Iklan

Cerita Panas Itu


Cerita panas tahun ini adalah cerita yang menghebohkan jagat blogosphere di wordpress. Coba bayangkan sebuah blog bisa membuat panas dunia wordpress Indonesia.

Hanya satu yang membuat panas yaitu wadehel, tulisan ini tidak bermaksud untuk memanas-manasi suasana yang sudah adem pasca “meninggalnya” wadehel. Sekarang pun sudah ada penerusnya wadehel yaitu omaigat.

Saya berpikir, simple saja, kenapa masih ada orang yang mengatakan anti HAM pada saat sekarang ini, bukannya dengan eksisnya HAM, maka ada blognya wadehel dan penerusnya omaigat, tetapi juga ada blog lawannya wadehel seperti murtajib dan antosalafy. Bukannya ketika negara represif dan sangat anti HAM tidak hanya kelompok kaum komunis yang dimusuhi akan tetapi kelompok yang memperjuangkan negara Islam pun juga dimusuhi. Lalu kenapa anti HAM, saya berpikir karena mungkin ada ketidaktahuan bagai kelompok yang anti HAM. HAM bukan hanya berasal dari dunia barat akan tetapi HAM juga ada dalam Islam. Memang sejak dibunuhnya kegiatan kelompok Mu’tazillah (maafkan jika salah menulis), aktifitas berpikir kaum Muslim mengalami kemunduran yang sangat jauh dibanding periode sebelumnya. Lalu pemikiran HAM yang sejatinya berasal dari Islam dan kemudian dibawa ke Eropa dan mencerahkan dunia Eropa hingga sekarang menjadi sangat western oriented. Dan ini yang menjadikan kelompok anti HAM menyatakan bahwa HAM berasal dari dunia barat.

Saya tidak memungkiri bahwa pelanggaran HAM terjadi di seluruh negara dunia baik langsung maupun tidak langsung, melalui berbagai cara dan metode, dan terus berlangsung hingga saat ini. Inggris masih punya kasus dengan Irlandia Utara, Spanyol dengan Basque, Perancis dengan kelompok imigran, dan ini berarti tidak ada negara yang bebas dari pelanggaran HAM. Akan tetapi sorotan terjadinya pelanggaran HAM sering dilakukan oleh dunia barat kepada dunia Islam atau kepada negara-negara di Asia.

Nah, langkah apa yang harus dibuat, sebenarnya dunia Islam juga bisa meniru langkah dari People’s Republic of China. PRC juga menerbitkan laporan tahunan tentang kondisi HAM di seluruh dunia sebagai counter terhadap laporan tahunan kondisi HAM yang diterbitkan oleh Amerika Serikat. Mudahnya,, Kristenisasi ya dilawan dengan Islamisasi bukan dibalas dengan serangan dan penutupan tempat ibadah. Dan bukan pula dilawan dengan Perda Syariah Vs Perda Nasrani.

Selanjutnya…terserah anda

Iklan
6 comments
  1. the23wind said:

    HAM…hmmm,no comment…daripada memanaskan sesuatu yang udah mulai adem ayem…

  2. Iko said:

    Sdh bbrp hujan koq di bilang panas,… 😀

    Lagi baca tulisan Anto Salafy 🙂

  3. tajib[at]wordpress musuh wadehel???

    Hohoho, baca lebih banyak lagi deh pak…

    Jangan asal kalau mau benar…

    Atau jangan-jangan, mau naikin hits belaka..?

  4. anggara said:

    @manusia super

    lawan bukan dalam pengertian biasa, mungkin saya keliru karena tidak membaca seluruh blog murtajib lengkap. Akan tetapi yang saya maksud adalah dalam spektrum pemikiran kedua pemikir besar itu. Ini bukan bercerita soal paham Islam, hanya spektrum pemikiran saja. Murtajib jelas berbeda dengan anto salafy. Menurut saya ada yang lebih murni dari pemikiran murtajib dibandingkan wadehel sekalipun
    Benar itu relatif pak, anda bisa benar menurut pengertian anda, akan tetapi belum tentu benar menurut orang lain :). Saya pikir, saya bisa mempertanggungjawabkannya secara akademis jika anda membaca keseluruhan tulisan dalam postingan ini

  5. tw said:

    matamu

  6. anggara said:

    @tw

    kalau kata orang jogja “dagadu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: