Iklan

Ikutan Kompetisi Ngeblog tentang HAM Yuk


Kompetisi HambloggerWih, ternyata ada banyak kompetisi ngeblog, waktu kemarin seingat saya ada kompetisi ngeblog dan Twit yang diselenggarakan oleh DPD. Kali ini beberapa teman saya yang tergabung di IMDLN dengan dukungan dari Cipta Media Bersama menyelenggarakan kompetisi blogging soal HAM dengan judul Indonesian Human Rights Blog Award (IHRBA). Kebetulan saya juga diminta jadi juri dalam kompetisi tersebut.  Menurut penyelenggaranya sih Kompetisi tersebut di adakan untuk memperbanyak konten lokal mengenai HAM khususnya di internet yang diproduksi oleh blogger Indonesia. Yang saya tahu, penulisan mengenai HAM ini bukan penulisan mengenai hal – hal yang bersifat instrumental seperti aturan – aturan yang tersedia, namun mengenai persoalan HAM yang terjadi sehari – hari dan dalam lingkungan kita sendiri. Makanya Tema Kompetisi Blogging pada 2012 ini ditetapkan oleh Penyelenggara beserta para Juri adalah “HAM di Sekitarmu”. Kenapa ngambil tema itu sih, sebenarnya sejalan dengan visi dan misi yang dihadirkan oleh IMDLN untuk program penghargaan yang diberi nama Indonesian Human Rights Blog Award ini. Dengan tema seperti ini, Penyelenggara dan Dewan Juri berharap akan memudahkan blogger untuk menulis hal – hal mengenai hak asasi manusia untuk dapat ikut serta dalam kompetisi ini.

Mestinya dengan tema itu ya, menurut saya sih nggak terlalu sulit, dan beberapa referensi juga sudah disediakan dalam situs tersebut. Namun, ya karena banyak keterbatasan, sebaiknya memang lihat juga referensi soal HAM di situsnya KomNas HAM misalnya atau situs lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah yang mengusung isu di seputar Hak Asasi Manusia. Kenapa nggak susah, lah wong perumahan kumuh yang ada di sekitar bantaran kali di Jakarta misalnya juga bisa ditulis sebagai salah satu topik mengenai hak asasi manusia koq, jadi nggak mikir yang rumit dan rumit serta rumit hehehehehe. Atau bisa juga soal ketakutan kita saat ya jalan di malam hari di satu jalanan tertentu, menurut saya sih itu bisa juga diangkat jadi tulisan mengenai HAM khususnya mengenai hak atas rasa aman. Jadi sangat luas yang bisa kita tulis dan kemudian kita ikutkan tulisan tersebut dalam kompetisi ngeblog soal HAM.

Lalu persyaratan dan ketentuan untuk bisa ikut dalam kompetisi ini oleh Dewan Juri dan Penyelenggara telah ditetapkan beberapa aturan main yaitu : kompetisi ini terbuka untuk umum, peserta Kompetisi adalah perorangan, peserta dapat menggunakan layanan blog apapun kecuali blog organisasi, peserta wajib mengisi formulir yang disediakan di situs http://hamblogger.org, peserta boleh mengirim lebih dari satu tulisan, peserta minimal telah memiliki 10 posting sebelum mendaftarkan diri pada Kompetisi ini, peserta wajib memasang Banner IHRBA di halaman muka blog, banner telah disediakan dalam situs http://hamblogger.org, memasang tag/label IHRBA di setiap postingnya, posting berisi tidak lebih dari 6500 karakter, menggunakan bahasa Indonesia, materi yang diikutsertakan adalah berupa tulisan, peserta boleh menambahkan gambar, suara, dan video pada posting tersebut, karya bukan berasal dari hasil jiplakan, setiap tulisan yang diikutsertakan wajib mengandung kata “hak asasi manusia” yang menaut ke situs http://hamblogger.org, setiap tulisan yang diikutsertakan tunduk dalam lisensi karya cipta bersama CC BY-NC-SA 3.0, dan yang paling akhir adalah keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Dewan Juri yang terdiri dari 10 orang itu juga akan menilai setiap karya berdasarkan indikator-indikator tertentu yaitu orisinalitas gagasan, kesesuaian dengan tema, kejelasan penyampaian, gaya Penulisan, dan memiliki kedalaman analisa mengenai Hak Asasi Manusia.

Pemenang penghargaan juga terbatas rupanya, mungkin juga keterbatasan ini disebabkan dana yang tersedia untuk memberikan hadiah bagi para pemenang penghargaan juga tidak terlampau besar. Ada dua kategori pemenang yaitu kategori umum dan kategori khusus. Pemenang kategori umum berhak mendapat hadiah Laptop (mekbuk sepertinya, kalau lihat di gambarnya) + dapat uang sebanyak 3 juta rupiah + piagam. Sementara pemenang penghargaan kategori khusus mendapatkan hadiah Field Trip ke Jawa Tengah (akomodasi, uang saku, dan tiket pesawat ditanggung panitia) + Piagam.

Kayaknya menarik ya, kalau nggak jadi juri, saya sih mau ikutan kompetisi ini. Ikutan yuk buruan sebelum di tutup pada 30 Mei 2012

Iklan
4 comments
  1. Nike said:

    pengen sih ikutan kompetisi, gak berharap menang sih, cuma pengen nulis aja.
    tapi, kira-kira nulis soal apa ya mas? 😀

  2. Payabo said:

    Saya juga pengen nulis, namun tidak terlalu banyak tahu tentang HAM. Mudah-mudahan tulisan saya bisa menjadi sarana pembelajaran agar bisa lebih tahu minimal mengerti tentang HAM. Hitung-hitung kampanye melawan human trafficking yang marak terjadi di bumi Indonesia.

  3. novies said:

    Pengen ikutan sih..tapi butuh penjelasan mas…syarat 1 ituloh minimal harus punya 10 postingan di blog kita gitu ya? kalo postingannya bukan tentang Ham boleh ya…?

  4. anggara said:

    @novies
    10 posting itu nggak harus tentang HAM sih, bisa apa saja, yg penting yg diikutkan yg harus tentang HAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: