Iklan

Klasifikasi Video Games


Pernahkah anda terpikir soal apakah anak-anak anda, atau keponakan sampeyan yang masih anak2 memainkan games tertentu, dapat merisaukan perasaan? Setidaknya sebelum saya berjumpa sama anak muda yang satu ini, saya belum memiliki keresahan seperti itu. Alkisah, di acara Jagongan Media Rakyat kemarin, saya ketemu dengan anak muda yang punya ide brillian ini. Namanya M Iqbal Tawakkal, ia punya ide untuk melakukan rating terhadap video games, sehingga anak2 dapat memainkan video games yang cocok untuk perkembangan usianya.

Iqbal, lulusan komunikasi dari Unisba ini bercerita tentang proyek dan komunitasnya nya kepada saya, proyeknya sendiri yang diberi nama Next Generation dan nama komunitasnya adalah Komunitas Pemantau Konten Video Game Indonesia. Idenya sederhana, ia ingin memberikan rating terhadap video games yang beredar di Indonesia, untuk tahap pertama ia berupaya memberikan rating pada video games yang dimainkan di PC.

Ia juga menunjukkan sudah buat rating dengan kategori SU (Semua Umur), A12+ (anak2 di atas 12 tahun), R (Remaja), dan D17+ (Dewasa di atas 17 tahun). Sempat juga saya kasih masukan untuk mengubah kategori D17+ karena yang dimaksud dewasa menurut hukum ya mestinya 18+. Di perbincangan itu ia sempat nanya apakah perlu pendekatan ke Kominfo? Karena ia ingin komunitasnya diberi wewenang memberi rating. Saya sendiri tersenyum dan menjawab kalau ide kamu itu mau berubah jadi sensor sih ya terserah, karena saya takutnya malah diterjemahkan menjadi sensor video games. Saya menyarankan kalau bisa ia mulai dari bawah, rajin memberi rating terhadap video games (kalau bisa tidak hanya di PC) dan mempublikasikannya ke situsnya. Kalau mungkin juga memberi rating terhadap warung games online, maksudnya bukan warung games onlinenya tapi games yang dimainkan di warung games online itu masuk pada kategori mana. Sehingga masyarakat tahu klasifikasi video games mana yang cocok dimainkan (khususnya) untuk anak-anak

Iklan
6 comments
  1. boleh juga hostingan yang anda buat… cukup bermanfaat juga…
    thank you atas informasinya…….

    boleh donk gabung ke website kami http://unsri.ac.id/

  2. ambar said:

    POSTING NYA BAGUS
    mungkin kta bisa b’tukar info d web kmi http://unsri.ac.id

  3. Hanna said:

    Di sinilah peran besar orang tua yang sudah sadar untuk menjaga anak-anaknya dan menyadarkan para orang tua lainnya.

  4. huri said:

    untuk smack down online lom kluar di warnet2 klo kluar dah apes tuh warnet

  5. Rian said:

    yang ngasih rating jangan sampai disponsori oleh vendor games. bisa gawat penilaian ratingnya.
    salam

    • Oh, tentu tidak… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: