm mempunyai anak. rencananya saya ingin mengadopsi anak dari adik saya. bagaimana caranya ?? dan proses yg tidak terlalu rumit.
    terima kasih

  92. aisyah said:

    pak Anggara, aku WMI menikah dengan WNA, apakah syarat2 kami untuk adopsi anak WNI? dan kira-kira memakan waktu berapa lama ya? dan apakah saya bisa adopsi anak tanpa suami saya?,karena jika WNA mungkin agak sulit ya..mohon bantuannya ya pak, trims

  93. dytha said:

    dimana yayasan untuk adopsi anak( umur 6 – 8 bulan ) di jakarta dan syarat apa saja…

  94. Merdhika said:

    saya ingin membuat skripsi mengenai kewenangan pengadilan agama mengenai adopsi anak..

    maaf apakah anda bisa membantu saya mengenai dasar hukum serta prosedur2nya? terimakasih sebelumnya pak anggara.

  95. okhie said:

    assalamualaikum..
    hm…
    biz bc2 jd penasaran ne pak..
    kalo boleh nanya nech..
    1.misalkan seseoarang hamil diluar nikah,apakah anaknya bisa diadopsi oleh orang lain.?
    2.apa saja syaratnya.?
    3.misalnya ada seorang anak asuh,bukankah seharusnya dia bisa menjadi alih waris dari orang tuanya.?
    4.apabila seseorang hamil diluar nikah,bisakah anaknya ditaruh di sebuah yayasan.?,soalnya dari tadi saya liat banyak yang menginginkan mengambil anak dari sebuah yayasan.
    5.apa saja syaratnya.?

    terima kasih atas jawaban yang akan diberikan
    khie_the13th@yahoo.co.id

    • anggara said:

      @okhie
      1. bisa
      2. syaratnya silahkan lihat di entry lain pada blog ini
      3. anak asuh hanya menjadi pewaris dari orang tuanya
      4. biasanya anak-anak ditinggalkan di sebuah yayasan
      5. syarat apa yaa

  96. okhie said:

    nb:
    bolehkan kapan2 nanya lagi pak.??

  97. astrid said:

    saya sedang mencari pasangan yang mau mengadopsi anak saya yang mungkin 1 atau 2 minggu lagi akan lahir.saya tidak bisa menceritakan disini tapi bila da yang berminat tolong hubungi saya…

  98. astrid said:

    saya keturunan tionghua begitupun ayah anak saya tolong email ke acied_je@yahoo.com atau telp ke 021-91818168.

  99. lia said:

    Saya seorang WNI menikah dengan seorang WN Belanda 12 tahun yang lalu dan sejak menikah kami berdomisili di Belanda sampai sekarang. Sampai saat ini saya masih berstatus sebagai WNI dan kami bersepakat untuk mengadopsi seorang anak WNI yang nantinya akan kami bawa ke Belanda karena kami bedomisili di Belanda. Apakah kami keinginan kami ini bisa terealisali? dan Bagaimana cara serta syarat dan prosedurnya?

    Sebelumnya saya haturkan terimakasih…..

    • anggara said:

      @lia
      terima kasih, silahkan lihat disini untuk aturannya

  100. beta said:

    bapak Anggara, maaf kalau pertanyaan saya merepotkan,,,
    apakah pengangkatan anak itu hanya boleh dilakukan di pengadilan saja? karena saya baca di PP begitu.. tp di praktek, saya lihat catatan sipil gak ngurus itu anak adopsi atau bukan, pokoknya yang mau mencatatkan anaknya tinggal ngisi formulir, dikumpul, udah dehh jadii..

    saya mohon jawabannya.. karena saya sempat berdebat dengan dosen saya karena hal ini..

    terimakasihh

    • anggara said:

      @beta
      untuk pengangkatan anak memang harus melalui pengadilan, KCS hanya mencatatkan saja jika sudah ada penetapan dari pengadilan, dalam kasus yang anda sebutkan, saya no comment deh

  101. beta said:

    injih…

    maturnembahnuwun sanget…..

    • anggara said:

      @beta
      sama-sama

  102. beta said:

    trimakasih bapak…
    kapankapan kalau saya debat lagi sama dosen, saya tanya bapak lagi ya….

  103. janue said:

    saudara saya sudah menikah selama kurang lebih 10 tahun, mereka belum juga dikaruniai anak oleh Allah swt, dan mereka ingin sekali mengadopsi seorang anak, bagaiman tahapan – tahapan yang haris dilewati untuk mengadopsi seorang anak. dan langakah alternatif bila mana tahapan – tahapan tersebut tidak dapat dilaksanakan. mohon petunjuk?kami akan sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan…semoga Allah membalas kebaikan anda…amieeenn…..

    • anggara said:

      @janue
      silahkan pelajari aturan-aturan ini

  104. nana said:

    salam kenal pak anggara saya mau minta tolong dengan pembaca disini boleh ya pak,saya ingin sekali mengadopsi seorang anak perempuan yang akan saya rawat dan sayangi seperti anak sendiri adakah yang bisa membantu saya…tlg hub di no 0818212xxx trimakasih (no dihapus oleh pemilik blog)

  105. dimas said:

    maaf…
    jika, sudah ada ksepakatan untuk mnyerahkan bayi yg bru di lahirkan, apakah akte klahiran sudah bisa langsung di atas namakan si penerima!?
    (tanpa adopsi)

    apakah bisa??

    dan, kalimat2 apa yg tidak menyalahi pasal dalam perjanjian pnyerahan bayi tsb…??

    • @dimas
      yang dapat diminta adalah akta pengangkatan anak bukan akta kelahiran

  106. beta said:

    Bapak, maaf ngrepoti lagi…
    beta mau tanya lagi.
    persyaratan dan prosedur untuk adopsi anak oleh orang tua tunggal itu apa sama kaya adopsi oleh double parent?

    • @beta
      ada perbedaan silahkan lihat disini aturannya

  107. nina said:

    saya wanita umur 25 tahun belum menikah rencana akan menikah taon depan..saya ingin mengadopsi anak klo bisa laki..saya keturunan tionghoa beragama kristen tingal dijakarta..ada yang bs kasi saya informasi. terim kasih..

  108. Calon Papa-Mamanya Aprilia. said:

    Bapak Anggara, saya mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya ini mungkin sudah sering ditanyakan orang, tapi saya pengin tau jawaban yg sebenarnya.

    Saya mendatangi Kantor Pengadilan Negeri di Kota saya Kediri – Jatim
    – menanyakan langkah-langkah untuk penetapan anak adopsi untuk saya.
    dan saya tanyakan sekalian berapa biaya nya.

    Jawabannya , begini : BIAYANYA NANTI SAJA, YANG PENTING ANDA LENGKAPI DULU PERSYARATANNYA – TITIPKAN UANG 500 RB. UNTUK BIAYA AWAL.

    saya jadi bingung Pak, petugasnya saya desak untuk mengatakan yang sebenarnya tentang jumlah angkanya, jawabnya tetap GAMPANG nanti SAMBIL JALAN.

    Sebenarnya berapa sih pak biaya ????

    saya akan adopsi anak adik kandung istri saya.

    trima kasih, Bapak sudah membaca keluhan saya ini.
    semoga pertanyaan ini juga bisa membantu orang yang mempunyai kesul;itan yang sama dengan saya.

    • anggara said:

      @calon papa-mamanya aprilia
      kalau soal sikap pegawai pengadilan saya no comment deh, saya sendiri tidak tahu berapa biaya pastinya untuk adopsi anak

  109. wjaya said:

    saya menikah sdh 9 thn dengan warga negara asing, saya berniat untuk adopsi anak dan anak tersebut sdh ada dan sekarang berusia 4 thn wni.yang ingin saya tanyakan bagaimana dan persaratan apa agar saya bisa membawa anak tersebut ke jepang dan bisa syah diakui dimana saya tinggal. saya tunggu balasannya dan trimakasih sebelumnya.

    • anggara said:

      @wijaya
      silahkan ditanyakan di Kedubes Jepang tentang prosedurnya, mohon maaf saya tidak bisa membantu

  110. Hannawati said:

    Assalamualaikum,Wr.Wb
    saya menikah sdh 6 th lebih belum punya keturunan saya mau adopsi bayi bisakah bantu saya dan bagaimana prosedur yg benar. Trims

    • anggara said:

      @hannawati
      silahkan cek entry lain di blog ini

  111. rina said:

    Saya menikah sudah 5 tahun..belum dikarunia anak,karena ada kista dan mium dirahim saya..saya ingin mengadopsi anak perempuan maximal umurnya 2 tahun..kalo bisa turunan chinese atau campuran chinese dengan WNI..
    Apakah pak anggara punya informasi tempat adopsi anak di kota bandung?

  112. sri said:

    pa saya baru nikah 6 bulan bagaimana saya kalo mau mengadopsi anak?katanya harus 5 tahun dulu tapi pas saya tanya pada pengacara ga papa,yang benar itu yang mana ya pa?saya mau ngambil yang umurnya minimal 1 thn maksimal 2,5 tahun. dan kenapa sih pak ko sussah banget kalo mau adopsi dilihat dari persyaratannya.
    terima kasih ya pak.

    • anggara said:

      @sri
      silahkan lihat di sini

  113. wahyu said:

    saya ingin sekali adopsi bayi tpi hingga saat ini belum juga ada yang bisa memerikan seorang bayi tuk saya adopsi dan saya sudah coba ke yayasan balita tapi prosedurnya susah, apa kah ada yang mudah, jika memang ada yang mudah tolong informasikan kesaya ya saya mohon

    • anggara said:

      @wahyu
      saya tidak bisa bantu untuk itu

    • Duddy said:

      Mas wahyu, punya no telp atau email 081220822xxx –> Duddy dmsili di bandung (di edit oleh pengelola)

    • aas said:

      saya ingin memberikan anak saya buar diadopsi skg lg hamil 8 bulan tp sebagai kompensasinya saya mta ditanggung biaya persalinan dan pemulihan krn selama 3 bulan setelah sy melahirkan sy blm bisa kerja.

  114. marsha said:

    pak saya anak usia 18 tahun.. saya ingin skali kuliah tpi tidak ada biaya..
    bisa kah anda mncarikan orang tua yang mau membiayai kuliah saya..

    • anggara said:

      @marsha
      saya tidak bisa bantu anda

  115. Lina said:

    Selama Siang.
    Saya mau menanyakan tentang adopsi anak yg di lahirkan oleh orang WNI dan WNA yg sekarang bertempat tinggal di Indonesia.
    Apa aja persyaratannya? Yang mengadopsi adalah org WNA.

    Terima kasih atas waktunya.

    • anggara said:

      @lina
      silahkan lihat entry saya yang lain soal adopsi, saya sudah kasih juga aturannya

  116. Dini Astuti said:

    Pak Anggara,
    Apa benar syarat mengadopsi harus sudah menikah min. 5 th? Kalau iya ada undang2nya tidak? Makasih…

    • anggara said:

      @dini
      silahkan lihat disini

    • sita said:

      bagi yg ingin megadopsi anak hub.

  117. abahhaji said:

    Mr. anggara

    saya adalah anak adopsi (surat adopsi dari PN Blitar ) orang tua angkat saya tidak punya anak , keduanya sekarang ini sudah meninggal dunia dan meninggalkan harta warisan dua bidang tanah yang satu bidang tanah harta asal sudah di jual dan di bagi kan kepada saudara orang tua / pewarisnya, sedangkan yang masih ada satu bidang tanah yang dulu asalnya dari gono gini , Pertanyaan saya 1. apakah harta ini bisa saya kuasai sendiri sedangkan saudara orang tua saya baik dari ibu dan ayah sekarang ini meminta bagian, dan akan menuntut secara pidana dan perdata . karena saya merasa tanah ini saya yang berhak selanjutnya saya jual dan uang saya kuasai sendiri. 2. apakah dalam gugatan pidana dan perdata nantinya saya akan kalah .

    • anggara said:

      @abahhaji
      sependek ingatan saya, anak adopsi tidak punya hak mewaris

  118. Wira said:

    Saya wira cowok 23 thn dr kluarga Katolik(Chinese) yg hancur,Saya pngen punya background keluarga yang utuh ada gak y????saya sudah hidup sendiri…..
    tolong klo ada yang mau mengangkat saya sebagai anak angkat saya sangat berterimakasih…….

  119. Harry said:

    Pak Anggara,
    Untuk pengurusan adopsi anak, melalui PN, apakah ada lembaga atau badan yg bisa meng-assist pengurusannya? Jika semua syarat2x dapat di penuhi. Boleh kah saya tau estimate biaya pengurusannya ke PN dan lama waktunya proses.

    Terima kasih.

    • anggara said:

      @harry
      silahkan lihat disini

    • sita said:

      sy pingin mengadopsikn anak sy. kalau saudary mau hub.. ttp harus memunuhi syarat.
      status suami istri, soleh /soleha,mapan dan tidak pux keturunan.

  120. sita said:

    assllam…
    saya baru saja melahirkan se0rg anak permpuan…tp sy blum bisa merawatx n ngga sanggup menjadi ibu yg baik…sy ingin ada org tua yg akan pengadopsix n menjadikan bayi ini seperti anaknya sendiri…kalau ada yg mau hub. sy ke . trimah kasih…

  121. ayu said:

    Saya dan suami ingin adopsi anak campuran wni dan wna. suami wna belanda. kami tinggal di bali. saya dan suami bekerja di perusahaan yang sama di bali. kalau ada yang tau info tentang anak campuran yang mau di adopsi, plz hub saya di or thx (dihapus demi keamanan anda)

    • putri said:

      to ayu, sya bru liat blognya, sy amau ngadopsi anak campuran, WNI dan WNA. lumayan sulit, bsa tolong ksih tau di mna? karna anda tau info, but being deleted in here. please hub sya di email

  122. imelda said:

    Pak Anggara,saya mau adopsi keponakan saya,soalnya keponakan saya itu mamanya( alias kakak perempuan saya )sudah meninggal sejak keponakan saya baru lahir.sedangkan papanya sudah menikah lagi dan tidak pernah mengasih uang bulanan untuk anaknya ataupun menengoknyapun sangat jarang.saya ingin minta tolong kepada bapak anggara,syarat apa saja yang harus saya punya.sebelum dan sesudahnya terimakasih pak anggara.

    • anggara said:

      @imelda
      silahkan lihat entry ini

  123. Sarah said:

    Yth Mr. Anggara…
    Jika WNI ingin mengadopsi anak WNA apakah bisa…?
    dan bisa mnta tolong ditunjukkan dasar hukumny…?
    trimaksih…

    • anggara said:

      @sarah
      bisa, silahkan di cari di blog ini

  124. lia said:

    assalamualaaikum pak.
    saya mohon jawaban darai bapakmengenai anak :
    1. saya seoarang muslim dan ingin mengaopsi anak yang tidak sah, artian kata anak zina, menurut bapak apakah hal tersebut boleh
    2. dari segi hukum di indonesia, apakah hal tersebut boleh?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  125. ade said:

    malam,
    saya mo tanya syarat2 yang harus dilengkapi untuk adopsi anak apa ya?

  126. ade said:

    satu lagi ketinggalan ne…..

    1. saya seoarang muslim dan ingin mengaopsi anak yang tidak sah, artian kata anak zina, menurut bapak apakah hal tersebut boleh
    2. dari segi hukum di indonesia, apakah hal tersebut boleh?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  127. ika said:

    Asty, saya baru baca email anda hari ini. saya mo tanya, apakah sudah ada yang mengambil anak tetangga anda itu?? dan anak nya pst udah lahir kan?? anaknya cewek apa cowok ya??? dan kebetulan saya dan suami saya lagi cari anak, dan kami sudah menikah 3 thn lebih… dan satu lagi, anda tinggal di daerah mana ya??? tks banget info nya

  128. nana said:

    mohon info tentang dimana sy bisa mengadopsi anak,
    makasi infonya…

    • nona said:

      Siang Ibu
      Saya mahu tanya kalau ibu serious apa enggah buat adopsi anak.
      Kalau benar benar mau adopsi anak e-mail dauluh ke alamat ini terimakasih.

  129. neneng said:

    Sya sudah menikah hampir 7 thn, belum dikarunia anak. Saya berasal dari Kalimantan Selatan yang menginginkan adopsi anak yatim/yatim piatu yang orang tua-nya berasal dari Kalimantan juga

    Mohon info-nya kalau ada, hub. hp sya

    Terima kasih atas bantuan rekan2 semua

    Wassalam,
    Neneng

  130. Eva said:

    So, klo wanita yang belum pernah menikah bisa mengadopsi anak, klo boleh bisa info detail persyaratannya???Sekalian klo bisa sich tolong di infokan atau advice beberapa tempat pengadopsian anak yang ada di indonesia sekitar pula jawa/Bali!!!

    • anggara said:

      @eva
      Ada koq persyaratannya saya tulis di entry yg lain🙂

  131. Diana said:

    saya ingin sekali mengadopsi anak yang kira2 baru lahir
    d mana kah saya bisa mendapatkan itu….dan kira2 berapa biayanya???
    atau orang tua yg tidak sanggup memebayar rumah sakit…

    tolong di balas…..

  132. lina said:

    Saya lagi mau nulis skripsi tentang anak dalam kandungan dalam prespektif hukum islam tapi terhalang karena belum ada bukti bahwa kejadian tersebut belum atau tidak pernah terjadi masyarakat. Tolong aku dong, yang punya data mengenai hal itu………..thanks……………….

  133. setiawan nur wahdiyanto said:

    maaf mau tanya,, bgaimana status anak yang tidak diketahui orang tuanya,, dalam hukum islam dan hukum positif….terhadap orang yang memungutnya ada perbedaannya g??

    misalnya dalam perwalian jika anak tersebut perempuan atau warisan,, kan anak tersebut tidak diketahui orang tuanya, terimakasih….???

    • anggara said:

      @setiawan
      Kalau diadopsi tentu beda statusnya dan tidak berhak atas mewaris

    • setiawan Nur w said:

      klo adopsi menurut hukum islam memang tidak ada hubungannya antara orang tua pak,, karena suatu saat pasti akan kembali kepada orang tua kandungnya,,

      lha bagaimana klo anak yang tidak diketahui orang tuanya pak..??? bagaimana statusnya menurut hukum positif dan hukum islam dalam perwarisan,, perwalian,,dan pengasuhan….kpada siapa anak tersebut dinasabkan…. soalnya saya lg buat skripsi tentang anak laqit (anak temuan) minta wejangannya pak….sebelumnya terima kasih

  134. rinaldi said:

    Saya ingin mengadopsi anak secara legal, dimana saya bisa memperolehnya

  135. RARA JONGGRANG said:

    pak, adopsi untuk orang cina bagaiaman, yang mau diadopsi adalah anak perempuan apakah pakai akta notaris seperti dalam staatsblad krena ketentuan itu adalah untuk anak laki2

    • anggara said:

      @rarajonggrang
      sejujurnya saya tidak tahu tentang adopsi untuk golongan timur asing, mestinya sih sama

  136. yayah said:

    punya niatan sih tp masih pikir pikir nih

  137. Paulin Oei said:

    saya sangat inging mengadopsi bayi perempuan usia 1-4 bulan,, saya sudah menikah 8 th tp belum juga di karuniai anak, mungkin salah satu dari saudara ada yg bisa membantu saya , memberikan informasi mengenai adopsi bayi,,,,, ini no hp saya
    terima kasih

  138. Paulin Oei said:

    ini no hp saya

  139. Paulin Oei said:

    saya sangat inging mengadopsi bayi perempuan usia 1-4 bulan ( chinese),, saya sudah menikah 8 th tp belum juga di karuniai anak, mungkin salah satu dari saudara ada yg bisa membantu saya , memberikan informasi mengenai adopsi bayi,,,,, ini no hp saya
    terima kasih
    harap saya bisa di bantu,,, saya sudah putus asa, karena saya sudah pergi ke beberapa panti asuhan dan mereka mengatakan panti asuhan bukan tempat adosi,,, saya bingung dan sedih ,,,

  140. susy said:

    saya dr ambon pingin bgt adopsi anak coz saya udah nikah stu setangah tahun nie……ada ya??????

  141. vya christie said:

    Halo, saya Vya dan suami, kami chinese katholik di Jkt, tlh menikah 4 th & pernah keguguran. Kami sangat merindukan kehadiran anak-anak & akan menyayangi& merawatnya sepenuh hati spt anak kami sendiri. kami ingin mengadopsi bayi laki-laki/perempuan chinese usia 0-4bulan,
    bila saudara/i punya info & serius silahkan email kami
    Terima kasih sebelumnya:)

  142. Grace said:

    Saya sudah menikah 3 thn…kami sdh mempunyai anak 1…tp Tuhan berkehendak lain…anak kami meninggal umur 6 bln…setelah kepergian anak saya…saya blm di karuniain anak lg….saya sgt merindukan sosok seorang anak di rmh kami…jd saya ingin sekali mengadopsi anak laki2…tolong klu da kabarin saya….

  143. Heri said:

    Wah, rupanya banyak juga komen di sini. Saya telah mengangkat ponakan laki² saya dan telah diputuskan oleh PTN di Indonesia. Namun sekrang masalahnya, Perancis perlu mengakui persamaan hukum adopsi anak tadi, sehingga jika telah diakui Perancis, si anak sama haknya dengan saya sbg orang tua angkat yang nota bene pamannya juga. Sampai sekarng si anak masih di Indo dan saya di Paris, tanpa bisa si anak di bawa. Apakah ini bukannya penganiayaan mental? Sekarang saya diminta utk memberikan surat keterangan dari instansi resmi Indonesia dimana pengadopsian anak agama islam boleh diangkat sesuai hukum Indonesia dan tidak bertentangan dengan Islam.

    Hal ini disampaikan karena di Aljazair, kata sang hakim, islam tidak mengakui pengadopsian anak. Benarkah hal ini? Adakah pencerahan yg lebih lugas dan bagaimana dengan hukum di Indonesia?

    Terima kasih atas bantuannya.

    • XXX said:

      Yg perlu diketahui disini adalah apabila keputusan pengadilan sudah didptkan dan kita telah mengikuti seluruh peraturan pemerintah Indonesia, berarti surat keputusan itu sudah sah. yg mungkin bisa diminta adalah bantuan dr depsos yg mengatakan bahwa kamu telah memenuhi seluruh persyaratan pengangkatan anak, tdk perduli anak itu beragama apa. Keputusan PTN dan keputusan pengadilan agama berbeda, didlm tata cara pengadilan agama memang benar, tdk diakui adanya process adopsi, tapi yg ada adalah pengalihan hak asuh, yg mana status hukumnya lebih rendah dr adopsi, kalu adopsi PTN berarti setelah dipindah kan hak asuhnya, kedudukan hukumnya adalah sederajat spt anak asli. Jadi tergantung apakah kamu sudah mendptkan surat keputusan dr pengadilan negri atau pengadilan agama.
      semoga ini membantu dan bisa menghubungi depsos di Salemba, jkt.

  144. Yuni said:

    Pak Anggara,

    Keponakan saya (18 thn) hamil di luar nikah dan pacarnya tidak mau tanggung jawab. Saya bermaksud mengadopsi bayi itu, walaupun saya sudah dikaruniai 2 anak kandung. Bagaimana caranya? saya ingin si bayi ini resmi secara hukum sebagai anak saya dan tidak mendapat kesulitan di kemudian hari karena ketidakjelasan orangtuanya.
    Terimakasih.

  145. amaniaf said:

    saya ingin bertanya, apabila kita hendak mengadopsi anak jalanan, apa perlu dipenuhi syarat-syarat yang ada di atas?

  146. yosie said:

    bagaimana cara&syarat menitipkan bayi di panti asuhan?

  147. muhammad noor havid said:

    ADOPSI ANAK :
    tata cara dan akibat hukumnya

    Pasangan suami istri yang tidak mempunyai anak atau yang memutuskan untuk tidak mempunyai anak
    dapat mengajukan permohonan pengesahan atau pengangkatan anak. Demikian juga bagi mereka yang
    memutuskan untuk tidak menikah atau tidak terikat dalam perkawinan. Apa langkah-langkah tepat
    yang harus diambil agar anak angkat tersebut mempunyai kekuatan hukum?

    1. Pihak yang dapat mengajukan adopsi

    a. Pasangan Suami Istri
    Ketentuan mengenai adopsi anak bagi pasangan suami istri diatur dalam SEMA No.6 tahun 1983 tentang penyempurnaan Surat Edaran Nomor 2 tahun 1979 tentang pemeriksaan permohonan pengesahan/pengangkatan anak. Selain itu Keputusan Menteri Sosial RI No. 41/HUK/KEP/VII/1984 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perizinan Pengangkatan Anak juga menegaskan bahwa syarat untuk mendapatkan izin adalah calon orang tua angkat berstatus kawin dan pada saat mengajukan permohonan pengangkatan anak, sekurang-kurangnya sudah kawin lima tahun. Keputusan Menteri ini berlaku bagi calon anak angkat yang berada dalam asuhan organisasi sosial.

    b. Orang tua tunggal

    1. Staatblaad 1917 No. 129
    Staatblaad ini mengatur tentang pengangkatan anak bagi orang-orang Tionghoa yang selain memungkinkan pengangkatan anak oleh Anda yang terikat perkawinan, juga bagi yang pernah terikat perkawinan (duda atau janda). Namun bagi janda yang suaminya telah meninggal dan sang suami meninggalkan wasiat yang isinya tidak menghendaki pengangkatan anak, maka janda tersebut tidak dapat melakukannya.

    Pengangkatan anak menurut Staatblaad ini hanya dimungkinkan untuk anak laki-laki dan hanya dapat dilakukan dengan Akte Notaris. Namun Yurisprudensi (Putusan Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta) tertanggal 29 Mei 1963, telah membolehkan mengangkat anak perempuan.

    2. Surat Edaran Mahkamah Agung No.6 Tahun 1983
    Surat Edaran Mahkamah Agung No. 6 tahun 1983 ini mengatur tentang pengangkatan anak antar Warga Negara Indonesia (WNI). Isinya selain menetapkan pengangkatan yang langsung dilakukan antara orang tua kandung dan orang tua angkat (private adoption), juga tentang pengangkatan anak yang dapat dilakukan oleh seorang warga negara Indonesia yang tidak terikat dalam perkawinan yang sah/belum menikah (single parent adoption). Jadi, jika Anda belum menikah atau Anda memutuskan untuk tidak menikah dan Anda ingin mengadopsi anak, ketentuan ini sangat memungkinkan Anda untuk melakukannya.

    2. Tata cara mengadopsi
    Surat Edaran Mahkamah Agung RI No.6/83 yang mengatur tentang cara mengadopsi anak menyatakan bahwa untuk mengadopsi anak harus terlebih dahulu mengajukan permohonan pengesahan/pengangkatan kepada Pengadilan Negeri di tempat anak yang akan diangkat itu berada.

    Bentuk permohonan itu bisa secara lisan atau tertulis, dan diajukan ke panitera. Permohonan diajukan dan ditandatangani oleh pemohon sendiri atau kuasanya, dengan dibubuhi materai secukupnya dan dialamatkan kepada Ketua Pengadilan Negeri yang daerah hukumnya meliputi tempat tinggal/domisili anak yang akan diangkat .

    3. Isi permohonan
    Adapun isi Permohonan yang dapat diajukan adalah:
    – motivasi mengangkat anak, yang semata-mata berkaitan atau demi masa depan anak tersebut.
    – penggambaran kemungkinan kehidupan anak tersebut di masa yang akan datang.

    Untuk itu dalam setiap proses pemeriksaan, Anda juga harus membawa dua orang saksi yang mengetahui seluk beluk pengangkatan anak tersebut. Dua orang saksi itu harus pula orang yang mengetahui betul tentang kondisi anda (baik moril maupun materil) dan memastikan bahwa Anda akan betul- betul memelihara anak tersebut dengan baik.

    4. Yang dilarang dalam permohonan
    Ada beberapa hal yang tidak diperkenankan dicantumkan dalam permohonan pengangkatan anak, yaitu:
    – menambah permohonan lain selain pengesahan atau pengangkatan anak.
    – pernyataan bahwa anak tersebut juga akan menjadi ahli waris dari pemohon.

    Mengapa?
    Karena putusan yang dimintakan kepada Pengadilan harus bersifat tunggal, tidak ada permohonan lain dan hanya berisi tentang penetapan anak tersebut sebagai anak angkat dari pemohon, atau berisi pengesahan saja.

    Mengingat bahwa Pengadilan akan mempertimbangkan permohonan Anda, maka Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk pula mempersiapkan bukti-bukti yang berkaitan dengan kemampuan finansial atau ekonomi. Bukti-bukti tersebut akan memberikan keyakinan kepada majelis hakim tentang kemampuan Anda dan kemungkinan masa depan anak tersebut. Bukti tersebut biasanya berupa slip gaji, Surat Kepemilikan Rumah, deposito dan sebagainya.

    5. Pencatatan di kantor Catatan Sipil
    Setelah permohonan Anda disetujui Pengadilan, Anda akan menerima salinan Keputusan Pengadilan mengenai pengadopsian anak. Salinan yang Anda peroleh ini harus Anda bawa ke kantor Catatan Sipil untuk menambahkan keterangan dalam akte kelahirannya. Dalam akte tersebut dinyatakan bahwa anak tersebut telah diadopsi dan didalam tambahan itu disebutkan pula nama Anda sebagai orang tua angkatnya.

    6. Akibat hukum pengangkatan anak
    Pengangkatan anak berdampak pula pada hal perwalian dan waris.

    a. Perwalian
    Dalam hal perwalian, sejak putusan diucapkan oleh pengadilan, maka orang tua angkat menjadi wali dari anak angkat tersebut. Sejak saat itu pula, segala hak dan kewajiban orang tua kandung beralih pada orang tua angkat. Kecuali bagi anak angkat perempuan beragama Islam, bila dia akan menikah maka yang bisa menjadi wali nikahnya hanyalah orangtua kandungnya atau saudara sedarahnya.

    b. Waris
    Khazanah hukum kita, baik hukum adat, hukum Islam maupun hukum nasional, memiliki ketentuan mengenai hak waris. Ketiganya memiliki kekuatan yang sama, artinya seseorang bisa memilih hukum mana yang akan dipakai untuk menentukan pewarisan bagi anak angkat.

    · Hukum Adat:
    Bila menggunakan lembaga adat, penentuan waris bagi anak angkat tergantung kepada hukum adat yang berlaku. Bagi keluarga yang parental, —Jawa misalnya—, pengangkatan anak tidak otomatis memutuskan tali keluarga antara anak itu dengan orangtua kandungnya. Oleh karenanya, selain mendapatkan hak waris dari orangtua angkatnya, dia juga tetap berhak atas waris dari orang tua kandungnya. Berbeda dengan di Bali, pengangkatan anak merupakan kewajiban hukum yang melepaskan anak tersebut dari keluarga asalnya ke dalam keluarga angkatnya. Anak tersebut menjadi anak kandung dari yang mengangkatnya dan meneruskan kedudukan dari bapak angkatnya (M. Buddiarto, S.H, Pengangkatan Anak Ditinjau Dari Segi Hukum, AKAPRESS, 1991).

    · Hukum Islam:
    Dalam hukum Islam, pengangkatan anak tidak membawa akibat hukum dalam hal hubungan darah, hubungan wali-mewali dan hubungan waris mewaris dengan orang tua angkat. Ia tetap menjadi ahli waris dari orang tua kandungnya dan anak tersebut tetap memakai nama dari ayah kandungnya (M. Budiarto, S.H, Pengangkatan Anak Ditinjau Dari Segi hukum, AKAPRESS, 1991)

    · Peraturan Per-Undang-undangan :
    Dalam Staatblaad 1917 No. 129, akibat hukum dari pengangkatan anak adalah anak tersebut secara hukum memperoleh nama dari bapak angkat, dijadikan sebagai anak yang dilahirkan dari perkawinan orang tua angkat dan menjadi ahli waris orang tua angkat. Artinya, akibat pengangkatan tersebut maka terputus segala hubungan perdata, yang berpangkal pada keturunan karena kelahiran, yaitu antara orang tua kandung dan anak tersebut.

  148. Cheryl said:

    saya ingin bertanya..
    Apa saja syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan mengenai adopsi di amerika.

    Saya sudah mendapatkan citizen di amerika. saya ingin mengadopsi keponakan saya dari Jakarta yang berumur 15 tahun. Apa saja syarat-syarat yang ada?

    Tolong email saya secepatnya.

    thanks

  149. chici said:

    aq udah lama berrmh tangga kira2 11 thn thn pertama aq menikah udah di karunia ini anak dan thn ke 3 anak km meninggal sampai skrg kt belum di kasih lg dokter melarang untuk punya anak lg rencananya kita pingin adopsi anak kt ber domisili bali tlg dong kasih info di mana kita bs adopsi anak…?

    • rosa said:

      Bu,saya punya tetangga sdh punya 3 anak,skrg ini sdg hamil 8 bln,dia ingin bayinya ini diadopsi,krn ekonomi mereka sangat pas2an.Dia hanya pembantu rt,saya tdk minta imbalan,hanya membantu dia saja,klu mau hub saya diemail,trims.

    • nona said:

      siang ibu,
      maaf saya bisa memebatu kalau anda mau benar benar adopsi anak, e-mail ke alamat ini daulu.
      terimakasih ibu nona.

  150. chici said:

    oh iya mas angara suami saya orang german tp saat ini km tinggal di bali saya udah punya rmh sendiri di bali tp status perkawinan km kawin siri suami saya sudah sepakat utk kt adopsi soalnya sekali lg saya nggak boleh punya anak lg alasan medis makanya saya berniat adopsi untuk untuk itu mohon bantuan dan terima kasih…
    email saya

    • chici said:

      dear mbak rosa terima kasih infonya kl boleh tau alamat email mbak rosa apa ya….?
      atau no tlp yg di hubungin paling enggak dan sekarang dimana tinngal…?
      terima kasih

  151. brigitta said:

    saya dan suami saya chiness katolik, kami udah menikah 9 th belum diberi momongan, saya bermaksud mengadopsi bayi chiness perempuan , bagi yang mempunyai informasi tolong email kesaya terima kasih…

  152. merry said:

    saya sedang membantu teman saya untuk mencarikan seorang anak bayi,untuk di adopsi..
    mohn infonya di mana saya bisa mencari tempatnya?
    Terima Kasih…
    sekali lagi mohon di bantu untuk infonya,dan yang resmi..

  153. fitria said:

    alamat tempat legal adopsi

  154. Hesti said:

    tante saya ingin adopsi anak, dimanakah saya bisa mendapatkannya, adakah yang bisa membantu tante saya sampai selesai?

    tolong ya,.kasi info

    • Dee said:

      kalo ada yang cari bayi utk adopsi, ksh tau ya..
      aq ama suami q lagi ribet ni..
      baru merit, blm ada rencana pny anak, malah kebobolan.

      saya resmi nikah taun 2008 di Jogjakarta.

      plis call/sms di email :

      tq..

  155. Isti said:

    Bpk anggara yg sy h0rmati

    Saya ingin b’tanya bgaimana cara untuk m’dapatkn orang yg mau m’ad0psi kep0nakan sy yg msh b’umur dbwah 1thn?
    Moh0n jwbannya

    Isti

    • juli said:

      Isti, kalo bole tau keponakan kamu co or ce? apa keturunan chinese? bisa hub saya di e-mail saya? . thx.

  156. juli said:

    Kamipasutri chinesse kristen,ingin sekali mengadopsi bayi laki2 yg sehat,berkulit putih,ket chinesse/menado/blasteran.kalau ada informasidan serius,tampa penipuan.,bisa tlg hub e-mail saya terima kasih.

  157. juli said:

    Kamipasutri chinesse kristen,ingin sekali mengadopsi bayi laki2 yg sehat,berkulit putih,ket chinesse/menado/blasteran (wna),kalu ada informasi, serius, tampa penipuan.,bisa tlg hub e-mail saya terima kasih.GBU.

  158. juli said:

    Kami pasutri keturunan chinesse Kristen, berniat utk mengadopsi bayi laki yang sehat, BUKAN yg masih dalam kandungan, diutamakan berkulit putih/ket.Chinese/Menado/blasteran(wna). Karena pada waktu itu kami mempunyai anak bayi perempuan, tetapi meninggal pada waktu persalinan. kami sangat mendabakan kehadiran anak. Utk menghindari penipuan, mohon maaf sekali kami tidak dapat melayani yg ingin memperjualbelikan bayinya dgn alasan apapun (uang ganti persalinan, uang kontrol bulanan, dll). Kalau ada diantara saudara baik pribadi maupun yayasan yg rela/ikhlas menyerahkan bayi untuk kami sayangi seperti anak kandung kami sendiri. tolong hubungi saya. Kami percaya bahwa Tuhan akan memberi anugerah yg sangat indah kepada kami meskipun harus melalui anak adopsi. Kami mohon hanya yang serius dan bermaksud baik yang menghubungi kami dan memberi tahu kami. Terima kasih, Tuhan Memberkati. GBU

  159. Assalamu’alaikum wr wb…
    Sejak lama saya punya keinginan yg smpai skrg sy masih berdo’a,smg keinginan sy di jabbah oleh Allah SWT..
    Sy ingin ada ortu yg tulus mau mengangkat sy jadi anak’a…
    Syukron Katsir…

  160. Dee said:

    kalo ada yang cari bayi utk adopsi, ksh tau ya..
    aq ama suami q lagi ribet ni..
    baru merit, blm ada rencana pny anak, malah kebobolan.

    saya resmi nikah taun 2008 di Jogjakarta.

    plis call/sms di email :

    tq..

    • Dya said:

      kalo ada yang cari bayi utk adopsi, ksh tau ya..
      aq ama suami q lagi ribet ni..
      baru merit, blm ada rencana pny anak, malah kebobolan.

      saya resmi nikah taun 2008 di Jogjakarta.

      plis call/sms di email :

      tq..

      mbak no. telp nya berapa? bisa sms sya di no. , atau thanks.

    • ekrisa said:

      klo blh tau udah ad calon orang tua asuh belum ya,q jg dr jogja .sklian klo blh sy berniat mengadopsi anak,no hp mbak brp

    • ekrisa said:

      mbak Dee klo bnr2 mo mengadopsikan anak kmi bersedia mengadopsi anak mbak,saya jg berasal dr jogja.sklian minta no telf ny mbakl

  161. debora said:

    sy dan suami nikah 8 thn ttp blm di karuniakan anak, sy ingin menanyakan di mana sy bisa adopsi anak, persyaratan apa? dan biaya nya berapa? apakah ada bayi/anak berusia di bawah 1 thn. trima kasih sebelumnya.

    • SEVI said:

      saya sudah hamil 8bulan,apakah ada yang mau adopsi anak saya ketika lahir,kirim pesan di email saya

    • ida said:

      Saya tertarik mengdopsi anakx,kt bisa kontakn lwt hp aja,tlg no Hp mbanya,yx

  162. mayang said:

    di cari bayi laki laki keturunan bule utk di adopsi… mix western (bule)
    tolong info sya ke email : tq….
    Nb : kira2 bp biaya nya ?

  163. Assalamu’alaikum wr wb
    ‘afwan,
    Nama ana : Achmad junaidi
    Ttl :Jakarta,22 JUNI 1992

    ana ingin sekali ada ortu yang tulus mau mengadopsi ana sbgai anaknya.
    sampai saat ini ana masih berharap &berdo’a.
    ya Allah,apakah engkau akan mengabulkan keinginan ana ???
    sblm ana kmbalimenghadapmu …

    untuk ortu yg tulus mau mengadopsi ana,tlg kabarin ana.
    ini No Hp ana :

    syukron Katsir

  164. sevi said:

    sya hamil 8bln,adkh yng mau adpsi ank aku ktka lhr,tpi saya gak pnya biaya dan tmpat untk melahrkan,pesan ini saya tulis tgl 26 oktbr 2010,hub. email

    • Dya said:

      mbak no. telp nya berapa? bisa sms sya di no. , atau thanks.

    • vely said:

      mbak, jika saya diperbolehkan membantu mbak saya sangat ingin membantu mbak, termasuk merawat calon bayi mbak, bisa mbak hubungi saya di no atau di email saya ( bp Anggara, TOLONG BANGET JANGAN HAPUS NO HP SAYA DAN EMAILNYA, KARENA SAYA SUDAH LELAH MENCARI ANAK UNTUK DIADOPSI SECARA SAH)

    • ekrisa said:

      gmn mbak sevi dah ad org tua asuh blm klo blm sy mau jd org tua asuh,saya minta no hp mbak sevi ato mbak hub sy di nomor

    • Yohana said:

      Hallo mbak Sevi. Nama saya Yohana. Saya tinggal di Jerman, kawin dgn org Jerman. Kami ingin mengadopsi anak perempuan dari Indonesia. Apakah mbak Sevi sudah tahu bayinya laki-laki atau perempuan. Maaf apa agama mbak Sevi. Karena kami orang Kristen maka anak yg akan kami adopsi harus Kristen. Itu kata Yayasan Sayab Ibu Jakarta. Terima kasih byk sebelumnya.

    • mayang said:

      hallo mbak sevi.. sblmnya saya mau tny, apakah bayinya sdh lahir atau blm ? bayinya laki2 atau perempuan ? dan apakah sdh ada berminat utk merawatnya ? nama saya mayang… saya tgl di australia saat ini, saya sedang mencarai bayi laki2 keturunan WNA utk saya rawat. tp smpi saat ini blm saya dpt, jika mbak sevi tdk keberatan, saya sangat amat bersedia utk merawatnya ? sya akan bersedia utk membiaya persalinan dll… jika mbak sevi berminat, tolong hub saya ke no atau hub ke email saya
      dengan senang hati saya akan menunggu kbr dr mbak sevi… saya sangat berharap jika mbak sevi akan hub saya scptnya… terima ksh bnyk sblmnya.

  165. ayu said:

    saya tengah mengandung dua bulan di luar nikah,pasangan saya adalah WNA…ada beberapa alasan yg membuat saya tidak bisa membesarkan bayi saya,bagi yang berminat mengadopsi bayi saya tolong contac di terima kasih

    • Dya said:

      saya tengah mengandung dua bulan di luar nikah,pasangan saya adalah WNA…ada beberapa alasan yg membuat saya tidak bisa membesarkan bayi saya,bagi yang berminat mengadopsi bayi saya tolong contac di terima kasih

      mbak no. telp nya berapa? bisa sms sya di no. , atau thanks.

    • vely said:

      mbak, bisa tolongg hubungi saya di nomer “” ganti aja pake angka ya mbak… saya sangat menginginkan anak mbak…

    • vely said:

      mbak, jika saya diperbolehkan saya sangat ingin membantu mbak merawat dan mengadopsi calon bayi mbak, bisa mbak hubungi saya di no atau di email saya ( bp Anggara, TOLONG BANGET JANGAN HAPUS NO HP SAYA DAN EMAILNYA, KARENA SAYA SUDAH LELAH MENCARI ANAK UNTUK DIADOPSI SECARA SAH)

    • Yohana said:

      Hallo mbak Ayu. Nama saya Yohana. Saya tinggal di Jerman, kawin dgn org Jerman. Kami ingin mengadopsi anak perempuan dari Indonesia. Apakah mbak Ayu sudah tahu bayinya laki-laki atau perempuan. Maaf apa agama mbak Ayu. Karena kami orang Kristen maka anak yg akan kami adopsi harus Kristen. Itu kata Yayasan Sayab Ibu Jakarta. Terima kasih byk sebelumnya

    • mayang said:

      hallo mbak ayu, nama saya mayang, saya tgl di australia utk saat ini.. sya sedang mencari bayi laki2 keturunan WNA… apakah mbak ayu sdh tau bayinya laki2 atau perempuan ? jika bayinya laki2 dan mbak ayu tdr keberatan, saya sangat berminat sekali utk merawat bayi mbak ? tolong hub sya ke no atau mbak ayu bs hub ke email saya … tolong info ke saya ya mbak, saya bnr2 berminat utk merawatnya… saya sngat berhapa sekali kl mbak ayu akan hub saya.. terima kasih bnyk sblmnya.

  166. ida said:

    kami keluarga kristen, sudah lebih 10 thn menikah belum dikarunia momongan. Kami sangat merindukan kehadiran anak di tengah keluarga kami. Kami juga sudah mengunjungi beberapa panti asuhan tetapi panti-panti tersebut tidak mengijinkan anak asuhnya di adopsi.
    Kalau ada yg mau mengadopsikan baby nya atau memiliki informasi dimana saya bisa mengadospi baby usia 0-1 th, mohon informasikan kepada kami melalui email Terima kasih…GBU.

  167. ekrisa said:

    saya telah berkeluarga selama 4th smp skrng belum dikaruniai anak telah berbagai cara saya lakukan smpi2 udah 2 kli saya mo adopsi anak dr kandungan tp dah mo wktny melahirkan orng tu gak ad kabarny,siapa pun yg berniat menjadi anak adopsi saya akan saya terima dngn senang hati saya mencari anak adopsi yg derumur max 6 bulan.saya berasal dr yogyakarta silahkan hub

  168. ROSSA said:

    Minta tolong… Saudara saya seorang ibu yang cacat Phisik ( terkena polio sejak umur 2 Tahun ) sehingga tidak mampu untuk berjalan. Dia memiliki Anak Perempuan yang pada tgl ini sudah berumur 3 Bulan lahir 11 Agustus 2010, dan ingin mencari orang yang mau menerima Hak Asuh atas anaknya dikarenakan sudah tidak mampu lagi untuk merawat karena faktor cacat fisik dan kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan( Bapak Si Bayi Meninggal Dunia karena peristiwa kecelakaan) bagi yang berminat tolong hub. di . menunggu responnya. dan buat Pak Anggara Trims atas dimuatnya semoga forum ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak. sekali lagi trims.

  169. ekrisa said:

    mas anggara saya minta tolong bila ada saudara/i yg mo mengadopsikan anak akan saya terima dngn senang hati
    hub:

  170. risna said:

    apakah menjadi anak asuh harus karena faktor financial? dan bisakah menjadi anak asuh jika sudah menjalani kuliah?

  171. Thaya said:

    Bpk.Anggara

    sy mempunyai bayi perempuan ketrnan chinese umur 7bln.
    Sy tdk mampu merawat+membesarkan anak sy.
    Apakah ada yg mau mengadopsi anak sy?terima kasih.
    Tlg hub sy via email :
    girly_1807@yahoo.com

    Terima kasih
    Thaya

    • ekrisa said:

      mbak thaya q dah add kmu lwt yahoo messenger key

    • ekrisa said:

      mbak emailny kok gak bs di hub ya……..saya mo mengadopsi anak mbak.klo blh sy minta alamat atau no hp atau hub saya dinomor 0274 7001042

  172. wdd said:

    Saya ayah dari se’orang anak, yg masih di dalam kandungan umur kandungan 4 bulan

    Membutuhkan orang tua asuh yg mapan, bertangung jawab dan dapat mencintai anak saya seperti anak sendiri

    Saya dan pasangan adalah keturunan tionghua

    Jika ada yg berminat dpt mengirimkan, profil calon orang tua asuh

    • Charles said:

      Yth:

      Pak Wdd

      Jika informasi anda benar adanya, mohon dapat menghubungi saya via email , saya dan istri juga chinesse, domisili medan, sudah nikah 5 tahun, belum dikaruniai anak.

  173. A said:

    P’ Anggara yg saya hormati,
    Saya sudah mengangkat memelihara anak Perempuan dari usia baru lahir saat ditemukan, sekarang sudah berusia 2 1/5 tahun. Saya mengharap Bapak bisa membantu saya / memberikan info tentang pengurusan surat adopsinya.
    Salam

    Trim’s

  174. DK said:

    Dear Pak Anggara,

    Kami ada rencana utk mengadopsi anak dalam waktu dekat ini, kalau boleh kami minta no telp Bapak yg bisa kami hubungi utk dapat berkonsultasi lebih baik, dan jika memungkinkan kami juga ingin bertemu bapak.

    terima kasih

    • anggara said:

      @DK
      silahkan kirim email ke saya melalui fasilitas http://pendek.in/02vxk

  175. irzam said:

    Saya irzam di padang , saya dan isteri guru, dan udah nikah lebih kurang 13 tahun tapi belum punya anak, saya mau adopsi balita perempuan untuk jadi anak angkat saya dan karena liburan semester satu minggu lagi saya mau mendapatkan anak secepatnya, lokasi balita tersebut : jabotabek, jabar, atau jogja…daerha tersebut bisa saya kunjungi dalam libur ini.
    Kalau ada informasi mohon email saya: Terima kasih.

  176. Adha Noorfedy said:

    Mr. Anggara,
    Ditempat kami ada bayi laki-laki yang di tinggalkan orang tua nya tanggal 4 des 2010 (tidak ketahuan siapa orang tuanya sampai sekarang), bayi tersebut diserahkan penemu ke polisis kemudian dititipkan di puskesmas, setelah 2×24 jam saya dan istri(punya satu anak umur 9 tahun perempuan) mengajukan permohonan kepada polisi dan juga ada pansangan suami istri lain (tidak Punya anak) yang juga mengajukan permohonan, kemudian dinas sosial mengadakan survey lapangan dan kami dipiliholeh dinas sosial untuk tempat penitipan anak sementara ( panti asuhan tidak ada), maka berdasarkan rekomendasi tersebut polisi menitipkan anak tersebut kepada kami dengan sifat sementara, Kami ingin bertanya dengan kasus seperti ini apakah kami bisa mengadopsi bayi tersebut dan bagai mana cara dan dasar hukumnya, berapa lama kasus ini berlansung?

    • anggara said:

      @adha noorfedy
      kalau ingin mengadopsi bayi tentu bisa, untuk syarat2nya bisa dilihat di entry saya di http://pendek.in/02y6i di situ lengkap saya taruh aturan2nya. Kalau susah baca, silahkan datangi kantor Pengadilan setempat untuk meminta informasi apa saja yang harus dipenuhi

  177. ida said:

    dear Pak Anggara

    kami sudah 6 thn menikah tp blm dikarunia anak,suami WNA dan kami tinggal dilombok NTB,sangat mengnkn bayi Mix bule untuk diadopsi; mgkn Pak Anggara bisa membantu kami,mhn di info via email ini, atau
    Salam Ida

  178. dessy said:

    Ass. Pa saya mau tanya sekaligus meminta solusi!! rencana nya saya dan suami saya mau ambil atau adopsi bayi dari temanku sendiri, kebetulan bayi itu lahir dari luar pernikahan. dan temanku juga menginginkan sekali anak itu di adopsi oleh saya dn suami saya. tetapi mertua saya tidak tau masalh yang sebenarnya ( anak itu lahir dari luar pernikahan ) jadi mertua saya menginginkan ada surat persetujuan dari orang orang tua teman saya itu, sedangkan orang tua temanku tidak tau kalo temanku itu hamil bahkan sampai melahirkan. Menurut bapak saya harus gimana?dan apa perlu saya buat surat adopsi dsb, atau saya hanya buat surat pernyataan hitam di atas putih. sebetulnya saya bimbang sekali pa.. saya amat sangat sekali ambil bayi itu, tapi saya bingung juga harus gimana caranya bicara dn menjelaskan pada mertua saya.. Tonong sekali pa saya minta solusi yang terbaik. terima kasih sebelumnya Wss ^_^

    • anggara said:

      @dessy
      silahkan lihat beberapa entry tulisan saya soal persyaratan adopsi🙂 semoga membantu

  179. Unok said:

    Tolong Pak Anggara, saya punya adek yg istrinya telah kawin dengan orang lain sebelum bercerai dengan adek saya tsb dan membawa lari anak mereka juga. Anak tersebut sekarang telah di berikan adek saya kepada saya untuk menjadi anak saya (saya belum punya anak ) didepan keluarga besar kami. Saya dan istri adalah pns. Sewaktu mau masukkan anak tsb ke daftar gaji bendahara meminta surat adopsi. Gimana cara dan syarat adopsi anak antara saudara kandung agar bisa masuk daftar gaji. Kami sangat sayang padanya.

    • anggara said:

      @unok
      silahkan lihat beberapa entry saya soal persyaratan adopsi, semoga membantu

  180. johan said:

    tetangga saya baru-2 ini ditinggal suaminya wanita usai 25 tahun,jawa,islam,kulit kuning langsat,cantik,tinggi 162cm mempunyai anak 2 orang,perempuan semua.barusan cerai dalam keadaan mengandung sekarang sudah 8 bulan,dan krena keadaan ekonomi yang minim untuk biaya operasi cesar,maka tidak ada biaya.mohon bantuan anda barangsiapa yang serius mau mengadopsi anak yang baru dikandungnya.hub ke hp:

  181. johan said:

    tetangga saya baru-2 ini ditinggal suaminya wanita usai 25 tahun,jawa,islam,kulit kuning langsat,cantik,tinggi 162cm mempunyai anak 2 orang,perempuan semua.barusan cerai dalam keadaan mengandung sekarang sudah 8 bulan,dan krena keadaan ekonomi yang minim untuk biaya operasi cesar,karena tidak ada biaya maka di[ertimbangkan untuk diadopsikan ke orang lain.mohon bantuan anda barangsiapa yang serius mau mengadopsi anak yang baru dikandungnya.hub ke hp:

  182. helmi said:

    Dear.
    Saya ingin menanyakan, seberapa jauh tanggung jawab notaris atas akta pengangkatan anak yang di buatnya.. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Helmi

  183. erick said:

    saia bener” kesepian ne g ad papa sama mama sejak lahr,,
    saia engen banget dpt papa sama mama
    kalau ad yg seriusmau mengadopsi saia,
    saia trima apa adanya koq,,
    yg pnting saia dpt kluarga
    kalau ad yg serius,,
    bagi yg ener” serius ea,,
    pliz jgn jail

  184. suriatmi said:

    ada yang bisa bantu saya untuk melakukan adopsi anak…?

  185. heni said:

    Yth Pak Anggara,
    saya sudah menikah 5 th & belum mempunyai anak. saya bermaksud mengangkat bayi/adopsi dari adik saya karena kecelakaan (hamil diluar nikah). keluarga semua setuju demi kebaikan si anak & adik saya agar tetap bisa meneruskan sekolah. ada yg usul langsung dilaporkan sebagai anak kandung saja karena masih keluarga (di bawah tangan), tapi bagaimana caranya, karena untuk mengurus akte harus ada surat kelahiran yg menyatakan kami sbg orang tuanya, sementara di surat lahir yg ada atas nama adik saya.
    mohon bantuannya pak (balas via email), terimakasih.

  186. bagai mna kalu anak angkat tidak ingin lagi balik dengan ortu angkatnya,akan tetapi ortu angktanya memaksa anak tersebut untuk kembali,tapi anak tersebut terus saja berkata tidak ingin di pertemukan dan tidak ingin kembali ke ortu angkatnya,tolong dong teman-teman bantuannya…

  187. Charles said:

    Salam kenal semua…

    Saya Charles, usia 30 tahun, saya dan istri chinesse, sudah menikah 5 tahun dan belum dikaruniai anak, berniat untuk mengadopsi anak baik laki – laki maupun perempuan. Bila kiranya ada yang berkenan dapat menghubungi saya di
    Trims

    • afry said:

      saya baru melahirkan anak laki” usia 3 minggu . jujur saya sulit utk menhidupi kebutuhan nya sampai besar nanti . bila ada yg bs membantu saya utk membuat nya hidup lbh bahagia , tlg bantu saya .. bs hubungi saya di

  188. neris said:

    saya malah butuh orang tua asuh. ada yang berkenan menjadi orang tua angkat saya?

    • Yohana said:

      Kami kel Kristen ingin mengadopsi anak peremp (0-1thn) sehat dan normal.
      Tolong hub kami terima ksh sebelumnya

  189. Linda said:

    Saya membutuhkan orang tua angkat..

    085723800339

  190. Yohana said:

    Yg terhormat Bpk Anggara, tolong saya dimana saya bisa adopsi anak perempuan ?. Tolong
    kalau ada info ya Pak , terima ksh byk sebelumnya

  191. ida said:

    Hallo teman2,saya td diinfokan sm teman ada temannya dia sdng hamil 7bln maunya anaknya dikasihkan ke sy n suami tp kita kpgn bayi yg blasteran,kl ada yg mau info segera

    • Yohana said:

      Hallo mbak Ida, kalau saya boleh tanya teman , temannya mbak Ida yg hamil 7 bulan
      itu anaknya laki-laki apa perempuan. Kami ingin adopsi anak perempuan. Terima kasih

    • elsa said:

      mbk ida tinggal dimana??? n Bayinya dah ada yang mau ya mbk???

  192. mariah said:

    pak anggara … sy ingin mengadopsi keponakan saya. adakah yg bisa membantu ???? tx

  193. donna said:

    saya malahan membutuhkan orangtua angkat …
    kalau bisa warga negara jepang karena saya membutuhkan teman disana …
    ada yang bisa bantu ??

  194. umi farida said:

    saya berumur 20thn, sy belum menikah tapi saya sudah punya usaha sendiri, saya ingin mengadopsi anak laki-laki umur +1 thn karna dengan mengadopsi anak saya ingin membantu meraka dan ingin mencurahkan kasih sayangku terhadap nya . mohon info nya.. thx

    • muy said:

      ibu umi,,bisa mnt nomer telponnya?

  195. rie said:

    Saya mempunyai kandungan umur 7bln..saya mau cari org tua asuh utk anak saya ini.krn saya tdk punya biaya utk melahirkan dan saya tdk mau anak saya lahir dan telantar. Mohon respon saya kepada anda yg berminat. Terima kasih

    • Yohana said:

      Hallo mbk rie, kami ingin adopsi anak. Kami sdh lama menikah tp belum dikaruniai anak.
      Tolong hub saya Trm ksh

  196. rie said:

    Saya mempunyai kandungan umur 7bln..saya mau cari org tua asuh utk anak saya ini.krn saya tdk punya biaya utk melahirkan dan saya tdk mau anak saya lahir dan telantar. Mohon respon saya kepada anda yg berminat email ke .. Terima kasih

  197. risma said:

    saya risma elfirah.sy ingin sekali mengadopsi anak . sudah mapan dan tidak akan menyia2kan.jika ada . tolong hub.

    • muy said:

      bu risma bisa mnt nomernya?

    • nada said:

      bu risma kakak saya hamil 6 bulan, kata dokter perkiraan lahir awal bulan agustus, kakak saya tidak ada biaya untuk melahirkan dan merawat bayi….jika anda berminat hubungi atau di email

  198. rie said:

    Mba risma saya sdh hubungi nmrnya. Tp gak aktf. Mba silahkan email ke atau ke nmr Trims

  199. muy said:

    saya ingin mengadopsikan anak saya,umurnya baru 1 minggu,jika berniat sungguh2 tolong hubungi..

  200. ririe said:

    sy dan suami sudah 3th menikah tp belum dikaruniai anak. kami ingin mengadopsi bayi,karena sy ingin sekali mengasuh bayi. Jika ada informasi,hub sy di email

    • muy said:

      mba riri mohon mint nomer hp ato emailnya

    • ririn said:

      mba ririe bisa minta no hp ny ?

  201. umi farida said:

    ini nomer saya muy.. anda bisa hubungi saya disini.. anak anda laki – laki apa cewek..?? ok telfn aku aja kita bahas lagi di telfn. thx

  202. rie said:

    Mba riri saya sudah email,tlg di cek ya..
    Mba umi bisa mnta nomer Hp nya??
    Thanks

  203. umi farida said:

    nomer saya

    • muy said:

      mbak umi,nomernya gak kelihatan..nomer saya anak saya laki2,masih 1 minggu umurnya

    • muy said:

      bu umi,tolong sms saya

  204. henry said:

    saya bernama henry berusia 32 tahun dan sudah menikah selama 3 tahun, belum memiliki keturunan juga. Kami berniat untuk mengangkat/mengadopsi bayi perempuan yg usia kurang dari 1 minggu dan memiliki keturunan chinese/indo. Saya juga ingin bayi tersebut memiliki latar belakang yang baik dan sehat, setelah besar bayi tersebut tidak boleh diambil kembali. besar harapan saya untuk memiliki keturunan dan saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya, hubungi saya di telpon . salam sejahtera…

    • nada said:

      bapak henry kakak saya hamil 6 bulan, kemungkinan awal agustus dia lahir..apabila bapak berniat hubungi domisili saya di malang jawa timur

    • nada said:

      kosong delapan

  205. umi farida said:

    021707xxxxx

  206. umi farida said:

    Saya binggung kenapa setiap aku nulis no tlf ke sini kok nga pernah muncul ya…?? gimana cara nya supaya muncul ya… hub
    ni aku tulis begini aja ya..

    • ririn said:

      umi, bisa minta no hp ny ??

  207. Yohana said:

    Kami keluarga Kristen, ingin mengadopsi anak perempuan ( 0 – 1 tahun ). Kami sudah lama menikah tp belum dikaruniai anak. Kami akan menyayangi spt anak kami sendiri. Tolong hub kami Trm ksh seblmnya

  208. henry said:

    Xxx

    • ririn said:

      nomernya koq ga aktif ya Pak ??

  209. ririn said:

    Saya ingin mencari orang tua angkat untuk anak saya yg masih dlm kandungan usia 7 bulan . Mohon dibantu . Siapa yang berminat, silahkan langsung hubungi saya di ato email di . Terima kasih .

    • ririn said:

      no hp saya :

    • vina said:

      mohon diberikan no kontak ke saya…..
      thx

  210. nada said:

    halo teman-teman….
    kakak saya hamil 6 bulan, kata dokter kemungkinan awal bulan agustus dia melahirkan, tapi kakak saya nggak punya biaya utuk melahirkan dan merawatnya, bagi yang berminat menjadi orang tua asuhnya tolong hubungi atau email

    • vina said:

      kl blh diberikan no kontaknya ke saya…
      thx

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 420 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: