Iklan

Laskar Pelangi


Setelah dua hari membaca buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, akhirnya aku menyelesaikan buku tersebut dengan baik. Tapi mau review sedikit ah, meski sudah basi.

Buku ini, sebenarnya buku tentang pengalaman penulisnya, mungkin ada yang lain juga pernah mengalami pengalam seperti yang dialami oleh penulisnya, tetapi kekuatannya adalah di penggambaran yang sangat indah dan baik meski terkadang menurutku sih ada juga hiperbolanya. Penggambaran yang kuat dari para tokohnya juga menjadi kelebihan dari buku ini. Meski ada yang janggal ada tokoh yang bernama Borek pada awal-awal cerita namun pada bagian tengah sampai akhir tokoh itu hilang tak berbekas (CMIIW)

Tapi ada tiga bagian yang paling aku suka, yaitu ketika Mahar memenangkan lomba “kesenian” (pawai), ketika Lintang memenangkan lomba “cerdas cermat” dan ketika penulisnya merasakan cinta pertama.

Dan yang paling lucu adalah ketika Mahar dan Flo menemui Tuk Bayan Tula (dukun sakti) untuk dapat semacam wangsit untuk lulus ujian dan komentarnya dari Tuk Bayan Tula adalah “kalau mau lulus ujian, buka buku dan belajar!”

Iklan
36 comments
  1. saya nyari buku keempatnya di gramed kok ga ada yak
    mas anggara udah sampe buku keberapa?

    *siyapsiyap minjem*

  2. anggara said:

    @caplang
    baru baca itu koq, itu juga dapat minjem

  3. Payjo said:

    Saya juga baru Laskar Pelangi sama Sang Pemimpi. Ngorbanin jatah uang makan seminggu 😦

  4. triyani said:

    wahh,… aku jg lagi nyari buku ke-4nya nih.. kemarin itu ke gramed cuman liat buku 1-3.

  5. anggara said:

    @payjo
    bagus dibanding, habis jatah seminggu untuk pacaran :mrgreen:

    @triyani
    wah, saya nggak pernah beli tuh bu

  6. Ndutz juga ru baca yg ini duankz..jd pnsaran baca yg laen

  7. anggara said:

    @angelndutz
    iya nih sama

  8. Yoga said:

    Saya udah baca ketiga bukunya, membuat saya kembali mengingat mimpi-mimpi saya. Buku yang ke-empat katanya baru akan edar Agustus 2008. ..nggak mau diceritain isi buku dua dan tiga seperti apa… Pak Anggara baca sendiri aja deh : )

  9. anggara said:

    @yoga
    saya pinjam aja deh dari ibu, boleh nggak?

  10. wah, gw belom sempet baca….mau recommend buku 168 jam dalam sandera nih. bukunya bagus. hehe.

  11. Kombor said:

    Belum pernah baca bukunya Andrea Hirata. Sama sekali.

  12. anggara said:

    @kombor
    buku wajib baca tuh kang, entah kalau yang lainnya

  13. MusthoFF said:

    Buku laskar pelangi ini hebat banget, aku yang dulunya bukan penggemar novel setelah baca sepintas buku ini jadi ketgihan jadi tamat de….

  14. anggara said:

    @musthoff
    🙂

  15. rama said:

    Belinya sdh bbrp minggu yl,tp br sempet baca 2 hr ini,maklum…sibuk ngurus anak sakit,hue hue. Baca bukunya buatku tertawa,menangis,jd inget pngalaman masa kecil. Kelak aku pgn anak2ku mbaca buku ini,agar mereka ngerti arti sebuah pendidikan,agar mrk tahu bhw msh byk org yg tidak beruntung tp bs sukses bbekal pendidikan..

  16. anggara said:

    @rama
    ceritanya memang sangat menginspirasi

  17. ITU DUKUN SAKTI YANG HEBAT !!!!!
    HARUSNYA MEMANG DUKUN SAKTI DI INDONESIA KAYAK GITU SEMUA…
    LEBIH-LEBIH KALAU DIWAJIBKAN SEMUA SISWA HARUS MERDUKUN KARENA RESEPNYA DUKUN SAKTI ITU YAITU : “KALAU MAU LULUS UJIAN, BUKA BUKU DAN BELAJAR”

  18. dhany said:

    dengan sangat terpaksa..
    saya harus membaca ulang episode pertama..
    habis asyik neh…

  19. neta said:

    haru seru biru…
    dengan tebal halaman yang biasanya aku bc sampe 1 minggu lha ini habis
    dalam 2 hari…lha buku yang ke4 belum ketemu neh…
    penyakit gila yang jumlahnya 44 tuh bisa di list ga?sekalian pelajaran moralnya
    hehehe…

  20. dhany said:

    setuju….
    3 buku sudah kulahap…
    sekarang mengulang buku ke-1

  21. buku ke-4 blum terbit bung. emang dah banyak yang nunguin. kalo mo cek buku coba tengok web kami: http://www.khatulistiwa.net

  22. monyong said:

    Kalau menurut sepemahaman aku, yang namanya Borek itu oleh teman-temannya dijuluki Samson karena badannya gedhe. Aku justru lebih kurang sreg dengan cara penuturan anak-anak di novel Laskar pelangi itu. Masalahnya percakapan anak-anak dalam dalam novel itu, pilihan kata yang dipake itu lebih tepat yang ngomong adalah orang-orang dewasa, bukan pembicaraan anak-anak. Tapi terlepas dari itu novel Laskar Pelangi merupakan novel yang membuat aku terkesan setelah membacanya. Sebenarnya ada beberapa novel yang membuat aku terkesan setelah membacanya diantaranya : Eragon, karya Christopher Paolini, hanya sayang setelah difilmkan, filmnya nggak sebagus novelnya, trus ada lagi novel Kincir Angin Para Dewa, karya Shidney Sheldon, duh itu novel bagus banget. Trus novel yang pertama kali aku beli (kamsudnya beli sendiri dari uang sendiri) yaitu Serial Si Nida (Kumcer) karya Dian Yasmina Fajri

  23. keki said:

    Terus terang buat aku pribadi bingung novel laskar pelangi termasuk fiksi atau cerita nyata pengalaman penulisnya di masa kecil.Ada bagian bagian dari cerita dlm laskar pelangi yang tidak masuk akal.contohnya tentang perjalanan menemui tuk bayan tula.Sekadar informasi aku lahir dan besar di belitung.legenda daerah belitung tentang tuk bayan tula itu memang ada.dia adalah tokoh sakti keramat.sebagian meyakini dia masih hidup sampai sekarang.tetapi TIDAK ADA YANG BENAR BENAR PERNAH MENEMUINYA dan bertatap muka.keberadaannya ada diantara garis kenyataan dan mitos.jadi kisah tentang perjalanan ikal cs menemui tuk bayan tula bagiku sebagai orang belitung asli masih harus dipertanyakan kebenarannya.Terlepas dari itu semua novel ini memang menggugah semangat.novel ini adalah potret dunia pendidikan dan strata sosial belitung dizaman ekploitasi timah dulu yang aku juga mengalaminya di masa kecilku dulu.

  24. anggara said:

    @monyong
    setelah saya baca lagi memang borek itu kemudian jadi samson

    @keki
    namanya juga cerita 🙂

  25. keki said:

    ho oh.makanya aku bingung andrea mo cerita apa cih.cerita beneran apa ngibulan?he he

  26. anggara said:

    @keki
    gimana kalau kita tanya saja sama Andreanya 🙂

  27. keki said:

    Tapi walaupun cerita tentang perjalanan menemui tuk bayan tula kemungkinan hanya ngibul,aku sih cukup terhibur bacanya.lucu juga yah.setuju?

  28. anggara said:

    @keki
    iya saya sepakat dengan anda

  29. keki said:

    pengen sih nanya ke bang andrea.tapi blm sempat ketemu.pak anggara tau caranya biar kita bisa nanya?

  30. anggara said:

    @keki
    kalau saya tahu, saya pasti langsung minta tanda tangannya 🙂

  31. keki said:

    Pernah sekali dia jumpa fans di sini (tanjung pandan).tapi aku gak bisa datang kesana.konon kabarnya seru sih.a kiong yang asli sama bu mus juga dateng.mereka ampe menangis haru ketemuan ama andrea.(katanya)

  32. tanti said:

    buku ke empat akan terbit bulan agustus ini.

  33. anggara said:

    @keki
    pasti asik kalau melihatnya langsung

    @tanti
    terima kasih untuk pemberitahuannya

  34. ighel said:

    yang membekas buat aku dan penyampaiannya menggelitik jantungku yaitu cerita bab spiderman, tentang Jimbron yang memborbardir Ikal dengan “Kuda”nya……

    “Ikal, sudah pernahkah kuceritakan padamu tentang kuda poni?????”

    ***pingsan dah gw****

  35. anggara said:

    @ighel
    hihihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: